Cara Menjual Barang di Facebook Marketplace

Panduan Lengkap Cara Menjual Barang di Facebook Marketplace

Dirilisnya fitur marketplace pada Facebook, menjadi  peluang besar bagi semua penggunanya untuk berjulan online dengan hanya menggunakan media sosial. Sama seperti marketplace pada umumnya, fitur ini menjadi jembatan antara penjual dan pembeli di dalam satu wadah yang nyaman, terfokus dan lengkap. Cara menjual barang di Facebook marketplace pun terbilang mudah, dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Dengan menggunakan smartphone, kini Anda sudah bisa membuat toko online sendiri dan memasarkan produk di Facebook. Bagi yang belum memiliki aplikasi Facebook, silahkan unduh terlebih dahulu lalu install pada smartphone Anda.

Anda juga dapat membuat atau memulainya dengan mengakses melalui browser di PC/laptop atapun browser di smartphone. Fitur marketplace ini bisa diakses pada halaman “Beranda” Facebook, yang terletak di bagian kiri.

Cara Menjual Barang di Facebook Marketplace

Jualan di Facebook Marketplace

 

Cara berjualan online melalui Facebook marketplace mudah dilakukan oleh siapa saja. Berikut langkah-langkahnya:

  • Siapkan foto produk yang akan dijual, atau bisa juga dengan mengambil langsung foto barang secara langsung melalui kamera
  • Buatlah nama produk
  • Cantumkan harga barang yang akan dijual
  • Cantumkan harga barang yang akan dijual
  • Masukkan kode pos untuk mengonfirmasi lokasi lalu pilih kategori sesuai dengan barang yang dijual
  • Posting barang yang Anda jual untuk mempublikasikannya

Setelah langkah di atas selesai dilakukan, sekarang pengguna Facebook yang mencari barang yang Anda jual bisa menemukannya dengan mudah. Jika mereka tertarik dengan produk Anda, maka mereka akan menghubungi Anda dengan mengirimkan pesan. Anda pun dapat memilih untuk mem-posting barang pada marketplace maupun membeli, atau menjualnya di grup tertentu.

Baca juga: 7 Cara Cepat dan Mudah Mendapatkan Uang Dari Facebook

Facebook marketplace menyediakan fitur untuk melacak semua transaksi Anda, baik saat ini maupun masa lalu. Cukup dengan mengunjungi bagian “My Product” atau Produk Anda. Pada menu tersebut, Anda dapat melihat semua katalog barang-barang yang disimpan, produk yang diposting, dijual, hingga semua pesan Anda dengan orang yang telah melakukan transaksi.

Menjual barang melalui Facebook marketplace adalah aktivitas transaksi murni antara penjual dan pembeli, atau yang dikenal dengan istilah C2C (customer to customer), dan Facebook hanya sebagai media perantara yang tidak turut andil di dalam mengontrol aktivitas transaksi, seperti pengiriman barang maupun pembayaran.

Tips Menjual Barang di Facebook

Facebook Marketplace

Indonesia adalah salah satu negara dengan jumlah pengguna Facebook terbesar di dunia. Tidak menutup kemungkinan, ada jutaan orang yang juga memanfaatkan fitur marketplace ini untuk berjualan. Bagaimana cara kita bersaing dengan para kompetitor? Tentu diperlukan sebuah strategi khusus agar Anda bisa bersaing secara strategis. Nah, berikut ini akan kami jelaskan tips sederhana menjual barang di Facebook marketplace agar menarik minat pembeli.

Buat Informasi Secara Lengkap

Informasi adalah bagian terpenting pada sebuah toko online. Dengan informasi yang jelas, lengkap, dan terpercaya, konsumen akan menaruh kepercayaan pada toko online Anda. Beberapa informasi yang wajib dicantumkan seperti:

  • Alamat
  • Kontak yang bisa dihubungi
  • Cara memesan barang
  • Cara memesan barang
  • Cara memesan barang
  • Melengkapi syarat dan ketentuan
  • Deskripsi tentang bisnis Anda

Persiapan Barang yang Akan Dijual

Bayangkan jika Anda adalah seorang customer yang saat ini sedang mencari aksesoris fashion, apakah Anda ingin barang yang dibeli berkualitas jelek? Tidak nyaman dipakai? Dan masalah-masalah lainnya. Maka dari itu, selain pelayanan, barang yang Anda jual pun harus diperhatikan kualitasnya.

Perhatikan juga pada saat melakukan pengiriman barang. Pilih jasa ekspedisi terpercaya, dan packing-lah barang secara baik.

Jangan malas memilih foto terbaik untuk katalog produk yang akan dijual. Parahnya lagi, banyak penjual online yang asal memasang foto yang hanya didapatkan dari Google. Pembeli saat ini sudah semakin pintar, mereka akan mengetahui jika foto yang digunakan bukan foto asli. Kemungkinan buruknya lagi, produk Anda akan dianggap palsu oleh customer. Jadi, pastikan Anda memasang foto terbaik, beri border khas toko online Anda jika memilkinya.

Baca juga:  Cara jualan di marketpace tokopedia dan bukalapak

Kelola dengan baik produk Anda pada marketplace. Jangan sampai barang yang Anda pajang pada katalog ternyata habis atau kosong. Hal ini tentu akan menimbulkan rasa kecewa pada pembeli.

Promosi

Kini kita mulai masuk pada bagian terpenting dalam strategi internet marketing, yatu promosi. Strategi ini merupakan suatu upaya agar toko online Anda ditemukan oleh ribuan, hingga jutaan orang yang aktif menggunakan Facebook setiap hari. Promosi bisa Anda lakukan melalui cara sebagai berikut:

  • Content marketing: Jangan terlalu fokus pada promosi produk, buatlah postingan yang bermanfaat. Karena, kebanyakan orang mencari solusi terhadap permasalahan mereka, bukan langsung mencari produknya. Contoh, jika Anda menjual obat maag, postinglah tentang hal yang bermanfaat dan menawarkan solusi bagi penderita maag.
  • Facebook Ads: Fitur iklan dari Facebook ini cocok untuk Anda yang memiliki anggaran lebih untuk promosi. Facebook Ads memungkinkan toko online Anda untuk ditemukan oleh banyak orang.
  • Posting di grup: Carilah grup yang bersih (tidak banyak spam) dan relevan dengan bisnis Anda. Selalu aktif di grup, dan beri solusi pada member yang bertanya. Tapi ingat, jangan pernah mengarah kepada penjualan produk.

Lakukan Analisa

Lakukan analisa terhadap kompetitor Anda. Terutama jika barang yang Anda jual sudah sangat banyak penjualnya. Perhatikanlah apa yang membedakan antara Anda dan kompetitor. Kenapa penjual lain berhasil melakukan penjualan sedangkan Anda tidak? Terkait hal ini, Anda bisa mempelajari aktivitas fanepage kompetitor Anda. Apa yang mereka tawarkan, dan bagaimana pelayanannya.

Kumpulkanlah semua data-data tersebut, semakin banyak data tentang kekurangan dan kelebihan kompetitor, maka akan semakin baik bagi bisnis Anda. Ambil dan aplikasikan kelebihan-kelebihan mereka, agar bisnis Anda semakin lebih baik.

Lihat juga: Cara jualan di instagram

Jangan lupa juga untuk terus mempelajari target pasar. Analisa siapa yang akan menjadi target Anda. Contohnya, jika Anda menjual celana jeans untuk kalangan yang berusia 17-30 tahun, sesuaikanlah konten yang Anda buat dari segi desain dan bahasa yang disampaikan pada mereka. Untuk kalangan tersebut, buatlah bahasa yang tidak terlalu formal, asik dan santai.

Lakukan Evaluasi Bulanan

Evaluasi Jualan Facebook Marketplace

Setelah bisnis Anda berjalanan, lakukanlah evaluasi bulanan untuk meningkatkan penjualan. Selalu pelajari kenapa produk A lebih banyak pembelinya dibandingkan produk yang lain, apa yang membedakannya? Atur ulang strategi konten Anda agar penjualan barang semakin maksimal.

Lakukan review satu bulan sekali untuk katalog produk-produk yang stoknya sudah habis, lalu atur ulang kembali sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: Facebook Pixel, Cara Ampuh Untuk Menghemat Biaya Iklan Promosi

Melakukan evaluasi sangat penting. Dengan cara ini, Anda bisa membuat target bulanan baru agar penjualan lebih baik di bulan selanjutnya.

Itulah penjelasan tentang cara menjual barang di Facebook marketplace. Di atas telah kami bahas juga tips berjualan di Facebook agar mudah pada saat menjalankannya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + seventeen =