Pengertian Search Engine Marketing

Pentingnya Search Engine Marketing (SEM) Bagi Bisnis Online

Akhir-akhir ini, SEM mulai popular digunakan oleh pelaku usaha di internet. Anda dapat melihat hasil iklan dengan bantuan SEM di google saat memasukkan kata kunci barang tertentu. SEM digunakan untuk memasarkan barang di internet agar lebih efektif. Jika Anda dapat memanfaatkan SEM dengan benar, bisnis yang Anda kembangkan secara online dapat berkembang pesat.

Bisnis yang berkembang pesat tentunya memberikan keuntungan bagi kita, termasuk keuntungan secara finansial. Lantas, bagaimana cara kita untuk melakukan SEM? Apakah Bisa dilakukan oleh diri sendiri atau membutuhkan jasa SEM?

Pada artikel ini, kami akan membagikan sedikit pengetahuan mengenai SEM, mulai dari pengertian, contoh, manfaat, alasan menggunakan SEM, cara kerja SEM dan dasar-dasar SEM.

Apa Itu Search Engine Marketing (SEM)?

Sebelum menggunakan teknik SEM, maka kita harus tahu pengertiannya terlebih dahulu. Secara singkat, SEM dapat diartikan “membeli” traffic pada mesin pencari dengan membayar pada mesin pencari seperti Google agar website milik Anda ditempatkan di muka atau laman pertama dan baris pertama pada mesin pencari.

Umumnya, SEM sering diartikan sebagai aktivitas marketing atau pemasaran yang dilakukan secara online dengan dalam bentuk iklan berbayar yang memanfaatkan mesin pencari atau search engine. Dengan memanfaatkan SEM, iklan akan muncul pada mesin pencari atau search engine seperti google.

Jika Anda ingin menggunakan jasa SEM, Anda dapat melakukan bidding atau penawaran untuk menetapkan biaya terhadap produk atau jasa. Besarnya biasya disesuaikan dengan keyword yang Anda inginkan. Jika Anda menggunakan jasa SEM, setiap keyword yang Anda pilih akan memunculkan website Anda sebagai bentuk pengiklanan. Harapannya agar orang yang menggunakan keyword untuk mencari di mesin pencari akan mengunjungi website Anda.

Ada berbagai format yang dapat dipilih dalam SEM, di antaranya format yang berbentuk teks, dan PLAs (Product Listing Ads/ Shopping ads) berbentuk produk, review, harga, dan rating yang bersifat visual. Search Engine Marketing dalam format teks umumnya menggunakan Google Adwords, Yahoo Gemini, dan Bing. Beberapa contoh dari SEM akan membantu kita untuk memahaminya lebih baik.

Baca juga, Panduan Lengkap Menggunakan Google Search Console Terbaru

Contoh Real Aktifitas Search Engine Marketing

Sesuai dengan pengertian SEM yang telah dijelaskan, iklan dari website Anda umumnya muncul dihasil pencarian pada mesin pencari. Bukan hanya sebatas itu saja, SEM juga berperan dalam menampilkan iklan pada website atau aplikasi lain yang bersinergi dengan advertiser, seperti Google.

Mungkin banyak orang yang akan berkunjung ke website Anda, tapi apakah Anda yakin jika semua pengunjung akan membeli produk yang ditawarkan? Untuk itulah peran iklan sangat penting untuk mempromosikan produk kita melalui website orang lain sehingga pengunjung pada website tersebut akan melihat adanya website kita dan produk yang dijual.

Setiap jenis atau contoh SEM pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tapi, masih saja ada orang yang menggunakan SEM untuk mengoptimalkan website mereka. Lantas, apa saja manfaat dari SEM?

Manfaat Search Engine Marketing (SEM) Bagi Bisnis

Search Engine Marketing sangat populer digunakan untuk bisnis online. Menggunakan Search Engine Marketing sebagai salah satu cara marketing secara online yang tepat dapat sangat membantu bisnis Anda berkembang lebih pesat.

1. Targeted Marketing

Penggunaan SEM, membebaskan Anda untuk menyampaikan iklan yang Anda inginkan kepada audiens atau pengguna google. Contohnya, bisnis online yang Anda jalankan menjual produk pakaian wanita dengan menampilkan iklan website tersebut kepada audiens yang mencari dengan kata kunci “jual pakaian wanita”. Lebih dari itu, Anda juga dapat menentukan demografi audiens yang ingin Anda sasar seperti lokasi tempat tinggal, jenis kelamin, dan umur audiens.

2. Cepat Mendapatkan / Melihat Hasil

Proses pembuatan dan memasang iklan di Google Adwords tergolong sangat cepat, tidak membutuhkan waktu yang lama, dan tidak membutuhkan proses yang rumit. Salah satu kelebihan dari SEM adalah unggul dalam hal kecepatan dibandingkan dengan metode SEO yang memakan waktu yang lama, berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun untuk membuahkan hasil. Metode ini sangat efektif sehingga jika Anda ingin website dan produk yang Anda tawarkan secara online membuahkan hasil dalam waktu singkat, Anda perlu melirik pemasaran lewat SEM.

3. Dapat Menyesuaikan dengan Budget yang Anda miliki

Keunggulan Search Engine Marketing lainnya adalah Anda dapat menentukan biaya yang sesuai dengan kemampuan dan keinginan Anda dalam mengiklankan website Anda. Anda dapat menentukan hingga kapan iklan Anda ditayangkan di mesin pencarian. Saat biaya yang Anda punya miliki sudah habis, maka iklannya akan berhenti.

Cara untuk mengoptimalkan bisnis online bukan saja dari teknik SEM, tapi masih banyak teknik lain yang bisa dipilih. Lantas, mengapa kita harus memilih SEM dibandingkan dengan teknik pengoptimalan yang lainnya?

Alasan Harus Menggunakan SEM Untuk Bisnis Anda

Keuntungan akan lebih banyak jika kita mampu mengoptimalkan bisnis online melalui berbagai teknik yang bisa dilakukan. Meskipun banyak teknik yang lain, namun masih banyak orang yang memilih SEM untuk mengoptimalkan bisnis online mereka. Berikut adalah alasan mengapa kita harus menggunakan SEM.

Menggunakan SEM Untuk Bisnis

1. Meningkatkan Conversion

Dibandingkan SEO yang lebih fokus pada organik trafik dari keyword relevan, SEM justru lebih fokus pada keyword yang lebih spesifik. Dengan menggunakan SEM, maka kita harus menerapkan keyword yang dengan intensi pembelian agar trafik pengunjung lebih banyak dan disertai dengan minat untuk membeli produk yang ditawarkan. Hal ini akan menyebabkan conversion menjadi lebih tinggi.

2. Meningkatkan Brand Awareness

Bukan hanya conversion yang harus ditingkatkan, SEM juga memanfaatkan brand awareness. SEM mampu meningkatkan brand awarness sebesar 80% sesuai dengan survey yang telah dilakukan Google. Meskipun pengunjung website tidak meng-klik iklan yang dipasang, tapi mereka telah melihat dan beberapa di antaranya pasti mengingat merek yang dipromosikan. Jadi, mungkin jika mereka akan mencari kata kunci yang serupa saat menggunakan mesin pencari.

3. Bisa menyesuaikan antara biaya dan budget

Ada beberapa paket yang ditawarkan oleh google untuk melakukan SEM. Anda tidak perlu takut bekerjasama dengan Google hanya karena biaya yang akan ditanggungkan bagi pelaku SEM. Sebenarnya, Anda dapat menyesuaikan sendiri dengan budget yang dimiliki karena setiap jenis iklan dan fiturnya akan ditawarkan dengan harga yang berbeda.

Berbagai jenis paket iklan ditawarkan oleh Google, mulai dari paket murah hingga mahal. Jadi, Anda tidak perlu takut menggunakan Google untuk mengiklankan website karena nantinya keuntungan yang didapat juga lebih banyak.

4. Menjangkau Pelanggan Lokal dengan efektif

Apabila Anda menjadikan pelanggan lokal sebagai sasaran pengunjung website, maka conversion mungkin akan lebih tinggi, terlebih dengan SEM yang memungkinkan kita untuk menargetkan audiens di sekitar kita. Dengan SEM, kita bisa mengiklankan website, baik toko online maupun toko offline. Anda bisa menggunakan keyword, seperti “restoran di bandung” atau “hotel di Tangerang”.

Penjelasan sebelumnya pasti membuat kita semakin yakin untuk menggunakan SEM sebagai teknik untuk mengoptimalkan bisnis online yang dimiliki. Untuk itu, Anda harus tahu bagaimana cara kerja SEM untuk membuat bisnis online Anda lebih optimal.

Baca juga, 7 Media Sosial Paling Banyak di Gunakan di Indonesia

Cara Kerja Search Engine Marketing

Untuk menggunakan jasa SEM (Search Engine Marketing) ini, Anda harus mendaftarkan diri sebagai anggota pada salah satu jasa periklanan yang Anda pilih. Kemudian Anda memiliki akun pribadi pada jasa periklanan tersebut. Lalu Anda dapat memilih dan merancang jenis iklan apa yang ingin Anda inginkan. Untuk pembayarannya, Anda akan dikenakan biaya berdasarkan jenis iklan yang dipilih.

Kerja SEM dalam Bisnis

Adapun 2 macam ketentuan tersebut adalah :

1. Jenis iklan PPC (Pay Per Click)

Jenis iklan PPC mengharuskan Anda membayar setiap klik ke akses landing page iklan Anda (menuju website Anda).

2. Jenis iklan PPI (Pay Per Impression)

Berbeda dengan PPC, jenis iklan PPI mengharuskan akan membayar setiap kunjungan ke website Anda melalu iklan atau mengunjungi website Anda dengan berbagai ketentuan yang telah ditentukan seperti lama kunjungan ke laman Anda.

Setelah mengetahui cara kerja SEM, Anda juga harus mengetahui dasar-dasar SEM dengan jelas agar nantinya bisa mengaplikasikan teknik tersebut atau menjadi pertimbangan yang baik dalam memilih jasa SEM.

Pemahaman Dasar Search Engine Marketing

Setiap komponen atau dasar SEM pastinya memiliki fungsi dan manfaatnya masing-masing. Dengan mengetahui dasar-dasar SEM, kita akan lebih tahu seberapa optimalkan SEM untuk membuat bisnis online kita menjadi lebih maju. Berikut ini adalah dasar-dasar SEM yang diketahui:

1. Riset Keyword

Sama seperti menggunakan SEO, riset untuk keyword yang akan digunakan juga penting di SEM. Sebelum menentukan kata kunci apa saja yang Anda pilih untuk strategi pemasaran lewat SEM, riset keyword perlu dilakukan.

Pertama, Anda perlu mengidentifikasi dan mengumpulkan keyword yang berisi keyword yang relevan dengan bisnis akan Anda pasarkan dan kata yang mungkin dipakai oleh pelanggan Anda saat mencari produk Anda. Ada berbagai cara untuk melakukan riset keyword mulai dari Ahrefs dan Google Trends.

2. Kategorisasi Keyword

Setelah melakukan riset keyword, Anda mungkin akan mendapatkan daftar keyword yang potensial. Berikutnya, Anda perlu membuat struktur campaign dengan memasukkan keyword dalam berbagai kategori.

Dengan menggunakan SEM, kita wajib mempertimbangkan keyword mana saja yang didaftarkan untuk iklan. Kategorisasi keuword diperlukan untuk lebih memudahkan kita dalam menyasar target pasar. Misalnya saja, Anda menawarkan produk kecantikan, maka keyword yang bisa dipilih antara lain lipstik, maskara, eye liner dan lain sebagainya. Dengan demikian, pengunjung lebih mudah menemukan produk yang dibutuhkan.

SEM sangat efektif dan dapat membuahkan hasil lebih cepat dibanding metode pemasaran online lainnya. Selain itu, menggunakan Search Engine Marketing sangat fleksibel. Anda dapat menentukan berapa biaya yang ingin Anda keluarkan untuk iklan.

Demikian artikel mengenai serba-serbi tentang SEM mulai dari pengertian SEM, manfaat serta cara menggunakannya. Kami harap dapat berguna untuk Anda jika Anda tertarik untuk menggunakan Search Engine Marketing. Pastikan Anda memikirkan kata kunci yang sesuai dengan bisnis Anda saat hendak mengiklankan bisnis secara online.

Sebainya anda juga membaca artikel menjangkau konsumen lebih luas dengan SEO

Siapkan budget yang sesuai dengan kebutuhan iklan dari bisnis Anda. Pastikan Anda mendapatkan keuntungan dari biaya iklan yang telah Anda keluarkan. Semoga sukses berbisnis!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *