Cara Membuat Judul Artikel yang Disukai Pembaca

Cara Membuat Judul Memikat Pembaca

Judul artikel yang menarik memikat para pembacanya. Tidak ada pembaca yang membaca isi sebuah bacaan tanpa membaca judulnya. Sebaliknya, banyak orang yang hanya membaca judul tanpa membaca konten isi selanjutnya. Dari kedua hal tersebut, dapat ditarik kesimpulan, judul yang baik dan menarik, haruslah dibarengi isi bacaan yang menarik pula. Lalu bagaimana cara membuat judul artikel yang disukai pembaca?

Judul artikel memiliki pesona untuk menarik pembaca. Fungsi judul sangat penting, oleh karena itu tidak boleh disia – siakan dengan membuat judul secara asal – asalan. Oleh karena itu, pada bahasan kali ini akan dikemukakan bagaimana cara membuat judul artikel yang disukai pembaca, simak ulasannya.

Peran Judul Dalam Artikel

Peran judul dalam artikel sangat penting untuk menarik pembaca. Ketika konten adalah aset, maka judul adalah iklan yang bakal menarik pengunjung untuk membaca artikel Anda. Judul artikel tidak boleh ditelantarkan begitu saja. Bayangkan jika Anda sudah berjam – jam membuat konten, lalu memberi judul sekedarnya atau asal – asalan, pengunjung pun tidak akan melirik artikel Anda, walaupun konten atau isinya bagus sekalipun.

Baca juga, Backlink: Apakah Masih Menjadi Faktor Rangking SEO?

Jika judul menarik, maka pembaca akan merasa penasaran dengan isi atau konten bacaan tersebut. Terlepas dari itu, penulisan konten pun berpengaruh. Jika judul menarik namun konten bacaan tidak demikian, hal ini tidak akan menjadi kepuasan pembacanya. Maka dari itu, kesinambungan 2 hal antara judul dan konten memang sebaiknya dibuat semenarik mungkin.

Mengapa judul begitu penting? Penjelasannya begini, anggaplah pembaca disodorkan 10 link artikel di halaman Google, pertanyaannya, Apakah pembaca tersebut akan membaca semuanya?

Jawabannya mustahil. Ia akan memilih mana yang menurutnya menarik, tentu berdasarkan penglihatan pertama, judulnya. Walaupun belum tentu konten yang ia akan baca akan sebagus judulnya. Namun setidaknya, dengan judul yang pembaca pilih tersebut mampu menghasilkan sebuah‘klik’yang membuka situs halaman Anda. Dengan begitu Anda menghasilkan konversi pengunjung yang datang.

Tidak hanya satu pengunjung, mungkin bisa ratusan atau ribuan banyaknya. Menarik bukan! Dari judul yang dioptimasi dengan baik, Anda bakal kebanjiran pengunjung. Untuk bisa dipahami dengan jelas, berikut fungsi dan peran judul dalam artikel yang dapat menguntungkan bagi sebuah website :

  • Judul artikel yang menarik akan membuat pembaca tertarik membacanya.
  • Menarik lebih banyak traffic atau pengunjung yang datang pada situs
  • Situs web akan mendapatkan konversi pengunjung yang telah mengklik halaman situs tersebut.

Setelah Anda mengetahui peranannya yang besar dan berpengaruh terhadap artikel maupun website, tentunya Anda akan lebih melek lagi dalam memperhatikan pembuatan judul yang bukan sekedar hal sepele lagi, mengingat keuntungan yang Anda dapatkan sebagai pemilik situs halaman website.

Sudut Pandang User Terhadap Judul Artikel

Sudut-Pandang-User-terhadap-Judul

Ketika user atau pengguna internet mengetikkan sebuah kata kunci atau informasi yang ingin mereka cari di mesin pencarian Google, maka akan muncul sederetan link artikel yang merujuk pada kata kunci yang user tersebut cari.

Hal kemudian yang pengguna lakukan adalah, membaca sekilas deretan judul link artikel tersebut. Mungkin dari 1 sampai 10 judul artikel. Kemudian, ia akan memilih mana judul yang paling menarik dan sesuai dengan kata kunci yang ia ketik tadi.

Sudut pandang user terhadap judul artikel ini bisa dilihat berdasarkan kriteria berikut ini:

  1. Judul artikel menarik dan memikat
  2. Judul artikel mengandung kata kunci yang ia cari
  3. Judul artikel mewakili konten yang menarik
  4. Berharap akan menemukan informasi yang ia cari dari judul tersebut.
  5. Berharap mendapatkan konten yang menarik sesuai dengan judulnya.
  6. Berharap judul artikel tidak menipu isi artikel.

Dari sudut pandang user tersebut, Anda sebagai penulis bisa memahami kriteria user tersebut yang menjadi patokan dalam membuat judul dan isi artikel yang menarik sesuai harapan pengguna atau calon pembaca tersebut.

Judul Mampu Menghipnotis User

Sebuah riset mengatakan, judul pada halaman yang dioptimasi dengan baik dan menarik, lebih mendapatkan banyak pengunjung ketimbang halaman yang memberikan judul biasa.

Baca juga, Trend SEO 2019 Wajib Anda Pahami Untuk Mendominasi Mesin Pencari

Menurut riset Garrett Moon dari CoSchedule, konten dengan judul yang menarik akan mendapatkan jumlah share yang banyak di media sosial bahkan sampai 10 kali lipat.

Jadi pembuatan dan optimasi judul bukan asal-asalan. Ketika judul memiliki daya pikat yang kuat, maka akan menghipnotis pembacanya. Contoh judul artikel yang mampu menghipnotis user :

1. Judul Mengandung Pertentangan atau Perbandingan

Judul yang dibuat tersebut adalah mengambil konsep perbandingan yang mengambil sisi kekurangan atau kelebihan, keuntungan dan kerugian dan lain sebagainya. Contohnya :

  • 5 Dampak positif dan negatif membiarkan anak menonton Youtube
  • kelebihan dan kekurangan WhatsApp Bisnis
  • 5 keuntungan dan kerugian beriklan di Google Adwords.

Masih banyak lagi contoh judul yang mengambil konsep perbandingan lainnya. Anda bisa mengandalkan konsep ini dalam membuat judul artikel Anda untuk menghipnotis pembaca.

2. Tips dan trik

Konsep judul selanjutnya adalah mengandung tips dan trik, cara, ataupun tutorial mengenai sesuatu yang dapat menghipnotis pembaca. Pembaca atau user biasanya mencari informasi dan memilih artikel yang berisi panduan untuk menyelesaikan masalah yang ia cari.Contohnya :

  • Panduan Lengkap Dan Mudah Membuat Blog Bagi Pemula
  • Tips Ampuh Mengatasi Jerawat Terbaru
  • Cara Jitu Optimasi Website Untuk Mendapatkan Ranking Teratas Di Google

3. Buka Rahasia

Contoh judul yang menghipnotis pembaca, ‘Buka Rahasia mendapatkan jutaan dengan cepat tanpa modal!’ Judul tersebut barangkali akan menghipnotis user dan membuatnya penasaran untuk segera membuka tautan dan membacanya. Umumnya, orang akan penasaran dengan judul yang berisi bongkaran rahasia atau cara instant untuk memecahkan sebuah masalah. Hal tersebut dirasa lebih menarik dibanding dengan mencari informasi dengan judul yang mengandung cara biasa. Contoh lainnya seperti :

  • Rahasia Mendapatkan Keuntungan Dari Traffic Gratisan Dalam 1 Jam Saja
  • Rahasia Agar Blog Menjadi ranking 1 di Google
  • Bongkar Rahasia Pebisnis Ini Mendapatkan Jutaan Dalam Sehari Saja

4. Humor dan menyindir

Selipan humor dan menyindir bisa menjadi salah satu ide membuat judul yang menarik dan mampu menghipnotis pembaca. Ketika pembaca tersenyum atau bahkan tersindir melihat judul tersebut, maka judul yang dibuat dengan konsep tersebut memberikan kemenangan telak bagi Anda sang penulis. Pembaca akan penasaran dan membaca konten yang Anda buat dengan judul tersebut. Contoh judul humor dan menyindir :

  • Cara ngepet nyari keuntungan rupiah dengan hitungan jam
  • Syahrini Berbulan Madu Manja Dengan Suami, Luna Maya Gigit Jari
  • 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Berhenti Menonton Drama Korea

5. Menggunakan Kalimat Negasi (Bernada Negatif)

Negasi adalah salah satu bentuk kata negatif, tujuaan membuat judul bernada negasi ini untuk mengundang rasa penasaran pembaca dengan konsep menarik rasa ingin tahu akan ketidakbenaran judul tersebut. Tips membuat artikel dengan judul kalimat negasi ini adalah memberikan informasi dan solusi yang memuaskan berbanding terbalik dengan judul tersebut. Contoh judul menggunakan kalimat negasi:

  • Inilah ciri ciri Tubuh Kamu Yang Harus Mendapatkan Detok
  • Benarkah Facebook akan di tutup? Ini Dia Pernyataan Pendiri Facebook
  • Inilah Tanda – Tanda Jualan Online Yang Tidak Laku

Membuat Judul yang Memikat Pembaca

Strategi-Membuat-Judul

Memancing pembaca dengan memberikan headline judul menarik harus memikat pembaca supaya ia membuka link judul yang kita buat di halaman website. Bukan hanya memikat, namun judul tersebut harus sesuai dengan konten dan memberikan rasa puas atas informasi yang diberikan melalui konten. Apa saja prinsip membuat judul yang memikat pembaca ini, ikuti hal hal berikut :

1. Waspadai Kesalahan Ini

Bedakan antara‘topik’ dengan ‘judul’. Topik berbeda dengan judul. Ketika topik adalah kata kunci, maka judul adalah cara mempermanis topik tersebut untuk menarik pembaca.

Kesalahan yang paling sering dilakukan oleh penulis adalah membuat topik tersebut menjadi judul konten. Contoh jelasnya :

Contoh Topik:

  • Cara mengatasi jerawat
  • Cara membuat surat lamaran kerja
  • Cara optimasi SEO website
  • Cara belajar bermain gitar, dll.

Jika Anda sering menggunakan topik tersebut untuk membuat judul, maka hal tersebut sepatutnya tidak akan menarik perhatian pembaca. Anda harus bisa membedakan topik dan judul. Topik itu bersifat umum, namun judul bersifat spesifik. Cara membuat judul adalah dengan mengolah kata kunci sebuah topik yang dipermanis dengan kata-kata Anda sendiri.

Contoh judul berdasarkan topik diatas:

  • Lakukan 4 hal ini dalam 30 menit sehari untuk mengatasi jerawat
  • 5 Tips membuat surat lamaran kerja yang dijamin diterima perusahaan
  • Cara jitu optimasi SEO website bagi pemula
  • Panduan bermain gitar untuk pemula sampai mahir dalam seminggu

Terlihat perbedaanya bukan! Bukan karena judul lebih panjang, namun judul ini adalah nilai tambah bagi sebuah topik yang menjadi kata kunci yang akan pembaca cari. Jadi kesalahan penulisan topik yang dikira judul ini sebaiknya dihindari penulis.

2. Berikan Manfaat Pada Pembaca

Pembaca akan meluangkan waktunya sekitar 3 sampai 5 menit untuk membaca tulisan Anda. Jadi, jangan sia-siakan waktu yang mereka buang ini dengan memberikan konten yang asal-asalan.

Karena tujuan pembaca membaca artikel Anda adalah ingin solusi dan manfaat yang didapat. Pembaca ingin mendapatkan informasi, solusi, pengetahuan atau bahkan hiburan dari artikel yang Anda tulis. Jadi membuat judul juga sebaiknya langsung menjelaskan manfaat yang akan mereka dapatkan pada artikel yang dibaca. Contoh judul artikel yang sekaligus mewakili manfaat yang akan diterima pembaca:

  • 5 Cara Kreatif Membuat Konten video Youtube Yang Menarik
  • 10 cara Promosi Jualan Kreatif Melalui Instagram

Judul – judul tersebut tentu mewakili apa yang akan mereka baca selanjutnya. Yaitu isi konten yang memuat cara-cara atau langkah-langkah sesuai yang dijanjikan pada judul tersebut. Pembaca lebih menyukai bacaan informatif yang memberikan manfaat yang menginspirasi mereka dalam memecahkan sebuah masalah.

3. Gunakan Angka Pada Judul

Judul yang menarik pembaca adalah judul yang spesifik. Seperti contoh diatas yang menggunakan angka pada judulnya, maka hal tersebut juga menjadi kriteria tips pembuatan judul yang menarik. Judul yang bagus adalah judul yang spesifik.

Teknik penggunaan angka ini biasanya dapat meningkatkan jumlah pembaca, karena pembaca tertarik dengan angka yang spesifik akan memberikan jumlah manfaat seperti yang dijanjikan judul. Contoh ‘10 cara mengatasi jerawat yang ampuh terkini’, dari judul tersebut pembaca tertarik dengan angka judul dan penasaran dengan 10 cara yang dijanjikan tersebut.

Oleh karena itu, karena pemakaian angka tidak boleh sembarangan dan terlalu umum. Untuk membuat judul dengan angka lebih terlihat spesial dan menarik, ini dia triknya.

  1. Gunakan angka di tengah judul artikel, contoh: “Teknik SEO Website – 5 strategi yang bisa Anda lakukan pada website”
  2. Gunakan pertanyaan, contoh : “ 20 resep bolu panggang nikmat di Indonesia – yang mana favorit anda?”
  3. Gunakan langkah-langkah, contoh : “ 7 langkah membuat konsep video tutorial di Youtube.”
  4. Gunakan angka super lengkap, contoh : “30 alasan mengapa kulit wajah terkena jerawat”

Pemakaian angka pada artikel ini sering disebut artikel jenis listicle/daftar. Judul dengan jenis listicle ini lebih disukai pembaca dan lebih menarik pengunjung atau pembaca pada halaman website.

4. Bangkitkan Emosi Pembaca

Judul yang menarik juga harus mampu membangkitkan atau menggugah emosi pembacanya. Hal ini tak lain adalah bertujuan untuk menarik perhatian pembaca supaya mau membaca artikel yang ditulis. Judul yang mampu menggugah emosi pembacanya, akan medapatkan jumlah klik pembaca berkali lipat dari judul biasa. Contoh judul yang dimaksud:

  • Wow! Lihat transformasi perubahan artis berbadan gemuk menjadi lansing ini!
  • Bikin gemas! Lihat aksi hewan lucu ini yang bikin Anda ketawa
  • Anda gagal diet? Ini dia 10 kesalahan umum yang sering dilakukan pelaku diet

Jadi judul-judul tersebut mampu menggugah perasaan seperti :

  • Heran dan terkejut
  • Rasa penasaran/bertanya-tanya
  • Galau/khawatir
  • Empati
  • Bahagia

Dengan mengetahui jenis perasaan yang dapat menggugah emosi pembaca, Anda bisa mengincar judul menarik dengan konsep tersebut.

5. Cara Terbaik Untuk Membuat Pembaca Merasa Terlibat

Cara terbaik untuk membuat pembaca merasa terlibat dalam judul dan artikel yang akan dibaca adalah dengan mengajukan pertanyaan. Judul yang mengandung pertanyaan ini akan membuat pembaca membayangkan situasi pada konten artikel di kepala mereka. Sebagai efek dari judul yang mengandung pertanyaan tersebut, akan membangun rasa penasaran pembaca dan mencari tahu masalah dengan mencari jawaban pada artikel yang dibaca.

  • Apakah Jualan Online Anda Masih Sepi Pembeli? Mungkin 3 Hal ini penyebabnya
  • Apakah Anda masih melakukan trik nakal membuat konten di Youtube? Ini dia 5 dampaknya
  • Blog Anda masih belum kebanjiran traffic pengunjung? Ini dia penyebabnya

Meskipun cara ini sangat efektif untuk menarik perhatian pembaca, penggunaan pertanyaan ini juga perlu kehati-hatian penulisnya. Jangan memberikan judul pertanyaan yang berbalik dengan isi konten. Karena pertanyaan yang dibangun pada judul adalah untuk memberikan jawaban ‘ya’ atau mengatasi solusi permasalahan yang dimunculkan pada judul.

Contoh Judul Yang Memiliki Konversi Klik Tinggi

Berikut ini adalah contoh judul-judul artikel yang memiliki konversi klik tinggi yang menarik banyak pembaca.

  1. 5 Cara Gila Untuk Meningkatkan Penjualan Online di Facebook
  2. Rahasia Mendapatkan iphone dengan Harga Terbaik
  3. Smartphone Terbaik Dengan Harga Di Bawah 3 Jutaan
  4. Apakah Kamera Olympus Terbaru Pantas Dibeli?
  5. Fakta dan Mitos Seputar Jerawat
  6. Semua yang Harus Anda Tahu Untuk Mendapatkan Smartphone Lebih Murah
  7. Top 10 Tips Untuk Berdiet Sehat
  8. Ini Dia Manfaat Spirulina yang Belum Anda Ketahui
  9. 10 Penipuan Transaksi Online dan Cara Menghindarinya
  10. 10 Alasan Mengapa Anda Harus Berjualan Online

Format judul tersebut bisa Anda rubah sesuai dengan judul yang Anda ingin buat. Contoh-contoh diatas hanyalah sebagian kecil dari contoh judul artikel yang biasanya menarik banyak pembaca.

Kesimpulan

Untuk membuat judul yang menarik, Anda harus mempertimbangkan konten yang juga harus sesuai dan mempunyai manfaat sesuai judulnya. Judul artikel yang menarik harus mampu memberikan manfaat dengan isi konten yang informatif yang memuaskan pembacanya.

Baca juga, Metode Dasar Meningkatkan Kekuatan SEO Pada Website

Pemilihan judul yang kreatif dan menarik tentunya akan menarik lebih banyak pengunjung untuk berkunjung pada halaman website yang Anda punya. Dengan begitu setiap klik pembaca akan memliki konversi yang menguntungkan bagi si pemilik website itu sendiri.

Perhatika judul yang disukai dan yang tidak disukai pembaca. Pilihlah judul favorit dan populer untuk dijadikan contoh dan refrensi Anda membuat artikel dengan judul bertema yang sama.