Tips Optimasi Iklan Video

Tips Optimasi Video Iklan Untuk Menarik Minat Konsumen

Persaingan bisnis yang semakin ketat, membuat kita harus selalu berpikir kreatif bagaimana cara menarik perhatian calon konsumen. Promosi menjadi salah satu cara bagi kita untuk mendapatkan perhatian calon konsumen agar mau membeli produk yang ditawarkan. Banyak media atau cara yang bisa kita lakukan untuk mempromosikan produk, termasuk dengan menggunakan video. Video yang dimanfaatkan untuk urusan promosi ini sering disebut sebagai video marketing.

Untuk mengubah calon konsumen menjadi pelanggan, Anda membutuhkan media promosi yang tepat dan menarik. Sekarang ini, video marketing menjadi cara promosi yang paling populer. Tampilan video ini harus komunikatif, menarik dan informatif agar mendapatkan perhatian dari calon konsumen. Lantas, apa saja keuntungan yang akan didapatkan dari penggunaan video marketing? Dan bagaimana cara membuat iklan efektif melalui video?

Manfaat Video Marketing sebagai Media Promosi Bisnis Online

Dengan mengetahui manfaat yang akan didapatkan, kita akan lebih serius dan mempersiapkan video dengan sebaik mungkin agar memberikan keuntungan bagi bisnis yang sedang dijalankan. Berikut ini beberapa manfaat dari video marketing:

Video Marketing Bisnis Online

1. Memperkenalkan produk dengan lebih menyenangkan

Video yang berisikan konten menghibur tentunya akan membuat calon konsumen merasa senang melihatnya. Terlebih dengan adanya media sosial, seperti twitter, youtube, hingga instagram membuat kita bisa menggunakannya untuk berbagi video marketing. Banyaknya pengguna media sosial meningkatkan peluang kita untuk mendapatkan banyak pelanggan baru. Cara ini cocok untuk memperkenalkan produk dengan lebih menyenangkan.

2. Calon konsumen menjadi lebih yakin dengan produk yang ditawarkan

Kesungguhan kita dalam berbisnis dan memberikan produk yang berkualitas dapat terlihat dari video marketing yang dibuat. Mengingat, bisnis online rawan akan menipuan sehingga membuat banyak calon konsumen harus berpikir ulang untuk membeli produk secara online. Dengan menampilkan video marketing yang berkualitas, calon konsumen menjadi lebih yakin dengan bisnis kita.

Baca juga: Strategi Pemasaran Efektif dengan Budget Terbatas

3. Jangkauan pasar lebih luas

Memiliki akun di marketplace atau media sosial rasanya belum cukup untuk menjaring banyak calon konsumen. Anda bisa memanfaatkan channel YouTube yang juga diminati oleh banyak orang. Video marketing yang telah Anda siapkan, bisa di uploadi di channel YouTube sehingga kesempatan mendapatkan pelanggan akan lebih besar.

4. Membuat website makin SEO friendly

Penggunaan saluran YouTube sebagai media promosi menjadi cara yang tepat untuk memaksimalkan SEO website. Video marketing yang berkualitas dan berada di YouTube membuat website Anda berpeluang untuk menempati halaman pertama mesin pencari. Bukankah ini lebih menguntungkan?

Menarik bukan? Video marketing memang menjadi cara yang ampuh untuk mempromosikan suatu produk. Untuk bisa membuat video marketing yang menarik, dibutuhkan software sebagai fitur yang lengkap. Penggunaan software juga harus disesuaikan dengan kebutuhan agar tepat sasaran.

Tools Membuat Video Marketing

Software Pembuat Video Marketing untuk Promosi Bisnis

Pembuatan video marketing akan terasa lebih mudah jika Anda bisa memilih software yang tepat. Berikut ini ada beberapa pilihan software membuat video marketing bisa bisa Anda pilih:

1. VSDC (Windows, Dekstop)

Software video editing yang satu ini bisa Anda gunakan secara gratis. Meskipun gratis, Anda masih bisa menggunakan berbagai fitur dasar untuk bisa membuat video marketing. Fitur yang diberikan cukup lengkap, mulai dari video effect hingga slideshow creator. Format video yang tersedia mulai dari MP4, Flash Video, AVI, MPEG, hingga QuickTime.

2. YouTube Editor (Online)

YouTube ternyata bukan hanya berguna sebagai media sosial saja, tapi juga software untuk editing, memotong, menggabungkan dan memberikan musik latar. Karena sebagai software online, Anda hanya bisa menggunakannya ketika terhubung dengan koneksi internet yang cepat. Penggunaan video asli yang berkualitas akan membuat hasil editing juga akan menarik.

3. WeVideo (Online, Mobile)

Software yang satu ini bisa digunakan di PC ataupun di smartphone. Dengan software ini, Anda bisa menghasilkan video beresolusi maksimal 720 pixel dan bisa ditambahkan watermark untuk menjaga hak cipta Anda. Jika Anda ingin membuat video yang sederhana, software ini cukup bersahabat dan memadai.

4. Video Maker Pro (Mobile)

Software ini sering digunakan melalui smartphone untuk menghasilkan video marketing yang simple. Meskipun demikian, video yang dihasilkan pun mendekati editan seorang profesional jika Anda dapat memanfaatkan semua fitur yang ada. Fitur yang tersedia pun cukup lengkap dan dapat diaplikasikan dengan mudah. Hanya saja, Anda harus mempersiapkan smartphone dengan prosesor minimal Quad Core dan RAM 1 GB.

Menggunakan bantuan software dalam pembuatan video marketing rasanya belum cukup sebagai media iklan bisnis yang optimal. Anda harus mengetahui cara dan strategi dalam merancang iklan melalui video. Lantas, apa saja yang harus kita lakukan?

Cara Merancang Iklan Menggunakan Video secara Optimal

Meskipun video menjadi media yang paling ampuh untuk melakukan promosi bisnis, tapi hal tersebut bisa menjadi sebuah kegagalan jika kita tidak mempersiapkannya dengan baik. Perlu adanya persiapan bagaimana merancang iklan dengan baik melalui video. Seperti yang akan kita bahas berikut ini:

Cara Merancang Iklan Video

1. Lakukan riset terlebih dahulu

Untuk mengawali langkah ini, penting bagi Anda untuk melakukan riset terlebih dahulu. Sebelum kita, tentunya sudah banyak pelaku bisnis yang menggunakan video sebagai media promosi. Anda dapat melihat video-video yang pernah dibuat oleh pelaku bisnis yang sudah sukses dan bisnis yang serupa. Anda bisa menjadikan video tersebut sebagai patokan atau inspirasi sebelum membuat video marketing.

2. Tentukan jenis konten video

Sebelum membuat video, tentunya Anda harus tahu jenis konten video seperti apa yang akan dibuat. Terdapat beberapa pilihan yang bisa dipilih, yakni tutorial, wawancara, monolog, video explainer hingga video lucu. Setiap jenis konten tersebut memiliki karakteristik masing-masing sehingga Anda harus menysuaikannya dengan tujuan pembuatan video dan produk yang akan ditawarkan.

3. Tunjukkan nilai dan pesan dari video

Membuat video marketing tidak harus berkaitan dengan jualan. Anda bisa membuat calon konsumen lebih berkesan dengan konten yang mengandung nilai dan pesan bermanfaat bagi mereka. Anda bisa membuat video marketing yang diselipi humor, informasi penting, tutorial dan lain sebagainya. Barulah Anda bisa mempromosikan produk pada akhir atau sesekali saja di sela-sela video.

4. Manfaatkan 15-30 detik untuk menarik simpati calon konsumen

Pada awal pembukaan video bisa dikatakan sebagai momen terpenting bagi kita untuk mendapatkan simpati dari calon konsumen. Untuk itu, jangan langsung memperkenalkan produk. Anda bisa membuat konten yang menarik perhatian, seperti mengungkapkan fakta akan sesuatu, tips atau lainnya. Jika calon konsumen merasa tertarik dan penasaran apda waktu ini, maka mereka akan terus menonton video marketing tersebut.

5. Gambar dan tulisan harus jelas

Pembuatan video marketing pastinya membutuhkan unsur berupa gambar dan tulisan. Anda harus memastikan bahwa setiap unsur yang ada itu berkualitas dan jelas ketika dilihat. Jika itu tulisan, pastikan bahwa tulisan dapat dibaca dengan jelas. Sedangkan untuk gambar, Anda harus memilih gambar dengan resolusi yang besar agar tidak pecah dan membuat video lebih berkualitas.

6. Komposisi gambar dan tulisan harus proporsional

Untuk membuat video yang berkualitas, Anda harus memastikan bahwa unsur gambar dan tulisan telah mendapatkan proporsi yang tepat. Artinya, penggunaan gambar dan tulisan seimbang, sesuai dengan kebutuhan. Video yang hanya berisikan tulisan saja pastinya sangat membosankan sehingga Anda bisa menyeimbangkan proposinya dengan memberikan gambar atau video.

7. Tentukan tempat pemasaran video dan lakukan optimasi

Setelah video selesai Anda buat, saatnya menentukan tempat pemasaran video yang tepat agar memberikan hasil yang optimal. Banyak media sosial yang bisa Anda gunakan, bukan hanya YouTube, tapi twitter, facebook hingga instagram. Akan lebih baik jika Anda menggunakan semua platform pendukung agar SEO website semakin maksimal.

8. Pilihlah waktu upload yang tepat

Sebelumnya, Anda pasti sudah mengamati bagaimana perilaku sasaran atau follower Anda di media sosial sehingga mengetahui waktu yang tepat untuk upload video. Video yang berkualitas tapi tidak mempertimbangkan waktu upload, maka fungsinya tidak akan optimal. Itulah mengapa Anda harus menyesuaikan antara waktu upload dengan waktu dimana banyak follower yang sedang online.

Pembuatan video marketing yang berkualitas menjadi cara promosi yang efektif untuk perkembangan bisnis. Anda harus melakukan perencanaan yang matang sebelum membuat video marketing. Semoga cara merancang iklan agar optimal menggunakan video bisa mengantarkan bisnis Anda menjadi lebih berkembang dan maju.

Lihat juga: Cara promosi lewat WhatsApp

Cara Promosi Video Marketing untuk Promosi Bisnis

Setelah semua video marketing siap, langkah berikutnya adalah melakukan promosi lewat 3 media utama yang memiliki pengguna paling banyak dan cocok untuk semua bisnis Anda. Ketiga media tersebut adalah Youtube, Facebook dan Instagram.

1. Promosi Lewat Media Youtube

Tidak dapat dipungkiri bahwa Youtube saat ini memang sedang digandrungi oleh segala usia. Karena semua konten dapat mudah ditemukan di Youtube bahkan acara siaran Televisi yang telah lewat. Karena pengguna Youtube sudah terbiasa menggunakan Youtube, maka Anda tidak perlu banyak melakukan edukasi terkait teknis penggunaan Youtube, namun cukup berfokus menampilkan konten video yang membuat mereka tertarik untuk memainkan video yang Anda sajikan.

Namun tidak semua video Youtube dapat menjangkau calon pemirsa yang Anda targetkan, maka kita perlu melakukan beberapa optimasi untuk memaksimalkan video mudah ditemukan baik dengan mengatur judul, mengatur kategori dan beberapa optimasi pada bagian tag Youtube. Berikut panduan lengkapnya dari upload video sampai langkah optimasi.

2. Merubah Thumbnail Youtube

Berdasarkan beberapa riset yang telah lalu, video yang menggunakan Thumbnail memiliki jumlah klik atau pemutaran video jauh lebih besar dengan tanpa menggunakan Thumbnail. Memiliki Thumbnail yang lebih berwarna membuat orang penasaran dan ingin tau lebih jauh isi dari konten video yang ada dihadapan mereka. Bagi Anda yang sudah terlanjur melakukan upload video namum  ingin melakukan perubahan pada Thumbnail, maka silahkan install aplikasi Youtube Studio untuk Android melalui playstore.

thumbnail iklan video yiutube

Untuk Thumbnail sendiri bisa dibuat menggunakan software desain yang paling Anda suka dan paling mudah semisal powert point ini juga termasuk salah satu software Windows untuk membuat desain cover yang paling mudah dan cepat.

aplikasi pengganti thumbnail youtube

3. Merubah Judul , Deskripsi dan Tag Video

Dalam memilih judul harus mengandung kata kunci yang sering diketikan oleh orang lain saat mencari produk atau informasi yang mereka butuhkan, bukan berdasarkan apa yang Anda pikirkan sebagai pembuat video. Kabar baiknya kita dapat melakukan riset kata kunci menggunakan extensi chrome bernama “TubeBuddy”. Silahkan tulis kata kunci yang ada pada bagian Related Searches dan jadikan judul pada video Anda saat melakukan proses upload ke Youtube.

mencari kata kunci youtube

Setelah menentukan judul berdasarkan kata kunci, Anda juga harus membuat deskripsi yang lengkap seperti penjelasan singkat tentang video dan sosial media yang Anda miliki saat ini. Dengan meletakan sosial media tersebut membuat orang-orang yang pernah membuat video Anda menjadi pengikut dari salah satu sosial media yang Anda miliki tentu saja hal ini sangat menghemat biaya promosi karena kita hanya promosi melalui salah satu chanel yang kita miliki dengan target orang-orang yang telah tertarik dengan informasi atau produk yang akan kita pasarkan.

deskripsi video dengan sosial media

 

Untuk Youtube sendiri jangan lupa untuk mengajak agar orang-orang yang memutar video melakukan subscriber terlebih dahulu agar meningkatkan popularitas dan pengikut dari chanel yang Anda miliki.

merubah deskripsi dan judul video

Gunakan alat bantu untuk menemukan judul yang tepat berdasarkan kata kunci pencarian dan tag yang dapat kita lihat dari video kompetitor. Caranya silahkan install extentions pada Google Chrome bermana “TubeBuddy” dan login menggunakan akun email Anda agar TubeBuddy menjadi aktif pada browser di komputer Anda. Kemudian ketikan kata kunci yang ingin Anda incar lewat pencarian Youtube, lalu lihat pada menu sebelah kanan TubeBuddy untuk melihat tag yang digunakan oleh kompetitor bisnis Anda.

mengambil tag untuk optimasi youtube

 

4. Membayar Iklan Google Adwords

Cara cepat untuk membuat video menjadi viral atau banyak dikenal oleh target market pasar sesuai bisnis yang Anda tekuni saat ini adalah dengan beriklan. Dengan cara ini selain mempercepat jumlah pengujung yang menonton video iklan Anda dapat juga mempercepat menambah pengikut atau subscriber chanel Youtube Anda. Budget iklan Google Adwords bisa 30.000 rupiah sehari dan kelipatnya sesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Perlu perhatikan dahulu durasi video usahakan dibawah 5 menit untuk video iklan seperti salah satu video iklan di bawah ini.

iklan youtube

 

5. Promosi Lewat Fanspage Media Facebook

Jika ingin melakukan promosi pada media Facebook untuk bisnis Anda, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada bagian konten video. Buatlah sebuah video yang mampu membuat pengguna Facebook ketika melakukan scrolling merasa tertarik pada saat pertama kali melihat iklan video Anda. Bisa dengan menambahkan beberapa item seperti background pada video, subtitle text, suara atau musik yang membuat pengguna merespon dan beberapa tampilan sosial prof seperti kisah nyata atau kumpulan testimonial terkait benefit yang didapatkan oleh pengguna.

Iklan fb Ads Video

Gambar di atas adalah salah satu penerapan dari iklan yang dapat menarik perhatian pengguna. Selain memiliki warna yang cukup mencolok juga terdapat text subtitle yang menjelaskan isi video semisal suara lagi tidak aktif dan terdapat model asli berupa testimonial dari orang yang telah merasakan manfaat produk. Perlu juga menjadi perhatian bahwa video iklan di media Facebook ini memerlukan video dengan ukuran 1080×1080 untuk hasil yang maksimal tampil pada layar desktop dan Facebook mobile.

6. Promosi Lewat Media Instagram

Instagram saat ini menjadi salah satu sosial media yang sangat digandrungi oleh para remaja yang suka selfie dan berbagi keseharian mereka melalui sebuah video durasi pendek. Bagi sebuah bisnis yang ingin menjangkau para remaja ini, haruslah membuat gambar yang menarik atau video singkat yang mampu menjelaskan produk atau jasa yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan. Tidak melulu konten jualan, perusahaan juga bisa membuat video lomba yang dapat meningkatkan kesadaran pengguna instagram tentang kehadirkan perusahaan yang sedang melakukan promosi.

Baca juga: Waktu Paling Efektif Posting Gambar di Instagram

Strategi lainnya bagi yang memiliki cukup dana dapat membayar artis Instagram untuk membuat video review terkait produk yang sedang dipasarkan. Cara ini dirasa cukup ampuh untuk menjangkau para pengikut artis atau aktor instagram yang dimana mereka cenderung memiliki emosi untuk membeli produk atau barang yang digunakan oleh artis Instagram yang mereka kagumi.

Endros artis Instagram

Bagi yang tidak banyak dana maka dapat melakukan update konten secara rutin menggunakan video marketing dengan dibumbui oprimasi pada hastag dan teman tertarget sesuai dengan pangsa pasar yang sedang ingin dibidik.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − eight =