Jasa Menaikkan Ranking (Optimasi) Website ke Halaman 1 Google

jasa optimasi website

Di tahun 2018, para pelaku bisnis, terutama yang bergelut di bidang marketing online harus lebih gencar menerapkan strategi. Pasalnya, persaingan untuk merebut posisi teratas di mesin pencari Google semakin ketat. Selama 10 tahun terakhir, SEO telah menjadi faktor utama dalam promosi bisnis. SEO sendiri merupakan singkatan dari Search Engine Optimization, yaitu segala upaya untuk mengoptimalkan situs supaya bisa masuk ke halaman pencarian. Itu perlu dipraktikkan jika Anda ingin mengejar posisi pertama di search engine.

Apalagi, dalam sehari keempat besar mesin pencari menghasilkan lebih dari 750 juta kueri (hasil pencarian). Situs yang berada di halaman 1, 2 dan 3 mempunyai kesempatan 90% untuk mendapatkan traffic pengunjung. Fakta tersebut menunjukkan betapa besarnya potensi search engine bila dimanfaatkan dengan baik. Oleh karena itu, tidak henti-henti para master seo mengingatkan pentingnya teknik SEO untuk mendukung kemajuan bisnis.

Menaikkan Ranking Website ke Halaman Pertama Google

Secara umum, terdapat dua jenis optimasi, yaitu SEO on Page dan SEO off Page. SEO on Page adalah usaha untuk memaksimalkan website dari dalam dengan cara menyematkan kata kunci yang relevan. Mulai dari menyesuaikan judul konten dengan keyword yang ditargetkan hingga mengoptimasi gambar. Praktiknya sangat mudah dan telah menjadi ritual rutin para pemilik situs.

Sementara SEO off Page ialah serangkaian optimasi yang dilakukan di luar website. Metode ini berfokus pada penanaman backlink atau tautan dari situs orang lain ke situs Anda. Misalnya, melalui jejaring sosial atau meninggalkan link ketika berkomentar di blog sejenis. Fungsi backlink sendiri, yakni meningkatkan popularitas website. Tapi, tidak boleh sembarangan, sebab menyisipkan backlink berkualitas rendah dan secara berlebihan justru bisa mengakibatkan peringkat website menurun. Teknik tersebut juga bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung perkembangan search engine.

Artikel penting Anda baca: SEO Marketplace

Sebelumnya, telah disampaikan bahwa terdapat dua teknik optimasi SEO, yaitu on page dan off page. Tapi, poin-poinnya belum diberikan. Nah, di bawah ini ada 12 bagian situs yang perlu dimaksimalkan guna menaikkan peringkatnya di mesin pencari Google:

Page Title (Judul Website)

Judul halaman sebaiknya mengacu pada judul situs atau setiap laman di dalamnya. Ia harus bisa menggambarkan niche atau apa saja yang ada di website secara keseluruhan. Akan lebih bagus apabila diberi kata kunci yang sudah ditargetkan sebelumnya.

Sitemap (Peta Situs)

Peta situs berguna untuk membantu robot mesin pencari dalam meng-crawl serta mengindeks seluruh isi website Anda. Bentuk sederhana dari sitemap sendiri adalah file XML yang berisi daftar url situs, link postingan dan meta datanya. Dengan menyisipkannya, akan memberi presentase lebih bagi search engine untuk menemukan halaman konten di situs Anda secara cepat.

Struktur URL

Link atau url merupakan kode penting bagi mesin pencari. Dengan struktur yang mudah dipahami, laman artikel website Anda berpeluang besar untuk lebih cepat terindeks oleh Google bot hingga akhirnya muncul di SERP (Search Engine Result Page) atau hasil pencarian. Selain itu, upayakan menyusun url yang singkat dan padat serta memuat kata kunci yang dibidik.

Keyword (Kata Kunci Website)

Sama seperti url, kata kunci juga menjadi bagian yang penting dalam setiap konten tunggal pada blog Anda. Ia akan membantu pengguna internet untuk memperoleh informasi yang mereka cari. Oleh karenanya, usahakan untuk selalu meriset keyword yang ingin disisipkan pada laman konten atau jika hendak menentukan niche website baru.

Konten (Isi Post Website)

Sebagai orang yang “menjual” konten, Anda harus senantiasa menghasilkan produk dengan kualitas bagus. Selain mengandalkan itu, melakukan pembaharuan artikel pun sangat penting untuk meningkatkan ranking website di SERP. Konten yang masih fresh dan selalu diperbarui akan menunjukkan bahwa situs Anda tetap sesuai dengan jamannya.

Layanan: Jasa penulis artikel seo

Maka dari itu, ciptakanlah konten yang bermutu dan update bila informasi di dalamnya telah usang. Jadwalkan pula kapan harus memosting artikel tersebut, misalnya dua hari sekali atau satu kali seminggu.

Header Tag

Untuk membuat list pada artikel, gunakan atribut tag header, seperti H1, H2, H3 dan seterusnya. Ini akan menginformasikan mesin pencari mengenai beberapa daftar yang harus di-crawling lebih dalam untuk menempatkan kueri yang paling relevan.

Meta Deskripsi

Di samping keyword, cara paling tepat untuk memberi informasi pada search engine mengenai gambaran blog secara keseluruhan adalah membuat meta deskripsi. Anda bisa menerapkan tiga meta data, antara lain pada judul, deskripsi dan keyword dalam tag.

ALT Tag

Apabila website Anda mempunyai galeri atau memuat banyak foto dan video, silakan memakai ALT tag guna menampilkan informasi alternatif berupa teks tentang konten yang ada. Kode tersebut akan membantu search engine untuk mencari laman situs Anda secara maksimal.

Ukuran Gambar

Disarankan untuk mengupload gambar dengan ukuran sedang atau sesuai dengan kebutuhan. Selain mempercepat loading page, cara ini dapat mendukung optimasi halaman mobile friendly.

Quality Design

Saat ini, banyak pengunjung website yang menggunakan perangkat mobile. Itu membuat beberapa tahun belakangan, mode mobile friendly menjadi trend. Apalagi, mesin pencari memberikan perhatian lebih pada blog-blog yang kompatibel terhadap smartphone atau ponsel. Oleh karena itu, usahakan untuk menggunakan template dengan desain responsive dan ramah pengguna.

User Experience

UX (User Experience) atau disebut juga dengan pengalaman pengguna tidak boleh ketinggalan untuk dioptimalkan. UX sendiri mencakup seberapa lama visitor website betah berada di laman konten Anda. Jadi, buatlah situs yang disukai pengunjung, baik dari segi tampilan maupun kemudahan dalam mengakses artikel-artikel di dalamnya.

Backlink

Sebagaimana yang telah disebutkan, dalam mengoptimasi SEO off Page, Anda disarankan untuk memilih backlink yang berkualitas. Pastikan link yang ditanam relevan dengan isi konten supaya tidak memperburuk website dan terkesan spamming. Tujuan dari teknik ini sendiri adalah untuk mengintegrasikan antar halaman satu dengan halaman lainnya.

Jasa Meningkatkan Posisi (Optimasi) Situs ke Page One Google

Langkah-langkah di atas bisa diterapkan untuk mengetahui teknik terbaik demi memperoleh peringkat paling tinggi di mesin pencari. Namun, jika Anda belum menguasai SEO atau tidak mau bersusah payah melakukannya, dapat meminta bantuan pada jasa optimasi website dari pakar seo sebagai solusi tepat agar website tampil di halaman pertama google yang saat ini telah menjamur. Anda tinggal membayar sesuai tarif yang disepakati dan mereka akan mengutak-atik situs agar SEO friendly.

Tapi, tidak semua penyedia jasa memberikan pelayanan sesuai yang Anda inginkan. Oleh karena itu, tentukan pilihan dengan cermat, tanpa mengabaikan beberapa faktor, seperti reputasi, kredibilitas, portofolio, testimoni, harga dan sebagainya supaya memperoleh yang berkualitas serta benar-benar bisa mengantarkan halaman website Anda di urutan ke-1 Google.

Artikel pendukung lainnya: Manfaat menggunakan jasa seo website

Sebenarnya, terdapat berbagai traffic source yang bisa diandalkan untuk memperoleh pengunjung. Tapi, SEO masih mendapat bagian yang cukup besar. Sebab, dari segi kualitas trafik lebih bagus dibanding sumber yang lain. Jadi, jangan menunda-nunda waktu untuk mempraktikkan strategi di atas sebelum didahului oleh kompetitor.