Cara Mendapatkan Uang dari Youtube

Cara Mendapatkan Uang dari Youtube

Banyak sekali artikel tentang bagaimana cara mendapatkan uang dari Youtube. Namun sayangnya, kebanyakan artikel yang sudah Anda baca, mungkin hanyalah tulisan-tulisan motivasi saja.  Setelah Anda membacanya, Anda tidak mendapatkan pengetahuan apapun. Anda bahkan tidak tahu langkah apa yang harus dilakukan.

Tapi disini berbeda, Anda bisa mendapatkan trik yang tepat jika ingin serius ingin mendapatkan uang dari Youtube.

Cara mendapatkan uang dari Youtube, adalah kata kunci yang banyak dicari di Google . Pasalnya, menjadi youtuber saat ini cukup menjanjikan. Namun, mendapatkan uang dari youtube tidak sesederhana yang Anda bayangkan. Ada banyak trik dan pengetahuan-pengetahuan dasar yang harus dipelajari.

Menghasilkan Uang dari Youtube

Tapi, Youtube terkadang tidak serumit yang kita bayangkan. Banyak orang yang menjadi populer hanya dengan hal-hal sederhana. Contohnya, kejadian Awkarin yang menangis yang berhasil meraup jumlah tayangan fantastis.

Selain Awkarin, ada banyak Youtuber lainnya yang terkenal dari hal-hal yang dianggap sepele. Kunci sukses yang perlu Anda terapkan ketika menjadi Youtuber adalah “konsisten”.

Syarat Mendapatkan Uang dari Youtube 2019

Adsense Untuk Youtube

Sebelum masuk lebih jauh tentang cara mendapatkan uang dari Youtube, Anda harus tahu bagaimana syarat-syarat mendapatkan Google Adsense. Karena dari sanalah Anda akan mendapatkan uang.

Baca juga: 8 Tema Video Youtube yang Paling Banyak Orang Sukai

Google Adsense adalah layanan khusus untuk menaungi para Youtuber. Youtube Partner Program (YPP) adalah layanan yang memungkinkan bagi para content creator untuk mendapatkan uang dari video yang ditayangkan di Youtube.

Pada tanggal 16 Januari 2018, Youtube menerapkan syarat baru untuk memonetisasinya. Content creator diharuskan memiliki minimal 4.000 jam waktu nonton dan memiliki 1.000 subscriber. Hingga tahun 2019 sekarang, syarat ini masih berlaku.

Jadi, sebelum memenuhi persyaratan, Anda belum bisa memonetisasinya. Syarat tersebut bisa dibilang berat. Namun, persyaratan ini demi menyaring siapa saja yang layak menjadi content creator jempolan. Persyaratan tersebut akan membuat Anda semakin kreatif dalam membuat dan mengolah video demi jam tayang dan jumlah subscriber.

Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube dengan Adsense

Tutorial Mendapatkan Uang dari Youtube

1. Buatlah Channel Youtube

Pertama-tama buatlah channel Youtube. Pembuatan akun Youtube bisa menggunakan akun Google Anda. Cara ini memudahkan Anda dibandingkan melalui pengisian form pendaftaran terlebih dahulu.

Beri nama channel Anda sesuai dengan yang diinginkan. Untuk nama, pikirkanlah hal yang menarik dan sesuai dengan konsep saluran yang dibuat.

2. Buat Konten Video dan Upload Secara Berkala

Setelah saluran selesai dibuat, buatlah konten video, lalu upload secara berkala. Ada banyak pendapat tentang seberapa intens kita harus meng-upload video di Youtube. Jika waktu Anda luang, Anda bisa membuat video setiap hari.

Namun, Anda harus memastikan bahwa video yang di-upload adalah jenis video original. Karena, jenis video original sangat disukai oleh Youtube.

Jangan mengunggah video hasil rekaman dari acara TV, berita, konser musik, sepakbola live, dan video sejenisnya yang memiliki hak cipta. Video tersebut mungkin bisa Anda unggah, tapi, Anda tidak akan bisa memonetisasinya, atau bahkan dihapus oleh pihak Youtube.

Video berhak cipta bisa saja terus tayang. Namun sayangnya, monetize akan jatuh ke tangan yang memegang hak cipta. Untuk lebih detailnya, Anda bisa membaca ketentuan dan cara kerja content melalui website Youtube.

3. Monetisasi Channel Anda

Jika persyaratan monetize sudah terpenuhi, maka lakukan monetisasi pada channel Youtube milik Anda. Untuk mengaktifkan fitur monetize, Anda bisa masuk ke menu “account information”. Kemudian klik “Creator Studio”, lalu masuk lagi ke bagian kiri dan pilih “chanel”, lalu klik “Status and Features”. Nah, di sanalah Anda bisa menemukan “Enable Monetisation”. Kemudian setujui untuk memonetisasinya.

4. Sambungkan Channel Anda ke Adsense

Setelah dimonetisasi, selanjutnya Anda harus melaukan associate dan approves AdSense account ke akun Youtube milik Anda. Jika sudah, maka akan terdapat fitur Youtube Analyctic. Fitur tersebut untuk melakukan tracking penghasilan channel Anda. Akun Anda nantinya akan terbayar jika sudah mengikuti Youtube payment threshold.

5. Cara Memaksimalkan Fungsi Monetize Youtube Channel

Selain keoriginalannya, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam memaksimalkan monetize channel Anda. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasannya di bawah ini:

Buatlah video user-friendly

Pembuatan dan mengupload video harus sesuai dengan Terms of Service dan community guidelines pihak Youtube

Setelah fitur monetize diaktifkan, maka akan muncul beberapa iklan di video Anda berikutnya

Tips Membuat Video Menarik yang Dapat Menghasilkan uang di Youtube

Tips Membuat Video Youtube

Selain konsisten, membuat konten original dan menarik adalah kunci keberhasilan di Youtube. Tapi, bagaimana cara membuatnya? Hal ini kembali lagi kepada passion dan kemampuan Anda. Ada banyak jenis video yang bisa dibuat. Entah itu mengikuti alur tren, membuat karya anti-mainstream, atau jenis video lain yang sesuai dengan keinginan Anda.

Jika masih bingung, berikut kami referensikan beberapa jenis video yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan:

1. Membuat Video Musik

Video Musik Sabyan Gambus

Bagi musisi, untuk menjadi seorang yang populer di Youtube tidak terlalu sulit. Karena, Anda bisa mengeksplor kemampuan Anda dengan membuat sebuah video musik. Anda bisa meng-upload karya Anda, atau meng-cover lagu milik musisi lain.

2. Membuat Video Tutorial

Video Tutorial Youtube

Video tutorial banyak dicari di Youtube. Jika Anda ahli dalam bidang tertentu, jenis video ini bisa Anda pilih. Misalnya, Anda ahli dalam ber-makeup, kemudian buatlah video tutorial makeup yang bermanfaat bagi orang lain.

3. Video Unboxing Produk

Video Unboxing Produk

Untuk jenis video ini, mungkin agak sedikit sulit. Secara teknis memang mudah, tapi letak kesulitannya ada pada produk yang di-unboxing. Namun, semua bisa disiasati. Anda bisa mulai membuat video unboxing jenis produk-produk yang menurut Anda terjangkau.

Video ini banyak dicari, khususnya oleh mereka yang akan membeli suatu barang tertentu. Ada banyak jenis barang yang bisa Anda unboxing. Mulai dari mainan, gadget, alat-alat teknologi terkini, dan lain sebagainya.

4. Video Voice Over

Video Voice Over

Voice over adalah salah satu konsep video sederhana. Bentuknya adalah berupa video dan suara narasi. Video ini bisa memuat tentang berbagai fakta menarik, komentar pada suatu hal, pendapat tentang film, dan lainnya.

5. Video yang Menayangkan Tentang List

Video List

Jenis video ini banyak peminatnya. Cara membuatnya pun mudah sekali. Anda bisa menghimpun video dan menyatukannya. Misalnya, Anda membuat list tentang “10 film horor terseram di tahun 2019”.  Selain berupa video, Anda pun bisa membuatnya dari gambar-gambar bergerak, dan kolase foto-foto yang disatukan.

6. Video Ilustrasi

Video Ilustrasi

Video ilustrasi saat ini menjadi tayangan yang banyak ditonton. Video ini biasanya bertujuan untuk mengedukasi penontonnya. Pembuatan video pun dibuat sangat menarik dengan kualitas ilustrasi yang keren.

Kesimpulan

Menjadi Youtuber tidak hanya sekedar hobi. Anda bisa mulai untuk serius dan mendapatkan uang melalui Youtube channel Anda. Dengan catatan, video Anda merupakan konten original atau tidak melakukan plagiasi. Selain itu, isi video juga dilarang jenis konten yang eksplisit.

Baca juga: 9 Cara Meningkatkan Subscriber Youtube Secara Alami dan Aman

Itulah tips cara mendapatkan uang dari Youtube dengan Adsense. Jangan lupa untuk tetap konsisten dan selalu membuat konten menarik.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.