Panduan Lengkap Online Marketing

Panduan Online Marketing Lengkap untuk Pemula

Online marketing merupakan rangkaian aktivitas atau pemasaran produk maupun jasa yang mengunakan media internet. Online marketing atau pemasaran online kini telah dimanfaatkan oleh banyak perusahaan sebagai langkah awal untuk membangun reputasi bisnis.  Pemasaran online juga sering digunakan sebagai strategi untuk mengenalkan suatu perusahaan dan brand-nya kepada publik.

Di dalam mengaplikasikan pemasaran online, umumnya suatu perusahaan akan membangun reputasi secara aktif melalui media sosaial. Pasalnya, banyak sekali calon konsumen yang mencari informasi melalui internet. Dengan memanfaatkan internet, perusahaan kini dapat dengan mudah mengenalkan brand mereka pada publik serta mendorong calon customer untuk mencari informasi lebih lanjut tentang perusahaan maupun brand-nya.

Bahkan, tidak hanya media sosial, beberapa media seperti Google, forum online, hingga email semua bisa dijadikan sebagai alat digital marketing. Dengan begitu, pelanggan dapat dengan mudah menemukan suatu brand melalui internet.

Apa Itu Online Marketing?

Online Marketing Untuk Pemula

Bagi Anda yang ingin belajar online marketing, tentu harus paham terlebih dahulu tentang apa itu online marketing? Online marketing atau pemasaran online merupakan suatu strategi yang memanfaatkan platform online untuk memasarkan produk maupun layanan dan membangun citra bisnisnya kepada customer.

Adapun platform yang biasa dimanfaatkan sebagai alat untuk mewujudkanya seperti SEO (Search Engine Optimization), website, email marketing, iklan PPC (Pay Per Click), hingga media sosial.

8 Strategi Online Marketing Paling Ampuh Saat Ini

Dalam mengimplementasikan online marketing, tidak jauh berbeda dengan marketing tradisional. Namun, yang membedakannya ialah media yang digunakan. Dibutuhkan rangkaian strategi ampuh yang nantinya kita susun agar memperoleh hasil yang efektif. Nah, berikut ini akan kami kupas secara tuntas panduan strategi online marketing bagi pemula yang cocok diterapkan pada berbagai bidang bisnis.

Keuntungan Menggunakan Internet Marketing

Membangun Website

Di era yang serba digital, website telah menjadi sebuah pondasi utama kampanye pemasaran online. Fungsinya yaitu sebagai toko Anda di internet, sama halnya seperti toko fisik di dunia nyata. Website dapat Anda gunakan untuk menampung semua traffic yang dihasilkan dari berbagai kanal marketing, mulai dari media sosial, hingga email.

Di dalam website, Anda bisa mengisinya dengan berbagai informasi. Baik itu informasi tentang produk, bisnis, cara pengiriman, syarat & ketentuan, harga produk maupun layanan, dan lainnya. Website bisa juga digunakan sebagai sarana transaksi, sehingga lebih aman dan mudah dievaluasi.

Lihat juga: Cara membuat website

Keuntungan lain dari website bagi usaha Anda ialah, agar dapat meningkatkan kepercayaan customer terhadap bisnis Anda.

Tingkatkan Pengunjung Website dengan Optimasi SEO

Setelah website selesai dibangun, langkah selanjutnya adalah mengoptimasi SEO pada website tersebut. Seperti yang kita ketahui bersama, Google adalah sumber informasi utama yang banyak diakses. Customer saat ini, sering menggunakan Google untuk menemukan produk maupun layanan yang sedang dibutuhkannya secara online.

Baca juga: 10 Cara Optimasi Website Baru yang Wajib Anda Ketahui

Menurut sebuah riset yang dirilis Adweek, sebanyak 81% customer melakukan riset terlebih dahulu di search engine, sebelum akhirnya mereka memutuskan untuk membeli. Artinya, brand dan perusahaan Anda, harus mudah ditemukan di Google.

SEO adalah sebuah optimasi agar website Anda mudah ditemukan di hasil pencarian mesin pencari, seperti Google.

Membangun Blog untuk Membuat Content Marketing

Menurut data dari WordPress, sekitar 409 juta orang setidaknya membaca lebih dari 20 miliar artikel blog secara global setiap bulannya. Blog saat ini tidak hanya digunakan untuk kepentingan pribadi. Blog saat ini bisa  juga Anda gunakan untuk kepentingan bisnis.

Buatlah blog sebagai langkah awal untuk membangun strategi online marketing. Karena, tidak hanya mendatangkan traffic saja, blog juga bisa meningkatkan penjualan usaha Anda. Menurut FitSmallBusiness, di era digital blog telah menjadi sumber informasi terpercaya para customer untuk menentukan pembelian. Blog bahkan menduduki peringkat ke-5 sebagai sumber informasi utama customer, setelah Facebook, situs e-commerce, portal berita dan Youtube.

Gunakan SEM (Search Engine Marketing)

Menggunakan Search Engine Marketing

Selain SEO, Anda pun perlu menggunakan SEM (Search Engine Marketing) sebagai alat kampanye promosi. SEO dan SEM sama-sama mampu mengoptimasi website pada mesin pencari. Tapi, hasil dari SEO baru akan kita rasakan dalam waktu yang lama, setelah itu barulah website akan muncul pada hasil pertama di Google. Sedangkan SEM adalah iklan berbayar resmi dari Google. Dengan SEM, website Anda akan muncul di halaman pertama Google dalam kurun waktu yang cepat.

Melakukan Social Media Marketing

Dewasa ini, social media tidak hanya digunakan sebagai sarana untuk memudahkan orang-orang agar bisa saling terhubung. Media sosial pun bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk meningkatkan penjualan secara online. Terlebih, Indonesia sendiri merupakan negara dengan pengguna media sosial aktif terbesar di dunia, mulai dari Instagram hingga Facebook.

Pelajari: Cara membuat iklan di facebook

Susunlah strategi agar Anda bisa meningkatkan penjualan online melalui social media. Lakukan juga riset sebelum Anda menjalankan kampanye melalui social media.

Membuat Email Marketing

Tidak hanya digunakan untuk saling berbalas pesan. Email bisa kita manfaatkan sebagai salah satu senjata ampuh dalam online marketing. Email marketing sendiri adalah pengiriman pesan komersil. Beberapa di antaranya seperti pesan promosi dan newsletter. Bagi sebagian orang, email marketing dianggap sebagai spam yang berpotensi mengganggu customer. Namun, pada kenyataannya, penggunaan email marketing hingga saat ini terus mengalami peningkatan.

Menurut studi yang dilakukan McKnsey and Company, email marketing 40 kali lebih efektif dalam menjaring konsumen dibandingkan Twitter dan Facebook. Efektivitas tersebut mungkin dikarenakan perusahaan dapat menjangkau customer secara personal, yaitu melalui kotak masuk email.

Pelajari: Cara membuat email

Menariknya lagi, menurut data, 59% orang bersedia untuk berlangganan newsletter atau marketing jika ada penawaran menarik yang diberikan suatu perusahaan. Penawaran menarik tersebut bisa berupa kupon maupun diskon spesial.

Membuat Video Marketing

Video bisa Anda manfaatkan juga sebagai alat untuk content marketing. Karena, video marketing bisa membuat pengunjung menghabiskan waktu yang lama pada blog Anda. Semakin lama visitor di blog, tentu akan semakin bagus juga nilai website Anda di Google. Video marketing bahkan dinilai mampu membantu meningkatkan conversion rate bisnis Anda.

Baca juga: Tips Optimasi Video Iklan Untuk Menarik Minat Konsumen

Manfaatkan Content Marketing untuk Berhubungan dengan Customer

Setelah tadi kita bahas tentang membuat blog untuk content marketing, selanjutnya akan kita bahas tentang fungsi dari content marketing itu sendiri.

Fungsi content marketing sangatlah besar dalam membangun hubungan dengan customer, atau calon customer. Selain itu, content marketing juga berperan penting dalam brand awareness bisnis yang sedang Anda jalankan. Sehingga, orang-orang akan mudah mengetahui keberadaan brand atau bisnis Anda.

Content marketing sebaiknya dibuat dengan konsep cerita yang menarik untuk customer Anda. Pada dasarnya, content marketing tidak boleh dibuat untuk menjual produk maupun jasa. Tapi, dibuat untuk memperkenalkan brand Anda kepada publik. Selain itu, fungsi lainnya bisa juga digunakan untuk mengukuhkan diri sebagai ahli dalam bidang Anda melalui content marketing tersebut.

Content marketing tidak hanya berupa tulisan. Untuk menarik konsumen yang lebih banyak, Anda bisa membuatnya juga ke dalam bentuk video. Selama video yang Anda buat terfokus pada topik yang relevan dengan produk maupun jasa Anda.

Kelebihan Online Marketing

Masih banyak orang di luar sana yang masih awam terhadap online marketing, baik secara definisi, cara mengaplikasikannya hingga kelebihan-kelebihannya. Berikut adalah berbagai kelebihan online marketing yang wajib Anda ketahui:

Kelebihan Melakukan Online Marketing

Bisa Digunakan Oleh Siapa Saja

Siapa saja bisa memanfaatkan online marketing untuk kepentingan bisnisnya. Baik itu perusahaan besar, hingga usaha dengan tingkat skala yang kecil sekalipun. Semuanya bisa memanfaatkan online marketing karena alat-alat yang diperlukan untuk mengimplementasikan digital marketing mudah didapat oleh siapa saja. Hanya berbekal laptop/PC dan koneksi internet, kini Anda bisa menerapkan online marketing untuk usaha Anda.

Menjaring Konsumen Potensial

Menjaring konsumen potensial adalah salah satu kelebihan utama dari pemasaran online. Anda bisa menargetkan audiens jauh lebih spesifik ketimbang marketing tradisional. Bahkan, online marketing dapat mengumpulkan data-data penting, mulai dari usia, lokasi, gender, hingga minat agar bisa menentukan target yang paling sesuai untuk pemasaran Anda.

Cocok untuk Pengguna Smartphone

Perlu Anda ketahui, bahwa Indonesia adalah negara dengan pengguna smartphone paling banyak di dunia. 94% pengguna internet di tanah air, mengakses internet melalui smartphone. Dengan begitu, Anda bisa menjangkau konsumen pengguna smartphone dengan mudah melalui online marketing.

Lebih Efektif dan Murah

Beberapa strategi marketing tradisional seperti iklan di televisi, baliho, dan billboard, cenderung lebih mahal, sehingga tidak bisa dimanfaatkan oleh pelaku usaha kecil dan menengah. Melalui online marketing, setiap pelaku usaha dari berbgai kalangan, dapat menghemat anggaran pemasarannya dengan hasil yang kurang lebih sama, atau bahkan jauh lebih efektif.

Menurut sebuah survey, pelaku UKM (Usaha Kecil dan Menengah) yang mengaplikasikan digital marketing, dapat menghemat anggaran pemasarannya hingga 40%.

Meningkatkan Pendapatan Secara Efektif

Selain menghemat anggaran marketing, juga ampuh untuk meningkatkan revenue bisnis Anda secara efektif. Berdasarkan data dari Google, pelaku usaha yang mengimplementasikan online marketing mampu meningkatkan pendapatan hingga 2.8 lebih besar dibandingkan dengan mengandalkan marketing tradisional.

Dewasa ini, menerapkan online marketing tidak hanya sebagai pilihan, melainkan suatu kewajiban. Dengan online marketing, usaha Anda dapat menjangkau konsumen lebih baik dengan tingkat akurasi tinggi. Dengan begitu, bisnis Anda akan dikenal lebih luas. Anda pun berksempatan untuk dapat menjaring konsumen potensial lebih banyak.

Demikian penjelasan tentang panduan online marketing lengkap untuk pemula. Kami berharap, informasi yang telah dirangkum di atas dapat membantu Anda untuk meningkatkan revenue bisnis dan mengembangkannya menjadi lebih pesat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 + 12 =