Faktor Keberhasilan SEO Website

Cara Efektif Mengukur Keberhasilan SEO Website

SEO adalah salah satu strategi internet marketing yang kini digunakan oleh banyak perusahaan. SEO juga bisa menjadi senjata ampuh untuk menjaring banyak konsumen. Namun, bagaimanakah cara mengukur keberhasilan SEO pada suatu website? Pada dasarnya mudah saja, Anda tidak perlu banyak trik rumit untuk mengukurnya.

Sebelum melakukan evaluasi pada konten SEO, terlebih dahulu Anda harus mengidentifikasi gol dan arti sukses bagi Anda dalam dunia internet marketing. Setelah menetapkan tujuan, barulah mengukur keberhasilan strategi SEO pada konten yang telah Anda buat.

Tips Sukses SEO Website

Teknik SEO

Sukses mengoptimasi website, tentu akan membuat traffic atau visibilitas situs Anda semakin naik. Tentunya hal ini akan menguntungkan bagi para internet marketer. Namun, untuk mewujudkannya, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui sebagai berikut:

1. Paham Konsep Dasar SEO

Konsep dasar SEO yang dimaksud di sini adalah memahami betul bagaimana cara kerja mesin pencari. Selain itu, memahami apa saja yang dibutuhkan oleh mesin pencari.

2. Optimasi SEO On Page

Pelajarilah bagaimana cara melakukan optimasi halaman website, atau yang dikenal dengan SEO on page. Pada optimasi ini, Anda akan mempelajari berbagai faktor penting yang berguna untuk meningkatkan peringkat pencarian situs.

3. Melakukan Riset Kata Kunci

Riset kata kunci atau keyword, adalah optimasi pertama sebelum Anda membuat artikel. Keyword sendiri merupakan sebuah cara yang dilakukan oleh banyak orang untuk mencari sesuatu di mesin pencari. Maka dari itu, Anda harus jeli dan cerdik dalam menggunakan keyword tersebut.

4. Optimasi SEO Off Page

Off page SEO, adalah kebalikan dari on page SEO. Off page adalah optimasi yang dilakukan dari luar website itu sendiri. Optimasi yang dilakukan seperti link buildink, share di media sosial dan masih banyak lainnya.

5. Content Marketing

Content marketing kini sudah termasuk ke dalam optimasi SEO modern. Saat ini, banyak orang yang menggunakan mesin pencari untuk mencari konten dan informasi tertentu. Jadi, pelajarilah keduanya, baik itu SEO maupun conten marketing.

7 Cara Mengukur Keberhasilan SEO

Cara Mengukur Keberhasilan SEO

Setelah kita bahas optimasi SEO apa saja yang bisa dilakukan, di atas, kali ini kami akan menjelaskan cara-cara yang bisa dijadikan sebagai alat ukur untuk mengetahui keberhasilan SEO. Sehingga, Anda bisa mengetahui sudah sejauh mana strategi tersebut diterapkan.

Setidaknya ada 7 cara yang bisa Anda jadikan sebagai alat ukur untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan optimasi SEO Anda. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Peningkatan Traffic Website

Meskipun jumlah traffic yang masuk pada website Anda tidak selalu bisa menjadi uang, tapi bukan berarti tidak ada aktivitas internet marketing. Untuk mengukur traffic, Anda bisa menggunakan tools Google Analyctics. Kemudian, pilihlah jangka waktu yang Anda sukai, baik itu minggu, bulan, maupun tahun.

Untuk Anda yang menjadikan traffic sebagai sasaran kesuksesan, maka fokuslah pada jumlah visitor unik yang datang dari mesin pencari. Jangan lupa juga untuk terus meningkatkan strategi konten SEO.

2. Pertumbuhan Pelanggan dan Penjualan

SEO pun banyak digunakan sebagai strategi untuk meningkatkan pertumbuhan penjualan pada suatu website. Untuk mengukur hal ini, akan dibutuhkan waktu yang cukup lama, dan cukup sulit dilakukan. Karena, cara mengukur keberhasilan SEO pada penjualan tidak bisa langsung Anda rasakan. Untuk hal ini, Google Analytics juga bisa dimanfaatkan karena cukup banyak opsi untuk menetapkan nilai penjualan pada halaman tertentu.

3. Peringkat Pencarian di Search Engine

Tujuan utama SEO adalah menempatkan suatu website pada peringkat teratas di halaman mesin pencari. Umumnya, content marketer ingin mengarahkan lalu lintas, penjualan, dan prospek melalui mesin pencari, seperti Google agar website yang dikelolanya mampu menjaring banyak pelanggan baru.

Dalam hal ini, suatu website yang memiliki optimasi SEO terarah dan berkualitas, akan menjadi pemenangnya, dan bertengger di peringkat paling atas. Inilah salah satu alat ukur bagi beberapa internet marketer dalam menilai kesuksesan optimasi SEO.

Jika Anda masih berada di peringkat 10 besar, mungkin masih ada harapan. Tapi, jika website anda menempati halaman kedua atau lebih, itu sama halnya dengan Anda menempati halaman ke 2.000 di Google, karena hampir tidak ada bedanya. Itulah realita kekejaman SEO dalam digital marketing.

4. Jumlah Follower di Media Sosial

Beberapa pakar digital marketing memang tidak menjadikan follower di media sosial sebagai tolak ukur kesuksesan. Tidak sedikit juga para pakar yang menggunakan istilah “metrik kosong” untuk follower di media sosial, hal tersebut digunakan sebagai gambaran seolah-olah audiens di media sosial tidaklah penting.

Meski jumlah follower dianggap kurang berpengaruh pada pertumbuhan brand, namun mengabaikannya pun bukanlah langkah yang bijak.

Asalkan semua follower atau audiens media sosial Anda didapat dengan cara organik, atau bukan dibeli, maka hal tersebut bisa menjadi indikasi bahwa konten Anda menarik bagi banyak orang.

5. Otoritas Website dan Backlink

Backlink

Jumlah backlink yang cukup dapat membantu Anda dalam mengukur traksi pada konten. Tautan yang Anda dapatkan, baik dari media sosial maupun situs lain akan menjadi indikator keberhasilan konten dan peningkatan SEO.

Informasi tersebut dapat bermanfaat bagi Anda untuk menyapa dan menjangkau pembuat konten dan menjalin hubungan dengan mereka. Selain itu, bagus juga untuk mengamati “Domain Authority” (DA) website Anda.

Baca juga: Cara Efektif Membangun Kepercayaan Konsumen Melalui Website

Selalu perkiksa DA situs Anda, karena dari waktu ke waktu, DA ternyata dapat berfluktuasi. Untuk mengukur tingkat DA pada suatu website, Anda bisa menggunakan tool Open Site Explorer (OSE). Melalui tool tersebut, Anda akan mengetahui seberapa kuat situs Anda di mata Google.

6. Rasio Pentalan (Bounce Rate)

Dalam internet marketing, rasio memantul adalah istilah yang buruk dan merugikan. Jika ada kampanye Anda dengan tingkat bounce rate tinggi, berarti visitor mengklik tombol “kembali” sesaat setelah mengakses situs Anda. Hal ini bisa terjadi karena beberapa alasan. Kemungkinan erat hubungannya dengan strategi pemasaran dan landing page website Anda.

Google segera akan memberi penilaian rendah pada situs Anda. Jika rasio pentalan yang terjadi cukup tinggi. Tidak sedikit juga situs yang mendapatkan hukuman SEO dari rasio pentalan tersebut.

7. CTR (Clik Through Rate)

CTR adalah salah satu metrik yang bisa Anda fokuskan untuk dikuasai. Internet marketer yang memiliki jumlah CTR tinggi adalah salah satu faktor kunci keberhasilan, sekaligus salah satu metrik yang dapat mengatur semuanya.

CTR atau rasio klik tayang adalah persentase pengunjung yang melakukan aktivitas sebagai berikut:

  • Mengakses situs Anda di halaman hasil pencarian, seperti Google, yang kompetitif
  • Mengakses situs Anda yang dishare di media sosial
  • Mengakses email Anda yang ada di kotak masuk, atau email marketing

Itulah beberapa cara mengukur keberhasilan SEO yang bisa Anda lakukan. Jadi, kini Anda bisa memantau terus perkembangan situs Anda. Lalu, sudah sejauh manakah optimasi SEO yang Anda lakukan hingga saat ini?

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × four =