Cara Membuat Iklan di Instagram

Instagram Ads: Cara Membuat Iklan di Instagram

Cara membuat instagram ads – Berjualan lewat Instagram merupakan salah satu trend masa kini. Selain karena Instagram merupakan tempat kumpulnya para milenial untuk berbagi photo mereka, Anda juga dapat menjadikan mereka sebagai target market untuk produk Anda.

Sebenarnya jualan juga bisa dilakukan dengan optimasi akun Instagram pribadi. Banyak diluaran sana, kursus yang mengajarkan cara jualan lewat Instagram organik(tanpa berbayar). Salah satu materi mereka adalah tentang optimasi gambar dan hastag. Hastag ini sendiri merupakan bagian dari algoritma Instagram untuk memudahkan pencarian.

Hal-hal yang Perlu Di Siapkan Sebelum Beriklan

Sebelum menjalankan iklan Instagram, akun Instagram harus sudah memiliki follower dan postingan terlebih dahulu. Baik berupa photo atau video pendek. Konten photo ini nantinya akan ditayangkan sebagai bagian dari iklan. Jadi pastikan untuk memilih gambar terbaik dengan kualitas high resolution, sebagai daya tarik kepada para pemirsa yang melihat iklan Anda.

Pahami juga tujuan iklan Anda, apakah ingin mendapat pembelian, visitor website, private message atau hanya ingin branding akun dan mendapatkan penambahan jumlah follower Instagram. Dengan mengetahui tujuan beriklan, maka dapat mengurangi resiko kegagalan iklan alias boncos.

Langkah-langkah Membuat Iklan Menggunakan Instagram

Setelah semua persyaratan beriklan selesai, langkah selanjutnya adalah memastikan profil akun Instagram terlihat profesional agar meyakinkan orang-orang yang akan datang berkujung nantinya. Salah satu caranya agar terlihat profesional adalah dengan menggunakan logo atau photo yang mewakili usaha Anda. Gunakan jasa desain logo jika tidak memiliki kemampuan desain grafis.

Baca juga, Waktu Paling Efektif Posting Gambar di Instagram

Kita anggap saja semua sudah selesai dan siap. Masuk menu Akun Instagram dan temukan tombol Promosi pada halaman profil dan klik pada tombol tersebut, untuk menuju halaman pengaturan promosi. Biasanya menu iklan / promosi ini tidak akan tampil setelah menekah tombol Promosi, jika akun Instagram yang digunakan belum memiliki gambar atau video yang pernah dipublikasikan.

Menu Profile Untuk Iklan Instagram

Langkah beriktunya jika telah tampil halaman promosi, klik pada tombol Buat Promosi lalu pilih salah satu postingan yang Ingin dipromosikan. Pastikan terlebih dahulu gambar, deskripsi, hastag dan nomer kontak yang akan diiklankan sudah maksimal atau terbaik, agar memiliki klik pada link deskripsi dan konversi yang tinggi saat pemirsa Instagram melihat iklan sehingga merasa tertarik untuk melakukan beberapa aksi sesuai dengan tujuan iklan dibuat.

Halaman Promosi Iklan Instagram

Pilih salah satu postingan Anda, dengan melakukan klik pada gambar yang berada pada bagian atas dimana postingan-postingan sebelumnya tampil secara berderet dan berurutan. Setelah memilih lalu klik tombol panah bagian atas untuk melanjutkan menuju langkah berikutnya.

Memilih Gambar Untuk Iklan Instagram

Berikutnya akan tampil halaman tujuan. Ini merupakan halaman goals dari sebuah iklan yang akan dijalankan. Instagram sendiri menyediakan 3 pilihan tempat untuk aksi yang akan diarahkan saat iklan Anda tampil dan diklik. Pilihan pertama yaitu Profile Anda, ini akan membuat setiap orang yang klik iklan akan membuka profil Anda.

Halaman Tempat Iklan Instagram

Cantumkan bio yang menarik dan kontak Whatsapp dalam format link yang bisa memudahkan orang yang datang ke profil Anda, agar melakukan klik link yang ada pada deskripsi Anda. Pilihan pertama ini juga sangat mempercepat untuk menaikan jumlah follower. Lalu pilihan kedua adalah Situs Web Anda. Dengan memilih menu Ini maka pengujung yang klik iklan dapat kita arahkan menuju halaman penawaran (landingpage) atau toko online milik kita.

Halaman Url Situs untuk Iklan Instagram

Pilihan kedua Ini cocok untuk memperkenalkan brand atau menambah traffic website. Jika memilih website maka Anda perlu memasukan url situs web Anda yang akan diiklankan. Kemudian pilih salah satu tombol tindakan yang tersedia seperti Pelajari selengkapnya, beli sekarang, tonton lainnya, hubungi kami, pesan sekarang dan daftar. Kemudian terakhir menu pesan direct Anda.

Dengan memilih menu ini, orang yang klik pada iklan akan langsung mengirim pesan menuju chat akun Anda atau lebih dikenal dengan istilah DM (private message). Saat semua sudah siap atau telah memilih salah satu tujuan iklan Anda, lanjutkan dengan menekan tombol panah pada bagian atas pojok kanan.

Pilih Pemirsa Target Iklan Instagram

Pada bagian halaman pilih pemirsa target, ini memiliki list permirsa untuk menentukan jenis dari orang-orang yang akan kita target oleh iklan Instagram yang akan kita buat. Jika memilih pilihan otomatis, maka algoritma Instagram akan mencari orang-orang yang mirip dengan follower akun Instagram yang kita gunakan. Namun hal ini tidak disarankan bagi akun baru yang belum memiliki follower tertarget.

Target Pemirsa Iklan Instagram

Lalu kita juga bisa membuat pemirsa versi kita dengan melakukan klik pada tulisan Buat Milik Anda Sendiri. Berikan nama pemirsa, lokasi berupa wilayah atau kota, minat seperti hobi atau ketertarikan dan terakhir memilih rentang usia dari target market iklan yang akan dibuat. Ketikan kata kunci pada lokasi dan minat untuk mempercepat proses pencarian.

Membuat target iklan atau pemirsa sendiri

Sedangkan untuk usia tarik dan geser kedua titik untuk merubah rentang usia dan pada bagian jenis kelamin pilih jenis kelamin semisal laki-laki dengan melakukan klik aktif ditandai warna biru aktif, lalu simpan dengan melakukan klik pada icon done pada bagian atas pojok kanan.

Tahapan berikutnya untuk mengatur anggaran dan durasi iklan tayang setelah dijalankan untuk pertama kali. Tarik titik biru pada anggaran menuju arah kanan jika ingin menambah budget harian dan sebaliknya menuju arah kiri untuk mengurangi jumlah budget harian iklan. Pada durasi juga berlaku demikian geser titik biru untuk menambah dan mengurangi jumlah hari untuk penayangan iklan.

Pengaturan anggaranPengaturan anggaran data atau Budget dan durasi tayang iklan

Setiap kali anggaran dan durasi diubah, maka jumlah perkiraan jumlah jangkauan pemirsa Instagram yang dapat melihat iklan akan menyesuaikan, bisa saja naik dan bisa turun. Semakin spesifik maka jumlah range orang yang dapat dijangkau biasanya akan semakin mengecil. Jika anggaran dan durasi sudah siap klik tombol panah bagian atas untuk melanjutkan.

Instagram akan mengarahkan menuju halaman tinjauan detail berisi deskripsi lengkap terkait iklan yang telah kita buat dan siap untuk dipromosikan. Sebelum menekan tombol buat promosi, telebih dahulu pastikan untuk mengecek saldo yang tersedia. Karena jika tidak ada saldo maka iklan tidak bisa tayang alias tidak akan disetujui.

Baca juga, Alogaritma Instagram, Ketahui Cara Kerja dan Perkembangannya

Cara menambahkan biaya iklan dengan cara klik tambahkan uang pada tulisan diatas tombol buat promosi. Saat halaman tambah uang muncul, masukan jumlah nominal uang iklan yang ingin diisi. Misalkah mau isi saldo 100 ribu maka cukup ketikan 100000 dan pilih metode pembayaran dengan cara klik pada tombol tambahkan metode pembayaran.

Menambah metode pembayaran dengan debit

metode pembayaran

Melalui menu tambah metode pembayaran hanya tersedia kartu kredit atau debit baru sebagai alat pembayaran iklan. Namun, jika ingin mengisi menggunakan saldo Paypal pastikan untuk mengisi saldo melalui menu pengaturan -> pembayaran -> metode pembayaran dan pilih Paypal. Isikan alamat email akun Paypal yang sudah terdaftar dan ikuti petujuk selanjutnya.

metode pembayaran menggunakan Paypal

Saat metode pembayaran sudah siap, maka kembali kemenu detail iklan dan klik pada tombol buat promosi. Buka kembali menu promosi lewat menu profil dan Anda akan mendapati iklan sedang dalam proses peninjauan dahulu. Selama proses ini, Anda dapat menghapus iklan jika terdapat kesalah pengaturan pada bagian sebelumnya.

Iklan Instagram Dalam Tinjauan

Kita telah banyak membahas alasan kita menggunakan Instagram untuk mempromosikan usaha salah satunya karena memang Instagram berisikan anak-anak muda yang doyan eksis. Namun sebelum beriklan juga kita telah membahas hal-hal apa saja yang harus dipersiakan agar hasil iklan menjadi maksimal. Tidak lupa juga terdapat langkah-langkah beriklan disertai dengan penjelasan dan gambar lengkap setiap langkah-langkahnya.

Baca juga, Cara Memaksimalkan Jualan Online dari Instagram

Jika artikel ini memberimu banyak insight atau wawasan yang bermanfaat, silahkan bagikan ke semua teman-teman kamu, agar mereka mendapatkan manfaat yang sama dengan kamu saat telah mempraktikan cara ini.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − 18 =