6 Situs Download Gambar Gratis Bebas Copyright

Situs Download Gambar

Situs download gambar gratis – Tak lengkap rasanya bila membaca blog atau sebuah konten pada website tanpa diselipi gambar pendukung.  Gambar memang penting untuk tampilan pada sebuah konten apapun, baik blog, maupun di media sosial. Jika Anda seorang penulis konten blog, ataupun pelaku sosmed, menggunakan gambar sebagai media pendukung ataupun untuk diposting disosmed sering dilakukan.

Namun pertanyaannya darimanakah Anda mengambil referensi gambar tersebut? Jika Anda mengambilnya serampangan dari Google, maka Anda harus memperhatikan pemakaian gambar yang bisa saja memiliki copyright. Jika pemilik hak cipta tidak rela gambarnya dipakai, Anda bisa saja terkena tuntutan atau denda.

Situs Download Gambar Gratis

Daripada membayar denda atas hak cipta karya seseorang, mending cara Anda mengambil gambar perlu beralih ke cara gratisan. Ada banyak situs download gambar gratis bebas copyright yang bisa Anda ambil atau copy secara legal. Situs mana saja yang menyediakan gambar secara gratis ? Simak ulasannya di bawah ini:

1. Flickr: Creative Commons (Flickr.com)

Flickr

Situs download gambar gratisan, salah satunya adalah Flickr yang didukung oleh Creative Commons. Yaitu sebuah lisensi yang mengakomodasi fotografer yang hasil gambarnya boleh digunakan oleh orang lain tanpa menghilangkan rujukan darimana foto tersebut diambil.

Baca juga, Media Sosila Yang Paling Banyak Digunakan Di Indonesia

Dengan syarat dan ketentuan yang berlaku lisensi Creative Common memberikan izin pada pengguna media tersebut untuk dapat mengambik atau mengcopy gambar yang disediakan media tersebut secara legal, bebas, dan gratis.

Melalui situs Flickr dibawah naungan lisensi Creative Commons, Anda bisa diberikan izin untuk mengambil gambar manapun yang berlabel CC. Ya, betul. Jika Anda ingin mengambil gambarnya secara gratis, Anda harus mencari gambar dengan label CC tersebut, caranya melalui:

  • Masuk ke flickr.com
  • Carilah kata kunci gambar yang ingin Anda cari di kotak pencarian. Usahakan dalam Bahasa Inggris. Contoh, beautiful beach, sport car, celebrities dan lain -lain. Kemudian pilih Enter.
  • Setelah referensi gambar yang Anda cari muncul, pilih menu Any License dengan menggantinya dengan opsi Commercial use & mods allowed.
  • Pilih gambar yang berlabel Creative Commons.
  • Gambar bisa diambil/disimpan

Opsi Commercial use & mods allowed ini akan memunculkan gambar-gambar yang sudah diberi label Creative Commons. Gambar ini bisa Anda edit ataupun menggunakannya untuk tujuan komersil.

Kelebihan menggunakan situs download gambar

Ini adalah :

  • Referensi gambar mempunyai kualitas tinggi
  • Mudah mengambil gambar yang ingin diambil
  • Gambar berlabel Creative Commons yang dapat dengan bebas diambil

Sementara kekurangan pada situs download gambar ini adalah jumlah gambar berlabel CC yang kurang banyak, dan hasil gambar tidak selalu dari hasil fotografer ahli.

2. StockPhotosforFree.com

stockphotosforfree

Situs download gambar ini banyak menyediakam gambar menarik dan keren untuk Anda, namun keterbatasan jumlahnya masih sangat kurang. Meskipun gratis, tak semua gambar bisa diambil karena untuk gambar – gambar tertentu Anda harus membayar keanggotaan terlebih dahulu. Terlepas dari kekeurangannya itu StockPhotosforFree mempunyai kelebihan seperti :

  • Tersedianya banyak kategori foto
  • Pada gambar diberikan keterangan lengkap seperti lokasi diambilnya gambar tersebut

Dibalik kelebihannya. Ada kekurangan yang seperti dijelaskan tadi yaitu :

  • Tidak semua gambar yang didownload bisa gratis
  • Untuk mendownloadnya, perlu login akun dulu
  • Walaupun berkatagori cukup lengkap, stok gambar tidak banyak
  • Tidak semua gambar memiliki kualitas yang baik.

4. Wikimedia

Wikimedia

Situs download gambar bebas copyright ini merupakan naungan dari wikipedia. Uniknya, situs ini menyediakan gambar – gambar yang bisa menjadi media pembelajaran karena dilengkapi keterangan informatif yang berguna.

Baca juga, Tema Video Youtube yang Paling Banyak Orang Sukai

Sayangnya, gambar-gambar yang tersedia tidak sekeren gambar dari penyedia situs gambar lainnya. Meskipun begitu,Anda tetap bisa mengunduhnya secara gratis. Kelebihan yang dimiliki oleh situs wikimedia ini:

  • Terdapat keterangan lengkap mengenai gambar
  • Referensi gambar bisa dijadikan media pembelajaran
  • Ketersediaan gambar sangat lengkap, dibandingkan situs lainnya.

Kekurangan wikimedia:

  • Gambar tidak semenarik dan sekeren pada gambar di situs lainnya.
  • Tidak banyak menemukan gambar yang mempunyai kualitas baik.

5. Freepik

Freepik

Freepik menjadi salah satu situa penyedia gambar andalan bagi para blogger dan lainnya. Alasannya, mudah digunakan dan selalu gratis. Selain ketersediaan gambarnya yang gratis, gambar di situs Freepik juga bisa didownload dengan bentuk format lengkap seperti PSD photos ataupun vector photos sebagai media illustrator pelengkap. Anda pun bisa mengubah desainnya dengan Adobe Illustrator, Photoshop, dll. Para desain grafis sering menggunakan gambar pada situs ini untuk berkreasi membuat banner, presentasi, cover buku ataupun lainnya.

Kelebihan Freepik:

  • Applicable atau fiturnya mudah digunakan
  • Gambar lengkap
  • Gambar bisa diedit atau di desain ulang dengan fitur yang tersedia
  • Gambar berkualitas tinggi

6. Pexels

Pexels

Nampaknya situs download gambar ini juga menjadi salah satu situs terbaik untuk mengambil referensi gambar yang bagus. Hampir semua gambar yang ada di Pexels ini berkualitas tinggi dan tentu saja gratis.

Situs Pexels ini juga memberikan kebebasan ppada penggunanya untuk mengedit gambar – gambar atau mendesain ulang gambar tersebut. pengunduh melakukan apa saja dengan gambar-gambar tersebut. Selain gratis, Anda bisa mengambil gambar dari situs ini untuk keperluan apapun termasuk komersil.

Kelebihan pexels:

Semua gambar berkualitas tinggi

  • Ketersediaan gambar lengkap
  • Cocok untuk digunakan di blog
  • Mudah digunakan

7. Gratisography

Gratisography

Situs yang digarap lokalan ini menyediakan konten gambar yang mempunyai kualitas tinggi dengan resolusi besar sehingga gambar yang dihasilkan jernih. Gambar gambar yang disediakan juga diberi label FOC atau Free of Charge alias gratis. Konten gambar yang bisa diambil adalah hasil karya Ryan McGuire, (salah satu jepretannya yang terkenal adalah foto wallpaper di windows PC).

Pemakaiannya pun cukup mudah, yaitu tinggal pilih gambar yang diinginkan dan langsung download. Jika ingin menggunakan resolusi atau size yang lebih kecil, Anda bisa mengkompresnya terlebih dahulu.

Kelebihan :

  • Gambar mempunyai kualitas tinggi
  • Gratis
  • Proses mengambil gambar mudah

Situs – situs download gambar gratis bebas copyright diatas bisa Anda gunakan dengan bebas dan legal untuk keperluan Anda. Dengan cara tersebut Anda tidak perlu lagi susah-susah mencari gambar yang mungkin mempunyai hak cipta dan tidak boleh disalah gunakan.

Baca juga, Tips Berjualan Di Instagram, Gunakan Gambar yang Menarik

Akibat Menggunakan Gambar Yang Memiliki Hak Cipta

Akibat-Menggunakan-Gambar-Copyright

Google sudah memberikan ketentuan untuk penggunanya dalam hal penggunaan media gambar. Ada sebagian orang yang tidak ingin karyanya dicopy sembarangan, untuk itu mereka biasanya menambahkan watermark. Namun bukan berarti foto tanpa watermark bisa dicopy sesuka hati. Foto tanpa watermark pun bisa memiliki copyright yang bisa saja dihak jika Anda menyalahgunakannya.