Waktu Efektif Posting di Instagram New

Waktu Paling Efektif Posting Gambar di Instagram

Sebagus apapun postingan Anda di Instagram, jika waktu postingan tidak tepat, tidak akan ada yang melirik postingan Anda. Timing adalah segalanya. Timing yang tepat berguna membantu Anda mendapatkan target like dan komentar yang banyak.

Like dan komentar menjadi penentu kunci keberhasilan postingan Anda. Apalagi jika Anda berniat mempromosikan produk jualan di Instagram maka respons netizen Instagram sangat berharga.

Untuk dapat menaikan pamor akun Instagram Anda dan meningkatkan penjualan, Anda bisa mengikuti tips penjadwalan postingan di Instagram yang efektif di bawah ini. Sebelum itu, simak penjelasanya berikut ini:

Mengapa Harus Instagram?

Instagram termasuk media sosial yang memiliki banyak penggunanya setelah Facebook. Sekitar 1 miliar lebih orang menggunakan Instagram untuk aktivitas media sosial maupun berbisnis.

Instagram dinilai lebih menarik dan dapat memuaskan secara visual. Instagram juga memiliki fitur yang simpel yang dapat dimanfaatkan penggunanya untuk memposting gambar maupun video.

Disini, penggunanya juga bisa melakukan banyak hal. Mengikuti update selebritis/idola mereka dan mengikuti perkembangan berita terkini/viral.

Dan menariknya, ada banyak katagori minat di Instagram yang bisa dipilih penggunanya. Mulai dari katagori berita, trend, hobi, tutorial, sampai hiburan.

Tak hanya itu, Instagram digunakan penggunanya untuk melakukan jual beli online. Banyak penggunanya melakukan pembelian barang secara online melalui platform Instagram ini.

Dengan minat pembeli yang tinggi tersebut membuat berbisnis di Instagram menjadi peluang yang sangat besar untuk dimanfaatkan bagi pelaku bisnis siapa saja.

Siapa Saja Pengguna Instagram?

Instagram sekarang memiliki 1 miliar pengguna aktif, lebih dari 60% penggunanya update status di Instagram setelah Facebook.

Percaya atau tidak, pengguna Instagram terutama kaum milenial mengambil foto dan memilih membagikannya di Instagram. Dengan filter yang manis dan opsi yang mudah, membuat penggunanya ketagihan memposting foto, terutama foto liburan dengan label yang mereka sebut : ‘instagrammable.’

Negara teratas pengguna Instagram:

  1. Amerika Serikat 121 juta pengguna
  2. India 71 juta pengguna
  3. Brazil 64 juta pengguna
  4. Indonesia 62 juta pengguna

Pengguna aktif Instagram di Indonesia

Dari riset tersebut, pengguna Instagram di Indonesia mencapai 62 juta pengguna aktif bulanan. Dengan presentase jumlah pengguna pria sebesar 51 persen dan pengguna wanita sebesar 49 persen.

Sekitar 60,4 % rata – rata pengguna Istagram secara global adalah dengan rentang usia antara 18 sampai 24 tahun. Hal ini menyimpulkan bahwa umumnya kaum milenial mendominasi penggunaan Instagram tak hanya di Indonesia saja, tapi juga secara global.

Sementara itu rata – rata pengguna Instagram menghabiskan waktu sekitar 53 menit sampai satu jam untuk berseluncur di Instagram.

Apakah Bisnis Saya Cocok Menggunakan Instagram?

Melihat dari data analisis pengguna Instagram tersebut di atas, peluang untuk berbisnis di Instagram sangat cocok untuk menyasar kaum milenial. Kaum milenial disini adalah kaum muda dengan usia produktif dari 18 tahun keatas.

Anda bisa memanfaatkan kaum milenial yang mempunyai rentang usia 18 tahunan sampai 24 tahunan ini menjadi target pembeli Anda. Dengan mengetahui apa saja katagori bisnis yang diminati mereka, Anda bisa membangun bisnis di Instagram secara tertarget.

Katagori bisnis yang diminati kaum milenial :

  1. Fashion
  2. Hijab
  3. Sepatu (sneaker)
  4. Kosmetik (termasuk obat pelangsing dan pemutih)
  5. Makanan (khususnya kue)

Jika kategori bisnis Anda sudah sesuai dengan jenis bisnis di atas, saatnya Anda mengoptimasi bisnis Anda di instagram dengan baik. Hal – hal yang perlu diperhatikan di setiap postingan promosi Instagram Anda adalah seperti berikut:

  • Perhatikan kualitas postingan gambar promosi yang diupload. Sebisa mungkin ambil gambar promosi secara orisinil (mengambil gambar sendiri), namun jika Anda mengambil gambar dari sumber lain, lakukan pengeditan untuk mendapatkan kualitas gambar yang lebih baik.
  • Perhatikan angel/sudut pengambilan gambar untuk hasil optimal.
  • Gunakan watermark atau logo Anda pada foto supaya tidak mudah dicopy atau diambil oleh orang lain.
  • Buat deskripsi pada caption promosi secara menarik. Diutamakan menggunakan deskripsi panjang yang menarik perhatian. Gunakan pertanyaan pada awal kalimat, serta kata –  kata call to action.
  • Jangan lupa sertakan nomor akun bisnis Anda untuk bisa dihubungi customer, seperti nomor WhatsApp ataupun     nomor Line.

Alasan Posting Gambar Pada IG Wajib Terjadwal

Tahukah Anda, berbisnis di instgaram juga memerlukan trik dan strategi tertentu untuk bisa menghasilkan penjualan yang sukses. Salah satunya adalah dengan penjadwalan promosi yang tepat. Mengapa demikian?

Alasan-Upload-Gambar-di-Instagram-Harus-Terjadwal

Supaya postingan promosi Anda bisa dilirik oleh banyak target pembeli secara optimal. Dengan timing yang tepat, akan mendatangkan traffic yang banyak. Sebaliknya, jika timing tidak tepat tidak akan dilirik oleh pengguna instagram sekalipun postingan Anda sudah bagus.

Pentingnya memposting di waktu yang tepat adalah untuk meraih respons like dan komentar dari pengguna Instagram. Tujuannya supaya dapat menaikan pamor akun Anda, atau juga meningkatkan penjualan produk Anda.

Kapan Waktu Yang Tepat Memposting Gambar Di Instagram?

Waktu yang tepat untuk memposting gambar promosi di Instagram adalah:

  • Senin: Pukul 19.00 dan Pukul 22.00.
  • Selasa: Pukul 03.00 dan Pukul 22.00.
  • Rabu: Pukul 17.00.
  • Kamis: Pukul 07.00 dan Pukul 23.00.
  • Jumat: Pukul 01.00 dan Pukul 20.00.
  • Sabtu: Pukul 12.00 dan Pukul 02.00.
  • Minggu: Pukul 17.00.

Jadwal Waktu Terbaik Postingan Secara Global

Menurut riset Latergramme yaitu sebuah layanan yang memberikan jasa posting instagram mengatakan, secara global, waktu terbaik untuk memposting gambar atau video di Instagram adalah jam 02.00 pagi dan jam 17.00 sore.

Jam 02.00 pagi adalah waktu dimana para pengguna instagram di dunia membuka instagram, baik itu mencari informasi atau sekedar melihat postingan orang lain. Anda mungkin bisa memanfaatkan waktu ini untuk mempromosikan bisnis Anda.

Sedangkan jam 17.00 sore adalah waktu terbaik untuk melakukan promosi Instagram secara optimal. Pasalnya, di waktu ini kebanyakan pengguna Instagram sekitar 50% aktif membuka Instagram sehabis mereka bekerja atau melakukan aktivitas lainnya.

Hari Terbaik Memposting Status/Promosi di Instagram

Hari terbaik untuk melakukan postingan Instagram secara optimal untuk mendapatkan like dan komentar yang banyak adalah di hari Rabu, Kamis dan Jumat.

Riset ini merujuk pada fakta bahwa di hari – hari tersebut, pengguna Instagram lebih banyak aktif membuka Instagram maupun mengupload foto atau video.

Hindari Jadwal Postingan Ini:

Hindari waktu terburuk postingan di Instagram pada jam 18.00 dan jam 21.00. Dimana rata – rata penggunanya tidak membuka Instagram pada jam tersebut atau sedang offline.

Jika timing tidak tepat, hal ini bisa menyebabkan postingan Anda tenggelam dan sepi lirikan like dan komentar.

Tips Supaya Postingan Ig Banyak Like & Komentar

Respons like dan komentar bagi sebuah postingan di Instagram penting demi membangun sebuah citra promosi jualan yang baik.

Tips-Mendapatkan-Like-dan-Komentar-Banyak-di-Instagram

Entah itu memang untuk postingan bisnis, maupun postingan pribadi, tentunya orang akan lebih senang jika postingannya memiliki banyak like dan komentar. Lalu bagaimana tips dan trik supaya postingan kita mendapatkan banyak like & komentar, berikut uraiannya:

1. Buat Konten Yang Bermanfaat

Buat konten foto atau video postingan secara menarik dan mengangkat fungsi utama, yaitu asas manfaat.

Kesalahan utama yang sering orang lain lakukan saat memposting status di Instagram adalah membuat postingan yang self centered, atau fokus terhadap diri sendiri, misalnya ‘curhat.’

Kalau Anda adalah selebriti tidak masalah, namun jika adalah pemula, maka pastikan setiap postingan Anda bermanfaat seperti menghibur dan bersifat informatif.

2. Berikan Opini Terhadap Berita Yang Sedang Viral/Ngetrend

Berikan postingan berbentuk opini Anda mengenai berita yang sedang viral. Opini yang baik bisa melibatkan orang untuk berkomentar pada postingan Anda.

3. Buat Profil Akun yang Menarik

Orang akan melihat profil akun Anda, baik ketika akan memfollow, membeli produk Anda, maupun saat sedang mencari kata kunci yang ia ketikkan pada mesin pencari. Pastikan profil Anda berisi informasi detail mengenai bisnis yang sedang Anda jalankan beserta link dan nomor bisnis yang bisa dihubungi.

4. Sertakan hastag populer

Sertakan hastag populer pada setiap postingan Anda. Contoh hastag yang sering digunakan orang adalah #likeforlike, #like4like, #videolucu, #viral, #onlineshopjakarta, #onlineshopbandung #olshopbekasi, #love, #photography, #instagram, #instaphoto, #instagood, dan lain- lain.

5. Buat Deskripsi menarik

Contoh membuat deskripsi menarik yang melibatkan calon pembeli: buat headline pertama dengan judul pertanyaan, contohnya “Apakah Anda setuju kalau ASI baik bagi si kecil, ya atau tidak?” Selanjutnya, buat deskripsi penjelasan atas pertanyaan Anda di atas.

Sebelum anda meninggalkan halaman ini, sebaiknya pertimbangkan pula untuk membaca alogoritma Instagram terbaru dan mengetahui pula cara promosi di whatsapp.

Anda bisa menyelipkan soft selling content untuk produk Anda di bagian bawahnya. Gunakan kata kata call to action seperti mengajak pembeli memesan produk Anda dengan menyertakan nomor akun bisnis Anda serta mengajak calon pembeli memfollow akun Anda.

Terapkan tips dan trik di semua postingan promosi Anda di Instagram, dan jangan lupa untuk mempostingnya sesuai dengan jadwal terbaik yang direkomendasikan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *