Manfaat Tag SEO

SEO On Page: Fungsi Meta Tag Pada Website

Beberapa tahun silam, penggunaan meta tag dalam SEO on page website memberikan dampak signifikan pada sebuah peringkat website di halaman Google. Kenyataan sekarang, penggunaan tag cukup kontroversial mengenai fungsinya yang dipertanyakan penting tidaknya untuk optimasi SEO.

Penggunaan tag mana yang sudah usang? Tag mana yang masih penting dan tidak? Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan dibahas disini. Untuk memulainya, Anda perlu memahami peran setiap tag dan menganalisis dampaknya pada hasil penelurusan website Anda oleh penggunanya.

Apa Itu Tag Dalam SEO?

Tag lebih tepatnya sebagai kata perintah berupa kode di dalam dokumen HTML. Tag digunakan untuk mengklasifikasikan sebuah konten halaman di dalam sebuah website itu sendiri. Berikut penjelasan lengkapnya :

Pengertian MetaTag

Meta tag adalah kode atau elemen dalam pemrograman HTML/XHTML yang bertujuan sebagai pemberi informasi metadata dari sebuah halaman website. Meta tag ini biasanya diletakkan di bagian ‘head’ dalam HTML tersebut. Meta tag juga berfungsi untuk menyatakan deskripsi atau keterangan dari sebuah halaman website, baik itu menjelaskan sebuat kata kunci terkait ataupun metadata lain. Ada 3 jenis meta tag dengan fungsinya, yaitu meta title, meta description, dan keywords.

1. Meta Tittle (Tag Judul)

Tag judul digunakan di bagian <head> yang berfungsi memberi judul pada halaman web. Tag judul ini dapat diklik di halaman pencarian SERP oleh penggunanya untuk dapat masuk ke situs halaman yang dituju.

Tag judul biasanya ditempatkan sebelum meta deskripsi. Tag judul memberi tahu pengguna untuk menekankan deskripsi konten dari judul sebuah website. Tag judul juga memberikan pemahaman tentang jenis website tersebut.

Fungsi dan Manfaat Tag Judul

Tag judul dimaksudkan memberitahu pengguna mengenai gagasan yang jelas terhadap isi halaman tersebut sebelum pengguna mengklik situs halaman yang dimaksudkan. Meta title bisa diedit halaman HTML awal, fungsinya untuk menunjukkan judul website Anda. Contohnya Anda mempunyai website jasa tour dan travel, maka meta title yang dituliskan, “Jasa Tour dan Travel.” menuliskan tag judul ini biasanya tidak terlalu panjang, hanya maksimal 2 sampai 3 kata saja.

2. Meta description (Tag Meta Deskripsi)

Meta description atau meta desc berisi rangkuman halaman website Anda. Tag meta deskripsi bisa diartikan sebagai satu atau dua kalimat atau bahkan sampai berupa paragraf pendek yang memberikan ringkasan sebuah konten halaman kepada mesin pencarian Google atau mesin pencarian lainnya. Tag meta deskripsi ini biasanya ditempatkan pada elemen (heading) di dokumen HTML.

Fungsi dan Manfaat Tag Meta Deskripsi

Manfaat tag meta deskripsi ini memberikan gambaran cuplikan informasi konten halaman website Anda pada mesin pencarian Google. Sebelum membuka link artikel, pengguna akan melihat tag meta deskripsi tersebut untuk mengetahui sedikit gambaran tentang konten halaman website Anda.

3. Meta Keyword (Meta Tag Keyword)

Meta Keyword berisi informasi kata kunci atau keyword sebuah website. Contohnya, “Jasa Tour dan Travel, Rental Mobil, Jasa Transportasi,” biasanya meta tag keyword ini diisi dan dipisah oleh tanda koma, contohnya: <Meta Content=’Keyword Website Anda’ Name=’Keywords’/>.

Fungsi dan Manfaat Meta tag keyword

Fungsi meta tag ini terbilang unik, meskipun meta keywords ini dianggap tidak begitu pentig. Pasalnya, Google tidak lagi membutuhkan keywords untuk melakukan crawl website Anda. Namun untuk artikel SEO, meta keywords harus diisi terutama bagi website baru. Fungsi meta keywords ini untuk membantu Google mengidentifikasi website baru Anda.

Baca juga, Riwayat Pergantian Algoritma Google Terbaru

Apakah tag Masih Memiliki Power dalam SEO?

Apakah-Meta-Tag-Penting

Pertanyaan penting yang sering ditanyakan orang, Apakah meta tag ini masih memiliki power atau mempengaruhi SEO? Berikut pandangan Google.

Mengacu pada pernyataan Google yang mengeluarkan statement di tahun 2009 lalu, bahwa meta tag tidak mempunyai pengaruh untuk pemeringkatan sebuah websie. Misalnya ketika Anda menuliskan meta tag “Jual Jasa Artikel Paling Murah Di Bandung Dengan Kualitas Profesional,” meta tag tersebut tidak akan memberi pengaruh apa-apa terhadap SEO.

Pada dasarnya, tag tidak bisa dianggap sebagai cara untuk membantu SEO sebuah website. Karena tag dianggap tidak memiliki potensi untuk SEO. Contohnya begini, ketika Anda menggunakan tag kata kunci pada judul halaman konten Anda, belum tentu pengguna saat mengetik kata kunci tersebut akan melihat konten halaman Anda dihalaman teratas Google.

Bisa saja halaman Anda berada di posisi 6, 10 atau bahkan posisi halaman belakang. Dengan demikian, penggunaan tag tidak berpengaruh pada mesin pencarian Google untuk memunculkan konten Anda menjadi paling teratas.

Lalu kenapa masih perlunya memasang meta tag ini?

Jawabannya supaya mempermudah Google untuk mengindex website Anda. Google akan melakukan pencocokkan keyword pada halaman sebuah website dengan pencarian. Fungsinya tentu masih penting yaitu untuk menampilkan meta description website Anda pada hasil pencarian.

Di masa lalu, tag SEO terbukti berpengaruh pada pemeringkatan website. Namun sekarang, tag adalah salah satu aspek kontroversial untuk SEO. Sebagian ahli SEO masih menggunakan tag pada halamannya untuk beberapa tujuan, yaitu mengoptimasi website melalui tag yang dipakai.

Namun, mesin pencari Google sekarang semakin pintar membaca dan menafsirkan data, isian kata kunci eksplisit tidak akan meyakinkan Google lagi. Namun di sisi lain, judul halaman masih merupakan hal pertama yang akan dilihat oleh pencari di SERP.  Mesin pencari akan memutuskan apakah halaman tersebut akan menjawab maksud pencarian.

Mesin pencari sekarang lebih mengevaluasi konten halaman secara keseluruhan secara komprehensif maupun secara kontekstual. Terlepas dari itu, tag seperti tag judul maupun meta deskripsi juga masih penting terutama bagi pengguna untuk memberikan informasi mengenai judul dan deksripsi halaman website yang akan dibaca pengguna.

Baca juga, Cara Mendaftar Google Bisnis Untuk Lokal SEO

Bagaimana Cara Menggunakan Tag Dengan Benar?

Penempatan-Tag-SEO

Seperti kita ketahui, ada tiga jenis tag yang umumnya sering dipakai untuk halaman sebuah website yaitu tag judul, meta deskripsi dan keyword.

<Title>Title Website Anda</Title>

<Meta Content=’Description Website Anda’ Name=’Description’/>

<Meta Content=’Keyword Website Anda’ Name=’Keywords’/>

Cara menggunakan tag dengan benar

  • Beri judul unik pada setiap halaman yang dapat menjelaskan konten halaman secara ringkas, menarik dan akurat.
  • Sebaiknya menulis judul hingga 50-60 karakter saja supaya tidak terpotong di SERP.
  • Masukkan kata kunci penting secara alami, misal kata kunci yang mungkin pengunjung akan masukan pada mesin pencari sesuai topik halaman Anda.
  • Manfaatkan brand website Anda dalam judul.
  • Penggunaan meta deskripsi harus mencerminkan keunikan dan dengan jelas mewakili isi konten halaman website Anda.
  • Untuk tampil pada cuplikan Google, gunakan teks sekitar 150-160 karakter secara maksimum termasuk spasi.
  • Sertakan kata kunci Anda yang paling signifikan dan penting namun tidak berlebihan. .
  • Gunakan ajakan atau kata call to action pada judul. Contoh berupa penawaran atau petunjuk, seperti ‘belajar SEO,’’Beli Baju Grosir,’ dll.

Selain cara penggunaan tag yang disarankan, Anda juga sebaiknya menghindari hal – hal sebagai berikut :

  • Menggunakan satu judul untuk semua halaman di situs web Anda. Judul yang sangat panjang dan tidak bermanfaat bagi pengguna.
  • Kata kunci yang tidak relevan pada tag judul
  • Menulis tag meta deskripsi yang tidak berhubungan dengan konten halaman Anda.
  • Menggunakan deskripsi terlalu umum atau biasa, contoh: ‘ini adalah halaman jasa SEO.”
  • Menulis deskripsi yang isinya hanya kata kunci.
  • Mengcopy seluruh konten dokumen untuk dijadikan tag meta deskripsi.
  • Menggunakan satu tag meta deskripsi untuk semua atau sebagian besar halaman website Anda.
  • Menempatkan teks yang tidak membantu menentukan struktur halaman pada tags judul
  • Salah penempatan tag judul contohnya <em> dan <strong>.
  • Meggunakan ukuran tag judul yang tidak konsisten dan tidak beraturan.
  • Menggunakan tag judul secara berlebihan melebihi batas karakter atau jumlah karta minimum.
  • Menggunakan judul yang terlalu
  • Menggunakan tag judul tidak mendeksripsikan struktur namun hanya berdasar pada gaya visual teks saja.

Cotoh Website Besar yang menggunakan tag dalam Optimasi SEO

Penggunaan tag kata kunci populer sering digunakan oleh sejumlah website ternama seperti portal berita untuk membuat tag judul konten halaman dengan tag kata kunci populer. Ketika kata kunci populer diketikkan pengguna melalui hasil pencarian, maka akan muncul hasil pencarian yang langsung terhubung pada sejumlah situs besar yang memiliki konten dengan tag yang dimaksud. Contoh website besar yang menggunakan tag adalah tempo.co, liputan6.com, cnnindonesia.com, tirto.id, detik.com, suara.com, kompas.com dan lain sebaginya.

Penggunaan tag kata kunci yang mereka gunakan dirasa bermanfaat karena umumnya mereka adalah situs portal berita besar yang bisa menjaring traffic supaya berkunjung ke situs web mereka. Contoh penggunaan tag kata kunci dan tag judul konten halaman, misalnya, ketika pengguna mengetikkan kata PARIWISATA, maka akan muncul halaman https://www.detik.com/tag/pariwisata,atau https://www.tempo.co/tag/pariwisata. Dan sejumlah situs halaman lainnya yag menggunakan tag kata kunci yang sama.

Kesimpulan

Penggunaan tag memang penting untuk memberitahu deksripsi judul dan isi konten halaman bagi penggunanya.  Serta memberikan informasi pada mesin pencarian guna melakukan indexing terhadap meta judul dan meta deskripsi tersebut di mesin pencari. Namun, Google sendiri menyatakan bahwa penggunaan tag sendiri tidak mempunyai pengaruh penting untuk ranking SEO website.

Baca juga, Strategi Meningkatkan Organic Traffic Website

Terlepas dari hal itu, masih banyak website besar dan ternama menggunakan tag, baik itu tag kata kunci dan judul untuk menjaring traffic supaya datang berkunjung pada situs website mereka. Biasanya tag kata kunci yang dioptimasi adalah kata kunci yang sedang populer. Tidak semua tag kata kunci akan membuat situs web Anda muncul paling atas, karena hal tersebut bukan hal utama menjadi faktor ranking situs website Anda.

Untuk optimasi SEO website, Anda bisa saja menggunakan jasa SEO yang lebih efektif untuk ranking website Anda dihalaman Google. Jasa SEO Masterseo contohnya, dapat memberi solusi optimasi SEO website jauh lebih mudah dan efektif karena ditangani ahlinya. Dengan jasa SEO website ini, Anda tidak perlu khawatir mengenai ranking website Anda, karena Masterseo siap memperbaiki ranking atau posisi website Anda untuk berada di halaman teratas Google.

Manfaat posisi teratas ini, Anda bisa mendapatkan keuntungan brand awareness terhadap website dan bisnis Anda, serta traffic dan penjualan meningkat secara terus menerus tanpa harus mengeluarkan biaya iklan yang mahal seperti beriklan di Google Adwords.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 3 =