Perbedaan SEO dan SEM

Perbedaan SEO dan SEM Serta Manfaatnya

SEO dan SEM adalah istilah yang mungkin sudah tidak asing di dalam ranah internet marketing. Namun, bagi Anda yang baru terjun, mungkin kedua istilah tersebut masih cukup asing, dan belum dipahami. Nah, pada artikel kali ini, kami akan mengupas apa perbedaan SEO dan SEM, sehingga Anda dapat menentukan optimasi mana yang harus Anda pilih sebagai strategi internet marketing awal.

Kedua istilah tersebut memiliki fungsi dan benefit yang berbeda. Itulah kenapa keduanya tidak pernah dipakai secara bersamaan, melainkan dilakukan secara bergantian. Pada artikel ini, kami akan jelaskan perbedaan fungsi dan manfaat keduanya.

Untuk memulainya, kami akan membahasnya satu per satu dari hal yang paling mendasar, hingga fungsi-fungsi apa saja yang wajib Anda ketahui sebagai solusi strategi internet marketing. Untuk lebih jelasnya, simak berikut pemaparannya

Apa Itu SEO (Search Engine Optimization)?

Apa Itu SEO?

SEO (Search Engine Optimization) adalah suatu rangkaian proses optimasi pada website. Proses ini mencakup segala aspek, mulai dari sistem, konten dan lainnya. Fungsinya untuk meningkatkan kualitas website agar menduduki peringkat teratas di halaman mesin pencari, seperti Google.

Jika Anda mendapatkan jumlah visitor yang banyak, tentu akan berdampak positif bagi bisnis dan website Anda. SEO pun dapat menjaring pengunjung website yang potensial. Misalnya, ketika pengguna mencari smartphone harga di bawah 1 juta, maka ia akan mengetik kata kunci “hp di bawah 1 juta” di mesin pencari. Lalu, laman website yang muncul di halaman pertama mesin pencari lah yang akan diaksesnya. Jika itu adalah website Anda, tidak terbayang bukan berapa pendapatan Anda?

Semua website, atau laman yang muncul pada hasil pencarian Google, adalah laman dari web yang sudah dioptimasi dengan SEO. Nah, itulah fungsi utama dari search engine optimization tersebut.

SEO terbagi ke dalam dua bagian, yaitu SEO on page dan SEO off page. Untuk lebih jelasnya, simak pemaparannya di bawah ini:

SEO On Page

SEO on page adalah optimasi yang dilakukan di dalam website itu sendiri. Optimasinya meliputi:

  • Mengoptimalkan kecepatan website
  • Merapikan format URL pada halaman website
  • Membuat konten atau artikel yang panjang, informatif, readable, SEO friendly dan menarik
  • Riset kata kunci
  • Mengintegrasikan social media dengan konten website
  • Penggunaan LSI keyword pada artikel
  • Optimasi penggunaan H1 tag untuk judul
  • Gunakan eksternal link sebagai poin tambahan
  • Menggunakan internal link yang relevan
  • Dan masih banyak lainnya

SEO Off Page

SEO off page adalah kebalikan dari on page. Jika on page dioptimasi dari dalam website, maka off page dilakukan di luar website itu sendiri. Off page adalah optimasi yang berhubungan dengan back link atau link building.

Ada beberapa metode off page yang masih dilakukan oleh para pakar SEO hingga saat ini, di antaranya seperti:

  • Link building
  • Mempromosikan link page melalui media sosial
  • Metode local SEO
  • Dan lainnya

Manfaat Search Engine Optimization (SEO)

Adapun manfaat dari SEO ini cukup beragam, di antaranya seperti:

1. Mendatangkan Visitor yang Potensial Bagi Bisnis Anda

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, optimasi SEO yang tepat akan medatangkan traffic yang pontensial bagi bisnis Anda. Semakin baik posisi page website Anda di halaman mesin pencari, maka akan semakin besar juga peluang mendapatkan konsumen.

2. Meningkatkan Brand Awarnes Bagi Bisnis Anda

Brand awarnes merupakan kemampuan calon konsumen agar mengenali atau mengingat suatu merek. Semakin populer merek pada suatu niche tertentu, maka akan semakin besar kemungkinan intensitas penjualan pada bisnis tersebut.

Pada saat pengguna internet mencari informasi mengenai niche Anda pada Google, mereka akan mendapatkan informasi bermanfaat dari website milik Anda. Kemungkinan besar, mereka pun akan mengingat website yang telah memberi mereka informasi berharga tersebut.

3. Menjaring Konsumen Secara Gratis

Banyak pelaku usaha yang rela mengeluarkan uang untuk memasang iklan pada berbagai media periklanan. Tujuannya untuk mendapatkan data konsumen, seperti nomor handphone, email, dan masih banyak lainnya. Manfaatnya untuk menghubungi mereka ketika perusahaan tersebut mengeluarkan produk terbaru, lalu memberikan penawaran khusus, seperti harga promo, pada para calon konsumen.

Baca juga: Trend SEO 2019 Wajib Anda Pahami Untuk Mendominasi Mesin Pencari

Jika website Anda menempati posisi pertama pada mesin pencari, tentu tidak akan sulit untuk mendapatkan data tersebut, bahkan Anda akan mendapatkannya secara gratis tanpa perlu beriklan.

Apa Itu SEM (Search Engine Marketing)?

Search Engine Marketing

SEM atau search engine marketing, adalah aktivitas pemasaran menggunakan iklah berbayar pada mesin pencari, seperti Google. Sama seperti SEO, fungsinya agar page website kita berada pada halaman mesin pencari Google. Pontensinya terbilang sangat besar, jika kita gunakan dengan baik dan benar, maka akan membantu bisnis semakin berkembang lebih pesat di era digital saat ini.

Istilah mudahnya, SEM adalah cara mendapatkan traffic tinggi dengan membayar biaya iklan pada mesin pencari seperti Google. Anda bisa melakukan penawaran terhadap kata kunci yang diinginkan, dengan harapan agar setiap pengguna internet yang mencari kata kunci tersebut, akan memilih website Anda untuk dikunjungi.

Ada dua jenis format SEM yang populer. Pertama berbentuk PLAz (product Listing Ads) berbentuk produk, rating, harga, review yang bersifat visual dan yang kedua format berbentuk text.

Untuk SEM dengan format text, biasanya menggunakan Yahoo Gemini, Bing dan yang paling populer adalah Google Adwords. Nah, dan yang akan kami kupas di sini adalah Google Adwords yang banyak digunakan.

Tentang Google Adwords

Google Adwords Adalah SEM yang paling populer di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Pada dasarnya, tidak sulit membedakan iklan dari Google Adwords ini. Anda yang sudah sering menggunakan Google, tentu tahu cara membedakannya, cuman mungkin kurang menyadari.

Untuk memudahkan Anda dalam membedakannya, kami telah memasang contoh gambar iklan dari Google Adwords di atas. Kata kunci yang digunakan adalah “jual mobil bekas”. Ketika pengguna internet mencari kata kunci tersebut, maka website milik perusahaan tertentu yang sudah melakukan penawaran kata kunci, akan muncul paling atas.

dari sinilah akan muncul terms PPC (pay per click), artinya pemilik website yang menawar kata kunci tersebut akan membayar pada pihak Google, jika setiap iklannya diklik oleh pengguna internet.

Manfaat Search Engine Marketing

Setelah kami jelaskan fungsinya di atas, berikut ini akan kami informasikan apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dari SEM tersebut:

1. Iklan Dapat Disesuikan dengan Anggaran

Beriklan melalui sistem SEM, menjadi suatu keuntungan bagi para marketer. Karena, kita bisa memasang anggaran dana sesuai dengan keinginan dan kemampuan. Ketika anggaran untuk iklan telah habis, maka iklan akan berhenti secara otomatis.

2. Pemasaran Lebih Tertarget

Kita sering melihat iklan di TV, mendengarnya di radio, tapi apakah iklan tersebut tertarget pada pelanggan potensial? Dengan SEM, iklan jauh lebih tertarget pada orang-orang yang potensial. Iklan akan tayang pada mereka yang sedang membutuhkan produk atau layanan Anda. Contohnya keyword “jual mobil bekas” di atas, mereka yang melihat iklan tersebut, adalah calon konsumen yang sedang membutuhkan mobil bekas.

Pada saat pengguna internet mengakses website kata kunci “jual mobil bekas” di atas, peluang terjadinya pembelian semakin besar. Itulah yang dimaksud dengan iklan tertarget pada pelanggan potensial.

3. Cepat Mendapatkan Hasil

SEM memiliki keunggulan yang jauh lebih cepat dalam optimasi dibandingkan SEO. Setelah proses pembuatan dan pemasangan iklan selesai, maka hasilnya akan langsung Anda lihat sendiri. Iklan akan langsung tayang, dan website Anda akan menempati halaman pertama pada mesin pencari.

Sementara itu, SEO harus menunggu beberapa bulan lamanya, atau bahkan hingga bertahun-tahun untuk membuahkan hasil. Jadi, jika Anda memiliki website yang masih baru, maka metode SEM ini merupakan cara yang ampuh untuk mendapatkan hasil yang cepat.

Baca juga: Pentingnya Search Engine Marketing (SEM) Bagi Bisnis Online

Dari kesimpulan di atas, pertanyaan seputar apa perbedaan SEO dan SEM kini terjawab tuntas. Baik SEO maupun SEM, keduanya merupakan strategi digital marketing yang sangat powerful untuk mendongkrak bisnis Anda. lalu, manakah yang akan Anda pilih?

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 5 =