11 Kota Wisata Indonesia yang Banyak Dikunjungi Wisatawan

wisata indonesia

Indonesia adalah negara yang terdiri atas 17.508 pulau yang sekitar 6000 pulau masih belum berpenghuni, tak heran jika Indonesia bisa disebut sebagai negara berjuta wisata. Berikut adalah 11 kota wisata indonesia yang banyak dikunjungi wisatawan, yuk simak apa saja.

1. Bali

wisata bali

Siapa yang tak kenal Bali, Pulau Dewata ini bahkan lebih dikenal dan lebih familiar dibandingkan nama Indonesia di mata wisatawan internasional. Ada berbagai wisata yang sering dikunjungi wisatawan yakni:

  • Pulau Luhur Uluwatu merupakan pura Hindu yang berada di atas tebing
  • Mandala Wisata Wenara Wana adalah sebuah komplek dari Pura Hindu yang terletak di hutan.
  • Monumen Bajra Sandhi, merupakan monumen terkenal yang banyak dari wisatawan mengambil foto.
  • Pantai Kuta, namanya sudah tidak asing, hampir semua wisatawan yang datang ke Bali pasti menyempatkan diri ke Pantai ini.
  • Taman Burung Bali merupakan sejenis kebun binatang tapi lebih didominasi oleh berbagai jenis burung.

2. Yogyakarta

wisata jogja

Yogyakarta merupakan Ibu kota Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang disebut sebagai kota pelajar. Namun ternyata, kota ini menyimpan berbagai objek wisata jogja yang tidak kalah menarik yakni sebagai berikut Lihat paket tour jogja:

  • Kebun Binatang Gembira Loka adalah kebun binatang yang sudah dibuka pada tahun 1956 dan terdapat berbagai binatang seperti Unta.
  • Taman Pintar Yogyakarta merupakan wisata pintar yang sangat cocok bagi Anda yang membawa anak-anak. Disini, Anda bisa berlibur sekaligus mengajarkan anak-anak banyak hal karena dijamin tidak membosankan.
  • Candi Prambanan merupakan candi kuno Agama Hindu yang sudah dibangun pada abad ke 9, candi ini sangat bernilai sejarah dan memiliki cerita tersendiri.
  • Alun-alun Kidul Yogyakarta paket wisata jogja, alun-alun ini terletak di belakang istana kerajaan dan merupakan tempat yang cocok bagi keluarga dan wisatawan yang ingin berkumpul menikmati keramaian.
  • De Mata Trick Eye merupakan sebuah museum yang menampilkan gambar dengan ilusi optik, sangat menarik!

3. Bandung

wisata bandung

Kota yang dikenal dingin dan sejuk ini menyimpan berbagai objek wisata yang tidak hanya terkenal dengan berbagai wisata kuliner saja, namun juga wisata alam lainnya. Bagi Anda yang ingin berlibur, Kota Bandung merupakan pilihan yang tepat karena memiliki banyak pilihan untuk Anda memanjakan mata. Yuk simak apa saja yang biasanya didatangi oleh para wisatawan:

  • Gunung Tangkuban Perahu, berawal dari legenda, kini tangkuban perahu menjadi daya tarik tersendiri untuk Kota Bandung.
  • Kawah Putih, tempat wisata ini sempat dijadikan salah satu lokasi syuting slah satu film Indonesia lho, suasananya sangat indah.
  • Curug Maribaya merupakan tempat wisata yang menawarkan pemandangan air terjun yang dikelilingi pohon-pohon serta fasilitas kolam renang air panas.
  • Alun-alun Bandung adalah tempat yang menjadi ikon penting Kota Bandung, di kota ini berkumpul keluarga untuk bermain-main.
  • Kebun Begonia adalah sebuah taman yang sedang ramai dikunjungi dan menawarkan pemandangan indah melalui hamparan bunga warna-warni.
  • Observatorium Bosscha merupakan sebuah tempat yang dapat mewujudkan keinginan Anda melihat bintang di langit.

4. Malang

wisata malang

Nama kota ini memang malang, tapi nasibnya tidaklah sesuai dengan namanya. Kota ini terkenal dengan wisata alamnya seperti Gunung Bromo, akan tetapi gunung ini terletak di kabupaten bukan di Kota Malang. Berikut adalah destinasi yang bisa Anda kunjungi di Malang:

  • Kampung Warna-Warni Jodipan merupakan desa yang sudah terkenal dengan penduduk yang ramah serta rumah-rumah mereka dicat berwarna agar menarik wisatawan.
  • Rafting Kasembon merupakan arung jeram yang menawarkan pengalaman tak terlupakan.
  • Wisata Alam Sumber Jenon, wisata alam ini memang belum terdengar, akan tetapi tempatnya sangat indah dan menawarkan pemandangan air yang jernih biru.

5. Sabang

wisata sabang

Kota ini berada di Provinsi Aceh dan merupakan daerah terujung dari Negara Indonesia. Yuk simak apa saja wisata alam yang bisa dilihat di daerah ini:

  • Pulau Weh adalah pulau kecil yang terpisah dari sumatera namun menyajikan pemandangan yang luar biasa
  • Tugu Nol Kilometer adalah tempat yang wajib Anda kunjungi karena tempat ini adalah ujung dari Indonesia lho
  • Pantai Iboih, pantai yang indah ini sangat cocok dijadikan tempat snorkeling

6. Lombok

wisata lombok

Kota Lombok atau yang lebih dikenal dengan Pulau Lombok terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang menawarkan panorama laut yang sangat luar biasa. berikut adalah beberapa destinasi yang harus Anda kunjungi jika ke Lombok:

  • Sendang Gile Waterfall adalah wisata alam air terjun yang dikelilingi hutan lebat yang hijau
  • Pantai Nambung adalah objek wisata lombok yang wajib Anda kunjungi, bagaimana tidak, di pantai ini sekaligus ada air terjun mini dari bebatuan atas. Sungguh indah dan menakjubkan.
  • Gili Kondo adalah pantai nan bersih yang membuat siapapun mata yang melihatnya langsung terpukau akan jernih air lautnya.

7. Padang

wisata padang

Kota ini terletak di Sumatera Barat yang sekaligus sebagai ibu kota provinsi. Yuk simak wisata apa saja yang banyak dikunjungi wisatawan di daerah ini:

  • Pulau Pasumpahan adalah pulau mini yang menawarkan panorama laut yang memanjakan mata Anda.
  • Danau Maninjau ini adalah danau yang terbentuk akibat letusan vulkanik Gunung Maninjau.
  • Pantai Air Manis, di pantai ini Anda dapat melihat batu malin kundang yang ceritanya sudah menjadi legenda Indonesia.

8. Manado

wisata manado

Manado adalah ibu kota Provinsi Sulawesi Utara yang menyimpan berbagai keindahan alam sebagai berikut:

  • Pulau Bunaken, pulau ini sangatlah terkenal bahkan hingga ke mancanegara. Jangan lupa snorkeling dan diving ya jika Anda ke pulau ini, dijamin Anda akan terpesona.
  • Patung Yesus, patung ini menjadi destinasi terbaik untuk kaum Kristiani karena patung ini berukuran sangat besar dan terbesar di Indonesia, melihat patung ini bagaikan melihat patung yang ada di Yunani saja.

9. Kabupaten Ende

wisata kabupaten ende

Kabupaten ini berada di Provinsi Nusa tenggara Timur dan berada di Pulau Flores. Mungkin kebanyakan orang mengenalnya hanya bila disebutkan Pulau Flores saja, padahal kabupaten ini menyimpan wisata alam yang juga tidak kalah menakjubkan seperti Danau Kelimutu, Gunung Kelimutu beserta Taman Nasional Kelimutu yang warna danaunya sangat berbeda pada danau umumnya.

Lihat juga objek: Wisata medan dan danau toba

Wisatawan sangat banyak mengabadikan foto jika berkunjung ke Kelimutu ini.

10. Raja Ampat

wisata raja ampat

Siapa tak kenal Raja Ampat, Raja Ampat merupakan sebuah kabupaten di Papua Barat yang saat ini sudah sangat banyak dikunjungi wisatawan lokal dan asing. Keindahan panorama yang luar biasa bak di film-film saja beserta resort yang nyaman membuatnya menjadi destinasi andalan.

11. Jakarta

wisata jakarta

Ibu Kota Republik Indonesia ini pastilah banyak wisatawan yang berkunjung. Hampir semua wisatawan lokal dan asing transit ke kota ini atau bahkan sekedar lewat hanya untuk mampir melihat monas. Monas merupakan simbol Kota Jakarta sekaligus monumen nasional yang obor api di atasnya adalah emas dari pemberian rakyat Aceh. Monas sangat bernilai sejarah tak heran banyak wisatawan yang sengaja mampir untuk melihatnya dari atas dan melihat pemandangan kota.

Sekian informasi mengenai 11 kota wisata indonesia yang banyak dikunjungi wisatawan, semoga bermanfaat ya!