Cara Pasang Iklan di Google Ads (Panduan Lengkap)
Google merupakan sebuah mesin pencarian yang paling terkenal setelah Yahoo dan Bing. Ciri khas dari Google itu sendiri adalah tampilanya yang begitu bersih dan clear, sehingga menu-menu tampak jelas dan sangat mudah digunakan oleh pengguna saat sedang mencari informasi berdasarkan kata kunci tertentu lewat Internet.
Bagi orang-orang yang memiliki kemampuan untuk SEO (search engine optimation), mereka dengan sangat mudah untuk menguasai halaman pertama mesin pencarian Google. Mereka yang melakukan hal ini, tidak lain karena melihat perilaku dari orang-orang yang mencari informasi melalui Google, hanya melihat dan melakukan klik pada situs-situs yang berada pada halaman pertama saja.
Kenapa Orang Perlu Beriklan di Google
Seperti kita ketahui, semua orang mungkin sudah mengunakan Internet tapi tidak semua menggunakan sosial media seperti Facebook dan Instagram. Namun kalau ditanya, apakah semua orang pernah atau sering menggunakan Google sebagai tempat untuk mencari jawaban atas pertanyaan mereka? Tentu kebanyakan akan menjawa, iya dan pernah.
Baca juga: Panduan Lengkap Cara Menjual Barang di Facebook Marketplace
Hal tersebut yang mendasari Google membuat sebuah layanan iklan bagi orang-orang yang ingin melakukan promosi bisnis milik mereka dengan cepat tanpa harus memahami atau mempelajari teknik SEO dalam waktu yang sangat lama. Jadi ini merupakan solusi instan bagi mereka yang memiliki dana lebih untuk melakukan promosi.
Apa Beda Google dengan Iklan yang Lain
Jika membandingkan iklan Google dan iklan Facebook maka kita akan menemukan perbedaan yang sangat signifikan. Pada iklan Facebook, pengiklan hanya menjangkau orang-orang yang berada dalam Facebook. Meskipun iklan bisa terhubung ke Instagram, tapi ini memerlukan langkah yang cukup sulit bagi orang yang masih awam.
Sedangkan beriklan dengan Google, pengaturan iklan terbagi menjadi dua bagian yaitu Google Ads dan Google Express. Google Express merupakan cara mudah beriklan tanpa perlu ambil pusing untuk mengatur dan mengganti banyak pengaturan. Sedangkan Google Ads ini bagi mereka yang sudah memiliki kemampuan lebih atau sudah terbiasa dengan platform yang lama.
Iklan yang menggunakan Google tidak hanya tampil pada halaman pencarian saja, namun Google sudah mempersiapkan agar iklan Anda dapat tayang pada aplikasi Android, video Youtube, website yang menggunakan Google adsense dan beberapa patner iklan resmi yang telah tergabung dengan Google sebagai salah satu media untuk menampilkan iklan Anda.
Apa Program Beriklan Menggunakan Google
Bagi Anda yang baru ingin menggunakan Google sebagai tempat beriklan, wajib memahami perbedaan antara Google Ads dan Google Ads Express. Google Ads Express ini merupakan versi mudahnya atau simple dari Google Ads sebelumnya.
Dengan menggunakan Google Ads Express ini, Anda hanya cukup menentukan tujuan beriklan, lokasi, kategori bisnis, jenis iklan dan anggaran bulanan saja. Selanjutnya semua tugas untuk mencari pemirsa dan menampilkan iklan yang tertarget akan dilakukan oleh mesin Google secara otomatis.
Meski Google Ads Express ini sederhana namun iklan tetap tayang pada pencarian Google, Google maps dan situs-situs publisher yang bekerjasama dengan Google. Berikut ini terdapat sebuah tabel yang dapat Anda gunakan untuk memahami perbedaan dari kedua materi ini.
Cara Mulai Beriklan Menggunakan Google Ads
Mencari Google Ads
Mari kita mulai mencoba beriklan menggunakan Google Adword Express. Ketikan melalui kolom pencarian Google dengan kata kunci google ads, lalu cari tulisan Google Ads – PPC Online Advertising to Reach Your Marketing Goals dan klik pada link tersebut untuk menuju halaman pengaturan iklan milik Google.
Gambar Google Ads
Selanjutnya, silahkan login menggunakan akun Gmail yang sudah Anda miliki, dengan cara klik pada tulisan Login atau Mulai Sekarang untuk menuju halaman membuat kampanye baru. Simpan baik-baik akun Gmail yang akan Anda gunakan saat beriklan, agar memudahkan pemantauan iklan yang sudah berjalan nantinya.
Memulai Iklan Kampanye Baru
Pada halaman kampanye baru ini terdapat 3 buah goals beriklan. Jika pada usaha Anda terbiasa menerima telepon, maka gunakan pilihan Dapatkan lebih banyak panggilan. Namun bila ingin mendatangkan orang-orang yang berada dekat sekitar lokasi usaha Anda, gunakan Dapatkan lebih banyak kunjungan ke lokasi fisik Anda dan kita akan menggunakan pilihan ketiga.
Menu Iklan Visitor Ke Website
Dengan memilih pilihan ketiga ini, maka kita menginginkan agar orang-orang mengujungi situs usaha kita, untuk melihat penawaran-penawan yang kita berikan. Dengan harapan pengujung website mendaftar dan order produk miliki kita. Ini adalah goals yang banyak dipilih, karena sebelum pembeli mengubungi Anda, mereka sudah teredukasi terlebih dahulu sebelum membeli.
Mengisi Nama Usaha dan Alamat Situs
Berikutnya pada halaman bisnis dan audiens, masukan nama bisnis Anda dan situs bisnis yang ingin diiklankan. Jika sudah selesai klik berikutnya untuk melanjutkan ke tahapan selanjutnya.
Memilih Jenis Bisnis
Masih pada menu bisnis dan audiens. Silahkan pilih bahasa iklan Anda, disini kita memilih bahasa Indonesia sesuai dengan target market iklan kita. Anda dapat menyesuaikan bahasa iklan jika ingin menargetkan negara selain Indonesia. Lalu pilih kategori produk dengan mengetikan kata kunci bisnis Anda. Agar biaya iklan tidak mahal persempit lagi layanan atau kategori bisnis Anda.
Memilih Lokasi Kota atau Negara
Selanjutnya menentukan target kota atau negara tempat iklan kita ditayangkan. Jika produk Anda atau layanan bisa untuk semua wilayah, kami sarankan untuk menggunakan nama negara dengan mengetikan Indonesia pada bagian lokasi. Namun jika ingin menjual hanya pada daerah tertentu saja, ketikan nama kota sesuai target pada bagian lokasi. Klik berikutnya untuk melanjutkan.
Mengisi Detail Iklan
Pada tahapan ini kita sudah menyelesaikan bagian bisnis dan audiens untuk iklan. Berikutnya kita siapkan konten dari iklan berupa judul, deskripsi dan situs tujuan saat aksi klik pada iklan dilakukan. Setiap kali mengisi judul dan deskripsi iklan, pada bagian kanan akan terdapat preview dari tampilan iklan yang kita buat. Klik berikutnya untuk melanjutkan.
Mengisi Gambar Iklan dan Icon
Masih pada menu iklan, masukan gambar baner dan logo yang telah disiapkan. Gunakan gambar sesuai dengan ketentuan saat melakukan upload gambar dari galeri komputer. Maksimal gambar yang boleh di upload , untuk baner 3 gambar dan logo berjumlah 3 gambar. Jika sudah selesai klik tombol berikutnya.
Atur Budget Harian
Pada menu pengaturan anggaran dan peninjauan. Masukan angka misal Rp 10000 pada kolom anggaran perhari rata-rata. Batas maksimal dari dana harian sebesar Rp 304000. Jadi tidak boleh lebih besar dari batas tersebut. Pada bagian kanan otomatis akan menampilkan kalkulasi jumlah tayang iklan dan klik yang akan situs Anda dapatkan. Klik berikutnya untuk melanjutkan.
Halaman Detail Iklan
Masih pada menu anggaran, akan tampil menu peninjauan yaitu detail lengkap dari semua pengaturan pada iklan yang telah Anda lakukan hingga saat ini. Jika merasa semua pengaturan sudah benar klik tombol berikutnya untuk melanjutkan.
Menu Siapkan Penagihan
Kita berpindah pada menu siapkan penagihan. Pada bagian konfirmasi pembayaran pilih negara Indonesia dan zona waktu Jakarta. Lalu jika memiliki kupon iklan dapat melakukan penukaran pada bagian penawaran periklanan dan klik pada tulisan terapkan untuk mengaktifkan kupon tersebut.
Mengisi NPWP
Selanjutnya pada informasi pelanggan, masukan NPWP (nomor pokok wajib pajak) milik Anda yang berjumlah 15 digit angka unik sesuai dengan yang tertera pada kartu NPWP milik Anda. Bagi yang belum memiliki NPWP dapat memasukan 15 digit angka sembarang untuk melewati validasi ini.
Mengisi Detail Bisnis
Lengkapi nama lengkap, alamat , kota, provisi dan kode pos pada bagian form nama dan alamat. Isikan sesuai dengan tempat usaha Anda saat ini. Jika Anda belum memiliki kantor tetap atau bekerja dari rumah, gunakan alamat rumah sebagai isi dari semua form tersebut.
Mengatur Pembayaran
Pilih metode pembayaran manual, jika ingin mengisi saldo Google Ads untuk beriklan menggunakan transfer bank. Isikan nominal budget Anda selama beriklan satu bulan pada bagian jumlah pembayaran yang telah disediakan. Pada kasus ini kita asumsikan beriklan Rp 10.000 untuk budget 1 hari, maka kita mengisi Rp 300.000 rupiah untuk budget selama 1 bulan penuh.
Memilih Transfer Uang
Scroling halaman menuju bagian bawah dan pada bagian metode pembayaran pilih Transfer Uang, lalu lanjutkan dengan melakukan ceklist saya menyetujui persyaratan dan klik kirim untuk menyelesaikan semua proses pasang iklan.
Permintaan Transfer Uang
Jika sudah berhasil, akan terdapat form petunjuk transfer berisi nama bank, nomer rekening bank tujuan dan penerima. Saat ingin melakukan trasfer melalui mesin ATM, masukan kode 031 diikuti dengan nomer rekening yang telah tertera pada menu informasi ini. Setiap dana yang telah di transfer akan masuk 2-3 hari pada jam kerja. Klik tombol close jika ingin mengabaikanya.
Semua proses pasang iklan telah selesai pada tahapan ini. Sisanya tinggal menyelesaikan pembayaran tagihan agar iklan yang sudah dibuat langsung aktif dan siap untuk ditayangkan.
Pengaturan & Pembayaran
Setelah melakukan transfer, jangan lupa untuk mengecek saldo secara berkala melalui menu pengaturan -> penagihan & pembayaran. Setiap dana yang telah Anda transfer tidak memerlukan konfirmasi secara manual lagi, karena sudah secara otomatis terinput berdasarkan kode unik yang dimiliki oleh setiap akun iklan yang berbeda-beda antara satu pengguna dengan yang lainnya.
Baca juga: Facebook Ads: Targetkan Iklan Berdasarkan Market Bisnis Anda
Jika saldo belum bertambah setelah lewat dari waktu yang sudah ditentukan, Anda dapat mengirim tiket ke pihak Google agar segera menyelesaikan masalah pembayaran ini. Menurut pengalaman, Anda akan mendapat telepon dari nomer singapore dan menerime penjelasan terkait dana iklan yang belum masuk kedalam saldo akun.
Berhasil Membuat Iklan
Dengan menyelesaikan panduan sampai saat ini, artinya Anda telah belajar memahami alasan beriklan menggunakan Google Ads, perbedaan Google Ads dengan Google Ads Express dan membuat iklan dari awal sampai menyelesaikan pembayaran. Jika Anda merasakan manfaat yang banyak dari artikel ini. Bagikan artikel ini secara gratis pada sosial media Anda, agar orang lain yang memerlukan informasi yang sama mendapatkan wawasan baru sama seperti yang Anda dapatkan.
Leave a Reply
Want to join the discussion?Feel free to contribute!