Facebook Pixel

Facebook Pixel, Cara Ampuh Untuk Menghemat Biaya Iklan Promosi

Iklan adalah salah satu strategi marketing yang wajib diterapkan oleh setiap pelaku bisnis. Jika Anda bergelut dalam industri e-commerce, selain beriklan melalui Google Ads, Anda harus mulai mencoba dan menerapkan mempromosikan produk atau bisnis melalui Facebook. Media sosial ini menawarkan fitur promosi yang tertarget, yang dioptimalkan melalui fitur Facebook Pixel yang kini sudah cukup populer.

Jika Anda mengetahui caranya, beriklan di Facebook dapat memberi Anda hasil yang maksimal. Namun sebaliknya, jika Anda kurang memahaminya, beriklan hanya akan menghabiskan anggaran saja, tanpa adanya penjualan yang berhasil Anda lakukan. Nah, melalui FB Pixel, Anda bisa beriklan tanpa perlu menghabiskan banyak anggaran, dan berikut ulasannya:

Apa Itu Facebook Pixel?

mengenal facebook pixel

Facebook Pixel adalah sebuah kode javascript. kode tersebut, nantinya bisa Anda letakkan pada halaman website yang Anda miliki. Tujuannya adalah untuk merekam data pengunjung yang datang pada website Anda. Fungsinya mirip seperti Google Anlyctics, Histats, dan beberapa tracker online lainnya.

FB Pixel jauh lebih baik dibandingkan tracker online yang lain. Pixel dapat digunakan untuk membuat website custom audience, atau membantu Anda agar dapat menargetkan ulang (retargeting) iklan di Facebook.

Baca juga, Cara Buat Iklan di Facebook Ads

Jika website Anda memiliki traffic ribuan per harinya, dan belum menggunakan fitur tersebut, maka Anda telah menyia-nyiakan setiap pengunjung yang datang. Mereka hanya datang dan pergi tanpa kita mendapatkan apa-apa dari traffic tersebut.

Dengan memasang Facebook Pixel pada website Anda, semua data pengunjung akan terekam secara jelas pada Pixel yang terpasang. Pixel seakan menjadi sebuah alat pelacak, nantinya kita bisa menggunakannya untuk retargeting iklan pada Facebook. Jadi, lebih jelasnya, Pixel ini bisa digunakan untuk:

  • Membangun pemirsa iklan dari produk yang Anda tawarkan
  • Membuka perangkat iklan tambahan dari Facebook
  • Memastikan iklan ditampilkan pada orang yang tepat

Kelebihan Menggunakan Facebook Pixel

Ada cukup banyak kelebihan FB Pixel yang bisa kita dapatkan. Berikut ulasan tentang keuntungan dan kelebihannya:

1. Menghemat Biaya Promosi

Seperti yang telah kami jelaskan di atas, jika kita tidak mengetahui cara beriklan di Facebook dengan benar, maka akan berimbas pada pengeluaran anggaran yang menggelembung. Itulah kenapa Anda harus mulai menerapkan dan memasang FB Pixel pada website yang Anda miliki. Dengan demikian, anggaran yang Anda keluarkan untuk beriklan akan bekerja secara maksimal.

2. Retargeting Pengunjung Website

Pixel berfungsi sebagai pelacak pada setiap pengunjung website Anda. Sehingga, Anda dapat menayangkan iklan yang relevan pada pengunjung yang telah menunjukkan ketertarikan pada produk maupun layanan Anda.

3. Menjangkau Orang yang Benar-Benar Tepat

Facebook Pixel akan memperluas jangkauan basis pelanggan potensial bagi bisnis Anda, yaitu dengan menemukan pelanggan-pelanggan baru melalui Facebook. Melalui fitur pelacakan ini, Anda bisa menjangkau orang-orang yang menyukai atau memiliki minat terhadap produk Anda, atau serupa dengan pelanggan terbaik Anda.

4. Melihat Traffic Website

Pixel memiliki dashboard yang befungsi untuk melihat semua traffic pada website. Anda pun bisa mempelajarinya untuk mendapatkan wawasan terhadap kecenderungan para pengunjung pada saat berinteraksi dengan website Anda.

5. Melacak Konversi

Pixel memungkinkan Anda untuk dapat memantau setiap tindakan pengunjung yang mengakses website Anda setelah mengkilik iklan pada Facebook Anda. Pixel juga akan mengukur tingkat konversi iklan pada Facebook dan melacaknya di berbagai perangkat sebelum akhirnya mereka berkonversi.

6. Mengoptimalkan Iklan Facebook

Setelah mendapatkan data melalui pelacakan Pixel, maka Anda pun bisa memperbaiki strategi iklan di Facebook. Sehingga, kualitas iklan Anda dapat dikonversi menjadi penjualan. Selain itu, Pixel akan memastikan iklan hanya akan ditampilkan pada user yang benar-benar akan melakukan tindakan yang menguntungkan bagi Anda, seperti melakukan pemesanan atau pembelian.

7. Mengukur Keuntungan dan Kerugian Iklan

Fitur FB Pixel memungkinkan Anda untuk dapat mengukur berapa besar profit dan loss dari iklan yang sedang berjalan. User dapat menghitung berapa cost/sales, ROAS sehingga Anda dapat mengetahui apakah harus menambah anggaran, mengurangi anggaran, atau mematikan iklan yang tidak optimal.

Cara Kerja FB Pixel yang Wajib Anda Tahu

cara kerja facebook pixel

Setelah seseorang mengunjungi website Anda, lalu melakukan tindakan, seperti membeli produk, maka Pixel akan melaporkan tindakan tersebut. Melalui pelacakan ini, Anda akan mengetahui bahwa telah terjadi pembelian pada website, lalu Pixel akan menjangkau kembali user tersebut melalui iklan Facebook pada waktu yang akan datang.

Sederhananya, Pixel memanfaatkan cookie HTTP lalu menginstruksikan browser untuk mengunduh gambar tidak terlihat dari server FB pada perangkat user yang digunakannya untuk mengakses situs Anda.

Melalui cara di atas, Facebook akan mudah melacak berapa kali gambar tidak terlihat tersebut diunduh, kapan waktunya, dan siapa yang mengunduhnya. Tidak hanya sampai di situ saja, bahkan sistem operasi, IP, hingga browser yang digunakan bisa dilacak sepenuhnya oleh Pixel. Dengan pelacakan yang sempurna ini, Facebook akan mendapatkan informasi secara detail dan lengkap dari pengguna.

Nah, ketika pengguna tersebut masuk kembali ke akun Facebook-nya, dengan menggunakan browser yang sama, maka Facebook akan memetakan gambar yang telah di-download pada akun Facebook-nya secara spesifik. Jadi, nantinya Pixel akan menayangkan iklan tertarget, atau disebut pengoptimalan konversi iklan.

Retargeting Audience dengan FB Pixel

Setelah Anda meletakkan FB Pixel pada halaman website, maka Anda tidak akan menyia-nyiakan setiap traffic yang masuk. Semua visitor, baik melalui jalan paid ads maupun organik, akan di-record lalu dikumpulkan menjadi audience khusus dalam Pixel. Disebut “khusus” karena mereka pernah berkunjung ke laman website atau landing page Anda. Artinya, mereka tertarik pada produk maupun layanan Anda, dibandingkan audience lainnya.

Audience khusus adalah mereka yang sudah mengenal produk maupun layanan Anda, karena setidaknya mereka pernah berkunjung dan membaca informasi pada laman website Anda. Nah, model audience seperti inilah yang memiliki kemungkinan melakukan transaksi.

Jadi, memiliki sebuah landing page atau website tanpa diletakkan FB Pixel, adalah hal yang sia-sia. Sama halnya Anda telah membuang harta karun yang sangat berharga. Dengan Pixel, Anda telah membuka peluang dengan memasukkan mereka ke dalam target iklan.

Baca juga, Facebook Ads: Targetkan Iklan Berdasarkan Market Bisnis Anda

Tanpa menggunakan FB Pixel, kita tidak akan pernah tahu siapa saja yang pernah mengunjungi laman website atau landing page. Hebatnya lagi, sistem retargeting dari Pixel memiliki beberapa manfaat lain sebagai berikut:

  • Kita dapat mengetahui kunjungan pada setiap laman website berdasarkan keywords atau permalinks.
  • Memiliki fungsi reminder visitor yang pernah berkunjung pada website, dengan cara mengetahui kunjungan dalam jangka waktu tertentu.
  • Fitur Pixel dapat membantu kita agar tidak salah beriklan, misalnya pada mereka yang sudah membeli produk Anda. Fitur ini bisa digunakan dengan memanfaatkan include & exclude audience.

Demikianlah Penjelasan tentang Facebook Pixel yang kini sudah populer digunakan sebagai fitur untuk mengoptimalkan iklan Facebook. Jika Anda sering bermasalah dalam anggaran iklan yang selalu menggelembung, atau iklan yang kurang maksimal, maka optimalkanlah dengan FB Pixel tersebut.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven − 1 =