peluang usaha

30 Peluang Usaha Online Minim Modal & Menguntungkan

Dewasa ini, di era yang serba digital, bisnis online menjadi target usaha bagi seluruh kalangan masyarakat. Ada banyak peluang usaha yang bisa Anda jalankan secara online saat ini. Salah satunya adalah usaha dengan modal kecil. Bisnis ini biasanya menjadi sasaran para pemula dan para calon pebisnis yang memiliki keterbatasan modal.

Meski membangun bisnis dengan modal kecil adalah suatu keterbatasan, tapi bukan berarti kita tidak memiliki banyak peluang. Faktanya, ada banyak bisnis yang bisa dikembangkan hanya dengan modal 1 juta. Jadi, Anda tidak perlu berkecil hati. Fokus pada tujuan, dan ketahui bisnis apa yang sesuai dengan kemampuan dan passion Anda.

30 Peluang Usaha Online Modal Kecil

Sebagai rekomendasi, berikut akan kami ulas 30 peluang usaha online modal kecil menguntungkan. Carilah mana yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan Anda.

1. Menjadi Seorang Blogger

Menjadi Seorang Blogger

Di dalam dunia internet marketer, blogging adalah profesi yang sudah hadir sejak lama. Blogging bisa menjadi suatu ide bisnis yang menjanjikan. Bisnis ini cocok untuk Anda yang hobi menulis dan memiliki ketertarikan pada suatu niche tertentu.

Dari mana blogger mendapatkan uang? Ada beberapa potensi untuk mendapatkan benefit dari blog. Beberapa di antaranya seperti:

  • Menjual produk sendiri
  • Reseller
  • Affilliate
  • Menjual produk orang lain
  • Menyediakan space untuk iklan
  • Google Adsense
  • Dan lain-lain

2. Jasa Web Desain

Jasa Web Desain

Pergeseran tren masyarakat masa kini yang semakin serba online, telah mengubah internet menjadi media yang penting untuk mencari informasi. Setiap perusahaan saling berlomba membuat website yang mutakhir. Di sinilah peranan web designer dibutuhkan.

Jika Anda memiliki keterampilan tersebut, gunakanlah untuk mendapatkan penghasilan. Layanan web desain kini semakin marak ditawarkan. Layanan tersebut bahkan banyak dibutuhkan. Pasalnya, saat ini banyak perusahaan, mulai dari perusahaan kecil hingga besar, yang mulai melakukan pemasaran online.

3. Affiliate Marketing

Affiliate Marketing

Bisnis online ini cocok dijalankan oleh semua kalangan. Tidak sedikit juga anak muda yang meraup keuntungan besar dari bisnis ini. Affiliate marketing memiliki banyak kelebihan. Anda bisa mendapatkan uang hanya dengan mempromosikan produk atau jasa perusahaan lain.

4. Jasa Penulis Freelance

Jasa Penulis Freelance

Ada ribuan website yang membutuhkan konten artikel. Artinya, ada banyak peluang bagi yang hobi menulis untuk menekuni pekerjaan tersebut. Bisnis ini bisa dijadikan sampingan, cocok juga untuk ditekuni secara serius.

Selain menulis artikel, Anda pun bisa menawarkan jasa copywriting, ebook, penulis kreatif, dan lainnya.

5. Bisnis Jasa Pemasaran Media Sosial

Jasa Pemasaran Media Sosial

Indonesia adalah negara dengan jumlah pengguna media sosial aktif terbesar. Hampir tidak ada yang tidak memiliki media sosial saat ini. Itulah alasan kenapa banyak perusahaan menggunakannya sebagai media untuk membangun brand awareness mereka.

Jika Anda pengguna media sosal, dan paham bagaimana menggerakan media marketing, bisnis ini cocok untuk Anda. Banyak sekali perusahaan yang membutuhkan jasa media social marketing untuk pemasaran produknya.

6. Guru Les Privat

Guru Les Privat

Jika Anda memiliki nilai tinggi pada beberapa mata pelajaran, menjadi guru les bisa menjadi pilhan tepat. Ada banyak pelajaran yang bisa Anda tawarkan. Salah satunya les privat bahasa yang paling populer.

6. Jasa Web Development

Jasa Web Development

Bisnis web development cocok sebagai sampingan maupun bisnis utama. Bisnis ini terbilang menjanjikan. Web development tidak sama dengan web desain. Jasa pembuatan website lebih fokus ke dalam pengembangan berbagai fitur pada website. Selain itu, jasa tersebut berperan untuk memastikan website bisa melaksanakan fungsinya.

7. Membuka Toko Online untuk Usaha

Membuka Toko Online

Toko online adalah bisnis yang banyak digeluti. Ada banyak produk yang bisa dipasarkan. Selain memasarkan produk sendiri, Anda bisa memasarkan produk milik orang lain. Modal yang digunakan di awal pun bisa disesuaikan dengan kemampuan. Bahkan, memiliki toko online pun kini bisa didapatkan secara gratis pada marketplace.

8. Bisnis Pakaian Online

Bisnis Pakaian Online

Pakaian adalah salah satu item yang banyak dicari. Ada banyak jenis pakaian yang bisa Anda jual secara online. Bebeapa di antaranya seperti kaos, jeans, dress, jaket, dan sebagainya. Agar mudah meraup keuntungan, pasarkanlah hanya jenis pakaian yang sedang tren saat ini saja.

9. Bisnis Jasa Videografi

Bisnis Jasa Videografi

Saat ini, video menjadi hal yang penting di internet. Video bisa dijadikan sebagai media untuk pemasaran. Pembuatan short video untuk Instagram saat ini sudah semakin marak. Khususnya untuk jenis video advertising.

10. Bisnis Jasa Fotografi

Bisnis Jasa Fotografi

Bisnis ini cocok untuk Anda yang memiliki passion fotografi. Menangkap keindahan objek dan momen adalah suatu kepuasan tersendiri bagi para fotografi. Jasa fotografi kini kian dibutuhkan untuk berbagai kebutuhan. Layanan ini bisa juga Anda tawarkan secara online.

11. Bisnis Kursus Online

Bisnis Kursus Online

Jika Anda memiliki pengetahuan yang bisa diajarkan kepada orang lain, bukalah jasa kursus online. Caranya sangat mudah dan sederhana. Buatlah materi pengajaran ke dalam bentuk video. Video tersebut terdiri dari pengenalan konsep dasar, penjelasan step by step, studi kasus, hingga contoh-contohnya. Bisnis ini bahkan cocok sebagai bisnis rumahan.

12. Bisnis Dropshipper

Bisnis Dropshipper

Beberapa tahun belakangan ini, dropshipper menjadi bisnis online yang tergolong menguntungkan. Bisnis ini banyak keuntungannya. Anda tidak perlu banyak modal untuk memulainya. Selain itu caranya pun mudah.

Dropshipper biasanya dilakukan di marketplace. Anda memasarkan produk dari distributor melalui marketplace. Jika ada pemesanan, kemudian Anda membeli pesanan tersebut dari distributor. Nantinya, distributor yang akan mengirimnya ke konsumen atas nama Anda.

Di beberapa marketplace bahkan telah disediakan fitur dropshipper. Tujuannya untuk memudahkan para dropshipper dalam bertransaksi.

13. Menawarkan Layanan Jasa Desain Grafis

Layanan Jasa Desain Grafis

Khusus bagi Anda yang memiliki kemampuan desain grafis, kesempatan untuk mengembangkan usaha kini terbuka lebar. Peluang usaha ini tidak hanya bisa Anda kembangkan di dalam negeri. Jika skill Anda mumpuni, Anda bisa mendapatkan konsumen dari luar negeri. Bagi pemula, Anda bisa memasarkan karya Anda di beberapa situs seperti Sribu.com, 99designs, Fiver, dan sebagainya.

14. Menjual Stock Desain Grafis Online

Menjual Stock Desain Grafis Online

Stock adalah desain semacam template yang siap dikostumisasi dan siap digunakan. Misalnya seperti template Adobe illustrator, template logo atau icon, template presentasi, dan lainnya. Untuk menjualnya, ada beberapa website yang bisa Anda  pilih seperti CreativeMarket, GraphirRiver, dan masih banyak lainnya.

15. Menjual Foto Lisensi Free

Menjual Foto Lisensi Free

Jasa foto lisensi free hampir sama dengan jasa fotografi. Tapi, jasa ini menjual foto yang telah dibuat melalui internet. Misalnya, saya memiliki sebuah toko musik, dan sedang membutuhkan foto untuk promosi, maka solusinya adalah membeli lisensi foto. Anda bisa menjualnya secara online melalui website-website khusus.

16. Jasa Translator (Penerjemah Bahasa)

Jasa Translator

Jasa translator atau jasa penerjemah bahasa akan terus dibutuhkan. Yang paling banyak dicari adalah translator bahasa Indonesia-Inggris, atau sebaliknya. Meskipun pekerjaan ini non-profesional, tapi soal fee tergolong tinggi.

17. Membuat dan Menjual Software

Membuat dan Menjual Software

Untuk seorang programming, bisnis software development sangat menggiurkan. Anda bisa membuat software sendiri lalu menjualnya sebagai layanan atau produk. Bisnis ini disebut sebagai SaaS atau software as a service.

18. Membuat Aplikasi Mobile

Membuat Aplikasi Mobile

Peluang tidak hanya untuk para programmer desktop. Bagi para programmer aplikasi mobile pun kini peluang usaha begitu terbuka lebar. Terlebih, saat ini pengguna smartphone jauh lebih banyak dibandingkan pengguna komputer.

Selain aplikasi, Anda juga bisa mengembangkan game. Game smartphone saat ini banyak digandrungi dan potensial.

19. Jasa SEO (Search Engine Optimization)

Jasa SEO

Banyak orang yang memiliki website, dan banyak orang yang bisa membuatnya. Tapi, tidak banyak yang bisa membuat websitenya muncul di halaman pertama Google. Nah, di sinilah peranan jasa SEO mulai dibutuhkan.

Jasa SEO dapat membantu website untuk mendapatkan traffic tinggi. Jika Anda ahlinya, tawarkan keahlian Anda tersebut karena banyak yang membutuhkannya.

20. Jasa Digital Advertising

Jasa Digital Advertising

Banyak platform yang kini menawarkan layanan iklan. Mulai dari Facebook, Instagram, hingga Google (jasa iklan di google). Tidak semua perusahaan tahu bagaimana cara beriklan melalui platform tersebut. Padahal, di sanalah mereka bisa menjaring konsumen sebanyak-banyaknya. Jika Anda salah satu yang bisa, cobalah untuk menawarkan layanan iklan digital tersebut.

21. Mengonversi pekerjaan Offline Menjadi Online

Mengonversi pekerjaan Offline Menjadi Online

Mengubah pekerjaan atau layanan Anda dari offline ke online adalah keputusan yang tepat. Anda bisa menawarkan layanan yang identik dengan teknologi agar menjaring konsumen yang lebih luas. Misalnya, layanan ojek Anda yang biasanya menunggu customer, kini bisa mengubahnya menjadi layanan jasa ojek online yang dicari customer.

22. Menjadi Pembuat Konten Youtube (Youtuber)

Atta Halilintar Youtuber

Youtuber saat ini menjadi hobi sekaligus pekerjaan yang potensial. Video yang ditonton puluhan ribu kali bisa mendapatkan penghasilan jutaan rupiah. Hal ini karena Youtube memiliki banyak pengiklan. Anda akan mendapatkan komisi dari setiap klik iklan dan iklan yang tayang.

23. Menjual Barang ke Luar Negeri

Jika produk Anda layak dijual ke luar negeri, maka cobalah menjualnya. Ada banyak tempat yang bisa Anda pilih untuk menjualnya. Salah satunya Amazon. Di Amazon, bahkan Anda bisa menerapkan sistem dropshipping juga.

24. Menjadi Kolektor Nama Domain

Menjadi Kolektor Nama Domain

Jika Anda memilih nama website ketika membuatnya, dan nama tidak tersedia, namun ketika dicek website tidak ada, bisa jadi itu adalah ulah kolektor. Biasanya kolektor membeli nama domain unik. Nama domain tersebut bisa dijual dengan harga yang tinggi. Saat ini, kolektor domain tengah menyasar ekstensi .id. Anda bisa membidik ini sebagai peluang usaha.

25. Travel Agent

Travel Agent

Saat ini, traveling menjadi hobi yang disukai banyak orang. Bagi mereka yang memiliki keterbatasan waktu, travel agent selalu dijadikan solusi. Travel agent sangat membantu, jika Anda tertarik, Anda bisa menawarkan paket travel keluarga kecil dengan budget yang tidak terlalu besar seperti yang telah dilakukan pada website https://www.kartanesia.com. Saat ini bahkan ada banyak perusahaan online yang membutuhkan jasa tersebut.

26. Bisnis Kuliner Online

Bisnis Kuliner Online

Makanan adalah bisnis yang tidak akan pernah ada matinya. Jika Anda ahli mengolah makanan, kini saatnya Anda mulai memasarkannya secara online. Ada banyak pilihan kuliner yang bisa dijual. Mulai dari jenis makanan ringan, minuman, hingga makanan berat.

27. Layanan Konsultan Cyber Security

Layanan Konsultan Cyber Security

Serangan cyber semakin tahun semakin meluas. Contohnya saja pada tahun 2017, terjadi serangan ransomware WannaCry yang bisa melumpuhkan infrastruktur IT di banyak perusahaan dan intansi.

Peranan konsultan cyber security adalah memastikan infrastruktur IT tetap aman dari serangan tersebut. Bisnis ini cocok untuk Anda yang lulusan IT.

28. Bisnis Laundry Online

Bisnis Laundry Online

Jasa laundry adalah peluang usaha menguntungkan. Bisnis ini terbilang sederhana. Tidak memerlukan pengalaman, Anda bisa memulainya saat ini juga. Dulu, laundry adalah jasa yang hanya cocok dijalankan di dekat tempat kuliahan, kos-kosan, dan lainnya. Tapi kini, laundry bisa ditawarkan secara online sehingga tidak memerlukan tempat strategis.

29. Jasa Voice Over

Jasa Voice Over

Voice over adalah jasa yang terbilang baru. Voice over sangat dibutuhkan dalam berbagai aktivitas bisnis multimedia. Biasanya, voice over digunakan pada video komputer, online course, animasi, dan lainnya. Bisnis ini cocok untuk Anda yang suka berakting dan memiliki suara berkarakter.

30. Bisnis Jasa Virtual Assistant

Jasa Virtual Assistant

Virtual assistan adalah sebuah jasa yang lahir dari tingkat kompleksitias dunia digital yang kian berkembang. Banyak orang yang terlalu sibuk untuk mengurus berbagai hal. Jasa virtual assistan lahir untuk membantu membuat rencana bulanan, tagihan bulanan, mengatur keuangan, dan masih banyak lainnya.

Bisnis ini hanya membutuhkan modal laptop, smartphone, dan koneksi internet. Pekerjaan bisa Anda lakukan di rumah.

Baca juga: 7 Ide Bisnis Online Dari Rumah Modal Kecil Hasil Maksimal

Nah, itulah 30 peluang usaha online dengan modal kecil. Apapun jenis usaha yang dipilih, pastikan Anda konsisten dan memiliki passion dalam bidang tersebut. Jika sudah menentukan mana yang cocok, mulailah sekarang juga!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.