Promosi Whatsapp

Strategi dan Cara Promosi di WhatsApp (WA)

Menggunakan WhatsApp sebagai media pemasaran produk kian dipakai oleh para pelaku bisnis. Whatsapp messanger ini diketahui menjadi salah satu aplikasi perpesanan yang mempunyai 1,2 miliar pengguna aktif di seluruh dunia. Hal inilah menjadikan peluang pemasaran bisnis begitu besar dan menjanjikan. Bagaimana cara promosi menggunakan Whatsapp secara efektif, kali ini akan dibahas strategi, trik dan tips bagaimana memanfaatkan peluang pemasaran yang baik pada Whatsapp.

Sebelum Anda mulai, Anda perlu mengetahui potensi Whatsapp ini bagi bisnis Anda. Karena Whatsapp tak hanya melulu tentang mengirim dan menerima pesan, Whatsapp bisa lebih dari itu. Apa saja keunggulan Whatsapp ini ;

Apa itu WhatsApp

WhatsApp adalah aplikasi chatting yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi file dan gambar, serta melakukan panggilan suara dan video call secara gratis. Whatsapp juga dapat dimanfaatkan sebagai alat yang ampuh untuk personal selling. Pahami cara kerjanya sebelum anda menggunakannya untuk promosi.

Di Indonesia sendiri pengguna WhatsApp telah mencapai 3,8 juta penggunanya. Aplikasi WhatsApp menjadi aplikasi mobile terpopuler dan wajib ada menurut penggunanya selain playstore atau facebook. Bahkan facebook mengakuisisi WhatsApp untuk dapat digunakan pada halaman facebook dengan menerapkan tombol chat bisnis.

Aplikasi messanger yang terkenal ini menghasilkan sekitar 50 miliar pesan di seluruh dunia. Bisa dibayangkan berapa target pasar yang bisa diarahkan untuk menghasilkan penjualan bagi seorang pelau bisnis.

Baca juga, Hemat Biaya Promosi dengan Optimasi SEO Website

Menggunakan WhatsApp Untuk Bisnis

Personal Selling

Menggunakan perpesanan WhatsApp untuk bisnis ini pada dasarnya bisa dilakukan seperti halnya Anda melakukan pesan WhatsApp biasa. Cara promosi menggunakan WhatsApp secara efektif dalam memasarkan produk secara online bisa dilakukan dengan cara:

1. Pesan langsung

Pesan 1 vs 1 ini adalah cara memasarkan produk bisnis Anda secara langsung dengan mengirimkan pesan promosi berupa pesan teks promosi, gambat maupun file bisnis yang telah disiapkan sebelumnya. Dengan cara berhadapan ini, Anda akan mengetahui respon si penerima pesan dengan cepat dibandingkan dengan membuat promosi melalui postingan di sosial media.

2. Pesan Broadcst

Pesan broadcast berarti Anda mengirimkam pesan siaran kepada siapapun yang ada di daftar WhatsApp pada ponsel Anda. Pesan broadcast ini sama seperti pesan langsung hanya saja pengirimannya lebih banyak dan lebih efektif. Pesan melalui broadcast ini biasanya lebih bersifat umum dengan menggaet target siapa saja yang tertarik. Namun dalam pengirimannya, dibatasi hanya sampai 256 kontak saja.

3. Pesan Group

Membuat grup atau masuk ke dalam sebuah grup yang bisa menjadi peluang memasarkan bisnis Anda adalah kesempatan emas. Pasalnya dalam grup ini terdiri dari anggota yang tentu saja akan melihat pesan promosi Anda secara masal. Tidak seperti pesan broadcast yang harus memuat data seluler lebih boros, pesan melalui chat grup lebih efektif karena 1 pesan Anda akan dilihat oleh anggota secara masal dan lebih menyita perhatian mereka.

Yang harus diperhatikan dalam melakukan pesan promosi melalui WhatsApp ini adalah memperhatikan timing dan target yang tepat. Kenali target konsumen yang Anda rasa tepat lalu follow up terus – menerus hingga mereka tertarik dengan bisnis/produk Anda.  Langkah yang efektif memasarkan bisnis melalui pesan WhatsApp ini adalah melakukannya secara berkala, dengan konsistensi waktu yang harus ditetapkan sebelumnya.

Mengapa Memilih WahtsApp Untuk Meningkatkan Penjualan

Seperti yang telah dijelaskan tadi, karena pengguna WhatsApp yang jumlahnya luar biasa, maka tentu berbisnis melalui WhatsApp adalah peluang yang sangat bagus yang tak boleh dilewatkan.

Menurut survey, sebesar 53 persen penggunanya memesan secara langsung produk yang ingin mereka beli melalui pesan WhatsApp ini.

Baca juga, Pasang Iklan Premium Di Google Banjir Orderan

WhatsApp ini memiliki keterlibatan luar biasa dalam pemasaran bisnis, sebesar 98 persen pesan diterima 3 detik dan dibaca oleh penerima. Bayangkan komunikasi bisnis yang cepat terjalin ini bisa menghasilkan keuntungan bisnis yang cepat pula.

Sama seperti halnya pada facebook, di WhatsApp ini Anda bisa membagikan konten bisnis Anda pada pesan status yang akan hangus dalam 24 jam. Sebuah keuntungan tersediri karena promosi bisa terus diupgrade dan diperbaharui setiap saat tanpa khawatir akan menjadi spam bagi pengguna pada kontak WhatsApp Anda.

Melalui WhatsApp ini, semakin banyak kontak WhatsApp yang Anda punya, maka semakin besar pula peluang meraih target pembeli. Para pengguna aktif di WhatsApp adalah target pasar Anda. Selain berpeluang mendapatkan target pembeli, kemungkinan mereka akan menjadi pelanggan Anda.

Keuntungan besar tersebut tentu tidak boleh disia – siakan apalagi jika Anda memiliki konten bisnis/produk yang bagus dan strategi marketing yang baik.

Strategi Promosi di WhatsApp

Marketing Whatsapp

 

Aplikasi WhatsApp ini memang tidak menyediakan ruang iklan untuk memasarkan produk bisnis. Namun hal ini menjadi keuntungan Anda untuk memasarkan produk bisnis Anda menggunakan teknik pendekatan personal dengan membangun branding produk Anda maupun meningkatkan penjualan dengan cepat.

1. Membangun Promosi Brand Produk Anda Pada Media Sosial

Anda bisa menggunakan sosial media seperti facebook dan instagram untuk mempromosikan brand produk Anda. Melalui media sosial ini, Anda dapat mengarahkan direct selling dengan menggunakan WhatsApp sebagai tahap pemesanan produk yang Anda jual.

Perlu diingat, bahwa fungsi promosi melalui media sosial ini ada 3 yaitu memperkenalkan produk atau layanan Anda pada pengguna medsos, mencari kontak database, dan tahap terakhir mencari calon pembeli yang dieksekusi melalui WhatsApp.

2. Menggunakan Nomor Akun Khusus Untuk Akun Bisnis

Untuk mendapatkan citra yang baik bagi brand produk Anda, buatlah akun nomor yang dikhususkan untuk bisnis. Memang tidak ada salahnya nomor akun pribadi Anda digunakan untuk memasarkan produk Anda, semua memiliki keuntungan dan kelebihan masing – masing. Namun dengan memisahkan antara akun bisnis dengan akun pribadi, Anda bisa lebih berfokus dalam mengembangkan bisnis Anda dengan gencar melakukan promosi secara leluasa tanpa terhalang urusan pribadi.

Pada saat melakukan promosi di media sosial, jangan lupa untuk mentautkan nomor akun bisnis Anda. Ada banyak cara atau tool untuk mentautkan link nomor WhatsApp Anda, salah satunya dengan bitly.com. Anda cukup mengetik situs tersebut pada pesan WA, lalu membuka link tersebut melalui pesan WA tersebut. Sebuah link nomor WhatsApp yang telah dikonversi akan muncul. Anda bisa mengcopy paste link tersebut dan menggunakannya untuk dicantumkan di link bio maupun di setiap postingan promosi Anda.

3. Buat Persona Brand Dan Gunakam Untuk Membangun Buzz

Buzz adalah suatu strategi untuk menciptakan kondisi agar produk atau layanan yang Anda pasarkan menjadi perbincangan banyak orang. Dengan sosial media sebagai wadah promosinya, dan WhatsApp untuk mengeksekusi target konsumen yang tertarik dengan produk atau layanan Anda.

Contoh nyata adalah melakukan paid promote di sejumlah akun selebgram atau selebritis ternama yang memiliki banyak follower, tentunya hasil ini akan menggaet banyak target konsumen. Keuntungan lainnya yang bisa didapat adalah target konsumen yang Anda terima akan menjadi salah satu daftar target baru pada kontak WA Anda. Hal ini bisa Anda gunakan untuk promosi selanjutnya secara gratis melalui WhatsApp supaya konsumen yang telah membeli produk atau jasa Anda sebelumnya dapat melakukan repeat order atau bahkan menjadi pelanggan tetap.

Baca juga, Pentingnya Memahami Pemasaran Online yang Efektif dan Efisien

Hal tersebut tidak gratis memang, namun buzz yang diciptakan dapat berhasil dengan baik tergantung seberapa besar Anda mencurahkan budget iklan untuk persona branding ini. Menciptakan buzz juga tidak melulu harus dengan beriklan, namun Anda bisa menciptakan buzz melalui pesan broadcast, pesan grup, atau pesan status pada WhatsApp. Tipsnya adalah membuat konten promosi yang unik dan mampu menarik perhatian target konsumen Anda.

Cara promosi menggunakan WhatsApp secara efektif diatas bisa Anda terapkan dengan mempraktekan langkah- langkah awal seperti yang disebutkan di atas. Semoga bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − 14 =