Teknik SEO Sederhana

SEO itu Sederhana! Strategis dan Tersistem

Mesin pencari merupakan sebuah program yang sudah umum digunakan. Baik itu Google, Bing, maupun Yahoo, saat ini menjadi program yang pertama kali dibuka pada saat akan mengakses internet. Kecanggihannya dalam melakukan perayapan informasi yang kita butuhkan, sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari.

Ketika Anda melakukan pencarian, misalnya dengan menggunakan Google, maka Anda akan melihat daftar situs yang relevan dengan kata kunci yang Anda cari. Nah, situs yang masuk ke dalam daftar tersebut, tidak secara acak dipilih oleh Google. Melainkan dipilih berdasarkan tingkat kualitas website dan relevansi.

Setiap mesin pencari memiliki banyak faktor yang digunakan untuk menentukan relevansi dan kualitas suatu website. Sehingga, website tersebut muncul pada hasil pencarian. Salah satunya adalah pengoptimasian SEO (Search Engine Optimization). SEO adalah usaha-usaha yang dilakukan agar website menduduki peringkat teratas pada hasil pencarian.

Dengan mengoptimasi SEO, maka Anda dapat menyesuaikan website agar bersahabat dengan algoritma mesin pencari.

Kenapa SEO Penting untuk Website?

SEO Penting Untuk Website

Sejak pertama kali mesin pencari dikenalkan, hingga saat ini semua orang mencari informasi melalui search engine, seperti Google. Dari data Google, website yang berhasil menduduki peringkat pertama hingga peringkat tiga, biasanya mendapatkan total klik lebih dari 50 persen.

Dari nilai tersebut, maka dapat dipastikan bahwa SEO sangat penting untuk website Anda. Dengan optimasi SEO, website Anda bisa mendapatkan ribuan visitor setiap harinya. Lebih dari itu, pengunjung yang datang dari mesin pencari, banyak juga yang berencana membeli produk maupun menggunakan layanan tertentu. Bagi Anda yang mempunyai bisnis, visitor yang datang ke website kemungkinan besar akan membeli  produk Anda.

Baca juga: Baca juga: 8 Tools SEO Gratis Untuk Riset Kata Kunci (Keyword)

Dewasa ini, SEO adalah bagian dari teknik marketing di era digital. Sebagai salah satu teknik internet marketing, SEO adalah optimasi yang mudah dengan biaya rendah dibandingkan pemasaran tradisional.

Dasar-dasar dan Konsep Sederhana SEO

Konsep SEO sebenarnya sangat sederhana. Kita ambil contoh misalnya Google. Google merupakan sebuah produk. Perusahaan tentu ingin user yang menggunakan layanan mesin pencarinya puas.

Semua pengguna Google, tentu ingin website terbaik dan relevan yang muncul di halaman pertama. Karena itulah, perusahaan sekelas Google selalu memberikan yang terbaik. Salah satunya dengan menampilkan website relevan dengan kata kunci yang dimasukkan oleh user.

Kesimpulan dari pemaparan di atas, intinya manfaat SEO website dapat meningkatkan kualitas website Anda untuk kata kunci yang diinginkan. Sehingga Google akan menempatkan website Anda pada peringkat teratas. Karena, website Anda dianggap telah memiliki kriteria sebagai berikut:

  1. Konten berkualitas yang membuat pengunjung puas dengan informasi yang Anda bagikan
  2. User Experience/UX (kepuasan pengguna)
  3. Popularitas website yang tinggi
  4. Navigasi dan struktur yang baik

SEO itu Sederhana

Apakah Website Bisa Sukses Tanpa SEO?

Bisakah suatu website sukses tanpa optimasi SEO? Jawabannya tentu saja bisa. Dari konsep dasar SEO sederhana yang kami ulas di atas, sebenarnya Anda tidak perlu pusing dalam memikirkan SEO. Bahkan, banyak juga orang yang memiliki website lalu populer tanpa ia memahami cara SEO website. Hal tersebut bisa terjadi karena mesin pencari sudah semakin pintar dalam menilai kualitas website dan mengasumsikan struktur halaman.

Sebelum melanjutkan buka halaman: Trend SEO 2019

Namun, terkadang masih banyak website yang membutuhkan sedikit usaha SEO. Jadi, alangkah baiknya Anda mengonsultasikan permasalahan SEO dengan pakar yang berpengalaman. Pastikan kebutuhan SEO pada website Anda terpenuhi agar muncul di hasil mesin pencari.

SEO itu Sederhana, Bisa Dilakukan dan Dipelajari Sendiri

Apakah SEO bisa kita lakukan sendiri? Ya, tentu saja bisa. Saat ini telah tersedia banyak informasi gratis di internet agar Anda bisa secara otodidak mempelajarinya. Tidak hanya informasi saja, bahkan ada banyak panduan sehingga Anda bisa mengaplikasikan SEO sendiri.

Cara Mudah Belajar SEO

Informasi dan panduan gratis teknik SEO yang ada di internet, tentu akan menghemat jutaan rupiah ketika mengoptimasikannya sendiri.

Akan tetapi, kebutuhan SEO pada website berbeda-beda. Jika Anda memiliki website dengan struktur yang rumit, misalnya toko online, optimasi SEO tidak bisa Anda lakukan sendiri. Anda memerlukan jasa SEO yang ahli agar dapat menyederhanakan struktur tersebut. Sehingga, website Anda ramah terhadap mesin pencari.

Dalam mempelajari SEO, ada beberapa komponen yang perlu diketahui. Rangkaian komponen tersebut, nantinya akan menentukan kualitas website Anda secara SEO. Dan, komponen inilah yang nantinya akan menentukan posisi website pada urutan hasil mesin pencari. Komponen-komponen tersebut adalah:

  1. Riset keyword
  2. Analisa kompetensi sebelum mengaplikasikan SEO
  3. Mengoptimasi halaman situs website
  4. Konten yang sudah teroptimasi
  5. Rutin mengaudit terhadap performa SEO website
  6. Membangun link, reputasi dan popularitas website

6 komponen di ataslah yang harus Anda pelajari agar bisa mengoptimasikan SEO sendiri.

5 Teknik SEO Sederhana

Banyak orang yang mengatakan dan menilai SEO itu rumit. Padahal, beberapa teknik SEO bisa kita aplikasikan sendiri, di antaranya seperti:

Membuat konten atau artikel yang berkualitas

“konten adalah raja”, setidaknya istilah itulah yang harus Anda tanamkan ketika akan mengoptimasi SEO pada website. Konten tidak hanya harus memuat informasi yang lengkap bagi pembaca. Konten juga harus original dan menarik, jika Anda tidak memiliki waktu untuk membuat artikel dengan kualitas yang baik, serahkan kepada jasa penulis artikel SEO.

Gunakan plugin SEO

Ada banyak plugin yang bisa Anda gunakan pada website untuk kebutuhan optimasi SEO. Beberapa di antaranya yang paling populer seperti:

  • Yoast SEO
  • SEO Friendly Images
  • Google XML Sitemaps
  • Dan lainnya

Manfaatkan Media Sosial

Media sosial saat ini bisa berperan penting pada suatu website. Medsos seperti Twitter dan Facebook bisa dimanfaatkan untuk membagikan artikel yang telah diposting pada halaman website. Dengan demikian, Anda bisa menjaring banyak audiense dengan trik sederhana tersebut.

Navigasi website

Navigasi sangat penting pada website. Dengan navigasi, pengunjung dapat menjelajahi website Anda secara cepat dan lancar. Pengunjung juga nantinya dapat menemukan relevansi yang jelas antara link pada halaman. Untuk mewujudkannya, Anda harus membangun navigasi secara baik.

Mengetahui cara menggunakan tools SEO

Tools Untuk SEO

Selain plugin, tools SEO juga penting untuk Anda aplikasikan. Pengaturan tools SEO merupakan pondasi yang powerful. Tools SEO tersebut terdiri dari:

  • Google Analictycs
  • Google Webmaster Tools
  • Google Keyword Planner

Baca juga: Google Search Console: Panduan Lengkap Cara Menggunakannya

Semua tools di atas memiliki fungsi yang berbeda-beda. Google Analictycs bisa Anda gunakan untuk menganalisa dan melacak tentang bagaimana visitor berinteraksi dengan situs milik Anda. Tools ini gratis dari Google dan banyak digunakan oleh pakar-pakar SEO terkemuka.

Sedangkan Google Search Console, adalah alat untuk memaksimalkan usaha SEO Anda. Alat ini memungkinkan Anda agar bisa melihat website dari mata Google.

Dan yang terakhir adalah Google Keyword planner bisa Anda gunakan untuk melakukan riset keyword. Alat ini juga bisa digunakan untuk mencari tahu apa yang banyak dicari oleh user.

Demikian penjelasan tentang optimasi SEO sederhana. Kesimpulannya, SEO bisa Anda optimasi sendiri pada website yang tidak memiliki struktur rumit. Selamat mencoba!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven − three =