Percepat Loading Website Wordpress

9 Cara Mempercepat Loading Website Blog WordPress

Mempercepat Loading WordPress – Kecepatan membuka sebuah website begitu penting untuk pengalaman penggunanya. Situs yang tidak terload dengan cepat mengakibatkan sebanyak 25% pengunjung pada situs website keluar dari halaman web. Biasanya, kecepatan optimal membuka situs website adalah 2,9 detik, jika lebih dari itu maka situs web Anda melalui WordPress ini harus ditingkatkan kembali kinerjanya.

Permasalahan loading website ini bisa berimbas pada pengalaman pengguna situs website Anda. Untuk mengatasinya, diperlukan teknik tertentu untuk mengoptimalkan dan mempercepat kinerja loading website berbasis WordPress ini. Pada tutorial di bawah ini, Anda bisa menerapkannya dengan gampang pada website Anda. Berikut ulasannya:

Optimalkan Kecepatan Loading WordPress

Mempunyai kinerja loading lambat pada website memang tidak menguntungkan apalagi Anda sedang mengupayakan kinerja SEO website Anda. Oleh karena itu, Anda bisa mengoptimalkan kinerja website Anda dengan teknik berikut :

1. Pilih web hosting yang bagus

Untuk mengoptimalkan kecepatan loading website WordPres yang dijalankan, Anda perlu memastikan penyebabnya bukan diakibatkan dari penyedia layanan hosting situs website Anda.

Memilih web hosting penting dan jika kamu berencana menyewa sebuah web hosting, pastikan Anda mengunjungi situs atau komunitas yang mempunyai referensi web hosting yang bagus. Biasanya akan diberikan tips dan review dari komunitas yang mempunyai pengalaman menggunakan web hosting mana yang terbaik.

2. Gunakan Tema Wordpres yang Ringan

Salah satu upaya peningkatan loading website WordPress juga bisa Anda lihat dari tema yang Anda pakai pada website Anda. Biasanya desain web juga perlu diperhatikan apakah terlalu berat, atau terlalu banyak penambahan fitur yang tidak perlu yang dapat mengakibatkan loading lambat.

Baca juga, Tirk Meningkatkan Kekuatan SEO pada Website

Diketahui theme atau tema Website ini selalu berdampak memperberat kinerja sebuah server web atau browser. Masalah kebanyakan JavaScript, iFrame, atau PHP sebenarnya tidak baik untuk kecepatan loading server website yang dimiliki. Oleh karena itu, salah satu solusinya, Anda bisa memilih tema bawaan WordPress yang sudah terkode dengan baik yang mempunyai kinerja yang ringan, cepat dan mudah. Anda juga bisa mengembangkan tema gratisan dari WordPress ini untuk membangun tema situs yang dimiliki menjadi lebih bagus.

3. Instal Plugin Caching

Optimasi Speed Web dengan Plugin Cache

Cara selanjtnya adalah menginstal plugin caching. Instal plugin seperti  W3 Total Cache atau WP Super Cache, pada website Anda, untuk mendapatkan sensasi loading situs yang lebih cepat. Ketika plugin caching ini diaktifkan di situs yang dimiliki, maka server akan memakai chace untuk mengcopy halaman website Anda. Hal ini membuat akses database MySQL bisa dikurangi. Juga memugkinkan untuk meniadakan permintaan akses PHP ataupun akses HTTP.

Plugin WordPress W3 Total Cache yang menjadi favorit ini menawarkan fitur:

  • Database chace
  • Page Cache
  • Object chaceMinify
  • Object Cache
  • Browser Cache, dan
  • CDN

Salah satu fiturnya, yaitu Manify ini berfungsi menonaktifkan plugin terberat (berbasis JS). Anda juga perlu melakukan tweak pada pengaturan browser cache untuk memaksilmalkan caching browser. Tidak perlu mengaktifkan semua fitur ini jika server website Anda masih dalam keadaan aman dengan kecepatan loading website yang stabil.

4. Gunakan CDN Untuk Mempercepat Loading WordPress

Mengelola static resources dengan baik seperti script, gambar, file css, memungkinkan hasil kecepatan loading WordPress menjadi lebih baik. Static resources akan memuat server bukaan halaman lebih cepat bagi para pengunjung yang membuka halaman web Anda. Bersamaan dengan penggunaan CDN, server utama situs WordPress Anda akan mempunyai sedikit beban sebagai hasil dari berbagi pekerjaan bersama antara static resources dan CDN tersebut.

Biasanya static resources ini menggunakan servert terdekat dari tempat atau lokasi pengunjung membuka halaman tersebut. Dengan demikian server hosting tidak akan terbebani dengan masalah jarak server yang ada. Hal ini dapat memberikan kinerja yang baik karena pengunjung dapat mengakses situs website Anda dengan cepat.

5. Mengaktifkan Gzip Compression

Buatlah versi kompresi server situs untuk pengunjung website Anda. Hal ini akan memberikan dampak berkurangnya ukuran beban server untuk mengoptimalkan loading website menjadi lebih cepat. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan mengaktifkan kompresi Gzip melalui cPanel. Cek terlebih dahulu apabila hostingan Anda menyediakan layanan ini. Selain melalui cPanel, Anda juga bisa mengaktifkanya melalui plugin W3 Total Cache yang telah dijelaskan di atas. Opsi lainnya, Anda bisa mengaktifkannya dari file htaccess. Kode ini bisa ditambahkan pada awal file ini untuk dapat mengaktifkan kompresi Gzip. Ketik kode melalui cara compress text, html, javascript, css, xml dengan kode:

AddOutputFilterByType DEFLATE text/plain

AddOutputFilterByType DEFLATE text/html

AddOutputFilterByType DEFLATE text/xml

AddOutputFilterByType DEFLATE text/css

AddOutputFilterByType DEFLATE application/xml,

AddOutputFilterByType DEFLATE application/xhtml+xml,

AddOutputFilterByType DEFLATE application/rss+xml,

AddOutputFilterByType DEFLATE application/javascript,

AddOutputFilterByType DEFLATE application/x-javascript

Atau lakukan kompresi pada tipe file tertentu dengan penambahan:

1.       <file*.html>

2.       SetOutputFilter DEFLATE

3.       </FILES>

6. Install Plugins yang Berkualitas

Ribuan plugin ini ada banyaknya dan tidak berarti semuanya memiliki kode yang baik dan benar. Memilih dan menginstal plugin sebaiknya dengan kualitas baik dengan versi terbarunya dari WordPres untuk mencegah loading lambat pada website ataupun membuat situs Anda down.

Anda harus melihat reviewnya terlebih dahulu sebelum memutuskan memasang plugin yang dipilih. Jangan sampai terjadi kasus kualitas plugin menurun setelah dipasang bahkan setelah diupdate sekalipun. Bukan hanya membuat loading website lebih lama, mungkin juga malah mengacaukan fungsi dan kinerja plugin dan WordPress tersebut.

Baca juga, Jasa Pembuatan Website Toko Online Murah dan Profesional

Maka sebaiknya memantau perkembangan kinerja plugin yang dipasang dan sekali – kali cek bukaan halaman situs Anda untuk mengetahui dampaknya. Dengan begitu Anda dapat mengetahui plugin mana saja yang mengakibatkan server lambat dan menyusahkan pada situs Anda.

7. Lakukan Update Rutin Plugin Yang Dipasang

Sangat penting untuk melakukan pemeliharaan dan mengupdate plugin pada situs WordPress ini. Pemeliharaan/update Plugin ini sangat penting untuk situs WordPress. Versi plugin yang kuno dan jarang diupdate memiliki rentan serangan hack, untuk itu pemeliharaan rutin update plugin perlu dilakukan supaya situs tidak kebobolan.

Tujuan mengupdate versi plugin menjadi lebih baru juga berfungsi mengoptimalkan kecepatan loading website supaya lebih cepat dan aman, serta meminimalkan atau meniadakan bug.

Selain mengupdate, hapus atau nonaktifkan plugin yang tidak digunakan. Karena kebanyakan memasang plugin akan menghambat akses dan proses kecepatan loading situs Anda, apalagi jika plugin yang dipasang memiliki kualitas rendah.

 8. Optimalkan Database

Optimalkan database seperti MySQL pada WordPress dari PHPMyAdmin. Anda juga bisa mengoptimalkannya dengan plugin seperti WP-Optimize dan WP-DBManager.

Dengan Plugin tersebut mempunyai fungsi tugas menghapus spam yang pending, sampah postingan, revisian posting, dan auto save konsep. Plgun ini juga bertujuan untuk mengoptimalkan database MySQL query secara general tanpa melalui akses PHPMyAdmin. Sehingga database yang diakses bisa diproses dengan cepat juga mempengaruhi kecepatan server pada website WordPress tersebut.

9. Optimalkan Postingan Gambar

Optimasi Gambar

Memposting gambar juga salah satu kegiatan yang membuat server website menjadi lebih berat. Untuk mengoptimalkan dan meminimalisir hal ini, ada cara yang bisa dilakukan :

Pertama

Tentukan dimensi gambar maksimum seperti pada ukuran thumbnail, medium, atau large. Jika upload gambar mempunyai ukuran lebar 1024px dengan area konten sebesar 604px lebar, maka gambar akan diminimize ukurannya menggunakan CSS.

Setelah menentukan ukuran large maksimum yaitu 604px, gambar akan tampil dengan ukuran tersebut lebih kecil dari ukuran aslinya.

Kedua

Kurangi ukuran gambar yang diposting tanpa mengubah size original gambartersebut dan tanpa mengurangi kualitas gambar tersebut. Hal tersebut dapat menggunakan cara pada situs Smush.it yang berfungi meminimalkan ukuran gambar tanpa merusak kualitas gambar yang diupload. Anda juga bisa menggunakan plugin WP Smush.it ini untuk mengupload gambar secara normal, dan plugin akan bekerja secara otomatis mengoptimalkan ukuran dan kualitas gambar memakai API dari Smush.it tersebut.

10. Hapus Revisi Postingan Yang Sudah Lama

Jika revisi sebuah postingan lama sudah tidak digunakan, maka sebaiknya Anda menghapus revisi postingan lama tersebut dari database WordPress Anda. Meninggalkan banyak data postingan lama yang tidak digunakan atau tidak berguna lagi, hanya akan memperberat ukuran database yang menjadikan kecepatan loading website lebih lambat. Dengan menghapusnya, Anda bisa meringankan database WordPress Anda, dan membuat kecepatan server menjadi optimal.

Kesimpulan

Kinerja situs yang mempunya kecepatan loading lambat ini akan memperburuk citra pengalaman pengguna situs Anda dan terlebih lagi juga dapat menurunkan nilai SEO website Anda.

Umumnya kecepatan loading membuka halaman web harus di bawah 3 detik yang artinya bagus. Di atas itu, maka bukaan halaman website Anda mungkin termasuk mempunyai kecepatan loading yang lambat. Maka dari itu, Anda perlu menggunakan teknik Mempercepat Loading Website Berbasis WordPress diatas tersebut.

Baca juga, Cara Mengoptimalkan Penjualan dengan Teknik SEO pada Wordpess

Jika Anda mengalami kendala mengoptimalkan kinerja SEO Website Anda, Anda bisa memanfaatkan jasa SEO yang memberikan manfaat penanganan kinerja website lebih handal dan tidak perlu takut lagi dengan kinerja website yang kurang. Selain penanganan kinerja website menjadi handal, manfaat jasa SEO ini juga bisa memberikan keuntungan lain pada website seperti :

Mendatangkan pengunjung potensial

Tidak perlu capek – capek mengoptimalkan kerja SEO website sendiri, ditangani ahlinya, maka website Anda dengan sendirinya akan kebanjiran traffic dan pengunjung potensial.

Meningkatkan brand awareness

Ditangani ahlinya, sebuah website dengan produk atau layanan yang dimiliki akan memiliki brand awareness atau mempopulerkan produk yag dipunya. Selain posisi rankingnya diperbaiki pada halaman Google, maka produk atau layanan yang Anda miliki akan lebih dikenal dan mendapatkan banyak traffic sekaligus calon pembeli potensial.

Dan menghemat biaya promosi

Tak perlu mengeluarkan biaya iklan yang begitu besar, dengan pemanfaatan jasa SEO biasanya lebih menghemat biaya promosi produk atau layanan Anda.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen − 13 =