Cara Submit URL ke Google Search Console Terbaru

Cara Submit Url ke Web Console Terbaru

Google Search Console atau dulunya Google Webmaster adalah salah satu platform terbaik Google yang wajib anda pahami. Terutama jika anda berkiprah di dunia startup dan menjadikan website sebagai media pemasaran. Ada banyak manfaat yang bisa didapat jika anda bisa memaksimalkan fungsi dari Google Search Console ini.

Salah satu manfaat yang bisa anda dapatkan adalah melakukan optimasi SEO terhadap situs dan menjauhkan situs dari error. Jenis error yang seringkali terjadi adalah kesalahan dalam coding dan link internal situs yang rusak sehingga membuat para pengunjung tidak bisa mengakses halaman tersebut. Hal ini sudah pasti akan membuat pengunjung kecewa bukan?

Google Search Console memiliki banyak fitur yang akan mempermudah anda dalam melakukan optimasi sekaligus melakukan perawatan dan pengecekan situs secara menyeluruh. Mantapnya, fitur satu ini bisa anda akses secara gratis. Jadi anda tidak perlu mengeluarkan biaya sedikitpun untuk menggunakan platform satu ini. Syarat yang harus anda penuhi juga tidak terlalu rumit. Anda hanya perlu memiliki akun google dan situs pribadi yang nantinya tinggal disubmit ke platform satu ini.

Mengenal Google Search Console

Sebelum kita melanjutkan pembahasan mengenai cara submit url, akan lebih baik jika anda mengenal Google Search Console itu sendiri lebih jauh. Perlu anda tahu, alasan utama seseorang membuat website adalah berbagi informasi dan atau melakukan penjualan produk. Tentunya agar informasi dan produk yang anda miliki dilihat banyak orang, anda harus menjaring pengunjung sebanyak mungkin ke situs yang anda miliki. Hal ini membutuhkan sebuah trik yang bernama SEO. Hanya saja, untuk mempelajari SEO akan membutuhkan waktu yang lama.

Karenanya Google kemudian memfasilitasi anda dengan sebuah platform canggih yang bernama Google Search Console ini. Dulunya platform satu ini bernama Google Webmaster Tools. Dengan aplikasi besutan google satu ini, anda akan lebih mudah dalam melakukan optimasi website dan mendapatkan pengunjung yang lebih banyak. Terlebih lagi platform Google satu ini juga bisa memperlihatkan kondisi “kesehatan” website anda secara menyeluruh.

Baca juga, Riwayat Pergantian Alogaritma Google Terbaru

Cara Mudah Submit URL ke Google Search Console

Agar anda bisa memanfaatkan fungsi dari Google Search Console ini, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah melakukan registrasi website anda di platform satu ini atau istilahnya Submit URL. Hal ini bertujuan supaya Google mengetahui kalau situs anda sudah benar benar ada. Adapun syarat syarat yang harus dipenuhi pada saat anda melakukan submit URL ke Google Search Console adalah :

  1. Akun Google yang masih aktif dan bisa anda akses
  2. Blog atau situs yang anda miliki secara pribadi dan terintegrasi dengan akun google yang anda miliki
  3. Blog atau situs yang anda miliki sudah memiliki konten dan bisa diakses.
  4. Blog atau situs yang anda miliki tidak memiliki konten negatif atau konten yang dilarang oleh Google.

Setelah hal hal diatas anda penuhi, anda bisa langsung melakukan submitting url situ anda ke Google Search Console. Tidak sulit, anda hanya perlu mengikuti langkah langkah yang akan kami paparkan di bawah ini.

1. Log in ke akun gmail anda

Log in ke akun gmail

2. Buka tab baru dan kemudian kunjungi situs Google Search Console di alamat https://search.google.com/search-console

Halaman Muka Login Email

3. Klik menu “Tambahkan Properti” yang ada di pojok kanan atas situs Google Console ini. Ada dua opsi yang bisa anda pilih, masukkan sesuai kebutuhan anda. Lakukan verifikasi kepemilikan situs atau blog dengan metode yang telah disediakan. Kalau situs anda berasal dari blogger, biasanya verifikasi akan dilakukan secara otomatis.

Pilih Jenis Properti

4. Setelah anda memasukkan situs atau blog anda ke dalam Google Search console, selanjutnya anda bisa mengklik kolom pencarian yang ada di bagian atas. Letakkan URL Blog atau URL artikel anda pada kolom tersebut dan klik enter.

Masukkan URL Website

5. Google akan memberikan notifikasi kalau url artikel yang anda masukkan tidak ada

URL Tidak Ada di Google

6. Klik pada menu minta di indeks dan tunggu prosesnya hingga google selesai melakukan indexing.

Menguji Pengindexan

7. Klik menu “Mengerti” setelah proses selesai dilakukan.

Pengindexan Sedang Diterima

Itu saja cara melakukan proses indexing dengan melakukan Google Search Console. Kecepatan proses ini tergantung pada Google. Bisa sehari, seminggu, atau bahkan sebulan. Untuk mengeceknya, anda hanya tinggal mengetikkan url artikel anda di pencarian Google. Jika sudah muncul, berarti Google telah berhasil melakukan indexing url artikel atau situs anda.

Baca juga, Optimasi Website Sampai Halaman 1 Google

Manfaat Submit URL Ke Google Search Console

Ada banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan pada saat anda melakukan submitting url situs anda ke Google Search Console. Manfaat pertama tentunya dari segi SEO, dengan submit url ke platform satu ini, maka secara otomatis Google akan melakukan crawling terhadap situs anda dalam waktu yang lebih cepat dari biasanya.

Tidak hanya itu saja, Google Search Console memungkinkan anda untuk melakukan pengecekan secara menyeluruh terhadap situs yang anda miliki. Dengan hal ini sudah pasti ada banyak hal yang bisa anda lihat. Pertama anda bisa mengecek kata kunci terpopuler yang merujuk ke situs anda. Optimasi akan berlangsung dengan lebih mudah jika anda memahami hal ini.

Lebih jauh anda juga akan bisa menganalisa semua link error yang ada di situs yang anda daftarkan ke Google Console ini. Jadi anda tidak perlu melakukan pengecekan halaman per halaman, hanya tinggal mengikuti langkah langkah yang ditetapkan, anda akan bisa melihat performa web secara penuh dan tak akan ada yagn terlewati. Terlebih platform Google satu ini tidak hanya menyediakan informasi terkait masalah saja tapi juga memberikan anda solusi untuk mengatasinya.

Kendala Sering Muncul Saat Melakukan Submitting URL

Dikuti dari berbagai sumber, ada beberapa kendala yang mungkin muncul pada saat anda melakukan URL submit di Google Search Console. Salah satunya adalah kendala dari segi istilah. Agar lebih mudah dalam menggunakan platform Google satu ini, kami sangat merekomendasikan anda untuk memahami istilah istilah di dalamnya terlebih dahulu. Kesalahan kecil dalam memahami istilah seringkali menjadi kesalahan yang besar.

Tidak hanya itu saja, anda juga harus memastikan kalau anda melakukan copy dan paste URL dengan hati hati. Jangan sampai ada yang terlewat karena hal ini justru akan membuat roes crawling memakan waktu yang lebih lama. Tak apa anda melakukannya secara lambat, tapi cara yang anda lakukan benar dan sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan.

Terakhir pastikan anda tahu kalau platform Google Search Console ini bisa digunakan oleh semua jenis web. Tidak hanya blogger saja. Hanya saja jika web yang anda miliki berasal dari Top Level Domain atau platform blogging lainnya, dibutuhkan proses validasi dan verifikasi kepemilikan terlebih dahulu. Tidak sulit untuk dipraktikkan karena aplikasi satu ini sudah menjelaskan langkah langkahnya secara detail.

Baca juga, SEO On Page: Fungsi Meta Tag Pada Website

Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan terkait pembahasan engenai cara submit URL ke Google Search Console terbaru ini. Bagi anda yang sudah pernah melakukan url submit via wbmaster, anda tidak perlu melakukan submit lagi karena platform Google Console ini sudah terintegrasi dengan aplikasi lamanya tersebut meskipun fitur dan tampilannya jelas jelas berbeda.