Google Search Console: Panduan Lengkap Cara Menggunakannya

Panduan Lengkap Google Search Console

Google Search Console merupakan salah satu “senjata” yang wajib dikuasai oleh anda yang terjun di dalam dunia website atau blog. Platform canggih dari Google ini benar benar menyelesaikan segala permasalahan yang dialami oleh para developer saat mereka melakukan optimasi SEO dan trobleshooting pada website yang mereka miliki. Percaya atau tidak, penggunaan Google Search Console yang tepat akan berdampak besar bagi kualitas website atau blog anda di mata Google.

Perlu anda tahu, dulunya Google Search Console ini diperkenalkan dengan istilah Google Web Master. Ada banyak sekali fitur fitur canggih yang bisa anda temukan pada platform Google satu ini. Sudah tentu fitur-fitur tersebut akan mempermudah pekerjaan anda dalam melakukan perawatan terhadap blog atau website yang anda miliki. Terlebih lagi, platform satu ini juga sangat kompatibel bagi anda yang hendak melakukan optimasi SEO.

Apa Itu Google Search Console?

Google Search Console adalah sebuah platform gratisan yang dibuat oleh Google bagi para developer dan pemilik web. Platform satu ini memungkinkan anda untuk melakukan monitoring terhadap performa web anda dari sudut pandang Google atau istilahnya organik Google. Dengan Google Search Console, anda akan bisa menganalisa web anda secara detail dan menyeluruh. Tapi sayangnya platform satu ini sangat jarang digunakan terutama oleh mereka yang masih pemula.

Apa Manfaat Dari Menggunakan Google Search Console?

Ada banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan jika anda menerapkan penggunaan platform Google satu ini untuk web anda. Tapi secara umum, manfaat ini berfungsi untuk melakukan perawatan dan optimasi terhadap situs web atau blog yang anda miliki. Untuk lebih jelasnya, silakan lanjut ke poin poin di bawah ini :

Mencari Kata Kunci Terpopuler Yang Merujuk Ke Situs Anda

Manfaat pertama yang akan anda dapatkan dari penggunaan Google Search Console ini adalah bisa menemukan kata kunci yang digunakan oleh para pengunjung untuk menemukan situs web yang anda miliki. Jadi nantinya anda bisa melakukan optimasi website anda dengan kata kunci tersebut.

Melihat Halaman Terpopuler di Web Anda

Anda bisa melihat dengan jelas halaman atau postingan mana yang paling banyak dikunjungi oleh para pengunjung dan berapa lama mereka berada di halaman tersebut. Disini anda akan bisa menganalisa impresi yang dimiliki oleh masing masing halaman di situs anda.

Mengetahui Sumber Pengunjung Website Anda

Anda juga bisa melakukan klasifikasi asal pengunjung yang datang ke situs web anda. Dengan fitur ini anda akan bisa melihat seberapa jauh jangkauan situs yang anda miliki terhadap pengunjung organik yang datang.

Mengidentifikasi Perangkat Yang Digunakan Pengunjung

Manfaat lain yang bisa anda dapatkan dari penggunaan Google Search Console ini adalah bisa mengidentifikasi perangkat apa saja yang digunakan para pengunjung untuk mengakses situs web anda. Hal ini akan membantu anda untuk memutuskan optimasi perangkat apa yang akan anda lakukan kedepannya.

Mengecek Renposivitas Situs Anda Dari Perangkat Mobile

Dewasa ini mayoritas pengguna internet menggunakan mobile smartphone untuk mengakses dunia maya, dengan Google Search Console, anda bisa melakukan analisa terhadap kompatibilitas situs anda terhadap perangkat mobile.

Mencari Backlink Yang Menuju Ke Situs Anda

Manfaat lain yang bisa anda dapatkan dari Google Search Console ini adalah bisa menganalisa semua backlink yang menuju ke situs yang anda miliki. Disini anda bisa melakukan kualifikasi terhadap backlink yang berkualitas dan mana yang tidak.

Melakukan Pengecekan Broken Link DI Web Anda

Tidak hanya itu saja, anda juga bisa menemukan broken link yang ada di situs dengan mudah. Ada fitur khusus dalam Google Search Console yang bisa melakukan hal ini. Jadi anda bisa memperbaiki broken link tersebut dengan segera agar pengunjung tidak menuju pada halaman yang tidak valid.

Mengecek Keamanan Situs Anda

Selanjutnya anda juga bisa mengecek kondisi keamanan situs web anda dengan menggunakan platform Google satu ini. Hal ini akan melindungi situs anda dari malware yang akan berbahaya terhadap para pengunjung situs anda.

Memudahkan Google Crawling Dengan Sitemaps

Terakhir pastikan anda tahu kalau Google Search Console juga menyediakan fitur sitemap yang memungkinkan google meng-crawling situs anda dengan cepat. Jadi semua posting yang anda lakukan akan dengan mudah masuk ke Google Serp dengan menggunakan fitur XML Sitemap ini.

Baca juga, Metode Dasar Meningkatkan Kekuatan SEO Pada Website

Bagaimana Cara Untuk mendaftarkan Situs Ke Google Search Console?

Sebagai salah satu fitur gratisan dari Google, sudah bisa dipastikan kalau syarat utama yang harus anda penuhi untuk memanfaatkan fitur Google Search Console  ini adalah memiliki akaun Google. Untuk menambahkan  situs anda ke dalam platform Google Search Console, anda hanya perlu melakukan beberapa langkah mudah di bawah ini.

1. Login ke dalam Akun Google anda

sign in

2. Buka platform webmaster tools. Setelah masuk, klik menu “add property”

Halaman Muka Login Email

3. Pilih menu “Website”. Setelah muncul kolom formulir, isikan kolom ini dengan URL Situs yang anda miliki. Klik Ok dan kemudian akan muncul opsi verifikasi

Pilih Jenis Properti

Verifikasi kepemilikan situs di platform Google Search Console ini bisa anda lakukan dalam beberapa metode. Tentunya anda bisa memilih metode yang paling mudah menurut anda. Pertama anda bisa melakukan verifikasi dengam metode HTML Upload, domain provider, HTML Tag, atau dengan menggunakan Google Analytics Tracking Code.

Bagaimana Cara Menggunakan Google Search Console?

Menggunakan Google Search Console terkadang bisa membuat anda bingung jika anda memang belum berpengalaman dalam menggunakannya. Pasalnya ada banyak sekali fitur di dalam platform Google satu ini. Agar anda tidak kesulitan, berikut ini beberapa panduan dasar yang bisa anda ikuti untuk menggunakannya.

Cara Menentukan Negara Yang Jadi Target Situs Anda

Cara Menggunakan Fitur Fetch As Google

Hal yang paling fundamental saat anda menggunakan platform Google satu ini adalah menetukan target negara. Tentunya hal ini bisa anda sesuaikan dengan bahasa yang anda gunakan di dalam situs.

  1. Pilih menu “Search Traffic”
  2. Kemudian klik sub menu “International Targeting”
  3. Pilih menu “Country”
  4. Pilih negara yang menjadi target anda

Menentukan negara target akan membantu Google untuk memaksimalkan performa website anda di negara yang anda targetkan.

Cara Menambahkan Sitemap (Peta Situs)

tambahkan sitemap

Tidak kalah penting, hal selanjutnya yang harus anda lakukan saat menggunakan Google Search Console ini adalah menambahkan peta situs. Caranya mudah, ikuti langkah langkah di bawah ini :

  1. Pertama buka Google XML Sitemap dan kemudian dapatkan link XML Sitemap situs anda. Bentuk Link-nya akan seperti ini “http://namasitusanda.com/sitemap_index.xml”
  2. Lalu masuk ke Google Search Console.
  3. Di menu dashboard, klik menu sitemap
  4. Paste bagian terakhir dari link yang anda dapatkan dari Google XML Sitemap di atas “sitemap_index.xml“ di kolom yang tersedia.
  5. Klik submit jika sudah selesai.

Mendaftarkan sitemap situs anda ke Google Search Console akan memudahkan Google untuk crawling situs yang anda miliki dan menempatkannya di Serp Google sehingga semua posting dan halaman di situs akan lebih cepat muncul di hasil pencarian.

Baca juga, Cara Submit URL Blog di Search Console Terbaru

Cara Menemukan dan Memperbaiki Masalah Halaman Error

Masalah Halaman Error

Fitur penting selanjutnya yang bisa anda dapatkan dari Google Search Console ini adalah menemukan halaman error yang ada pada situs anda. Cara melakukannya sangat mudah.

  1. Buka dashboard Google Search Console
  2. Klik menu “coverage”
  3. Klik menu “Index”

Menu ini akan memperlihatkan semua halaman yang error pada situs yang anda miliki. Setelahnya anda bisa memperbaiki halaman yang error tersebut dengan menghapusnya atau mengalihkannya ke halaman yang lain.

Cara melihat kata kunci potensial dan melakukan optimasi kata kunci

performa halaman

Setiap website memiliki pengunjung organik yang menggunakan kata kuncinya masing masing untuk menemukan web anda. Untuk menganalisa hal ini dan menemukan kata kunci terpopuler serta potensial, anda bisa mengandalkan Google Search Console ini.

  1. Buka dashboard Google Search Console
  2. Klik menu “Performance”
  3. Filter hasil pencarian dengan menggunakan menu average position, CTR, dan Impression

Dengan menggunakan ini anda akan bisa menganalisa kata kunci yang paling sering digunakan oleh para pengunjung di situs anda dan memaksimalkan optimasi situs anda dengan kata kunci tersebut. Untuk melakukan optimasi terhadap kata kunci, pastikan anda melakukan filtering terhadap kata kunci yang muncul. Pilih kata kunci dengan average position diatas 7. Caranya seperti ini :

  1. Buka dashboard Google Search Console
  2. Klik menu “Performance”
  3. Klik filter dan pilih “Position”
  4. Pilih kata kunci dengan average position 7 ke atas
  5. Klik “Done”

Setelahnya anda hanya tinggal melakukan optimasi dengan menggunakan kata kunci yang sudah anda riset tersebut.

Cara melakukan evaluasi terhadap konten

evaluasi terhadap konten

Tidak kalah penting, hal selanjutnya yang harus anda lakukan pada saat anda menggunakan platform Google Search Console ini adalah melakukan evaluasi terhadap konten di situs yang anda miliki. Ikuti cara di bawah ini :

  1. Buka dashboard Google Search Console
  2. Lalu Buka menu “Performance”
  3. Klik menu “Pages”
  4. Pilih halaman yang ingin anda lihat performanya
  5. Klik menu “Queries”
  6. Akan muncul hasil halaman yang anda perlukan

Menggunakan fitur evaluasi konten ini akan memudahkan anda untuk menganalisa impresi yang dimiliki oleh masing masing halaman yang ada di dalam situs anda.

Cara Menemukan Sumber Backlink

Sumber link

Hal selanjutnya yang bisa anda lakukan melalui Google Search Console adalah menemukan sumber backlink. Hal ini akan memudahkan anda untuk menganalisa kualitas backlink yang dimiliki oleh situs anda. Lakukan langkah di bawah ini.

  1. Buka dashboard Google Search Console
  2. Klik menu “Links”
  3. Klik Menu “Top Linking Sites”

Setelahnya akan muncul link yang merujuk ke situs anda. Disini anda bisa menganalisa link mana yang akan tetap anda pertahankan dan link mana yang akan anda hapus dari situs anda. Perlu anda tahu, backlink ini sangat penting untuk meningkatkan skor SEO dari situs anda. karenanya anda harus memilih backlink yang benar benar berkualitas.

Cara Meningkatkan Kualitas Internal Links

Kualitas Internal Links

Tidak hanya backlink saja, anda juga bisa memaksimalkan fungsi dari internal links pada saat anda menggunakan Google Seach Console. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Buka Dashboard Google Search Console
  2. Klik “Links”
  3. Klik Menu “Internal Link”

Dengan menggunaka fitur satu ini anda akan bisa melihat dengan mudah mana saja halaman yang memiliki link di dalam kontennya. Anda juga bisa memperbaiki link yang sudah error di dalam halaman tersebut.

Cara Optimasi Mobile Web

Mobile friendly test

Seperti sudah anda ketahui, saat ini mayoritas pengguna internet menggunakan mobile smartphone sebagai media untuk berselancar. Karenanya anda harus berusaha untuk mengoptimalkan situs yang anda miliki agar kompatibel saat diakses dengan menggunakan mobile. Tenang saja karena Google Console memiliki fitur satu ini. Ikuti caranya di bawah ini :

  1. Buka Dashboard Google Search Console
  2. Buka Menu “The Mobile Usability”
  3. Klik Menu “Error”
  4. Atau Anda dapat langsung mengujinya di halaman Mobile Friendly Test

Setelah anda memilih menu error ini, Google akan secara otomatis memperlihatkan apa saja yang tidak beres dari website anda jika diakses melalui platform mobile. Disini anda juga bisa melihat langkah apa saja yang harus anda lakukan. Akan tetapi kebanyakan masalah error ini disebabkan oleh kesalahan dalam coding atau plugin yang tidak diinstal dengan baik.

Cara Menggunakan Fitur “Fetch As Google”

Fetch as Google adalah salah satu fitur dar Google Search Console yang memungkinkan anda untuk mengetahui bagaimana proses Google melakukan crawling terhadap semua konten si situs yang anda miliki. Fitur satu ini juga memberikan informasi mengenai kompatibilitas Googlebot dengan situs yang anda miliki. Cara untuk melakukannya bisa anda ikuti di bawah ini.

  1. Buka Dashboard Google Search Console
  2. Pilih menu “Crawl”
  3. Pilih menu “Fetch As Google”

Untuk versi Google Search Console Terbaru anda bisa mengikuti langkah di bawah ini.

  1. Buka Dashboard Google Search Console
  2. Buka Menu “Index”
  3. Klik Menu “Coverage”
  4. Pilih URL yang hendak anda periksa

Untuk menilai hasil URL yang diperlihatkan oleh fitur satu ini, anda bisa melihat dari nilainya. Jika respon yang diberikan oleh fitur satu ini mencapai angka 200, anda tidak perlu risau. Tapi jika poin berada di bawah 200, mungkin ada yang harus anda lakukan untuk memperbaikinya.

Cara Menghapus URL Dari Hasil Pencarian Di Google Search Console

Cara-Menghapus-URL-Dari-Hasil-Pencarian-Di-Google-Search-Console

Ada kalanya anda menghapus postingan dari situs anda. Sayangnya jika postingan tersebut terlanjut masuk ke SERP Google, butuh waktu lama untuk menghilangkan link postingan tersebut di search engine sehingga menghasilkan error page pada situs anda. Anda bisa mengantisipasi hal ini di Google Search Console. Ikuti langkah di bawah ini :

  1. Buka dashboard Google Search Console
  2. Pilih menu “Google Index”
  3. Klik menu “Remove URLs”
  4. Klik menu “Temporarily Hide”
  5. Masukkan URL yang ingin anda hapus ke kolom yang tersedia.

Temporarily hide ini hanya akan menyembunyikan URL yang anda hapus selama 90 hari saja. Jadi anda harus melakukannya secara berkala. Untuk menghapusnya secara permanen, anda harus melakukannya di web pribadi anda. Hal ini akan menjaga skor SEO situs anda tetap bagus dan tidak jatuh.

Baca juga, SEO Jadi Solusi Pemasaran Online Paling Efektif dan Efisien

Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan terkait Google Search Console dan panduan lengkap untuk menggunakannya dengan baik. Pastikan anda memahami cara penggunaan Google Search Console ini dengan baik supaya anda bisa memaksimalkan performa web anda di mata Google.