SEO Bukan Sekedar Backlink

SEO Itu Tidak Sekedar Backlink, Pahami Proses dan Cara Kerjanya

Dalam dunia digital marketing, SEO (Search Engine Optimization) berperan sangat vital. SEO adalah serangkaian proses atau optimasi agar website atau situs bisa muncul pada hasil halaman mesin pencari, seperti Google. Sederhananya, suatu website bisa muncul jika pengguna mesin pencari mengetikan kata kunci tertentu. Contoh, Anda memiliki website jasa sewa mobil, ketika pengguna mengetikkan kata kunci “jasa sewa mobil murah”, maka website Anda berpotensi tampil di halaman pertama.

SEO terbagi ke dalam 2 jenis optimasi. Pertama SEO off page, dan kedua SEO on page. Keduanya memiliki cara masing-masing dan tidak boleh dilakukan secara terpisah. Keduanya saling bersinergi. Jadi, Anda harus menjalankan keduanya secara bersamaan.

Salah satu optimasi SEO yang terbilang sangat populer adalah backlink. Dari pertama kemunculan SEO, hingga saat ini, backlink menjadi senjata powerful untuk mendongkrak website agar bertengger di halaman pertama Google.

Apa Itu Backlink?

Backlink Merupakan Penentu SEO

Backlink merupakan sebuah link dari suatu website yang diarahkan pada web lain. Jika terdapat 200 link yang mengarah pada halaman web tertentu, maka halaman tersebut memiliki 200 backlink.

Baca juga: Apa Itu Black Hat SEO? Stop Melakukannya!

Jumlah backlink pada suatu halaman website, akan digunakan oleh mesin pencari untuk menentukan legitimasi situs, kepentingan, dan popularitas. Semakin banyak backlink yang dikoleksi suatu situs atau halaman, maka semakin tinggi potensi kemunculannya pada hasil peringkat mesin pencari, seperti Google, Bing, dan lainnya.

Apakah Backlink Jadi Faktor Penentu Kesuksesan SEO?

Mengingat betapa powerful-nya optimasi backlink, hingga banyak pihak yang menawarkan jasa backlink untuk mendongkrak popularitas website di halaman mesin pencari. Lalu, apakah backlink menjadi faktor penentu kesuksesan SEO? Bisa dikatakan, ya. Tapi, bukan satu-satunya faktor penentu. Setidaknya masih ada 200 faktor penentu lainnya, baik yang memberi pengaruh besar maupun kecil. Dan backlink adalah salah satu yang berpengaruh besar. Jadi, SEO bukan sekedar backlink saja, karena masih banyak optimasi lain yang tidak kalah penting.

Backlink Faktor Penentu SEO

Backlink sendiri memiliki cukup banyak istilah. Dan yang wajib Anda ketahui di antaranya seperti:

  • Dofollow: Semua link yang ditanam pada postingan blog.
  • NoFollow: Link yang tidak berpengaruh pada peringkat website. Contohnya, link yang ditaruh pada komentar blog lain.
  • Anchor Text: Sebuah frasa atau kalimat yang disematkan URL bertujuan ke website Anda.
  • Internal Link: Link yang mengarahkan satu halaman ke halaman yang lain dalam website yang sama. Contohnya, link pada artikel yang disematkan agar pembaca melihat artikel lain yang relevan.
  • Link Juice: Istilah ini digunakan ketika ada blog/website yang membuat URL lalu ditujukan ke halaman website/blog Anda.

Backlink sendiri memiliki 5 manfaat yang paling mendasar sebagai berikut:

  1. Lalu lintas referral
  2. Membuat hubungan yang baru
  3. Sumber daya dan directory link jangka panjang
  4. Membangun otoritas website atau situs Anda
  5. Pengakuan terhadap brand situs

Backlink sendiri memiliki beberapa jenis. Setidaknya ada 5 jenis backlink yang saat ini biasa digunakan. Di antaranya seperti:

1. Backlink PBN

PBN (Private Blog Network) adalah website yang terletak di dalam jaringan tertentu, tujuannya untuk meningkatkan kata kunci sebuah situs/blog/web. Saat ini, backlink PBN banyak ditawarkan oleh jasa-jasa backlink di tanah air. PBN sendiri merupakan jenis backink yang sengaja ditanam dari jenis domain lama maupun bekas yang berkualitas dan unggul, serta memiliki metrik jempolan.

Teknik backlink ini dikenal juga mencari aged domain PBN. Umumnya, backlink PBN dilakukan menggunakan platform WordPress maupun Blogger.

PBN adalah jenis backlink berkualitas dan jempolan. Bahkan, backlink PBN diklaim mampu mempercepat peringkat website pada halaman pertama di hasil pencarian Google.

Backlink PBN umumnya memiliki extension yang cukup beragam. Mulai dari jenis .org, .info, .xyz, .web.id, .co.id, dan lainnya.

2. Backling Komentar

Backlink komentar merupakan salah satu backlink yang cukup banyak disarankan. Bagusnya, berkomentarlah pada web yang memiliki pembahasan relevan. Baik itu jenis nofollow maupun dofollow. Maka, website yang Anda bangun secara perlahan akan kuat dan naik dengan kata kunci tertentu. Jangan lupa juga menggunakan brand sebagai anchor link-nya.

3. Backlink EDU

Backlink EDU adalah salah satu jenis backlink yang bagus. Konon, 1 saja backlink EDU, sama dengan 100 backlink biasa. EDU adalah kependekan dari Education, yang berarti pendidikan. Umumnya, jenis ini didapatkan oleh orang yang tengah menempuh pendidikan, baik sekolah maupun universitas. Contoh extension edu yang banyak digunakan seperti .ac, .uk, .edu, dan masih banyak lainnya.

4. Backlink yang Ditanam Dari Situs Wiki

Backlink dari situs Wiki bisa Anda dapatkan secara gratis. Namun, jangan asal menanamnya. Karena, backlink harus ditaruh pada konten yang berkualitas. Kami juga menyarankan untuk memilih Wikipedia sebagai target situs wiki Anda.

5. Backlink dari Situs Pemerintah

Backlink ini cukup sulit didapatkan. Anda harus memiliki rekan kerja yang dapat mengakses jaringan pemerintah. Backlink ini sangat berkualitas, karena umumnya telah diliput oleh berbagai situs besar yang telah memiliki authority jempolan.

Proses dan Cara Kerja SEO

Proses Cara Kerja SEO

Seperti yang telah kami paparkan di atas, SEO terbagi ke dalam dua bagian, yaitu SEO on page dan SEO off page. Keduanya memiliki proses yang berbeda-beda. Baik SEO on page dan SEO off page, keduanya tidak bisa berdiri sendiri. Artinya, Anda harus mengoptimasi keduanya pada situs yang sedang dibangun.

SEO on page adalah serangkaian optimasi SEO yang dilakukan pada website yang bersangkutan. SEO on page terdiri dari serangkaian optimasi yang meliputi:

  • Pembuatan konten berkualitas
  • Tampilan cepat dan responsive
  • Menggunakan link internal
  • Judul yang menarik dan mengandung kata kunci
  • Penggunaan gambar pada setiap postingan
  • URL & Permalink
  • Memerhatikan kecepatan website
  • Dan lain-lain

Sementara itu, SEO off page adalah optimasi SEO yang dilakukan di luar website bersangkutan. Di antaranya seperti:

  • Backlink
  • Anchor pada backlink
  • Keunikan backlink
  • Link building
  • Meninggalkan komentar di blog
  • Dan lain-lain

Lalu, bagaimana cara SEO berproses dan bekerja? Cara kerja SEO sendiri cukup luas. Ada beberapa istilah yang mengacu pada proses dan cara kerjanya, seperti:

1. Crawling dan Indexing

Crawling merupakan suatu proses perayapan pada search engine. Contohnya, mesin pencari akan melakukan crawling pada dokumen yang terdapat pada website yang baru Anda buat. Hasil crawling tersebut, nantinya akan disimpan di dalam database search engine yang dikenal dengan istilah indexing.

2. Menyediakan Jawaban

Ketika kita mengetikkan suatu kata kunci di Google, maka akan ada miliaran dokumen korpus yang dilacak. Sederhananya, SEO akan membantu memengaruhi antara popularitas dan relevansi suatu website dengan kata kunci yang dicari. Sehingga, tingkat kemunculan website pada kata kunci tertentu pada mesin pencari menjadi lebih potensial.

3. Processing

Jika mesin pencari telah menerima permintaan dari pengguna untuk mencari kata kunci, seperti contoh kata kunci “manfaat backlink”. Maka, mesin pencari akan melakukan proses perbandingan kata kunci tersebut dari website yang telah terindex.

4. Menghitung Relevansi

Jika pada suatu halaman memiliki jumlah kata kunci lebih yang diinputkan pada mesin pencari, maka mesin pencari akan melakukan perhitungan relevansi dari setiap halaman website yang sudah terindeks pada setiap kata kunci yang telah diterima.

Dari penjelasan di atas, kini Anda telah mengetahui cukup banyak hal tentang backlink. Mulai dari segi keuntungan hingga peranannya dalam SEO website. Tapi, terlalu fokus pada backlink bukanlah hal yang dibenarkan. Karena, masih banyak serangkaian optimasi SEO yang juga harus dioptimalkan, baik dari jenis SEO on page maupun SEO off page.

Jika suatu website hanya dioptimalkan oleh backlink, dan mengabaikan optimasi SEO lainnya, tentu hasil yang didapatkan tidak akan maksimal, atau bahkan tidak berefek sama sekali. Karena sejatinya, backlink adalah optimasi SEO off page yang juga harus ditopang oleh SEO on page.

Baca juga: SEO itu Sederhana! Strategis dan Tersistem

Nah, itulah penjelasan tentang backlink, manfaat, dan fungsinya. Dari kesimpulan di atas, sedikit banyaknya kini wawasan Anda terhadap SEO semakin bertambah. Intinya, backlink adalah optimasi yang powerful, tapi jangan mengabaikan optimasi lainnya, karena backlink tidak bisa berdiri sendiri untuk memaksimalkan perkembangan website.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 + one =