SEO Alat Marketing Powerful

Alasan SEO Jadi Alat Digital Marketing yang Powerfull

SEO (Search Engine Marketing), telah lama menjadi sebuah istilah untuk optimasi website agar menempati peringkat yang tinggi di mesin pencari, seperti Google. Bahkan, Istilah ini begitu populer di dunia digital marketing. Namun sayangnya, tidak sedikit pelaku bisnis yang masih sering mendengungkan pertanyaan tentang apa itu SEO? Karena, masih minimnya pengetahuan tentang hal tersebut.

SEO sendiri memiliki cukup banyak definisi. Namun pada dasarnya, definisi SEO adalah memanfaatkan search engine untuk mendatangkan pengunjung pada website secara organik. Pemanfaatan search engine yang dimaksud adalah dengan melakukan serangkaian proses agar website bisa menempati peringkat teratas.

Baca juga: Strategi Pemasaran Efektif dengan Budget Terbatas

Suatu website yang dibanjiri dengan jumlah traffic yang besar, tentu berpeluang untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar juga. Terlebih, SEO sendiri merupakan alat digital marketing yang ampuh untuk mengkonversi visitor menjadi pembeli.

Apa Itu Digital Marketing

Apa Itu Digital Marketing?

Kini, sudah saatnya para pelaku bisnis untuk dapat menguasai digital marketing. Tidak hanya untuk perusahaan besar, usaha menengah, hingga kecil pun sudah harus ikut terjun ke dalam tren pemasaran digital yang kini tengah booming. Pada intinya, saat ini hampir semua jenis bisnis akan membutuhkan digital marketing.

Lalu, apa pengertian digital marketing?

Digital marketing adalah istilah untuk memanfaatkan internet atau elektronik dalam melakukan aktivitas marketing. Semua strategi pemasaran melalui digital maupun channel marketing, semuanya digunakan agar pelaku bisnis tetap bisa terhubung dengan konsumen secara online, itulah definisi lain dari digital marketing. Mulai dari iklan PPC, email marketing, website, media sosial, bahkan SEO pun masuk ke dalam instrumen digital marketing.

Apa Perbedaan Marketing Tradisional dan Digital Marketing?

Bagi yang masih awam, mungkin banyak yang masih kurang paham dengan perbedaan antara digital marketing dan marketing tradisional. Pada dasarnya keduanya sama, yaitu sama-sama mengenalkan produk kepada masyarakat atau calon pembeli. Baik digital marketing maupun marketing tradisional, tujuannya adalah untuk memikat calon pembeli agar menggunakan produk maupun layanan yang dipasarkan.

Marketing Tradisional Vs Digital

Setidaknya ada 3 perbedaan mendasar antara keduanya. Untuk lebih jelasnya, simak berikut penjelasan lengkapnya.

Komunikasi

Komunikasi marketing yang dilakukan secara tradisional baiasanya hanya satu arah. Misalnya iklan di TV nasional. Iklan tersebut hanya akan ditonton oleh masyarakat yang tidak akan memberikan respon pada kampanye iklan itu sendiri. Jadi, kita tidak akan tahu apa respon masyarakat pada iklan kita, apakah mereka tertarik atau tidak.

Melalui digital marketing, Anda bisa memantau respon calon pembeli melalui iklan Anda. Jika hasil iklan tidak memuaskan, maka Anda juga bisa memperbaiki dan memasarkan ulang kembali untuk mendapatkan hasil memuaskan.

Perbedaan Dari Segi Biaya dan Waktu

Memproses sebuah iklan tradisional memakan biaya dan waktu yang tidak sedikit. Karena, dari awal proses hingga mengurus iklan tersebut terbilang cukup rumit. Namun, berbeda dari digital marketing, di mana proses pembuatannya yang jauh lebih cepat. Anda juga bisa menentukan kapan iklan tersebut tayang, dan berapa lama Anda beriklan.

Perbedaan Dari Segi Target Pemasaran

Dalam kehidupan sehari-hari, kita telah sering melihat iklan di televisi, majalah, koran, radio, papan reklami, dan sebagainya. Beberapa contoh tersebut merupakan jenis pemasaran secara tradisional. Biasanya, cara pemasaran seperti itu hanya menargetkan orang-orang pada area tertentu.

Sedangkan digital marketing, akan menargetkan pemasaran yang jauh lebih luas. Tidak hanya di daerah-daerah tertentu saja, Anda bahkan bisa menargetkan pemasaran nasional hingga internasional dengan memanfaatkan jaringan internet.

Alasan Kenapa SEO Menjadi Alat Digital Marketing yang Ampuh

Banyak orang yang mungkin masih bertanya-tanya, apa sebenarnya manfaat SEO dalam dunia digital marketing? Manfaat SEO sendiri sebenarnya sangat besar dan cukup banyak. Salah satunya, jika website Anda sudah mampu menempati peringkat teratas pada mesin pencari, tentu produk maupun layanan Anda akan dikenal luas oleh banyak orang.

Tidak hanya sampai di situ, setidaknya ada beberapa alasan yang menjadikan SEO sebagai alat digital marketing paling powerful saat ini, di antaranya seperti:

Meningkatkan Traffic Website

Banyak orang yang masih mengeluhkan traffic website-nya kurang, sehingga produk maupun layanannya tidak cukup dikenal oleh banyak orang. Dampaknya, perusahaan tersebut sulit berkembang dan mengalami kekurangan pendapatan.

Menambah Traffic Dengan SEO

Nah, di sinilah peranan SEO dibutuhkan. SEO web yang tepat dapat meningkatkan jumlah visitor website secara organik per harinya. Bahkan, bukan hal yang tidak mungkin suatu website bisa  mengalami peningkatan hingga ribuan visitor setiap harinya. Dengan demikian, produk maupun layanan suatu perusahaan, bisa dikenal oleh banyak orang, khususnya pengguna mesin pencari, seperti Google.

Mendapatkan Higest Ranking Mesin Pencari

Kecenderungan masyarakat yang saat ini menggunakan mesin pencari sebagai alat untuk mencari informasi, tentu sebuah kesempatan terbaik bagi perusahaan tertentu untuk menjaring konsumen. Bayangkan jika informasi yang dicari oleh orang-orang tersebut adalah hal yang berkaitan dengan produk maupun layanan Anda? Tentu akan menjadi sebuah keuntungan besar bagi perusahaan Anda.

Ketika suatu website telah mencapai jumlah traffic yang tinggi, artinya popularitas website tersebut akan terus mengalami peningkatan. Kondisi inilah yang akan mengarahkan mesin pencari untuk mendeteksi valuable untuk users. Dengan demikian, website tersebut berpeluang untuk menempati posisi teratas, karena dipandang sebagai situs yang paling relevan, sekaligus sebagai solusi.

Meningkatkan Pundi-pundi Pendapatan

Pada dasarnya, optimasi SEO tidak lain dan tidak bukan tentu untuk keuntungan bisnis semata. Yaitu, meningkatkan pundi-pundi pendapatan Anda dalam berbisnis. Traffic yang terus mengalami peningkatan, tentu akan sangat baik bagi pertumbuhan pendapatan Anda. Bahkan, SEO sendiri diklaim mampu mengonversi pengunjung menjadi konsumen yang membeli atau memesan produk maupun layanan Anda.

SEO akan menargetkan kata kunci tertentu yang relevan dengan bisnis Anda. Misalnya, Anda mengoptimasi SEO untuk kata kunci “jasa jahit baju”. Orang-orang yang mencari kata kunci tersebut di mesin pencari, tentunya mereka yang sedang membutuhkan layanan tersebut. Maka bukan hal yang mustahil jika mereka mengakses situs Anda lalu langsung memesan layanan Anda.

Bisa Mendapatkan Data Konsumen Bisnis Anda

SEO memiliki keuntungan lain dibandingkan strategi pemasaran tradisional. Jika beriklan seperti di TV, radio, majalah, dan lainnya, kita hanya sekedar beriklan saja. Namun tidak demikian halnya dengan SEO. Melakukan pemasangan iklan secara digital memungkinkan kita untuk mendapatkan data konsumen, mulai dari nomor telepon, email, dan lain sebagainya.

Data tersebut, nantinya bisa Anda gunakan untuk kepentingan promosi maupun pemasaran. Anda bisa memberikan informasi seputar penawaran produk terbaru, harga promosi, dan masih banyak lainnya. Semua data yang anda peroleh tentu akan didapatkan secara gratis, di mana mereka akan secara cuma-Cuma memberikan data tersebut pada Anda.

Baca juga: 8 Manfaat SEO untuk Situs Bisnis Online Anda

Itulah penjelasan tentang kenapa SEO saat ini menjadi alat digital marketing paling ampuh di dalam bisnis. Melihat pertumbuhan pengguna internet yang saat ini meningkat secara drastis, maka setiap pelaku usaha di Indonesia, mulai dari skala kecil hingga besar, wajib untuk mengaplikasikan SEO pada bisnis yang tengah dijalankannya saat ini. Semoga bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen − 11 =