Jualan Online Paling Laku Tanpa Stok Barang Dan Modal

jualan online

Tingkat kebutuhan masyarakat yang semakin tinggi saat ini mengharuskan kita untuk terus memutar otak agar bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Salah satunya adalah dengan membuka suatu usaha. Namun untuk memulai suatu usaha banyak dari mereka yang mengeluh tentang modal. Tidak hanya modal saja yang mereka keluhkan, salah satu kendala yang banyak mereka takutkan dalam menjalankan suatu usaha adalah resiko. Terlebih lagi kebanyakan orang memang terlalu takut untuk mengambil resiko akan kerugian yang timbulkan karena bisnis yang mereka jalankan. Salah satu contohnya adalah bisnis dalam berjualan barang. Di mana penjual memang harus selalu melakukan stok barang, sayangnya tidak semua barang akan laku di pasaran.

Sebenarnya masih banyak jenis usaha yang bisa Anda lakukan tanpa perlu mengeluarkan modal atau stok barang. Salah satu bisnis tersebut merupakan bisnis jualan online tanpa modal. Di mana bisnis tersebut dinamakan sebagai dropshipper dan sistem pre order

Dropshipper Jualan Online Tanpa Stok Barang dan Modal

Bisnis jualan online paling laku yang menguntungan dan tidak memerlukan modal dan melakukan stok barang di namakan dengan dropshipper. Usaha yang satu ini dibutuhkan pemasok barang. Di mana penjual hanya memasang foto – foto produk dari supplier di media sosial atau website. Saat ada pembeli, maka penjual hanya meneruskannya pada supplier. Di mana Anda hanya memberikan nama, alamat, no telepon, serta pesanan dari pembeli. Kemudian setelah itu, supplier akan mengirimkan barang dengan nama Anda sebagai penjualnya.

Sama halnya dengan sistem dropship, melakukan usaha jualan online di facebook tanpa stok barang dan modal adalah dengan sistem pre order atau biasa disingkat dengan PO. Bedanya Anda tidak memiliki supplier. Biasanya sistem PO ini lebih banyak dilakukan untuk barang – barang import. Jadi Anda hanya memasang foto – foto barang tersebut di website atau media social Anda. Namun Anda juga telah memberikan informasi bahwa barang tersebut menggunakan sistem PO. Kemudian saat ada pembeli, Anda baru memesan barang tersebut setelah pembeli melakukan pembayaran. Pembayaran biasanya secara full atau setengah harga. Kemudian penjual akan mengirimkan barangnya pada Anda terlebih dahulu, baru Anda bisa mengirimkan barang tersebut pada pembeli.

Artikel lainnya: Meningkatkan omset jualan online

Kedua jenis usaha di atas memang bisa mendatangkan keuntungan dan Anda tidak perlu merasa khawatir lagi akan resiko yang kemungkinan terjadi. Bahkan saat ini sistem pre order lebih banyak dimanfaatkan karena selisih harga yang tinggi dan keuntungan yang didapatkan lebih besar.

Keuntungan Jualan Online Menjadi Dropshipper dan Melakukan Sistem Pre Order

Seperti yang diketahui sebelumnya bahwa dropshiper dan sistem pre order merupakan bisnis yang memanfaatkan media internet untuk melakukan pemasarannya. Di mana usaha yang dilakukan tidak perlu mengeluarkan modal dan juga stok barang. Selain itu, masih banyak keuntungan lainnya yang bisa didapatkan.

1. Tidak mengalami kerugian pada modal

Selama ini dalam menjalankan bisnis atau usaha yang ada pada umumnya membuat para pedagang harus menjalankan usaha mereka dengan modal, baik itu modal sebuah produk yang berbentuk fisik atau e-products. Tentu saja, setiap modal yang dikeluarkan untuk kepentingan jualan tersebut akan sangat berpontensi untuk menghasilkan sesuatu, baik laba ataupun rugi. Hal tersebut akan sangat berbeda jika Anda melakukan usaha, seperti dropshipper, di mana Anda bisa langsung menjalankan usaha Anda tanpa perlu stok barang atau mengeluarkan modal pada awalnya. Dengan begitu, Anda bisa langsung meminimalisir kerugian yang mungkin terjadi pada modal Anda. Hal tersebut dikarenakan modal utama dalam menjalankan jualan online tanpa stok barang yang satu ini adalah tenaga Anda dalam melakukan promosi. Salah satu promosi yang Anda lakukan adalah dengan memasarkan toko atau outlet Anda sehingga bisa membuat calon pembeli tertarik untuk membelinya dengan Anda sebagai perantaranya.

2. Tidak hanya modal, barang juga tidak memiliki kerugian

Bukan hanya modal saja yang diminimalisir kerugiannya, Anda juga tidak perlu mendapatkan kerugian akan barang yang Anda jual. Memang setiap jualan mengalami kerugian barang lebih sering terjadi daripada modal awal. Hal tersebut dikarenakan tidak semua jenis barang disukai oleh pembeli. Terlebih lagi saat usaha makanan yang tentunya memiliki tanggal kadarluasa sehingga akan berimbas pada karugian modal juga. Namun hal tersebut akan berbeda saat Anda melakukan bisnis dropshipper karena bisnis ini tidak mengharuskan Anda untuk melakukan stok barang. Dengan begitu, Anda tidak akan mengalami kerugian dalam barang yang tersisa. Bahkan hal tersebut tidak pernah terjadi. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa sistem kerja dari usaha yang satu ini adalah melakukan banyak – banyak iklan tanpa perlu berpikir untuk memproduksi atau stok barang. Dengan begitu, jualan online tanpa modal yang satu ini akan mrnghindarkan Anda dari barang sisa yang mendatangkan kerugian.

3. Transaksi yang mudah

Keuntungan selanjutnya yang bisa Anda dapatkan adalah transaksi yang mudah dan simple. Pertama, Anda tidak perlu mengeluarkan modal, kedua Anda juga tidak melakukan stok barang. Jadi saat ada barang baru atau penawaran produk, Anda cukup melakukan repost ulang barang tersebut. Saat ada pembeli, maka pembeli akan melakukan pembayaran pada Anda. Kemudian Anda memberitahu kepada produsen barang yang Anda jual dan lakukan pembayaran. Setelah itu, produsen akan langsung mengirimkan barang Anda kepada pembeli dengan nama outlet yang Anda miliki. Jadi Anda adalah perantara produsen dan konsumen dengan keuntungan yang Anda tentukan sendiri.

4. Walaupun belanja online tapi bisa bayar tunai

Keuntungan lainnya yang bisa Anda dapatkan saat melakukan bisnis dropshipper merupakan salah satu solusi untuk lingkungan sekitar Anda yang ingin melakukan pembelian secara online tapi tidak memiliki rekening bank. Hal inilah yang menjadi suatu peluang bisnis Anda yang sangat menguntungkan, asalkan dilakuakn dengan cara yang baik dan benar. Perlu Anda ketahui bahwa omset lapak online di Indonesia sendiri sangat kecil hanya sekitar 5 persen saja yang bisa terpenuhi, sedangkan sisanya adalah permintaan pasar yang tidak terpenuhi. Hal tersebut terjadi karena sebagian besar dari penduduk Indonesia sendiri tidak memiliki rekening pribadi. Jadi saat melakukan belanja online, mereka akan terkendala dalam melakukan pembayaaran.

5. Keuntungan yang berlipat ganda

Walaupun Anda tidak mengeluarkan modal atau melakukan stock barang untuk menjalankan usaha Anda, namun keuntungan yang Anda peroleh juga tak kalah besar dengan produsen. Sebenarnya, keuntungan yang Anda dapatkan saat Anda menaikkan harga yang sebelumnya telah ditetapkan oleh produsen. Jika semakin besar Anda memasang harga dan banyak yang membeli maka semakin besar pula keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Layanan: Jasa buat website toko online

Demikian penjelasan singkat tentang dropshipper atau sistem pre order. Di mana sebuah usaha tanpa perlu mengeluarkan modal dan melakukan stock barang. Tentu saja hal ini sangat menarik dan menjadi referensi usaha Anda dalam mendapatkan keuntungan dan memenuhi kebutuhan Anda.