7 Media Sosial Yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Sosial Media Indonesia

Medsos atau Media sosial peranannya bagi kehidupan seseorang bukan hanya sekedar gaya hidup, pergaulan sosial, numpang eksis ataupun mencari popularitas semata. Media sosial kekinian lebih sekedar menjadi kebutuhan. Tak hanya untuk bersosialisasi, kini media sosial juga digunakan untuk media promosi, dan ajang berbisnis.

Warganet Indonesia juga menjadi salah satu pengguna media sosial tertinggi di dunia. Dengan jutaan penduduknya yang wara wiri di ‘medsos’ setiap harinya, membuat media sosial seperti Facebook adalah media sosial yang paling banyak digunakan orang Indonesia.

Media Sosial Terpopuler di Indonesia

Masih banyak media sosial lainnya yang ternyata masuk pada jajaran media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia. Media sosial apa saja yang terkenal di Indonesia? Berikut ulasannya.

1. Facebook

Facebook

Salah satu sosmed atau media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia dan terpopuler adalah Facebook. Mahakarya Mark ini digemari oleh berbagai kalangan baik orang dewasa maupun remaja. Pengguna Facebook di Indonesia kini sudah mencapai 140 penggunanya. Dari berbagai kalangan tua maupun muda.

Keberadaan Facebook ini patut diperhitungkan di Indonesia. Pasalnya, tidak hanya menjadi media sosial yang berpengaruh pada kehidupan penggunanya, Facebook memiliki peranan dalam membangun kehidupan sosial penggunanya. Facebook juga digunakan sebagai media yang memberikan trend, berbisnis maupun mencari keuntungan lainnya.

Baca juga, Tips Jualan Online Di Facebook Agar Cepat Laku

Di Facebook ini penggunanya tak hanya dapat eksis memposting status, membagikan foto, file ataupun video, Facebook kini juga menambahkan fitur marketplace untuk media berbisnis. Karena Facebook ini tak hanya sekedar media sosial, ia juga memberikan banyak keuntungan bagi para pelaku bisnis baik penjual maupun pembeli sebagai wadah transaksi online yang laris dipakai.

2. Youtube

Youtube

Di jajaran media sosial terpopuler selanjutnya, ada Youtube yang sukses menggaet sekitar 50 juta penduduk Indonesia sebagai penggunanya. Pencetus content creator ini tak hanya menjadikan Youtube sebagai media sosial seperti media menonton video dari berbagai channel dengan ribuan konten, penggunanya juga sangat mungkin menjadi creator yang bisa mengupload videonya untuk ditonton jutaan orang di seluruh dunia.

Penggunanya juga bisa memberikan komentar atau like pada video favorit. Selain menjadi media entertainment, Youtube adalah media bisnis yang cukup menjanjikan. Dengan kebijakan Youtube untuk membayar channel yang memiliki konten dengan viewer terbanyak, menjadikan orang berlomba lomba untuk menjadi content creator, vlogger, podcaster, dan membuka chanelnya di Youtube.

Sudah banyak contoh sukses Youtuber berhasil meraih pendapatan ratusan hingga miliaran dari membuka channel di Youtube ini. Karena Youtube tidak membatasi content creator yang bisa siapa saja, asal memiliki konten orisinil dengan viewer terbanyak, maka Youtube akan melirik channel tersebut untuk beriklan maupun membayar konversi setiap viewer yang dihasilkan oleh channel tersebut. Menggiurkan bukan! Tak heran, Youtube menjadi salah satu media sosial terpopuler yang tidak hanya di Indonesia saja, namun di seluruh dunia juga.

3. Instagram

Instagram

Di Indonesia media sosial ini juga tak kalah populer dengan Facebook. Ia pantas menduduki posisi kedua setelah kepopuleran Facebook sebagai media sosial yang banyak digunakan oleh orang Indonesia. Porsi pengguna media sosial untuk Facebook dan Instagram ini dibagi menjadi 3 jenis. Pertama, rata rata hampir dari 50 persen penggunanya menggunakan medsos Facebook dan Instagram bersamaan di Android mereka. Kedua, sebanyak 30 persen pengguna medsos memilih Facebook untuk di instal di Android tanpa Instagram. Dan sisanya lebih memilih Instagram untuk digunakan sebagai medsos yang diinstal pada smartphone android mereka.

Bisa dibayangkan kedua media sosial tersebut masuk pada jajaran media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia. Instagram pun patut diperhitungkan. Sama halnya seperti Facebook, Instagram meiliki fitur fitur menarik sebagai media sosial yang paling disukai. Dengan mengutamakan konten gambar dan video pendek, Instagram mampu menjadi media sosial yang paling banyak digunakan untuk beragam tujuan. Mempopulerkan eksistensi sampai keperluan berbisnis.

Baca juga, Cara Jualan Online Dari Instagram

4. Twitter

Twiiter

Pencipta Twitter, Jack Dorsey mengambil konsep media sosial sederhana pada awalnya. Namun seiring perkembangannya, Twitter menjadi media sosial yang mempunyai fitur beragam pula seperti halnya Facebook.

Rata rata penggunanya menyukai Twitter karena penggunaannya yang simpel. Jika kamu lebih suka membaca berita dan mencari apa yang menjadi trending topic, maka Twitter adalah tempatnya. Di Twitter, sebuah postingan status akan lebih mudah dikomentari orang dan banyak direspon dengan cepat tidak seperti media sosial lainnya. Karena mengandalkan cuitan yang menjadi perhatian utamanya, maka dari sinilah trending topik selalu tercipta berasal dari Twitter.

Pencetus hastag pun berasal dari Twitter. Tak heran Twitter ini juga banyak digunakan orang bagi mereka yang senang ‘bercuit’ disinilah tempatnya. Twitter sekarang mencapai lebih dari 6.6 juta penggunanya di Indonesia dan terus meningkat.

5. WhatsApp

Whatsapp

WhatsApp juga termasuk media sosial yang paling populer dinilai dari versi perpesanan yang diusungnya. Aplikasi WhatsApp messanger ini adalah aplikasi perpesanan nomor satu yang seolah wajib dan paling banyak dipakai sebagai media berkomunikasi orang Indonesia.

Di seluruh dunia pun, WhatsApp bisnis termasuk media sosial yang populer dan banyak digunakan orang. Konsep perpesanannya yang sederhana, membuat WhatsApp dipilih penggunanya. Di WhatsApp ini juga kamu bisa melakukan chatting, panggilan suara dan panggilan video call secara gratis.  

Apalagi tambahan fitur terbarunya yang memungkinkan penggunanya untuk memposting pesan status yang berbatas 24 jam ini di highlight pada menu status. Terlebih lagi sekarang WhatsApp tak hanya sekedar media sosial saja, namun WhatsApp juga sering digunakan untuk keperluan bisnis.

Baca juga, Strategi dan Cara Promosi di WhatsApp (WA)

6. Line

Line

Aplikasi messanger Line juga merupakan media sosial yang banyak digunakan di Indonesia untuk media pesan yang memiliki fitur yang unik. Selain populer, Line dipilih untuk media komunikasi sama seperti WhatsApp. Sebenarnya dari segi fitur, Line lebih mempunyai fitur lengkap yang beragam seperti Timeline, komunitas, game, dan lainnya tidak selengkap WhatsApp.

Tidak sepopuler WhatsApp bukan berarti Line tidak memiliki predikat media sosial yang paling banyak digunakan oleh penggunanya. Line juga merupakan media sosial yang patut diperhitungkan karena mendapat perhatian penggunanya dengan 11 juta ulasan di playstore dengan 500 juta downloader di seluruh dunia.

7. Facebook Messenger

Facebook Messenger

Facebook Messanger yang awalnya tergabung pada Facebook ini, kini memiliki aplikasi perpesanan sendiri secara terpisah. Sama fungsinya dengan aplikasi perpesanan lainnya, Facebook Messanger memiliki penggemar yang tak kalah banyak seperti halnya pengguna WhatsApp.

Facebook Messanger juga sering digunakan untuk chatting, berbagi file atau foto ke sesama penggunanya dan bahkan dapat melakukan panggilan suara serta video call secara gratis.

Fitur pada Facebook Messanger juga lebih menarik dan beragam. Kamu juga bisa terhubung ke sesama teman messangermu melalui teman Facebook yang telah tergabung sebelumnya. Hal ini menjadikan komunikasi lebih luas tidak hanya ke sesama teman di Indonesia, namun juga ke pengguna di semua negara.

Aplikasi media sosial diatas memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing, namun terlepas dari itu, kepopulerannya telah membuat jajaran media sosial diatas menjadi media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia.