Cara Mengambil Uang dari Youtube

Cara Mengambil Uang dari Youtube

Bingung cara mengambil uang dari Youtube? Ternyata tidak sesulit yang Anda bayangkan, lho. Para Youtuber yang channel-nya sudah bisa dimonetisasi, kini bisa mencairkan uangnya langsung tanpa ribet.

Youtube saat ini menjadi website yang populer di dunia. Para content creator bisa mendapatkan uang dengan meng-upload video di Youtube. Pundi-pundi uang bisa didapat dari viewer dan para subscriber-nya.

Coba bayangkan, saat ini Youtube menjadi media streaming yang diakses oleh banyak orang. Pengguna internet rela menghabiskan kuota dan waktu luangnya untuk menonton suatu channel di Youtube.

Uang dari Youtube

Hal tersebut bisa menjadi kesempatan terbaik bagi Anda yang berminat menjadi content creator. Youtube telah diakses oleh jutaan pengguna internet aktif setiap hari. Tidak menutup kemungkinan, video yang Anda buat akan ditonton oleh ribuan atau bahkan jutaan orang.

Untuk menjadi seorang Youtuber kini tidaklah sulit. Bermodalkan smartphone saja, Anda sudah bisa membuat sebuah konten menarik. Salah satunya adalah menjadi seorang vlogger yang meliput aktivitas sehari-hari Anda.

Baca juga: 8 Tema Video Youtube yang Paling Banyak Orang Sukai

Youtube juga telah menjadi wadah bagi para orang-orang kreatif. Mereka yang memiliki hobi tertentu, bisa menghasilkan uang dengan mengabadikan hobinya melalui sebuah karya video. Youtube adalah media bagi siapa saja yang ingin berkreasi. Selain itu, ada banyak jenis konten yang bisa dipilih, seperti:

  • Membuat video tutorial
  • Membuat video musik
  • Video voice over
  • Youtube channel for gamer
  • Video tutorial
  • Dan lain-lain

Nah, bagi Anda yang sudah memiliki channel Youtube dan sulit cara mencairkan uang dari Adsense, pada artikel ini akan kami rangkum langkah-langkahnya.

Syarat Monetisasi Youtube

Monetisasi atau monetize adalah konten yang kita bagikan. Konten  bisa berupa video, atau tulisan di blog. Intinya, kata monetisasi ini digunakan untuk menyatakan bahwa Youtube channel Anda sudah memenuhi syarat sebagai media untuk mendapatkan uang di internet.

Monetisasi Youtube merupakan cara mengubah konten video di channel Youtube yang Anda kelola dari sebuah hobi menjadi media untuk menghasilkan uang. Tapi, untuk mendapatkan uang, Anda harus menjadi Publisher Adsense, atau mitra.

Syarat Monetisasi Youtube

Namun, memonetisasi Youtube saat ini tidak semudah dulu. Kini, Youtuber harus memenuhi persyaratan 4.000 jam tayang dan memiliki 1.000 subscriber. Setelah syarat terpenuhi, barulah Anda bisa memonetisasi akun Anda.

Bagi pemula, syarat tersebut memang cukup berat. Apalagi dalam satu tahun terakhir. Tapi, dengan konsisten dan membuat sebuah konten menarik, syarat tersebut akan mudah dilalui.

Selain itu, video yang Anda upload harus original. Jika video Anda terkena plagiasi, maka monetize akan dipindahkan pada pemegang hak cipta. Ada beberapa kriteria video yang dapat dimonetisasi Youtube, di antaranya seperti:

  • Konten yang dibuat dan dibagikan harus sesuai dengan pengiklan
  • Konten/video yang Anda buat harus karya sendiri. Jika Anda menggunakan milik orang lain, pastikan Anda telah mendapatkan izin
  • Pemilik Youtube channel dapat mengajukan dokumen-dokumen yang membuktikan bahwa video miliknya adalah hak komersil pribadi mulai dari audio hingga videonya
  • Video yang Anda upload harus sesuai dan mematuhi kebijakan Program Partner Youtube
  • Semua iklan yang ditayangkan pada video telah dilakukan peninjuan secara manual oleh tim kebijakan dari pihak Youtube atau partner tertentu

Jika sudah memenuhi kriteria dan persyaratan, barulah Anda bisa memonetisasinya dan mencairkan uang dari Youtube setelah menyentuh minimal PO (payout).

Syarat Pencairan uang Dari Adsense Youtube

Sebelum masuk ke tahap cara pencairan dana, alangkah baiknya Anda ketahui terlebih dahulu persyaratannya. Berikut kami ulas secara lengkap syarat-syarat pencairan Google Adsense:

Akun AdSense Sudah Anda Verifikasi

Akun Youtuber Terverifikasi

Jika Anda sudah bergabung denga Google Adsense, atau sudah memiliki akunnya, verifikasilah akun Anda. Cara verifikasinya sangat mudah. Anda diharuskan untuk memasukkan PIN Google Adsense di akun Adsense. Pin akan dikirim melalui surat ke kantor pos.

Pin akan dikirim ke alamat yang tercatat di akun Adsense milik Anda. Jika PIN pertama belum datang, Anda bisa meminta untuk PIN kedua. Kesempatan untuk mengajukan PIN hingga 3 kali. Jika PIN ke-3 masih belum juga datang, maka Anda harus mengunggah scan kartu identitas pribadi seperti KTP/SIM/Paspor.

Mencapai Batas Payout

Mencapai Batas Payout

Jika Youtube Channel Anda sudah dimonetisasi, Anda belum bisa mengambil uang sebelum batas PO (Payout). Batas PO yang bisa dicairkan adalah $100. Jumlah tersebut merupakan nilai minimal pencairan Youtube channel Anda.

Kapan Uang Diterima?

Setelah pencairan, kapan uang bisa diterima? Kalimat ini sering sekali ditanyakan oleh para Youtuber. Setelah melalui proses pencairan, biasanya dana akan ditransfer oleh Google ke rekening, atau layanan lain yang Anda pilih.

Biasanya, Google Adsense akan mentransfer ke rekening bank yang telah dipilih. Pembayaran dilakukan tanggal 21 – 26 setiap bulannya. Pada tanggal tersebut, penghasilan Google Adsense bisa Anda peroleh setiap bulannya.

Selain itu, ada juga cara mencairkan uang Adsense melalui Western Union. Syarat dan ketentuannya berbeda dengan pencairan di rekening bank.

Cara Mengambil Uang dari Youtube Melalui Bank

Mengambil Uang Youtube Lewat Bank

Dana yang telah terkumpul lebih dari $100, maka bisa langsung dicairkan. Namun, sebelum proses pencairan, Anda harus memiliki rekening bank terlebih dahulu. Jika sudah memiliki rekening bank, ketahui persyaratan transaksi sebagai berikut:

  • Nama pemilik rekening
  • Nama rekening bank
  • Ketahui kode SWIFT-BIC (untuk mengetahuinya bisa langsung menanyakan pada bank yang bersangkutan)
  • Nomor rekening bank

Terkait kode SWIFT-BIC bank, Anda harus mengetahui apakah bank yang Anda pilih telah mendukung wire transfer (transfer kawat) atau belum? Cari informasi, atau tanyalah pada bank terkait mengenai hal tersebut. Karena, jika bank belum mendukungnya, Anda belum bisa mencairkannya.

Setelah semua persyaratan siap, maka lakukanlah langkah-langkah berikut:

  • Masuk ke akun Adsense yang terhubung dengan Youtube channel
  • Klik pada menu navigasi, kemudian pilih menu “Settings”
  • Pilih menu payments atau pembayaran
  • Klik tambahkan metode pembayaran pada akun Adsense
  • Tambahkan metode pembayaran baru, lalu pilih transfer kawat ke rekening bank
  • Masukkan nama pemilik akun (pemilik rekening), nama bank, kode SWIFT-BIC, nomor rekening, lalu simpan
  • Tunggu 1 – 4 hari untuk memasukkan saldo Adsense Anda ke rekening

Cara Mengambil Uang dari Youtube Melalui Western Union

Mengambil Uang Lewat Western Union

Selain bank, Western Union adalah salah satu layanan untuk menerima pencairan dari Google Adsense Youtube Anda. Layanan ini menerima pengiriman maupun penerimaan uang dari dalam maupun luar negeri. Banyak Youtuber maupun Blogger yang menggunakannya untuk pencairan karena kemudahannya.

Syarat-syaratnya pun sangat mudah sekali. Berikut kami ulas beberapa langkah-langkahnya:

  • Atur profil penerimaan akun Google Adsense Anda sesuai kartu identitas KTP/SIM
  • Isilah formulir Western Union yang diperoleh dari agen terdekat untuk penarikan dana Adsense
  • Cetaklah bukti pembayaran dari Google pada akun Adsense milik Anda (pastikan Anda merahasiakan Pin atau MTCN pencairan)

Kesimpulan

Youtube adalah website yang menjanjikan penghasilan melalui internet. Selain itu, website ini benar-benar terbukti membayar. Melalui cara-cara pembayaran di atas, Anda bisa mencairkan uang kapan pun jika sudah menyentuh minimal PO. Di Indonesia, ada dua metode yang bisa digunakan, yakni melalui rekening bank dan Western Union. Anda bisa menyesuaikannya dengan kenyamanan masing-masing.

Baca juga: 9 Cara Meningkatkan Subscriber Youtube Secara Alami dan Aman

Itulah penjelasan tentang cara mengambil uang dari Youtube. Pilihlah mana yang menurut Anda paling nyaman. Jika pencairan di rekening paling mudah, setting-lah pencairan di akun Adsense melalui bank, begitu juga dengan metode pencairan lainnya. Selamat mencoba!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.