SEO untuk Situs Bisnis

8 Manfaat SEO untuk Situs Bisnis Online Anda

Bergelut dalam industri ecommerce saat ini memerlukan strategi yang jitu dan teruji. SEO (Search Engine Optimization) merupakan salah satu strategi yang hingga saat ini masih populer dan powerful. Ada banyak sekali manfaat SEO untuk situs bisnis. Dampak positif dari SEO bahkan mampu menjaring pelanggan baru setiap hari jika dilakukan secara optmal.

SEO adalah teknik yang dapat memaksimalkan nilai relevan suatu situs agar meningkatkan ranking dan pengunjungnya pada mesin pencari, seperti Google. Optimasi SEO dilakukan melalui rangkaian proses sistematis, baik itu melalui metode White Hat SEO, Greyhat SEO, hingga Blackhat SEO. Masing-masing metode tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, tidak dianjurkan untuk menggunakan metode Blackhat SEO, karena memiliki risiko tinggi menimbulkan dampak yang negatif.

8 Manfaat SEO Untuk Situs Bisnis

Sudah banyak sekali perusahaan yang merasakan omset besar dari optimasi SEO. Mulai dari puluhan juta, hingga ratusan juta atau bahkan lebih, mereka mampu meraup keuntungan lebih besar dari industri ecommerce dengan mengoptimalkan SEO.

Setidaknya ada 8 manfaat SEO untuk penambah Income bisnis Anda, berikut ulasannya.

  1. Website Anda Tampil Di Halaman Pertama Google

Fungsi SEO yang paling utama adalah mampu menampilkan situs website Anda pada halaman pertama mesin pencari, seperti Google, atau terkadang muncul di 5 besarnya. Ada banyak keuntungan yang dapat kita rasakan ketika website menempati posisi tersebut. Mulai dari peningkatan pendapatan, menjaring lebih banyak konsumen, dan masih banyak keuntungan-keuntungan lainnya.

  1. Meningkatkan Traffic Potensial

Pada dasarnya, teknik SEO dioptimasikan untuk menjaring banyak pengunjung pada suatu website. Website bisnis Anda, bahkan mampu menjaring ribuan visitor setiap harinya dengan teknik tersebut. Dengan begitu, bisnis Anda berpeluang untuk mendapatkan income besar dari pembelian produk, maupun penggunaan layanan Anda.

Baca juga: Perbedaan SEO dan SEM Serta Manfaatnya

Persentase kemungkinan konversi pengunjung menjadi pembeli bahkan bisa mencapai 90%. Pasalnya, jika pengunjung tersebut membutuhkan produk secara mendesak, lalu mengakses situs Anda, bisa saja mereka langsung membeli produk Anda saat itu juga. Bayangkan jika itu terjadi pada puluhan visitor yang mengakses situs Anda, berapa keuntungan yang akan Anda dapatkan?

  1. Promosi Tidak Lagi Melelahkan

Apakah Anda sudah mulai lelah dengan teknik promosi yang itu-itu saja? Seperti menyebarkan selebaran brosur, promosi melalui majalah, atau berbagai promosi konvensional lainnya yang membuat Anda lelah, tapi hasilnya tidak memuaskan. SEO memberi solusi bagi setiap pelaku bisnis, termasuk Anda, untuk melakukan promosi yang tertarget dan mudah dilakukan. Jika Anda tidak punya waktu untuk mempelajarinya, Anda bisa memercayakannya pada pakar, atau jasa SEO terpercaya, dengan demikian Anda bisa mengoptimasikannya tanpa harus mengerjakannya sendiri.

Promosi konvensional cenderung tidak tepat dalam menargetkan pasar, sehingga terkadang menjadi salah sasaran. Akhirnya, cara promosi menjadi kurang efektif. Sedangkan SEO, adalah optimasi yang jauh lebih terarah dan tertarget untuk pemasaran bisnis Anda melalui internet.

  1. Meningkatkan Brand Awareness

Membangun brand yang sedang Anda kelola adalah salah satu strategi marketing yang penting. Jika brand Anda kuat, tentu bisnis Anda akan mudah dikenal oleh banyak orang. Konsumen akan kembali membeli produk, atau menggunakan layanan Anda. SEO adalah optimasi yang tepat untuk melakukan branding, atau meningkatkan brand awareness, meskipun pada saat itu, pelanggan belum membeli produk Anda. Tapi, setidaknya mereka akan mengingat brand Anda, dan kemungkinan besar melakukan pembelian pada waktu mendatang.

  1. Mampu Bersaing Dengan Perusahaan Besar

Kapan lagi bisnis Anda bisa sejajar dan bersaing dengan perusahaan besar? Optimasi SEO membukakan peluang tersebut bagi Anda. Anda tidak perlu takut ataupun merasa minder lagi ketika bersaing dengan toko sebelah yang lebih besar. Dengan teknik SEO, situs bisnis Anda berpotensi sejajar pada mesin pencari Google. Anda bisa mengalahkan perusahaan besar, asalkan mampu menerapkan teknik SEO dengan baik dan optimal.

  1. SEO, Sebagai Investasi Jangka Panjang

Jika Anda mencari investasi marketing jangka panjang terbaik, maka SEO adalah jawabannya. SEO dapat menjadi aset berharga untuk waktu yang lama bagi bisnis Anda. Dibandingkan dengan cara berpromosi melalui iklan konvensional, teknik SEO jauh lebih menguntungkan. Ketika website bisnis Anda telah berhasil menduduki peringkat puncak di mesin pencari, seperti Google, maka potensi berkembangnya perusahaan Anda pun semakin besar.

  1. Data Hasil SEO Bisa Digunakan untuk Mengembangkan Bisnis

Ada banyak tools SEO yang biasa digunakan pada saat mengoptimasinya. Salah satunya adalah tool bernama Google Analyctics. Tool ini, mampu memperlihatkan sejumlah data-data yang sangat penting sebagai berikut:

  • Demografi visitor website
  • Informasi halaman website mana saja yang sering diakses pengunjung, dan mana yang sering diabaikan.
  • Informasi seberapa lama visitor membuka halaman website
  • Jumlah visitor
  • Dan lainnya

Nah, dari data-data yang dihasilkan Google Analyctics di atas, Anda bisa menggunakannya untuk mengembangkan bisnis, termasuk untuk menerapkan strategi bisnis ke depannya.

  1. Berpeluang Besar Mendapatkan Repeat Order

SEO meningkatkan jumlah visitor tertarget yang datang ke website Anda. Hal ini tentu akan berpeluang untuk meningkatkan penjualan. Tapi dengan catatan, produk maupun layanan yang Anda tawarkan memiliki kualitas yang baik dan memiliki kesiapan untuk bersaing di pasar. Visitor yang datang dari SEO, dan kualitas produk yang jempolan, keduanya akan bersinergi untuk pertumbuhan bisnis yang lebih baik.

Memahami Cara Kerja SEO Website

Banyak orang bertanya-tanya, kenapa situs bisnisnya tidak bisa menduduki peringkat pertama di Google? Dan bagaimana sebenarnya cara kerja SEO sehingga mampu meningkatkan jumlah traffic pada suatu website?

Promosi Bisnis Menggunakan SEO

Kali ini akan kami jelaskan cara kerja SEO sehingga suatu situs bisa menempati peringkat pertama pada halaman mesin pencari.

  1. Cara Kerja SEO Berdasarkan Algoritma Search Engine

Google, Bing, maupun Yahoo, memiliki algoritma dengan tingkat kerumitan yang tinggi. Tidak banyak orang yang memahaminya. Algoritma pada mesin pencari menentukan banyak hal, salah satunya ialah hal yang dapat menyebabkan suatu website menduduki peringkat utama pada mesin pencari.

Salah satu pendiri Google, Larry Page, memberinama algoritma tersebut dengan istilah PageRank (PR). PR memiliki sistem algoritma dengan cara menghitung kualitas dan jumlah melalui tingkatan seberapa penting situs tersebut. Hingga saat ini, Google terus melakukan pembaharuan algoritma secara berkala. Dalam hal ini, SEO wajib terus mengikuti perkembangan algoritma mereka, agar situs yang sedang dioptimasi tetap menduduki peringkat yang baik.

  1. Fungsi Crawling dari SEO

Salah satu cara kerja SEO yang penting untuk menempatkan situs pada halaman utama mesin pencari adalah crawling dan indexing, serta menjadi jawaban. Setelah SEO berhasil mengategorikan jutaan, bahkan hingga milyaran data yang ada di internet, maka SEO wajib memberikan jawaban atau solusi dari apa yang dicari oleh para pengguna mesin pencari.

Mesin pencari ialah jawaban. Sehingga, jika penggunanya ingin bertanya tentang berbagai hal melalui search engine, maka mereka akan mudah mendapatkanya melalui SEO yang telah dioptimasi dan tersusun secara rapi. Yang perlu Anda ingatkan adalah, kunci sukses SEO ialah popularitas jawaban dan relevansinya.

  1. Cara Kerja SEO Menggunakan Data yang Sudah Ada

Google adalah mesin pencari yang telah menyusun semua datanya secara rapi. Sistemnya difungsikan untuk menyimpan milyaran data yang telah di-publish melalui internet. Jika suatu website ingin bertengger di halaman utama Google, maka yang perlu dilakukan ialah mencuri ‘perhatian’ search engine tersebut. Lalu, bagaimana caranya? Yaitu dengan menggunakan data yang telah ada.

Usahakanlah untuk memperbanyak penggunaan kata maupun kalimat yang sering dicari oleh pengguna search engine. Pahamilah slogan ‘user first’ yang merupakan sebuah kebenaran SEO dalam menggunakan data populer serta data yang telah ada.

Cara Meningkatkan SEO Website

Setelah mengenal keuntungan dan cara kerjanya di atas, kini akan kami ulas cara meningkatkan seo untuk situs bisnis.

  1. Melakukan Riset Kata Kunci

Kata kunci adalah hal yang paling penting di dalam SEO. Setiap pengguna mesin pencari pasti akan menggunakan sebuah keyword untuk melakukan pencarian. Maka dari itu, jika Anda ingin mengoptimasi atau meningkatkan SEO, lakukanlah riset kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda terlebih dahulu. Pilih kata kunci yang paling banyak dicari oleh pengguna, atau mana yang paling populer untuk digunakan.

  1. Optimasi SEO On Page

ON page adalah optimasi pertama atau awal pada SEO. Fungsi dari optimasi on page ini cukup sederhana. Yaitu agar website bermanfaat bagi visitor, membuat visitor betah, memudahkan visitor untuk melakukan eksplorasi, dan agar search engine bisa memahami struktur website Anda.

Setidaknya ada 10 poin yang biasa dioptimasi pada on page SEO, di antaranya seperti:

  1. Optimasi meta deskripsi pada situs
  2. Kata kunci (keyword)
  3. Konten yang menarik dan bermanfaat
  4. URL yang singkat dan padat
  5. Gambar menarik dan berkualitas
  6. Fitur untuk membagikan konten ke media sosial
  7. Kecepatan situs
  8. Outbond link
  9. Internal link
  10. Gunakan judul menarik pada artikel, namun bukan judul yang menipu atau click bait yang tidak relevan antara judul dan isi artikel
  11. Optimasi SEO Off Page

Jika on page adalah optimasi SEO yang dilakukan di dalam website, maka off page adalah sebaliknya, yaitu melakukan optimasi di luar website yang bersangkutan. Beberapa optimasinya seperti:

  1. Share artikel di media sosial
  2. Link building
  3. Mempromosikan situs melalu forum-forum
  4. Memasukkan situs bisnis ke dalam mesin pencari
  5. Social bookmarking
  6. Optimasi local SEO

Keenam poin di atas biasanya menjadi target optimasi SEO off page yang paling populer. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan masih cukup banyak optimasi off page lainnya yang kini sudah semakin berkembang.

Baca juga: Metode Dasar Meningkatkan Kekuatan SEO Pada Website

SEO on page dan off page merupakan rangkuman dari rangkaian optimasi SEO untuk sebuah website. Keduanya merupakan optimasi yang harus dijalankan secara bersamaan. Karena, jika kita mengoptimasi salah satunya, maka hasilnya akan nihil. Contohnya, tidak mungkin kita menerapkan SEO off page, tanpa mengaplikasikan SEO on page terlebih dahulu.

Itulah beberapa manfaat SEO untuk situs bisnis yang saat ini sedang Anda kembangkan. SEO bisa Anda optimasi sendiri dengan cara mempelajarinya, atau bisa juga Anda memercayakannya pada para ahli dan pakar SEO terpercaya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen − 7 =