Cara Mencari Hashtag Populer

10 Tools Pencari Hashtag Populer Untuk Instagram dan Twitter

Apakah Anda sering menggunakan hashtag untuk brand Anda di Instagram maupun Twitter? Apakah Anda juga mempertimbangkan penggunaan hashtag tersebut sebelum Anda benar-benar menggunakannya? Apakah Anda meluangkan waktu untuk melakukan riset mengenai hashtag yang akan Anda gunakan?

Nah, saat ini Anda memerlukan hashtag yang powerful supaya postingan Anda mudah ditemukan, Anda pun perlu melakukan beberapa riset. Cara yang dapat Anda lakukan, yaitu menggunakan cara manual, atau menggunakan bantuan  pihak ketiga.

Apa Pentingnya Riset Hashtag?

Tools Untuk Riset Hashtag

Alasan pentingnya penggunaan hashtag yaitu hashtag di Instagram maupun Twitter itu sama pentingnya dengan keyword untuk mesin pencari. Apabila Anda menginginkan konten Anda mudah ditemukan dan promo Anda mampu mendapatkan hasil yang optimal, maka gunakanlah hashtag dengan cara yang tepat. Pemberian hashtag tanpa riset, atau asal-asalan saja, maka hashtag Anda pun akan terasa sia-sia. Nah, berikut ini pentingnya melakukan riset hashtag bagi postingan Anda:

Baca juga: Algoritma Instagram: Ketahui Cara Kerja dan Perkembangannya

1. Hashtag sebagai Identitas

Dengan adanya hashtag, Anda dapat menunjukan identitas dari akun Instagram dengan lebih spesifik, terutama jika postingan Anda mengenai produk. Misalnya, Anda dapat menggunakan hashtag #jualanbaju apabila Anda berjualan baju, #jualansepatu apabila produk Anda adalah sepatu, hingga hashtag untuk makanan dan restoran yang dapat menunjukan identitasnya seperti #foodism, #instafood, dan lain-lain.

2. Hashtag sebagai Strategi Marketing

Anda juga dapat menggunakan hashtag sebagai cara dalam menentukan target konsumer dan postioning produk Anda. Contohnya, Anda dapat menggunakan hashtag #bajumurah, #taslucu, #bajutermurah, dan lain-lain. Hal ini dapat Anda sesuaikan dengan brand online shop yang Anda jual.

3. Hashtag untuk Menambah Like maupun Followers

Dengan memposting produk Anda di Instagram dan menggunakan hashtag-hastag yang populer, Anda memberikan kesempatan pada postingan Anda untuk berada pada recent posting di features search Instagram, sehingga pengguna instagram lain yang sedang membuka kumpulan hashtag tersebut pun akan dapat melihat postingan produk Anda.

Semakin banyak hashtag yang Anda pakai, semakin banyak pula kemungkinan postingan Anda masuk dalam kategori recent posting. Akan tetapi, hal ini hanya berlaku untuk postingan yang baru, tidak bisa untuk postingan yang lama. Dengan munculnya postingan Anda di feed recent posting, maka sangat memungkinkan orang melihat, men-like maupun mem-follow akun Instagram Anda.

Hastag menjadi penting untuk diperhatikan ketika Anda menggunakan website atau media sosial sebagai bisnis. Untuk bisa merasakan manfaat dari hastag populer, Anda harus tahu bagaimana cara jitu menemukannya. Itulah mengapa kali ini kita akan membahas tentang cara jitu menemukan hastag populer.

Cara Untuk Menemukan Hastag Populer

Menggunakan hastag populer dapat digunakan sebagai teknik marketing untuk membuat konten dikunjungi oleh banyak orang. Untuk itu, pemilihan hastag tidak boleh sembarangan dilakukan. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menemukan hastag populer dengan mudah, antara lain:

1. Mencari langsung di instagram

Anda bisa menggunakan tombol search pada instagram. Akan ada kolom yang disediakan khusus untuk hasil pencarian mengenai hastag. Jumlah popularitasnya pun bisa terlihat dari cara tersebut sehingga Anda bisa memilih hastag yang paling sering digunakan untuk menargetkan pasar.

2. Menggunakan layanan web, seperti websta.me

Layanan web yang satu ini bisa menjadi solusi bagi Anda untuk mencari hastag populer. Setelah mendapatkan hasilnya, Anda bisa langsung mengumpulkan keyword tersebut untuk kemudian bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

3. Menggunakan tagsforlike.com

Banyak web yang bisa digunakan untuk mencari hastag populer, salah satunya adalah tagsforlike.com. Anda akan menemukan banyak list hastag populer yang siap untuk digunakan. Sebagian besar hastag utama biasanya telah mendapatkan banyak like.

4. Menggunakan aplikasi android

Bukan saja web, banyak juga aplikasi android yang bisa digunakan dalam mencari hastag yang relevan dengan konten yang Anda buat. Mudah, bukan?

Untuk menemukan hastag populer, kita hanya perlu menggunakan layanan website atau aplikasi tertentu. Setiap tools pencari hastag tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda sehingga Anda harus mempelajarinya dengan baik.

10 Tool untuk Riset Hashtag Populer

Dalam membantu Anda melakukan riset hashtag populer di Instagram, maka Anda dapat mengandalkan beberapa tool untuk dari pihak ketiga. Berikut ini penjelasannya:

1. Hashtagify

Tools Pencari Hashtag Instagram

Hashtagify merupakan platform yang menyatakan tool riset terbaik untuk penggunaan pada Twitter. Dengan tool ini, pengguna Twitter dapat menemukan hashtag yang sedang trending, dan tag yang paling relevant atau pas dengan target audiens dari sebuah brand.

Beberapa fitur yang favorit dari tool ini, yaitu memberikan Anda informasi mengenai top 10 hashtag yang terkait dengan brand Anda atau event terkini. Hashtagify pun memiliko Hashtags Lab yang terupdate setiap hari dengan trend terkini, dan dapat memonitor trending topik yang sesuai dengan akun media sosial.

Selain menjadi tool riset hashtag untuk Twitter, Hashtagify pun merilis fitur tracking untuk media sosial Instagram. Dengan tool ini, maka pengguna dapat mencari jejak percakapan yang terjadi berdasarkan hashtag, serta mencari tahu jumlah engagement maupun interaksi dari percakapan untuk mengetahui kepopuleran dan potensi dari hashtag tersebut.

2. HootSuite

Tools Pencari Hashtag Hootsuite

HootSuite populer sebagai platform multi-purpose di bidang media sosial. Penggunaan tool ini, dapat membantu Anda dalam memonitor dan mengatur jadwal posting pada konten akun media sosial Anda. Saat Anda membutuhkan tool yang membantu riset hashtag Anda, maka Anda dapat mendapatkannya dari report detail yang tool ini sajikan. Dari report tersebut, Anda dapat mengalisa bagaimana performa hashtag akun, serta bagaimana dampaknya untuk konten postingan Anda.

Menariknya lagi dari Hootsuite, Anda dapat membuat custom report untuk membantu Anda untuk melakukan evaluasi dan analisa akun media sosial. Pada sosial media Twitter, Anda dapat melakukan report dengan menambahkan modul kata kunci yang dapat mengetahui hashtag dan mention populer yang spesifik dalam kurun waktu tertentu.

4. TINT

TINT membantu Anda untuk meng-generate konten dan memungkinkan Anda untuk memoderasi konten tersebut, serta menampilkannya di situs yang Anda sukai. Tool ini membantu meningkatkan interaksi, konversi, dan membangun suatu komunitas.

Anda pun dapat menggunakan tampilan TINT untuk menjalankan campaign social Anda di website dan membuat konten tereebut menjadi jauh lebih viral. Selain itu, TINT pun menyediakan tool bernama Free Instagram Analytic by TINT. Tool ini dapat membantu Anda untuk menemukan influencer maupun konten popular berdasarkan hashtag secara cepat dan mudah.

5. Talkwalker

Talkwalker Instagram Tool

Dengan tool talkwalker ini, Anda dapat men- tracking hashtag maupun mention yang digunakan pada sebuah brand di sosial media. Tool ini bahkan dapat melangkah lebih jauh dengan men-tracking kata kunci populer di sosial media, sehingga Anda pun dapat membuat notifikasi (peringatan) harian bahkan mingguan untuk mengikuti kata kunci dalam sebuah berita, blog maupun media online lainnya.

Dengan mengoptimalkan penggunaan tool ini, maka Anda dapat mengukur potensial marketing dan dampak yang akan terjadi dari penggunaan hashtag pada postingan Anda.

6. RiteTag

Tools Pencari Hashtag RiteTag

Terkadang, meski Anda sudah melakukan riset mendalam secara manual, Anda masih bingung menentukan hashtag yang seharusnya Anda gunakan. Apabila, Anda sering mengalami hal ini, maka RiteTag adalah jawabannya.

RiteTag memiliki fitur yang dapat membantu Anda untuk memilih tag yang sesuai dengan postingan Anda, termasuk memberikan alert yanh terkait dengan tag yang sedang trending. Anda pun dapat subscribe pada topik tertentu, supaya tetap up to date dengan tren-tren terkini mengenai topik tersebut.

Salah satu fitur menarik yang tool tawarkan yaitu fitur instant feedback pada hashtag. Anda dapat memasukkan dua jenis tag yang mirip maupun saling terkait, kemudian Anda dapat membandingkan kekuatan dua tag tersebut melalui indikator pada tool ini. Jadi, ketika Anda bingung menentukan mana hashtag yang terbaik diantara dua hashtag, maka tool ini akan membantu Anda untuk menemukannya dan menghemat waktu Anda.

6. TweetChat

TweetChat Aplikasi Pencari Hashtag

Apabila Anda ingin mengikuti hashtag tertentu dan melihat real time percakapan yang terjadi pada tag tersebut, mama TweetChat merupakan tool yang tepat untuk Anda. Cara penggunaan tool ini sangatlah mudah, Anda dapat langsung mencari sebuah tag, kemudian akan muncul konten-konten dengan tag yang Anda cari. Kemudian, Anda dapat berinteraksi dengan user atau pengguna yang muncul seperti di Twitter, atau dapat langsung membuat tweet Anda sendiri.

Tampilan pada stream akan secara konsisten terupdate, serta dapat bekerja secara real-time. Anda pun akan berada di beberapa ‘room’ dalam satu waktu dan memonitor tampilan dari stream yang muncul secara bersamaan dalam satu kali klik. Tool ini pun tidak boleh Anda lewatkan, apalagi untuk marketing sosial media Anda

7. Keyhole

Keyhole Pencari Hashtag Instagram

Keyhole merupakan tool untuk men-tracking hashtag yang dapat bekerja secara real time, serta dapat digunakan untuk Instagram, Twitter, dan Facebook. Tool ini dikenal memiliki Analisa yang sangat bagus, baik penggunaan hashtag, maupun mention sebuah brand yang memberikan Anda informasi mengenai berapa banyak postingan dari hashtag tersebut yang muncul, berapa jumlah reach, impresi serta jumlah orang yang telah berinteraksi dengan tag tersebut.

8. Twubs

Twubs Hashtag Finder

Twubs sangat mudah untuk digunakan apabila Anda ingin mengikuti hashtag tertentu, hingga mencari tahu percakapan baru yang saat ini sedang terjadi. Tool ini sangatlah cocok bagi Anda yang ingin membuat custom hashtag untuk brand. Anda pun dapat mendaftarkan hashtag Anda, dan mengamati dari waktu ke waktu mengenai bagaimana performa tag tersebut. Tool twubs pun menawarkan data analisis terkait tag yang telah Anda ciptakan.

9. Mention

Mention Tools Untuk Instagram

Mention memiliki cara kerja yang mirip dengan Google Alerts, yaitu dengan cara men-tracking mention dari brand dan hashtag terkait di media sosial. Mention juga membantu Anda untuk menemukan apa yang Anda sedang cari dalam lebih dari 40 bahasa yang berbeda untuk memastikan Anda supaya tidak luput dari satu mention pun. Mention ini bekerja realtime dan dapat mengajak Anda untuk langsung bergabung dalam percakapan yang terjadi saat itu juga.

Mention pun dikenal dengan pengaturan keyword atau kata kunci yang sangat menarik. Anda dapat melacak beberapa keyword maupun tag sekaligus. Dengan satu atau dua keyword kombinasi, hingga mengecualikan keyword tertentu, maka Anda dapat mendapatkan hasil riset yang lebih akurat.

10. Hashtracking

Hashtracking For Instagram

Fitur ini mampu mengkombinasikan fitur social media management dan tracking hashtag, maka Hashtracking meruakan pilihan tool yang menarik dan dapat diandalkan. Bahkan, beberapa marketer pun menyebut, jika tool ini memberi lebih dari yang Anda harapkan saat berhubungan dengan hashtag.

Pada tool ini, Anda dapat melakukan tracking tag secara intensif, sehingga dapat membantu Anda untuk dapat menampilkan nama berbeda dari tag tersebut supaya pencarian semakin mudah. Anda juga dapat melacak beberapa kata kunci, serta membuat kompetisi dari hashtag tersebut. Hashtracking akan memberikan Anda analisa performa tag pula yang dapat bekerja lebih optimal.

Baca juga: Waktu Paling Efektif Posting Gambar di Instagram

Hastag memiliki peran penting terhadap perkembangan dan kemajuan yang terjadi pada website atau media sosial yang Anda miliki. Pemilihan hastag yang tepat akan membuatnya trending dan muncul pada halaman pertama pencarian. Beberapa tools di atas bisa menjadi media bagi Anda untuk mencari hastag yang powerful dan mampu mendongkrak banyak pengunjung. Selamat mencoba!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen − 14 =