Fitur dan Cara Install WhatsApp Bisnis

Whatsapp Bisnis

Pengguna WhatsApp Messanger sekarang bisa menggunakan aplikasi WhatsApp bisnis yang dikhususkan untuk mengelola bisnis. Sesuai permintaan penggunanya, WhatsApp meluncurkan aplikasi WhatsApp bisnis ini untuk memenuhi dan mengelola akun bisnis bagi siapa saja.

Adapun cara menginstall dan menggunakan fitur WhatsApp bisnis ini bisa ditemukan disini. Anda bisa mengetahui cara penggunaannya untuk fungsinya dalam pemasaran bisnis produk atau layanan Anda.

WhatsApp Bisnis

WhatsApp bisnis adalah aplikasi yang diciptakan untuk pelaku bisnis siapa saja, yang berfungsi sebagai media komunikasi antara Anda dan calon customer atau pelanggan Anda. Sepintas tampilan WhatsApp Messanger dan aplikasi bisnis ini nampak berbeda pada tampilan logonya, namun sebagian besar fungsi dan penggunaan fiturnya relatif sama dengan aplikasi WhatsApp Messanger biasa. Namun pada aplikasi versi bisnis ini terdapat penambahan fitur yang lebih luas yang khusus memudahkan para pelaku bisnis.

Kelebihan WhatsApp bisnis ini dapat digunakan secara bersamaan dengan WhatsApp Messanger biasa dalam satu perangkat ponsel Anda. Anda seolah mempunyai dua aplikasi WhatsApp bisnis yang fungsinya berbeda dengan kelebihannya masing – masing. Perlu diingat, bahwa menambahkan akun bisnis pada WhatsApp ini haruslah menggunakan nomor yang berbeda.

Cara Menginstal WhatsApp Bisnis

Untuk mendapatkan aplikasi WhatsApp bisnis ini Anda harus menginstalnya terlebih dahulu di Google playstore. Berikut langkah – langkahnya;

  1. Instal WhatsApp bisnis pada Playstore
  2. Buka aplikasi dan daftarkan akun bisnis Anda dengan nomor yang belum pernah digunakan atau nomor berbeda dari WhatsApp Messanger yang Anda punya.
  3. Verifikasi nomor Anda dengan kode yang diberikan WhatsApp. Pastikan nomor yang digunakan adalah nomor aktif untuk menerima kode verifikasi.
  4. Buat nama akun bisnis Anda. Perlu diingat nama akun bisnis Anda tidak dapat dirubah kembali. Prinsipnya adalah sapatu akun satu profil.
  5. Tunggu prosesnya beberapa saat sebelum bisa masuk dan dapat digunakan.

Baca juga, Strategi dan Cara Promosi di WhatsApp (WA)

Fitur WhatsApp Bisnis

Fitur Whatsapp

Fitur pada WhatsApp bisnis sedikit berbeda dengan WhatsApp biasa pada umumnya. Anda harus mengisi profil bisnis dan fitur perpesanannya yang lebih luas, berikut penjelasannya;

1. Profil Bisnis

Profil bisnis pada WhatsApp bisnis ini berfungsi untuk menampilkan latar belakang atau profil Anda sebagai gambaran bidang bisnis yang Anda jalankan. Caranya pilih menu Setting lalu klik Business Setting. Data – data yang harus diisi adalah sebagai berikut:

  • Alamat Tempat Usaha
  • Kategori bisnis yang Anda jalankan
  • Deskripsi singkat mengenai profil bisnis Anda
  • Jam Buka dan Jam Tutup Toko atau layanan bisnis Anda
  • Alamat email Anda
  • Alamat website bisnis Anda (opsional)
  • Klik Save untuk menyimpan perubahan.

2. Pesan Di Luar Jam Kerja

Fitur pesan ini adalah pesan bot otomatis bagi Anda yang sedang tidak bisa membalas pesan secara langsung dikarenakan sedang tidak aktif atau tutup. Pesan bot sacara otomatis akan terkirim saat Anda sedang tidak online dengan teks yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Selain itu Anda bisa mengatur pengiriman pesan otomatis ini kepada penerima yang Anda inginkan kapan saja.

Keuntungan dari pesan bot ini dapat berfungsi sebagai balasan offline yang memberikan kesan layanan kapan saja walaupun Anda sedang tidak online.

Kekurangannya, terkadang bagi sebagian penerima pesan menganggap pesan bot cenderung mengganggu.  Namun terkadang, pesan bot dianggap sering kali mengganggu. Anda bisa menonaktifkannya sebagai solusinya.

Cara membuat pesan bot atau Away Message ini adalah : pilih menu Settings/pengaturan kemudian pilih Business Settings lalu pilih Away Message. Ceklist fitur ini untuk mengaktifkannya. Anda bisa mulai mengedit pesan default yang ada dengan kalimat Anda sendiri. Jangan lupa klik save untuk menyimpan.

Baca juga, Pemasaran Online Paling Efektif dan Efisien

3. Greeting Message/Pesan Sapaan

Pesan sapaan ini akan muncul ketika relasi Anda baru pertama kalinya menghubungi Anda. Pesan sapaan secara otomatis akan terkirim kepada relasi baru Anda ini.

Anda pun bisa mengatur isi sapaan sesuka hati, juga bisa mengirimkan kepada siapa saja dalam kontak Anda.

Saran menggunakan pesan sapaan ini, sebaiknya menggunakan kata – kata singkat mengingat ini hanya berupa salam pembuka. Cara menggunakan Greeting Message ini adalah sebagai berikut:

buka menu Settings/Pengaturan – Pengaturan Bisnis – Greeting Message – On.

Edit kata sambutan atau greeting message Anda, lalu klik Save untuk menyimpan.

4. Fitur Balas Cepat

Fitur balas cepat hanpir sama dengan pesan bot namun bedanya pesan ini tidak bertujuan untuk memberitahukan bahwa Anda sedang offline. Fitur ini jelas untuk membalas secara cepat secara otomatis pula tanpa harus membuang waktu dan tenaga untu mengetik balasan.

Cara kerjanya, Anda cukup menulis pesan yang sering diulang contoh : “terima kasih atas kerjasamanya” ke dalam fitur ini. Ketika suatu saat Anda akan membalas pesan berisi teks yang sama, maka Anda cukup mengetik kode huruf/simbolnya saja. Misal dengan menekan awal hurufnya saja seperti huruf  “T” dan cukup menekan enter. Pesan berisi “terima kasih atas kerjasamanya” ini akan terkirim secara otomatis. Pesan ini berguna bagi Anda yang sering mengirim pesan yang sama. Cara menggunakan fitur ini:

Pilih menu settings/pengaturan lalu tap Business Settings, dan klik Quick Replies.

Anda bisa menambahkan dan mengedit pesan quick replies yang sudah Ada dengan versi kalimat yang Anda inginkan. Bisa ucapan terima kasih atau permohonan maaf. Jangan lupa untuk mentap tombol Save untuk menyimpan.

Hasilnya, setiap kali Anda mengetikkan kata kunci, pesan lengkap akan muncul seperti yang Anda tuliskan tadi di menu pesan balas cepat.

5. Fitur Label

Fitur label mempermudah Anda dalam menjalankan transaksi bisnis Anda dengan pelanggan atau calon pembeli. Proses transaksi bisnis berupa pemesanan hingga proses pembayaran di WhastApp bisnis ini bisa diberi label.

Contohnya, ketika seseorang tertarik dengan produk Anda, lalu mengirim pesan pada Anda, tawar menawar hingga sepakat dengan harga, dan pelanggan Anda membayar pesanannya hingga barang pesanan tersebut terkirim. Semua prosedur ini bisa ditandai dengan label.

  • Label “pesan baru” (berisi pesan calon pembeli baru)
  • Label “prospek” (berisi tawar menawar harga).
  • Label “menunggu pembayaran” (berisi kesepakatan harga dan konfirmasi akan melakukan pembayaran).
  • Label “terbayar” (berisi penandaan pesan pembayaran yang telah dilakukan).
  • Label “pesan selesai” (berisi penandaan bahwa transaksi jual beli sudah selesai dilakukan).

6. Fitur Statistik Pesan

Selain dapat mengirim dan menerima pesan, tersedia juga statistik pesan yang Anda bisa lihat perkembangan data statistiknya berdasarkan informasi pesan yang telah dikumpulkan. Panel statistik pesan ini akan memberikan informasi seberapa banyak pesan yang Anda kirim dan terima kepada customer Anda. Anda bisa melihatnya pada menu setting/pengaturan lalu buka menu statistik.

7. Fitur Keamanan 2 Langkah

Jika Anda mengharapkan keamanan bagi akun bisnis Anda, WhatsApp bisnis ini juga menyediakan keamananWhatsApp Business juga menerapkan sistem keamanan dua langkah yang bisa digunakan. Caranya, buka menu  Pengaturan– Account – Two Step Verification.

Kemudian pilih Enable/Izinkan. Dan masukan kode 6 angka/digit yang Anda tetapkan sebagai kode PIN verifikasi keamanan Anda nantinya.

8. Fitur Pesan Broadcast

Menggunakan pesan broadcast untuk menawarkan produk atau layanan bisnis meruapakan hal yang bisa dimanfaatkan di WhatsApp bisnis ini. Cara membagikan pesan broadcast ini sebagai berikut :

Pilih menu utama, dan pilih opsi New Broadcast.

Pilih kontak yang ingin Anda kirimkan pesan broadcast tersebut, kemudian pencet ikon ceklist.

Pesan broadcast siap dikirimkan.

Baca juga, Cara Agar Bisnis Anda Berada Dihalaman 1 Google

Kelebihan & Kekurangan WhatsApp Bisnis

Kelemahan Whatsapp Bisnis

Kelebihan menggunakan WhatsApp bisnis ini memberikan keuntungan pada Anda untuk mempermudah proses transaksi jual beli melalui fitur-fiturnya yang lengkap. Dengan menggunakan akun bisnis, bisnis Anda lebih berkesan profesional dan baku dimata pelanggan / calon pembeli. Tidak membawa kesan private seperti pada akun WhatsApp messanger biasa.

Bisnis Anda lebih terintegrasi karena adanya profil bisnis yang bisa dilihat oleh calon pembeli Anda. Terlepas dari kelebihannya, kekurangan WhatsApp bisnis ini tidak dilengkali fitur multi admin, hanya Anda sendiri lah sebagai pengelolanya. Namun hal ini tidak menutupi kelebihannya yang banyak memberikan keuntungan lainnya.