Metode Dasar Meningkatkan Kekuatan SEO Pada Website

Metode Meningkatkan SEO Website

SEO atau yang disebut Search Engine Optimization ini merupakan cara atau upaya yang dilakukan untuk meningkatkan ranking website menjadi top 5, atau bahkan top 3 pada halaman Google teratas. Tujuannya tentu untuk menjadikan sebuah website mendapatkan keuntungan bisnis seperti menghasilkan banyak traffic (pengunjung) yang merupakan calon pembeli potensial bagi sebuah website itu sendiri.

Pengoptimalan SEO ini merupakan cara organik alias gratis. Sementara pengoptimalan website dengan cara non organik adalah dengan beriklan seperti pada Google Adwords. Terlepas dari kelebihannya yang menghasilkan traffic instant, tentu dengan cara ini akan membutuhkan budget atau biaya yang tidak sedikit. Berhubung yang dibahas kali ini adalah meningkatkan website dengan SEO, maka disni akan dipaparkan panduan meningkatkan SEO website untuk Anda.

Panduan Meningkatkan SEO Website

1. Totalitas Dalam Kualitas

Konten sebuah website adalah hal utama dan penting sekali menentukan keberhasilan website meraih posisi teratas. Kualitas konten website harus memiliki nilai baik supaya pengguna atau pengunjung mendapatkan apa yang mereka mau melalui konten yang Anda suguhkan pada website. Pengalaman pengunjung ini bisa menjadi rating yang dikalkulasikan Google untuk dapat membawa posisi website Anda pada daftar yang dicari.

Baca juga, Solusi Penulisan Artikel Website Agar SEO Friendly

2. Menganalisa Kata Kunci

Lakukan analisis kata kunci dari sekian nominasi kata kunci yang ada. Anda bisa mengidentifikasi daftar kata kunci lalu membuatnya sesuai dengan frasa kata kunci yang ditargetkan. Sebelum menentukan kata kunci ini, ada baiknya untuk meninjau terlebih dahulu kata kunci yang sudah diterbitkan oleh website kompetitor. Jangan sampai Anda mengulang atau membuat sama persis yang hanya akan membuat posisi konten tidak muncul di halaman pertama.

3. Gunakan AdWords Copy

Mendapatkan ide kata kunci juga bisa menggunakan cara Google Adwords. Anda bisa melihat iklan dari Google Adwords yang kata kuncinya sudah dioptimasi. Anda bisa menirunya dan membuat konten yang baru untuk keyword tersebut. Jika konten yang Anda buat berkuaitas, maka akan menentukan ranking yang baik untuk kata kunci tersebut. Sehingga popularitas website Anda mudah dikenal oleh target konsumen.

Dengan cara organik ini, konten berkeyword hasil dari ads di atas menjadi sebuah keuntungan tersendiri. Anda bisa menganalisa setiap konten dari iklan yang ada yang dapat memberikan ide gratis buat Anda untuk membuat headlines selanjutnya.

4. Melakukan SEO Audit

Dengan cara memantau kinerja situs Anda, Anda akan mengetahui mengapa website sulit mendapatkan traffic yang banyak. Dengan cara audit SEO, dapat membantu Anda untuk menetapkan sasaran baru, menarik traffic serta menaikkan posisi website. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan konten terbaik yang Anda miliki.

Apa saja hal-hal yang harus diperhatikan selama Anda melakukan audit SEO, diantaranya adalah:

  • Meta title dan description wajib tercantum pada halaman website Anda.
  • Kata kunci harus selalu dioptimasi untuk SEO.
  • Buatlah struktur URL Anda supaya mudah ditemukan oleh mesin pencari seperti Google yaitu dengan menggunakan URL yang sederhana, pendek namun mudah diingat bagi pengunjung ataupun search engine.
  • Perhatikan penyusunan halaman website dengan benar seperti menggunakan heading dan subheading, menggunakan kalimat atau kata ajakan (call to action), menggunakan jumlah kalimat yang cukup di setiap paragraf, dan jangan lupa membold atau italics sebagai penanda poin penting.
  • Jangan lupa untuk memasukkan kata kunci Anda di ALT text gambar.
  • Jangan lupakan tautan external link dan internal link di konten yang Anda miliki.

Mengingat fakta penelitian HubSpot menyebutkan bahwa rata-rata pengunjung hanya membaca isi blog secara sepintas saja. Supaya pembaca membaca isi konten secara keseluruhan, maka Anda sebagai pengisi atau pembuat konten, wajib memperhatikan hal-hal di atas.

Pelajari apa yang pengunjung website butuhkan

Matrik UX pada Website

Strategi menganalisis apa yang pengunjung website Anda cari sangat penting untuk dapat mengembangkan konten yang Anda buat dengan mudahl.

Karena pendapat konsumen berpengaruh pada ide kata kunci yang akan dibuat nantinya, serta mempengaruhi pengembangan konsep website seharusnya yang pengunjung website Anda inginkan.

Baca juga, Solusi Agar Website Tampil Dihalaman Pertama Google

Bagaimana cara mencari tahu apa yang pengunjung website Anda inginkan?

1. Melalui website Quora dan UberSuggest

Anda mungkin mengenal website ini sebagai wadah yang menampung pertanyaan dari orang-orang mengenai apapun dan apa saja. Dengan memanfaatkan analisis pertanyaan pada website ini, dapat memberi ide pada Anda untuk membuat konten yang akan banyak dicari oleh para pengunjung website tentunya dengan mencari mana topik yang paling sering ditanyakan.

Sedangkan UberSuggest berfungsi untuk membuat long-tail keyword yang umumnya sering dicari pengunjung situs melalui mesin pencari.

2. Manfaatkan Google Analytics

Google Analytics berfungsi untuk menentukan halaman yang paling populer pada website Anda. Selain memperhatikan jumlah view, perhatikan juga waktu kunjungan halaman. Misalnya, jika waktu kunjungan di bawah satu menit,maka   mereka kemungkinan tidak membaca konten Anda semuanya.

Selain itu ada bounce rate yang mengkalkulasikan jumlah pengunjung pada website Anda, dan Exit rate untuk mengkalkulasikan jumlah pengunjung yang keluar/meninggalkan website Anda.

3. Tandai Post yang Memiliki Share yang Paling Tinggi

Anda bisa melihat konten mana yang paling populer dan memiliki share tertinggi melalui tool BuzzSumo. Selanjutnya, Anda bisa membuat konten yang bertema sama untuk meraih kepopuleran view dan share yang tinggi juga.

4. Jangan lupakan opini atau komentar pengunjung blog Anda

Anda bisa membuat konten baru dengan ide dari komentar-komentar para pengunjung blog Anda.

Gunakan Link Juice Pada Halaman yang Sedikit Viewer

Link juice sendiri adalah outbound links yang menghubungkan website berauthority tinggi pada konten yang Anda miliki. langkah-langkahnya adalah selalu memperbaharui postingan Anda seperti menambahkan link, dan data konten baru untuk mengupgrade postingan lama yang ada.

Setelah diperbaharui, Anda bisa menshare postingan tersebut ke sosial media dan tautkan link postingan tersebut pada konten yang lainnya. Hal ini berguna untuk membiarkan pengunjung membaca postingan Anda yang lainnya.

Website Anda Harus Mobile-Friendly

Website Mobile Friendly

Tentunya orang-orang masa kini mengakses website cukup dibuka pada smartphone mereka, untuk melakukan pengecekan website mobile friendly Anda dapat menggunakan tool mobile friendly test. Kebijakan terbaru Google menerapkan algoritma baru untuk menentukan website mana yang sangat responsif juga berkriteria mobile friendly untuk dapat menetapkan ranking website pada mesin pencari.

Cara yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan WordPress sebagai CMS website Anda karena hampir semua tema di WordPress dapat mudah dibuka melalui smartphone. Cara mengeceknya pun gampang. Anda bisa membuka website Anda pada smartphone Anda.

Baca juga, SEO Solusi Pemasaran Paling Efektif dan Efisien

Ada banyak panduan meningkatkan SEO website yang Anda bisa ikuti dan praktekkan. Sebagian kecil di atas adalah salah satunya. Selain strategi pengoptimalan SEO website di atas, Anda juga sebaiknya memperhatikan apa yang tidak seharusnya Anda lakukan pada website Anda, salah satu contohnya menggunakan kata kunci yang misleading dengan konten (judul tidak sesuai dengan kualitas konten). Biasanya untuk menarik pengunjung website, biasanya ada yang membuat judul dengan keyword menarik namun konten yang diharapkan tidak sesuai dengan judul.

Selain keyword yang perlu diperhatikan, konten pun bisa mempengaruhi ranking atau posisi website Anda pada halaman Google.