Cara Membuat Iklan di Facebook

Facebook Ads: Targetkan Iklan Berdasarkan Market Bisnis Anda

Targetkan iklan berdasarkan market bisnis anda – Materi terkait belajar Facebook Ads saat ini banyak menjadi sorotan para pembisnis online. Facebook ads dirasa sebagai salah satu cara meningkatkan omset secara cepat pada penjualan mereka. Jika sebelumnya mereka berjualan dengan cara posting ke semua group yang mereka ikuti dan melakukan posting pada akun Facebook pribadi.

Namun lambat laun, banyak yang menyadari cara tesebut kurang efesien dalam berjualan. Karena Facebook sejatinya merupakan sosial media, tempat orang bertemu teman atau keluarga lama, sehingga banyak orang yang tidak suka jika tiap hari mendapat notifikasi Facebook terkait info produk dan jualan. Maka penting bagi kita untuk belajar tentang mindset dan temperatur Facebook.

Mengenal Temperatur Pengguna Facebook

Bagi yang berlum pernah mendengar istilah ini pasti bertanya-tanya dan bingung tentang apa itu temperatur Facebook. Namun jika Anda tetap membaca sampai akhir artikel, maka kemungkinan besar pandangan Anda selama ini akan sedikit berubah seiring bertambahnya pengetahuan yang Anda dapatkan.

Temperatur Market Facebook

Dalam dunia penjualan, baik yang menggunakan Facebook organik (jualan tanpa iklan) ataupun menggunakan Facebook Ads berbayar maka istilah ini haruslah paham dengan benar, agar dapat menjadi bahan acuan sebelum melakukan aksi promosi lewat media sosial Facebook. Temperatur market Facebook itu sendiri terbagi menjadi 3 istilah atau bagian sebagai berikut :

Cold Market

Istilah ini sering digunakan untuk menyebut orang-orang yang berlum pernah mengenal Anda atau baru berteman dengan Anda di Facebook. Tipe orang seperti ini pasti akan banyak Anda temui dalam setiap sosial media. Maka perlu bagi Anda yang ingin berjualan untuk segera memperkenalkan diri kepada teman baru pertemanan Facebook Anda.

Cara agar orang lain mengenal Anda adalah dengan banyak melakukan interaksi setiap harinya seperti like, comment dan shar status mereka jika bermanfaat. Sehingga lambat laun, mereka akan mulai sadar dengan kehadiran Anda dalam jaringan sosial media mereka. Jika sudah seperti ini maka sudah berubah dari cold menjadi warm market.

Warm Market

Karena Facebook tempat untuk bercerita dan melakukan banyak aktivitas berbagi kegiatan sehari-hari sehingga banyak orang tidak respek ketika Anda update status tentang jualan setiap hari. Oleh sebab itu, lakukanya cara yang telah di bahas pada bagian cold untuk membuat market pasar Anda menjadi warm.

Warm market itu sendiri sebutan bagi orang-orang yang sudah mengenal Anda karena seringnya melakukan interaksi setiap harinnya. Jika sudah mulai kenal, biasanya orang-orang akan mulai melihat diri Anda. Seperti apa yang Anda kerjakan, apa yang Anda jual atau tawarkan di beranda Facebook Anda. Jika sudah sampai tahapan ini, maka mereka sudah dibilang tertarik dengan produk Anda karena sudah memiliki kepercayaan yang lebih melihat dari cara Anda berinteraksi dengan mereka setiap harinnya.

Hot Market

Setelah melewati fase cold dan warm, maka pada fase hot ini merupakan bagian yang paling penting. Dimana orang-orang yang berteman Facebook dengan Anda sudah memiliki kepercayaan dan siap membeli produk yang Anda tawarkan.

Namun tetap saja, jangan terlalu brutal ketika ingin menawarkan sebuah produk secara langsung kepada hot market ini. Cara yang dapat Anda gunakan adalah dengan menulis status edukasi terkait fungsi dan kegunaan produk Anda. Sehingga mereka membeli karena mereka merasa perlu dengan manfaat dari produk yang sedang Anda tawarkan. Pelajari juga cara menawarkan produk dengan cara softselling , convert selling dan story telling.

Mindset Beriklan menggunakan Facebook Ads

Menjalankan iklan menggunakan Facebook Ads termasuk salah satu kemampuan teknis yang tidak semua orang bisa. Namun tidak kalah penting dari hal tesebut adalah membenahi mindset yang keliru tentang beriklan menggunakan Facebook ads.

Bagi para pemula mungkin termasuk Anda, pasti memiliki pikiran bahwa cukup dengan membayar biaya iklan pada Facebook maka penjualan Anda otomatis akan meningkat tinggi. Namun sayang sekali, hai ini merupakan sebuah mindset yang salah besar dari kebanyakan pemula dan harus segera diperbaiki.

Sebelumnya, Anda telah belajar terkait temperatur Facebook, maka sisanya mari kita perbaiki mindset bersama-sama agar menjadi lebih baik. Hal pertama untuk membenahi mindset dengan cara mengetahui goals dari iklan Anda. Sebagai informasi penting yang wajib Anda pahami bahwa Facebook hanya menyediakan data atau mengarahkan orang-orang kepada iklan Anda sesuai minat dan jumlah budget iklan yang Anda siapkan.

Contoh sederhananya, Anda membayar Facebook Ads sebesar 100.000 untuk 3000-5000 pengujung yang tertarik dengan iklan Anda. Setelah pengujung itu datang, semua bergantung pada iklan yang sudah Anda siapkan. Maka penting sekali bagi orang yang ingin beriklan, mengetahui terlebih dahulu tentang goals apa yang ingin dicapai dengan beriklan.

Dari sekian iklan yang pernah penulis lihat, rata-rata goals iklan yang muncul mengarahkan pemirsa iklan untuk interaksi (like, komen dan share) atau iklan yang bertujuan untuk mendatangkan traffic ke sebuah website dan paling banyak adalah iklan untuk mendapatkan kontak leads(berupa email, no hp dan nama) dari orang-orang yang melihat iklan Facebook Anda.

Silahkan membaca kembali, penjelasan di atas terakit temperatur dan mindset beriklan agar saat beriklan menggunakan Facebook Ads , Anda tidak berkata lagi bahwa dengan iklan hanya buang-buang uang alias boncos. Padahal, pada keyantaanya setiap dana yang Anda keluarkan untuk beriklan ditukar dengan data-data dalam bentuk matrik yang bisa di evaluasi dalam rangka perbaikan iklan selanjutnya.

Baca juga, Cara Jualan Online di Facebook Agar Cepat Laku

Kampanye Iklan Facebook

Langkah-langkah beriklan dengan menggunakn Facebook

Langkah ini dapat Anda ikuti setelah membuat halaman Facebook pada akun bisnis manager miliki Anda.

Daftar akun iklan

Jangan lupa untuk mengatur sistem pembayaran menggunakan kartu debit agar iklan bisa langsung tayang. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat iklan pada Facebook.

Membuat Akun Iklan Facebook

Membuat Akun Iklan Pada Akun Bisnis Manager

Masuk kedalam pengaturan dari akun bisnis manager milika Facebook, kemudian klik pada akun iklan dilanjutkan dengan menambahkan akun iklan baru dengan cara klik pada menu tambahkan -> buat sebuah akun iklan baru berikan nama, timezone dan mata uang sesuai negara Anda.

Membuat Akun Iklan Baru

Jika menemukan pertanyaan akun iklan untuk siapa, silahkan pilih my businnes dan klik create.

Membuat Create Iklan 1

Membuat Iklan Lewat Menu Pengelolaan Iklan

Saat akun iklan telah selesai dibuat, maka akan tampil pada halaman dashboard akun bisnis manager milik Anda. Masuk kedalam menu pembuatan iklan dengan cara klik pada nama akun iklan yang telah selesai Anda buat sebelumnya. Facebook akan mengarahkan pada halaman kampanye.

Halaman kampanye ini merupakan sebuah halaman yang berisi goals dari iklan Facebook yang akan Anda buat. Langsung saja klik pada tombol hijau yang bertuliskan buat untuk menuju halaman buat kampanye baru. Facebook mebagi kampanye menjadi tiga bagian yaitu kesadaran, pertimbangan dan konversi.

Silahkan pilih salah satu menu dari menu kesadaran jika Anda ingin memperkenalan bisnis baru atau produk yang baru saja Anda keluarkan dan belum banyak di kenal oleh pengguna Facebook. Berikutnya jika Anda ingin mendatangkan pengujung website yang tertarget sesuai dengan konten artikel Anda, maka pilih lalu lintas kunjungan pada menu pertimbangan.

Begitu juga jika ingin mendapatkan interaksi pilih menu interaksi, ingin mendapatkan banyak download aplikasi Android yang telah Anda upload lewat playstore bisa menggunakan menu pemasangan aplikasi. Beberapa menu seperti penayangan video, pembuatan prospek dan dan pesan juga bekerja sesuai dengan namanya.

Halaman iklan facebook ads

Menjalankan Iklan jenis Konversi

Pada bahasan sebelumnya, kita banyak bicara terkait penjualan, sehingga kita akan beriklan menggunakan objek konversi. Dimana tujuan goals dari object tersebut untuk mengarahkan pembeli mau berkunjung ke halaman penawaran atau website yang telah kita siapkan.

Menu Iklan Konversi Facebook

Halaman penawaran ini kontenya berupa ebook gratis atau langsung berupa edukasi produk yang nantinya setiap orang yang membaca melakukan klik pada tombol yang telah kita sediakan dan mengarah ke nomer whatsapp kita, ini sering disebut dengan funel dalam istilah digital marketing.

Kampanye Lalu Lintas Facebook

Silahkan pilih situs web lalu pilih tambahkan ke keranjang belanja pada bagian konversi. Sebelumnya jika pada bagian konvesi masih berwarna merah, itu bukan karena error tapi memang kode pixel Facebook belum menerima data. Bagi yang ingin mendalami tentang pixel Facebook ads, silahkan untuk membaca artikel kami yang secara khusus membahas hal tersebut.

Menu Tambah Keranjang

Kita lanjutkan dengan mengatur pemirsa Facebook atau orang-orang yang menjadi target iklan kita. Pada bagian ini banyak hal yang perlu menjadi pertimbangan seperti lokasi negara tempat tinggal, kisaran umur yang cocok untuk produk kita, jenis kelamin yang membeli produk kita, bahasa dan ketertarikan atau interest mereka terhadap sesuatu.

Interset ini seperti kebiasaan atau behavior dari orang-orang yang kita targetkan. Semisal untuk produk gamis intersetnya berupa tokoh-tokoh pemuka agama yang mereka pernah mereka bicarakan atau pernah mengunjungi salah satu halaman dakwah milik mereka.

Mengatur pemirsa facebook

Lanjutkan dengan mengatur penempatan iklan agar iklan lebih tertarget. Kita bisa mengatur lokasi iklan kita muncul dengan melakukan klik pada edit penempatan.

Penempatan iklan Facebook

Facebook sendiri telah menyediakan penempatan iklan seperti pada kabar berita Facebook, halaman chat Facebook, lalu di instagram, messanger dan beberapa jaringan yang bekerjasama dengan Facebook. Tentukan juga jenis perangkat yang ingin kita targetkan semisal kita hanya perlu munculkan iklan pada Facebook mobile maka kita hilangkan tanda ceklist pada dekstop dimenu jenis perangkat.

Lokasi Penempatan Iklan Facebook

Langkah berikutnya, kita harus menetukan budget harian dari ikaln yang akan kita jalankan. Tips sukses untuk budget diawal jangan terlalu besar tapi lebih kepada waktu iklan dijalankan. Misalnya Anda punya budget 100.000 maka sebaiknya budget harian adalah 30.000 dan jalankan iklan selama 3-4 hari dengan cara mengatur jadwal iklan berjalan dan berhenti pada bagian tetapkan tanggal mulai dan berakhir. Jika semua sudah siap selesaikan semua proses ini dengan klik tombol lanjutkan.

Menu Budget Iklan

Lanjutkan dengan memilih halaman yang akan Anda gunakan untuk beriklan. Bisa juga menambahkan akun instagram agar iklan bisa muncul pada akun instagram yang telah terkoneksi dengan Facebook.

Menu Pilih Fanspage Facebook

Pada bagian format, pilih gambar atau video tunggal agar iklan kita menampilkan gambar atau video dengan penjelasan produk yang akan kita jual.

Menu Format Konten

Lalu dibagian Gambar,klik tambahkan gambar untuk mengambil gambar dari galeri komputer. Tunggi proses upload selesai sampai gambar benar-benar muncul. Perhatikan kualitas gambar dan juga gunakan warna terang untuk menarik perhatian agar pengguna Facebook berhenti dan membaca iklan penawaran kita.

Tambah Media Gambar Facebook

Menu selanjutnya adalah tautan yang akan menampilkan gambaran dari iklan yang kita sedang siapkan.

Menu tautan facebook

Masukan text, alamat url situs website Anda, judul , pilih tombol ajakan, tampilkan tautan, keterangan tautan dan terakhir pilih pixel Facebook jika ada. Jika semua proses sudah benar maka klik tombol konfirmasi untuk menjalankan iklan pertama Anda. Setelah konfirmasi iklan Anda akan masuk peninjauan dan jika aktif Facebook akan mengirim notifikasi.

Baca juga, Jasa Konsultasi Facebook Marketing Produk Online

peninjauan iklan

Analisis Data Hasil Iklan Facebook Ads

Kualitas seorang pengiklan dapat kita tentukan dari kemampuan dia dalam membaca data matrik yang telah disiapkan oleh pihak Facebook setiap kali beriklan. Dengan kemapuan baca data, ini dapat membuat kita dapat mengetahui langkah selanjutnya dari beberapa iklan yang telah jalan. Biasanya banyak dari para pengiklan mematikan iklan jika dirasa tidak menguntungkan beradasarkan data matrik yang ada.

Namun sebelum jauh mengenal tentang cara membaca matrik, alangkah baiknya jika kita pengenal dulu struktur dari iklan Facebook Ads. Dalam beriklan Facebook kita akan dihadapkan pada pada campaign, ad set dan ad.

Struktur iklan facebook

Dari gambar di atas dapat kita ketahui beberapa hal sebagai berikut ini:

Campaign merupakan sebuah wadah sebagai pengelompokan adset yang kita miliki. Ditempat inilah goals iklan kita berada atau kita harus mengelompokan iklan berdasarkan jenis object iklan yang kita gunakan. Semisal kita punya campaign yang mengunakan object promote your page untuk menambah jumlah follower pada Fanspage yang kita miliki.

Adset merupakan tempat untuk mengatur budget, penjadwalan iklan, pengaturan berdasarkan umur dan bisa juga untuk split testing berdasarkan interest(ketertarikan) tertentu seperti mencari pemirsa Facebook yang sudah menikah atau belum menikah. Satu campaign bisa memiliki lebih dari satu adset tergantung kebutuhan. Jadi mudahnya pada adset ini kita dapat mengatur targeting, penempatan device dan pengaturan bid biaya iklan.

Ad merupakan bagian dari adset yang kita buat. Pada ad ini Anda dapat merubah gambar, video, teks copywriting dan link yang berbeda-beda untuk mencari pola tulisan dan gambar yang terbaik untuk meningkatkan konversi iklan.

Cara Menampilkan Data Matrik Hasil Iklan

Masuk kedalam bagian Adset untuk memulai melakukan pembacaan matrik pada hasil iklan yang telah kita jalankan. Dalam keadaan normal, tampilan data adset akan sama dengan akun bisnis milik orang lain. Namun Facebook menyediakan fitur untuk memfilter data-data apa saja yang kita perlukan.

Hasil Gambar adset

Karena kita menggunakan iklan konversi, maka ada beberapa kolom yang kita perlukan seperti cpc, ctr link dan cpm. Cpc adalah biaya yang kita keluarkan pada saat iklan kita diklik sedangkan ctr adalah jumlah klik link pada iklan kita dan terakhir adalah cpm merupakan jumlah yang kita bayar perseribu tayang iklan.

Dengan mengetahui ketika hal tesebut, kita langsung dapat menilai apakah cara penyampaian iklan kita baik dari teks dan gambar sudah membuat orang tertarik untuk melakukan klik iklan menuju website kita. Semakin besar jumalh ctr link, maka semakin bagus iklan kita. Berikut cara untuk melihat laporan cpc, ctr dan cpm.

Menu Kolom Adset Facebook

Klik kolom, sesuaikan kolom lalu cari cpc, ctr dan cpm dan aktifkan dengan cara melakukan ceklist pada cpc, ctr link dan ctr tesebut.

Mengatur Kolom

Setelah semua dirasa siap, maka klik terapkan untuk memunculkan matriks iklan Facebook Anda.

Gambar Ctr Facebook

Dengan mengacu pada hasil ctr (rasio klik tayang tautan) dengan nilai 1,46% dari jangkauan sebesar 2,771 ribu maka dapat dipastikan iklan ini masih kurang bagus. Normalnya ctr link yang bagus bernilai lebih besar dari 1,5%. Jumlah ctr yang tidak sesuai berbanding dengan jumlah jangkauan pemirsa yang kita dapat tidak sesuai atau kurang dari 1,5% membuat harga iklan menjadi mahal, kita dapat melihat pada bagian cpc (biaya per klik tautan).

Solusi untuk masalah ctr yang kurang dari 1,5%, kita dapat merubah copywriting (kata-kata promosi) dan mengganti gambar dengan yang lebih terang dan jelas, sehingga membuat orang lebih banyak klik pada link yang mengarah ke website kita. Lakukan trus evaluasi untuk mendapatkan harga iklan termurah tapi tetap perhatikan nilai ctr link agar semakin tinggi.

Baca juga, Strategi Pemsaran Efektif dengan Budget Terbatas

Selain beriklan, kita juga telah banyak membahas terkait mindset dan temperatur market yang ada pada Facebook. Dengan semakin banyak melakukan percobaan, maka Anda akan segera menemukan wining campaing. Dengan wining campaing Anda tidak ragulagi untuk menambah budget iklan agar omset penjualan Anda meningkat sehingga berpengaruh terhadap profit perusahaan Anda.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *