Panduan Lengkap dan Cara Memulai Bisnis Online

panduan bisnis online

Panduan lengkap dan cara memulai bisnis online kali ini akan menitikberatkan pada cara-cara dasar untuk memulai bisnis online. Dengan perkembangan internet yang sangat pesat dalam menampilkan dunia virtual mampu mendorong perubahan sistem bisnis menjadi lebih bebas dan lebih kreatif lagi. Alhasil sainganpun juga semakin banyak. Jika kita tidak mengikuti perkembangan jaman kita tidak akan bisa survive alhasil bisnis kita semakin lama akan semakin terpuruk. Di bawah ini akan diberikan langkah-langkah untuk memulai bisnis online. Hal ini dapat menjadi referensi kalian yang ingin mencoba peruntungan di dalam dunia bisnis online.

Yang pertama dilakukan pastinya adalah memikirkan bisnis apa yang ingin kalian jalankan. Kalau di bidang perdagangan ya produk apa yang akan kalian jual kalau dibidang jasa maka jasa apa yang akan kalian tawarkan. Kalian juga harus memikirkan apakah kalian melakukan produksi sendiri menjadi reseller atau bagaimana. Saat ini banyak pula lapak online yang memberikan jasa titip beli atau open PO barang branded dari luar negeri. Dimana sang owner akan berbelanja barang yang ingin kalian miliki. Biasanya konsumennya adalah orang yang di daerahnya tidak ada barang tersebut sehingga mereka menggunakan jasa titp beli.

Cara Memulai Bisnis Online Agar Sukses

Selanjutnya adalah membuat lapak online. Pikirkan pula lapak online seperti apa dan di mana saja yang ingin kalian buat. Untuk lebih mengindependenkan produk kalian. Usahakan kalian memiliki website pribadi yang menarik. Juga jangan hanya memiliki satu lapak saja pada satusosial media. Sebaiknya buka lapak online kalian di sosial media manapun dan situs jual beli manapun. Hal ini dilakukan agar semakin mudah produk kalian ditemukan oleh para konsumen. Selain itu seringnya lapak ditemukan oleh konsumen juga akan membuat lapak menjadi familiar dan produknya semakin dikenal.

Artikel terkait: Cara meningkatkan penjualan online

Langkah selanjutnya setelah kalian membuat lapak adalah mempromosikan lapak jualan kalian. Nah bagian inilah yang bisa dikatakan penentu datangnya konsumen. Kalian bisa mempromosikannya lewat sosial media, melalui jasa advertising online, melalui diakon-diskon, melalui giveaway, dan yang oaling worth it saat ini adalah melakukan endorsement pada publik figur yang memiliki banyak followers.

Strategi Bisnis Online Jualan di Internet

Hal yang selanjutnya dilakukan adalah memikirkan pelayanan yang maksimal terhadap para customer. Para konsumen akan terkesan dengan pelayanan yang ramah dan fast respond untuk itu sangat penting menjaga kualitas pelayanan. Dengan pelayanan yang baik dan memuaskan tentu akan membuat konsumen tak perlu berpikir ulang untuk kembali bervelanja di lapak online kita. Selain itu merekapun bisa mempromosikannya ke dalam lingkup pertemanan mereka bahwa online shop kita sangat recommended. Dengan begitu teman-temannya juga akan tertarik berbelanja di lapak online kita dan hal ini akan semakin meluaskan lagi jaringan lapak online kita.

Baca: Strategi bisnis online

Dalam menjual barang-barang atau jasa kita harus selalu berfikir untuk menciptakan berbagai inovasi dan juga mengikuti perkembangan jaman. Kalian bisa mencari tahu apa yang saat ini dibutuhkan masyarakat. Kalian juga bisa mencari tahu apa yang kini sedang booming dan menjadi trend. Dengan memanfaatkan peluang tersebut tentu akan banyak menarik perhatian kustomer. Kalian juga bisa melakukan riset oasar terlebih dahulu sebelum memulai bisnis. Kalian bisa melakukan stidy banding dengan produk-produk sejenis yang telah lebih dulu ada di pasaran. Pelajari apa kekurangannya. Jadikan kekurangan tersebut sebagai senjata kita untuk mengeluarkan produk sejenis sehingga produk kita dapat mengungguli produk sejenis yang telah lebih dulu ada. Penting untuk kita membuat identitas produk dari online shop kita. Desain tampilan olshop, warna-warna, dan logo yang dipasang tentunya harus menarik dan eye catching agar para konsumen dapat tertarik. Demikian panduan lengkap memulai bisnis online.

Master SEO Indonesia