Tools Gratis Riset Keyword

8 Tools SEO Gratis Untuk Riset Kata Kunci (Keyword)

Riset kata kunci sejatinya harus menjadi langkah awal sebelum membuat konten atau artikel. Riset kata kunci merupakan salah satu teknik SEO yang wajib diaplikasikan. Fungsinya agar konten yang Anda buat mudah ditemukan oleh para pengguna internet. Lebih kompleksnya lagi, dengan optimasi ini, kita bisa memahami pemikiran konsumen, dan melacak konsumen potensial untuk produk maupun layanan yang sedang mereka cari. Untuk melakukannya, kini telah hadir tools riset kata kunci gratis yang bisa Anda gunakan.

Tools SEO Gratis Untuk Riset Kata Kunci

 

Nah, berikut ini akan kami informasikan beberapa aplikasi gratis untuk riset kata kunci yang Anda butuhkan:

1. Ubersuggest

Ubersuggest

Ubersuggest adalah aplikasi suggestion tool yang mudah digunakan. Aplikasi tersebut dapat menunjukkan data Google dan beberapa mesin pencari lainnya, lalu menawarkan saran untuk kata kunci. Ubersuggest pun bisa digunakan untuk menguji long tail keyword dan membantu kita untuk menemukan keyword yang cocok. Melalui tools ini, Anda pun akan mendapatkan ide baru untuk kata kunci yang diinginkan.

2. Keyword Planner

Keyword Planner

Google Keyword Planner adalah aplikasi yang paling banyak digunakan. Sebenarnya, fitur ini adalah fitur berbayar dari Google, tapi kita bisa menggunakannya juga secara gratis, namun dengan fitur seadanya. Meski demikian, tool riset keyword ini cukup powerful untuk melakukan riset kata kunci. Google Keyword Planner pun biasa digunakan untuk perencanaan kata kunci PPC. Sehingga pengiklan bisa menemukan kata kunci baru dan kata kunci untuk tujuan pengiklanan.

3. Aplikasi Keyword Tool

Keyword Tool

Keyword Tool adalah aplikasi yang mirip dengan Ubersuggest. Karena, keduanya sama-sama menggunakan konsep Google Autocomplete. Namun, Keyword Tool selangkah lebih maju dibandingkan dengan Ubersugest, karena tool tersebut bisa menghasilkan hingga 700 lebih saran kata kunci yang Anda perlukan.

Keywoord Tool adalah aplikasi yang user friendly, memiliki fitur 83 bahasa dan bekerja dengan 129 domain di mesin pencari Google. Pada aplikasi ini, Anda tidak akan menemukan adanya CAPTCHA, atau iklan yang biasanya mengganggu ketika menggunakannya.

4. Keyword Eye (Basic)

Keyword Eye

Aplikasi Keyword Eye menyuguhkan sebuah pengalaman penelusuran kata kunci secara visual. Aplikasi ini akan menampilkan ‘gumpalan keyword’, di mana ukuran dan warna yang ditampilkan masing-masing akan mewakili besarnya kompetisi dan pencarian. User dapat melihat keyword suggestion dalam tampilan grid, dan bisa diurutkan dengan metrik tertentu.

Baca juga: Ahrefs vs Semrush, Mana Tools SEO Terbaik Pilihan Anda?

Keyword Eye adalah aplikasi riset keyword gratis, namun bisa juga di-upgrade ke versi berbayar untuk mendapatkan fitur ekstra. Versi fitur berbayar, memungkinkan Anda untuk menemukan 20 keyword yang banyak dicari dalam satu hari. Bahkan, aplikasi ini menyediakan data yang panjang dan cukup luas dan mudah dicerna.

5. WordStream

WordStream

Meskipun ditawarkan dengan fitur seadanya, namun WordStream Free Keyword Tool mampu memberi Anda jumlah kata kunci yang relevan dan bernilai untuk bisnis Anda. Aplikasi ini akan menawarkan keyword yang lebih beragam untuk ide long tail keyword Anda. Semua saran keyword yang ditampilkan jauh lebih relevan dibandingkan dengan aplikasi riset keyword lainnya. Anda pun bisa menggunakannya hingga 30 kali dalam satu hari, gratis.

Namun, sama halnya dengan aplikasi gratis lain, beberapa metrik Google Search Volume and Competition yang dihasilkan kurang maksimal, kecuali jika Anda mengggunakan versi berbayarnya. Meski demikian, Anda masih bisa menikmati beberapa fitur powerful lain secara gratis, seperti pencarian keyword niche, negative keyword tool, dan keyword grouper.

6. Google Suggest

Google Suggest

Fitur Google Suggest adalah cara yang paling cepat dan akurat dalam mencari kata kunci. Untuk pemula, cara ini masih cukup ampuh dalam melakukan riset kata kunci yang paling banyak dicari. Google Suggest adalah fitur yang tercipta ketika banyak orang yang sudah mencari kata kunci tertentu.

Fitur ini cukup menarik, di mana Anda bisa melihat banyak sekali related keyword yang dihasilkan. Artinya, hasil kata kunci yang muncul pada Google Suggest, adalah kata kunci yang benar-benar sering, dan pernah dicari.

7. KWFinder

KWFinder

KWFinder memiliki fitur yang lengkap. Anda bisa melihat kata kunci yang sedang Anda targetkan, trend, CPC, PPC, hingga melakukan analisa terhadap posisi SERP pada kata kunci tersebut. Sama seperti beberapa tool riset kata kunci lain, KWFinder tersedia dalam versi gratis maupun berbayar. Versi berbayar memiliki segudang fitur canggih dibandingkan dengan versi gratisan.

Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk mencari kata kunci paling banyak dicari di Google. Selain itu, disertakan juga dengan beragam kata kunci yang saling berkaitan. Sehingga, Anda bisa menentukan kata kunci mana yang harus digunakan.

8. MOZ Keyword Explorer

Moz Keyword Explorer

MOZ adalah perusahaan yang selalu menjadi rujukan untuk permasalahan SEO. MOZ juga sering dijadikan sebagai rujukan Google untuk authority yang menjadi salah satu aspek penting dalam penilaian Google dalam peringkat SERP. MOZ adalah perusahaan yang menawarkan cukup banyak tools menarik untuk SEO. Salah satunya adalah Moz Keyword Explorer untuk riset kata kunci.

Tool ini sebenarnya berbayar, namun Anda bisa menggunakannya secara gratis selama 30 hari. Dalam jangka waktu tersebut, Anda bisa memanfaatkannya untuk mencari kata kunci yang Anda inginkan. Namun, fitur untuk versi gratis, tetap dibatasi. Sayangnya, aplikasi ini kurang ampuh untuk riset kata kunci berbahasa Indonesia. Karena khusus untuk bahasa Indonesia, volume-nya kurang lengkap.

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Riset Kata Kunci

Nah, setelah kita bahas tools untuk riset kata kunci, berikut ini akan kami jelaskan beberapa istilah yang harus diperhatikan pada saat melakukannya. Berikut ulasan lengkapnya:

Volume Pencarian

Anda mungkin sudah mendengar istilah “volume pencarian” di atas. Istilah tersebut menunjukkan seberapa banyak sebuah kata kunci dicari di Google dalam waktu-waktu tertentu. Biasanya, suatu tool riset keyword akan menampilkan banyaknya volume pencarian kata kunci dalam satu bulan terakhir. Contohnya, volume menunjukkan angka 1.000, artinya kata kunci tersebut dicari 1.000 kali di Google dalam waktu satu bulan terakhir.

Tingkat Kesulitan Keyword (Keyword Difficulty)

Jika Anda melihat istilah “Keyword Difficulty” pada tools riset keyword, istilah ini menunjukkan tingkat kesulitan keyword untuk berada pada halaman pertama hasil pencarian Google, atau mesin pencari lain. Skala yang digunakan biasanya 0-100. Semakin besar angka yang muncul, maka semakin sulit keyword tersebut untuk meraih posisi pertama.

Baca juga: Konsep dan Struktur Dasar Cara Membuat Toko Online Agar Profesional

SERP (Search Engine Result Page)

SERP akan menunjukkan beberapa laman yang menduduki peringkat paling atas dalam pencarian kata kunci yang anda riset. Anda dapat menggunakan fungsi ini untuk melihat seperti apa kualitas laman-laman website yang mampu menduduki peringkat teratas di Google.

Keyword Suggestion

Keyword suggestion merupakan saran keyword yang relevan dengan keyword yang sedang Anda cari. Contohnya, Anda mencari keyword “membuat website”, maka tool riset keyword akan memberi Anda saran kata kunci seperti “cara membuat website mudah”, “cara membuat website gratis”, dan lainnya.

Itulah beberapa tools riset kata kunci gratis yang cukup powerful. Lengkap dengan beberapa informasi yang perlu diperhatikan ketika melakukan riset kata kunci. Semoga bermanfaat dan menemukan kata kunci yang cocok untuk website dan bisnis Anda.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 + fifteen =