Mengenal Payment Getway

Apa Itu Payment Gateway? Apa Saja Contohnya

Salah satu contoh payment gateway adalah PayPal, banyak keuntungan dalam bertransaksi yang bisa Anda rasakan jika menggunakan Payment Gateway. Beberapa tahun belakangan ini telah terjadi perubahan teknologi dalam model bisnis dan gaya hidup masyarakat zaman sekarang. Banyak kemudahan dan hal praktis yang ditemukan telah mengubah transaksi jual beli semakin menyenangkan.

Masyarakat mulai menikmati transaksi jual beli berbasis online. Sekarang ke mall bukan lagi untuk berbelanja, tetapi sekedar menghabiskan waktu libur. Terdapat sistem pembayaran canggih yang berkembang dan dikenal dengan nama Payment Gateway.

Mengenal Alat Transaksi Elektronik Payment Gateway

Metode PayPal Salah satu contoh payment gateway. Dengan menggunakan PayPal Anda dapat bertransaksi tanpa perlu ke ATM, bank, menuliskan cek, atau mengirim uang melalui wesel. Hanya dengan mempunyai akun dan kemudian mengisi nominal uang yang terlihat secara virtual pada akun, Anda sudah dapat bertransaksi.

Pengertian payment gateway ialah sistem transaksi online yang mengotorisasi proses pembayaran, baik yang pengguna kartu kredit, transfer bank, atau pembayaran langsung lainnya, seperti misalnya direct debit (BCA KlikPay, Mandiri Clickpay, CIMB Clicks, atau e-Pay BRI) serta e-wallet (TCASH atau XL Tunai).

Transaksi jual beli online (e-commerce) banyak diminati sebab kemudahan yang didapatkan dalam membandingkan banyak produk dan juga pilihan produk yang sangat beragam. Beberapa produk yang dijual secara online ada yang tidak ditemukan di mall atau tempat belanja lainnya. Perubahan pola bisnis seperti ini telah membuka peluang bagi banyak orang untuk menekuni bisnis secara online.

Terdapat banyak model bisnis online yang bisa dijalankan. Mulai dari membuka toko online sendiri atau sekadar menjadi perantara, reseller, hingga menjadi drophshipper. Apabila Anda memutuskan untuk membuka toko online, Anda harus memikirkan kemudahan yang didapatkan pelanggan dalam proses pembayaran.

Baca juga, Perusahaan Pinjaman Dana Online Terpercaya

Sistem enkripsi data nomor kartu kredit maupun kartu debit yang telah dilakukan, akan dijamin aman dan nyaman dalam melakukannya oleh payment processor sehingga Anda tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan Payment Gateway.

Keuntunggan Memakai Payment Gateway bagi Penjual dan Pembeli

Banyak sekali keuntungan dalam menggunakan layanan payment gateway, baik bagi penjual maupun pembeli. Keuntungan bagi penjual ialah prosesnya lebih cepat dan juga mudah memeriksa bukti pembayaran baik yang menggunakan kartu kredit maupun kartu debit.

Selain itu, juga, payment gateway melindungi data kartu kredit dengan teknologi sistem enkripsi data dan informasi saat pelanggan melakukan transaksi. Dengan menggunakan payment gateway, Anda tidak perlu lagi menyediakan banyak rekening dari berbagai bank sebab payment gateway dapat menerima transfer dari berbagai rekening bank dan disalurkan ke satu rekening milik Anda.

Keuntungan lainnya bagi penjual ialah prosesnya cepat dan juga aman apabila transaksi massal sebab payment gateway bisa memproses ratusan atau bahkan ribuan transaksi dalam waktu yang cukup sangat singkat. Penjual juga akan terbantu dalam proses rekonsiliasi penjualan seperti laporan penjualan karena payment gateway memiliki dashboard.

Sedangkan keuntung untuk pembeli ialah pelanggan dapat langsung bertransaksi tidak perlu membuka website terlebih dahulu untuk bertransaksi. Dengan payment gateway berbelanja online sekamin mudah dan juga aman tentunya. Selain itu juga, aman bagi pengguna kartu kredit karena payment gateway mempunyai teknologi fraud detection untuk mencegah terjadinya kecurangan pembayaran.

Mekanisme Kerja dari Payment Gateway

Payment gateway mempunyai mekanisme kerja standar sebagai alat transaksi perantara website e-commerce dengan merchant bank yang aman dan canggih. Pertama, pelanggan melihat dan memutuskan membeli sebuah produk berdasarkan informasi yang tertera pada koneksi sumber payment gateway.

Mekanisme-Kerja-dari Payment-Gateway

Selanjutnya, payment gateway akan meneruskan informasi tersebut ke prosesor pembayaran bank Anda. Kemudian prosesor pembayaran meneruskan informasi transaksi ke asosiasi penerbit kartu yang digunakan, seperti Mastercard atau Visa. Lalu, bank terkait akan menerima permintaan tersebut dan mengirimkan balasan ke prosesor dengan kode khusus.

Baca juga, Strategi Membangun Bisnis Online dengan Cepat

Kemudian akan muncul konfirmasi terkait transaksi tersebut berhasil atau gagal. Prosesor pembayaran akan mengirimkan pesan tersebut ke payment gateway yang kemudian akan diteruskan ke website penjual serta pemegang kartu sampai transaksi dinyatakan berhasil.

Sistem Keamanan Standar dalam Payment Gateway

Transaksi online biasanya rentan akan ancaman seperti penipuan maupun beberapa aktivitas pencurian informasi data pelanggan. Dalam mengantisipasi masalah ini, payment gateway telah memiliki prosedur standar dalam melindungi transaksi pelanggannya melalui tiga sistem pelacakan, yaitu Address Verification System (AVS), Card Security Code (CV2), dan 3D Secure Password .

AVS merupakan alat yang jika transaksi rincian tagihan pelanggan akan diperiksa dan disesuaikan dengan alamat kartu yang terdaftar. Sedangkan, CV2 ialah dimana setiap proses transaksi pelanggan akan diminta untuk memasukkan tiga digit terakhir pada bagian belakang kartu debit atau kredit yang dimiliki. Kemudian 3D Secure Password ialah alat untuk mengotorisasi pembayaran.

Ketiga proses keamanan standar tersebut harus dilalui oleh pelanggan yang akan melakukan payment gateway agar lebih memastikan transaksi pelanggan aman dan lancar. Demi keamanan bertransaksi, Anda wajib mengikuti prosedur tersebut.

Channel Payment Gateway yang Paling Populer di Indonesia

Kini payment gateway sudah semakin populer di Indonesia. Contoh payment gateway pun sudah semakin banyak ditemukan. Beberapa channel yang cukup populer di Indonesia, yaitu sebagai berikut.

Payment-Gateway yang-Paling-Populer-di-Indonesia

1. FinPay

Finpay adalah anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani pembayaran online sejak 30 Mei 2012. FinPay telah bekerja sama dengan banyak bank di Indonesia, termasuk provider kartu kredit, seperti VISA dan MasterCard. Selain itu, telah berkolaborasi juga dengan website e-commerce besar, seperti LivingSocial, Plasa.com, AppsFoundry, Telkomsel, dan TelkomVision.

2. Ipaymu

Kemudahan dalam melakukan transaksi secara online akan Anda dapatkan melalui platform ini. Transaksi yang bisa Anda lakukan antara lain untuk pembayaran produk, belanja online, sumbangan, produk berlangganan, pengiriman uang, maupun penarikan uang dengan tiga model bisnis, yaitu solusi bisnis e-commerce, payment gateway, serta layanan merchant.

3. Veritrans

Veritrans dapat digunakan melalui beberapa channel pembayaran kartu kredit atau debit, Mandiri Clickpay, CIMB Clicks, BCA Klikpay, XL Tunai, T-Cash, bank transfer serta pembayaran melalui minimarket yang sudah terintegrasi melalui VT-Web, VT-Direct, dan VT-Link sehingga Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan online shop Anda.

4. Doku

Doku melayani proses pembayaran online melalui aplikasi  yang telah berkolaborasi lebih dari delapan ratus platform bisnis di Indonesia, termasuk Garuda Indonesia, Mulia Hotel, AirAsia, Java Jazz Production, Guvera, UNICEF, WWF, RajaKarcis, dan Bank of South Pacific.

Payment Gateway Mengubah Model Bisnis pada Masa Depan

Munculnya teknologi payment gateway yang mempunyai berbagai keuntungan bagi penjual dan pembeli secara cepat sudah mengubah model bisnis ke arah transaksi berbasis online. Mekanisme yang dijalankan serba otomatis sehingga memudahkan pihak yang bertransaksi dalam melakukan transaksi. Banyak sekali pilihan contoh payment gateway yang bisa Anda temukan dan pakai.

Dengan kemudahan yang ditawarkan tersebut, banyak masyarakat yang tertarik serta menjadikan payment gateway sebagai cara yang lazim dalam bertransaksi di masa depan nantinya.

Baca juga, Pinjamanan Uang Online Terpercaya Langsung Cair

Kecanggihan dan kemajuan teknologi yang pesat membuat Payment Gateway semakin banyak diminati. Selain karena kemudahan yang diberikan Payment Gateway juga banyak memberi manfaat untuk penggunanya. Di zaman yang semakin canggih ini, banyak sekali contoh payment gateway yang akan membantu Anda dalam setiap transaksi online.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen − seven =