Cara Meningkatkan Pengunjung Organik

Strategi Meningkatkan Organic Traffic Website

Organic traffric sering diartikan sebagai jumlah pengunjung yang datang secara alami melalui hasil mesin pencari. Jumlah traffic pengunjung yang dihasilkan melalui cara organik ini juga menjadi penentu posisi sebuah situs web di halaman Google. Semakin banyak orang membuka situs halaman Anda, semakin baik posisi situs halaman Anda di halaman Google.

Untuk mendatangkan organic traffic ini, Anda bisa mengupayakan pengolahan kata kunci yang relevan dan konten yang berkualitas pada halaman website Anda sebagai strategi meningkatkan organic traffic yang bisa dilakukan. Apa saja strategi lainnya yang bisa diterapkan, berikut ini ulasannya.

Organic traffric sering diartikan sebagai jumlah pengunjung yang datang secara alami melalui hasil mesin pencari. Jumlah traffic pengunjung yang dihasilkan melalui cara organik ini juga menjadi penentu posisi sebuah situs web di halaman Google. Semakin banyak orang membuka situs halaman Anda, semakin baik posisi situs halaman Anda di halaman Google.

Untuk mendatangkan organic traffic ini, Anda bisa mengupayakan pengolahan kata kunci yang relevan dan konten yang berkualitas pada halaman website Anda sebagai strategi meningkatkan organic traffic yang bisa dilakukan. Apa saja strategi lainnya yang bisa diterapkan, berikut ini ulasannya.

Apa Itu Organic Traffic (Organic search)

Sebelum membahas strategi, ada baiknya mengingat kembali apa itu organic traffic yang sering membuat ‘gagal paham’ bagi siapa saja.

Istilah organic traffic atau kunjungan organik ini merujuk pada pengunjung situs yang membuka halaman situs web Anda sebagai hasil dari pencarian organik tidak berbayar di mesin pencarian Google. Hal ini beda dengan non organic traffic, cara non organic menentukan kunjungannya berdasarkan iklan berbayar, contoh beriklan pada Google Adwords.

Baca juga, Cara Mempercepat Loading Website Berbasis WordPress

Para blogger seringnya memakai cara organik melalui upaya SEO untuk meningkatkan traffic pengunjung. Diyakini bahwa pengunjung yang dihasilkan dengan cara organik ini lebih berharga dan lebih potensial dibandingkan dihasilkan melalui cara beriklan yang hanya sementara dan bersifat mahal.

Strategi Meningkatkan Kunjungan Organik

Strategi Tingkatkan Kunjungan

Supaya hasil kunjungan organik pada sebuah website tinggi, Anda disarankan memakai strategi ini:

Ranking Konten Anda Untuk Muncul di Cuplikan Unggulan Google

Ketika pengguna mencari kata kunci, pengguna mungkin akan menemukan cuplikan unggulan pada hasil pencarian dihalaman Google. Cuplikan unggulan ini biasanya muncul untuk kata kuci berbasis pertanyaan seperti‘cara mengatasi jerawat’dan jawabannya berisi langkah – langkah yang Google ambil untuk tampil di cuplikan unggulan tersebut.

Biasanya cuplikan unggulan ini muncul paling teratas di halaman Google, halaman website yang berada pada sesi cuplikan unggulan ini rata-rata memiliki rasio klik-tayang ke situs halamannya meningkat lebih dari 114%. Pngguna lebih memilih dan mengklik halaman yang berada pada cuplikan unggulan tersebut. Oleh karena itu, hal – hal yang bisa dilakukan Anda untuk mendapatkan cuplikan unggulan di halaman Google adalah sebagai berikut:

  1. Anda harus memiliki target kata kunci pencarian di halaman Anda dengan mengoptimasi header HTML di konten Anda sampai memiliki H2, H3 dan lain –
  2. Anda harus menulis jawaban atas pertanyaan topik kata kunci yang ditarget dengan panjang kata 54-58 kata.
  3. Google cenderung memilih konten Cuplikan Unggulan yang dimulai dengan jawaban atau langkah – Pastikan konten berisi jawaban atau langkah-langkah yang strutktur dengan baik untuk kata kunci ‘cara membuat sesuatu,’ atau ‘cara memecahkan masalah’

Anda dapat menggunakan alat seperti SEMrush untuk meriset kata kunci Anda, supaya dapat menemukan peluang pada konten Anda untuk tampil di cuplikan unggulan. Perbarui konten Anda dengan langkah-langkah diatas, dan analisa peningkatannya selama beberapa minggu mendatang.

Pelajari Apa yang Pengunjung Cari dan Inginkan

Pandangan pengunjung dapat mempengaruhi ide dan konsep halaman website Anda. Jadi Anda perlu mempelajari apa yang pengunjung website Anda cari dan inginkan. Kenali apa niat dan tujuan mereka membuka situs halaman Anda.

Apakah konten website Anda telah memberikan kepuasan bagi mereka atas informasi yang didapat? Jawaban ini bisa dicari dengan mencari tahu apa komentar pengunjung yang telah mampir ke halaman website Anda. Anda juga bisa memanfaatkan Google Analytic untuk melihat halaman terpopuler yang didatangi banyak pengunjung. Atau Anda juga bisa menggunakan Quora dan UbberSuggest untuk meriset konten yang tepat sebagai jawaban dari pertanyaan – pertanyaan yang sering diajukan pada situs populer tersebut.

Optimasi konten Anda untuk RankBrain

Salah satu algoritma Google yang bekerja untuk menganalisa hasil pencarian adalah RankBrain. Anda bisa memantau update – update terbaru dari kinerja algoritma Google. Tersebut.

Selain bekerja menganalisa hasil pencarian, RankBrain juga mempelajari isi konten dari halaman dengan keywords yang dicari oleh penggunanya. Algoritma ini akan menghubungkan pencarian dengan hasil yang relevan.

Gunakan Link Internal

Setelah Anda membuat konten yang layak dan berkualitas, Anda dapat menautkannya di blog dan di situs web Anda supaya dapat memandu pengunjung ke konten yang lebih relevan.

Tujuannya supaya pengunjung situs web Anda ‘betah’lebih lama sehingga hal ini dapat membantu meningkatkan peringkat pencarian situs halaman Anda. Yang perlu diperhatikan adalah, jangan sampai terlalu banyak menggunakan tautan internal ini, supaya tidak terlihat seperti spam.

Lakukan SEO Audit

SEO audit berguna untuk menganalisa mengapa website Anda tidak mendapatkan banyak traffic. Umumnya proses audit SEO ini berarti Anda memantau dan menganalisa keseluruhan kinerja situs Anda. SEO audit ini berisi hal-hal antara lain :

  • Pastikan semua halaman Anda menggunakan tag meta deskripsi dan tag judul.
  • Pastikan Anda memiliki keyword yang dioptimasi secara SEO untuk semua halaman website Anda. Jangan sampai terjadi keyword stuffing di halaman Anda.
  • Pastikan struktur URL dioptimasi dengan baik supaya mudah ditemukan oleh mesin pencari. Buatlah URL dengan simpel, pendek, dan mudah dipahami oleh mesin pencari mengenai isi halaman website Anda.

Sebaiknya halaman disusun secara benar, untuk SEO yang baik sebaiknya halaman menggunakan heading dan subheading, menggunakan 2 sampai 3 kalimat untuk setiap paragraf, menggunakan bold dan italic untuk poin penting, dan menggunakan kata call to action pada kalimat yang digunakan.

Monitor Statistik halaman Website Melalui Google Search Console

Tool ini bekerja untuk membantu Anda untuk melihat masalah apa saja yang dapat mempengaruhi peringkat halaman situs Anda di mesin pencarian Google.

Memanfaatkan Google Search Console ini Anda dapat melihat 3 hal ini:

  • Crawl errors seperti 404 pages

Search Console akan memberitahukan Anda jika ada isu urgent, dengan memberi tahu Anda pada dashboardnya, “New and important”. Anda dapat mengklik crawl errors untuk melihat dan mengecek history dan jika ada report error pada website Anda. Google Search Console  ini akan memberikan hasil indeksing Google melalui spidernya.

  • Memasukkan sitemap baru

Untuk melakukan cara ini, Anda bisa memilih Crawl > lalu Sitemaps pada bagian sebelah kiri.

Selanjutnya klik Add/Test sitemap pada bagian kanan sebelah atas. Lalu ketik URL sitemap Anda. Anda akan melihat status URL yang dimasukan berubah pending. Kemudian Google akan melakukan pengindeksan pada website Anda supaya memastikan tidak adanya 404 error lagi di situs Anda.

  • Mengecek keyword mana yang dapat membuat pengguna menemukan situs halaman Anda.

Search Console juga bisa membantu Anda untuk dapat melihat pilihan keyword yang bisa membantu pengguna untuk bisa menemukan situs halaman Anda. Caranya dengan mengklik Search Traffic > kemudian Search Analytics pada bagian kiri menu.

Selanjutnya Anda akan melihat daftar keyword yang pengguna cari di Google yang menampilkan halaman Anda, meskipun mereka tidak membuka halaman Anda tersebut. Analaisa bagaimana pengguna memilih keyword tersebut, Anda bisa menerapkan keyword yang sama yang lebih relevan supaya pengguna kemudian juga dapat berkunjung ke halaman website Anda.

Buat Headline yang Menarik

Headlines ini bisa disebut juga judul artikel yang merupakan elemen penting dalam halaman website Anda. Headlines yang menarik pada sebuah konten yang dibuat, akan lebih banyak menghasilkan pengunjung organik yang mencari kata kunci  sesuai headline tersebut. Saat ini, mengoptimasi SEO dengan meriset kata kunci mungkin adalah hal wajib, namun riset kata kunci tanpa mengolahnya menjadi headline yang menarik, tidak akan menghasilkan traffic yang tinggi.

Konten yang berkualitas

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, konten adalah aset berharga yang dapat memberikan keuntungan pada sebuah website itu sendiri. Dengan konten yang berkualitas akan membawa halaman website Anda pada indeks pemeringkatan Google. Bisa jadi karena konten yang berkualitas, halaman yang Anda buat ini berhasil bertengger di halaman 1. Konten yang bagus juga akan memberikan kepuasan pengalaman pengunjung yang telah berkunjung pada situs Anda. Dengan begitu, kunjungan organik pada halaman website Anda bisa meningkat.

Tips membuat konten yang bagus adalah menggunakan heading dan subheading, kalimat berstruktur baik, dan posting konten Anda sebaiknya lebih dari 300 kata untuk menyajikan informasi yang lengkap dan memuaskan pembaca.

Rutin menerbitkan konten

Anda juga harus menerbitkan atau memposting konten halaman secara berkala dan rutin. Langkah ini untuk membuktikan bahwa websie Anda selalu up to date dan selalu upgrade pada hal – hal baru. Konten yang sering terbit dan berjumlah siginifikan akan meningkatkan ranking halaman website itu sendiri. Dengan konten yang banyak, Anda bisa menggunakan interlinking yang berguna bagi pengunjung sebagai rujukan untuk menghubungkan tautan suatu konten ke konten lainnya.

Link Building

Link Building atau penggunaan backlinks juga bisa menjadi opsi atau strategi untuk meningkatkan kunjungan organik pada situs web Anda. Dengan penggunaan backlink yang tepat, akan memberikan keuntungan traffic bagi website Anda. Apalagi jika situs Anda menerima backlink dari website lainnya, tentunya pengunjung organik akan lebih banyak datang pada halaman Anda. Mesin pencari Google juga akan memperhitungkan website Anda untuk mempertimbangkan proses pemeringkatan halaman menjadi lebih baik, mendapatkan posisi situs lebih tinggi.

On Page SEO

Jangan lupakan selalu teknik ini, yaitu teknik on page SEO. Teknik ini selalu menjadi hal utama yang harus dilakukan sebagai upaya meningkatkan traffic sebuah website. Salah satu teknik on page SEO ini meliputi menggunakan keyword yang tepat, menggunakan alt text gambar yang harus disertakan pada postingan, menggunakan meta descriptions dan lain sebagainya. Teknik on page SEO ini tidak membutuhkan waktu untuk diaplikasikan pada website Anda, dan yang terpenting, tidak boleh dilewatkan.

Baca juga, Cara Membuat Judul yang Disukai Pembaca

Waktu Kunjungan Organic Traffic Lebih Lama

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan pengunjung secara organik ini? Anda harus memahami suka dukanya mengoptimasi traffic dengan cara organik ini. Mendapatkan traffic memang tidaklah mudah, bisa jadi membutuhkan kerja keras dengan hasil yang tidak instant. Serta butuh kesabaran tinggi, pasalnya, bisa saja membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan hasil traffic yang diinginkan. Oleh karena itu, Jika Anda berniat mendapatkan traffic organik ini harus dibarengi dengan hal sebagai berikut :

Konsistensi

Anda harus konsisten meluangkan waktu Anda untuk mengoptimasi website secara rutin dan berkala. Supaya kinerja website Anda tidak merosot pada mesin pencarian Google. Kesabaran juga dibutuhkan untuk menunggu keberhasilan yang tidak instant ini.

Effort/Usaha

Semakin keras Anda berusaha, contoh : mempublikasikan konten secara rutin atau mengupgrade halaman situs Anda, maka semakin besar kemungkinan juga situs halaman Anda dikenal pengguna internet.

Mendapatkan traffic melalui usaha sendiri memang tidak gampang, untuk itu ada banyak jasa SEO website yang dapat memberikan keuntungan instant bagi website Anda. Salah satunya, Anda tidak perlu capek capek meluangkan tenaga untuk mencari traffic sendiri, disini ditangani ahlinya webiste Anda justru akan kebanjiran traffic.

Optimasi Traffic

Keuntungan Memiliki Organic Traffic

Ketika traffic yang dihasilkan dari cara beriklan memiliki nilai tersendiri, maka keuntungan memiliki organic traffic jauh lebih berharga dan bernilai. Berikut ini alasannya :

Tidak Perlu Mengeluarkan Biaya

Manfaat paling nyata dari hasil pencarian organik ini adalah tidak perlu mengeluarkan biaya sedikit pun. Ketika iklan harus mengeluarkan budget yang terus meningkat, maka cara organik menerapkan biaya nol pada mesin pencarian. Tidak berbatas waktu seperti iklan yang memiliki batasan waktu. Biaya habis, maka pengunjung tak lagi datang. Berbeda dengan optimasi SEO pada website secara organic ini, akan menghasilkan pengunjung tanpa batasan waktu, setiap hari, setiap waktu, setiap detik berulang.

Situs Web Mendapatkan Kredibilitas

Dengan menargetkan organic traffic, sebuah website dengan pengunjung organik yang banyak tentu bakal mempunyai reputasi yang diperhitungkan di halaman Google.

Tidak Perlu Takut Dengan Pesaing

Semakin banyak Anda meningkatkan upaya organic traffic, semakin tinggi peluang situs halaman Anda muncul di peringkat pencarian, hal ini mendorong pesaing Anda jauh ke bagian bawah daftar pencarian. Traffic pencarian organik ini secara efektif dapat memblokir kehadiran pesaing web Anda.

Mau Cepat? Ada Jasa SEO, Tapi Lebih Cocok Untuk Website Bisnis

Jika Anda sebagai pebisnis ingin mendapatkan traffic lebih banyak demi mengejar keuntungan, maka penggunaan jasa SEO adalah cara yang tepat dan efektif.

Jasa SEO Masterseo contohnya, memberikan jasa optimasi website melalui SEO yang sehat dan teknik white hat untuk meningkatkan posisi website bisnis berada pada halaman teratas Google.

Tujuannya, supaya website bisnis Anda kebanjiran traffic atau pengunjung potensial yang dapat berpeluang menjadi calon pembeli potensial bagi produk atau bisnis yang Anda tawarkan di website bisnis Anda.

Melalui cara ini, Anda akan diberikan manfaat :

  1. Menghemat Biaya Promosi

Anda tak perlu beriklan yang dapat mengeluarkan biaya atau budget yang banyak. Dengan opimasi website, secara otomatis website Anda yang sudah terposisikan di halaman atas Google ini terpromosikan dengan baik. Karena page rank yang baik akan mendatangkan traffic dengan sendirinya.

  1. Menghemat Tenaga Dan Waktu

Dengan memilih jasa SEO Maestro, Anda dapat menghemat waktu dan tenaga Anda dalam membangun website Anda. Tidak perlu repot – repot mencari traffic dengan susah, Maestro akan melakukannya untuk Anda.

3. Meningkatkan Penjualan

Website yang telah dioptimasi dengan baik akan menghasilkan traffic yang banyak, dengan ini berarti pengunjung potensial Anda akan membeli produk Anda dan penjualan bisnis pun dapat meningkat.

Baca, Backlink: Apakah Masih Jadi Faktor Rengking SEO?

Kesimpulan

Untuk membuat pengunjung organik menemukan website Anda, Anda harus mempunyai strategi yang handal untuk meningkatkan traffic dengan cara organik ini.

Dimulai dari strategi membuat heading yang bagus, keyword yang relevan dan konten yang berkualitas adalah salah satu dari sekian cara untuk Anda supaya dapat meningkatkan traffic yang bertujuan untuk memberikan keuntungan website. Yaitu menghasilka penjualan, poplaritas atau keuntungan lainnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four + 12 =