Cara Membuat Fanspage Facebook Untuk Bisnis

Bagi Anda yang menggunakan Facebook sebagai salah satu media sosial sehari-hari pasti tidak asing dengan namanya group atau halaman fanspage. Fanspage sedikit berbeda dengan akun personal. Pada akun personal Anda dibatasi hanya 5000 pertemanan. Sedangkan fanspage, tidak mengenal istilah teman tetapi lebih ke pengikut atau disebut follower.

Jika menggunakan akun Facebook personal, postingan gambar atau text yang Anda kirim hanya akan tampil pada beranda teman Facebook yang sering melakukan interaksi dengan akun Anda. Sedangkan fanspage, postinganya akan muncul diseluruh akun orang-orang yang telah melakukan like dan follow fanspage tersebut.

Keuntungan Memiliki Fanspage Facebook

Fanspage sangat mudah dibuat bagi orang-orang yang telah terbiasa mengunakanya sebagai alat promosi bisnis. Namun banyak juga tokoh-tokoh dari berbagai bidang yang memperkenalkan diri mereka melaui fanspage Facebook. Jadi keuntungan yang sangat dirasakan oleh pemilik fanspage Andalah banyaknya pengguna Facebook yang dapat dijangkau dengan sekali posting.

Tentu saja, jika hal tersebut digunakan untuk menunjang bisnis atau menginformasikan produk yang Anda jual, bisa berdampak pada meningkatnya omset dan profit bisnis Anda tanpa perlu banyak mengeluarkan biaya iklan. Setelah mengetahui informasi tentang manfaat dari fanspage Facebook di atas, pasti Anda mulai berpikir untuk segera membuatnya dan menjadikan salah satu sumber promosi untuk bisnis Anda bukan.

Langkah-langkah Membuat Fanspage Facebook Bisnis

Sebelum melangkah lebih jauh tentang proses pembuatan fanspage, alangkah baiknya jika Anda mengenal 2 macam cara membuat fanspage Facebook. Mungkin jika Anda pernah menonton video edukasi terkait Facebook, akan menemukan beberapa kebingung dikarenakan ada beberapa tahapanya sedikit agak berbeda.

Sebenarya, perbedaanya tidak jauh. Karena ada memang panduan yang ada di internet membuat fanspage menggunakan akun personal atau kita sebut jasa fanspage biasa. Sedangkan pada panduan ini, kita akan membuat fanspage menggunakan akun bisnis manager dari Facebook. Jadi pastikan sebelum mengikuti panduan ini, Anda sudah memiliki akun bisnis manager. Kalapun belum ada, silahkan membuatnya terlebih dahulu karena prosesnya tidak sulit dan memakan waktu yang lama.

1. Buat Fanspage Facebook Anda

Sebagai langkah awal membuat akun fanspage Facebook, pastikan Anda telah login menggunakan akun personal Facebook terlebih dahulu, kemudian membuka akun bisnis manager mliki Anda.

Halaman Bisnis Facebook

Setelah masuk ke akun bisnis manager, Anda akan menemukan daftar list dari akun iklan dan fanspage yang telah dibuat sebelumnya. Tentu saja tampilan akun bisnis manager Anda akan sedikit berbeda jika belum pernah digunakan untuk membuat fanspage atau akun iklan. Sebagai informasi tambahan juga, bahwa satu akun bisnis manager bisa mengelola lebih dari satu fanspage dan banyak akun iklan.

Menu akun bisnis manager ini juga menampilkan statistik penguna facebook yang telah di jangkau oleh fanspage yang telah kita buat. Anda dapat melakukan filter pada menu akun bisnis manager untuk melihat jumlah jauangkaun fanspage dalam kurung waktu seminggu, sebulan dan setahun.

2. Membuka Menu Pengaturan Bisnis Manager

Cara masuk ke dalam halaman pengaturan akun bisnis manager adalah dengan melakukan klik pada icon yang menyerupai gir terletak pada pojok kanan atas di halaman pengelola bisnis. Setelah melakukan klik dengan benar akan menampilkan banyak menu yang telah dikelompokan oleh Facebook berdasarkan fungsinya.

Menu Pengaturan Bisnis Facebook

Namun kita hanya berfokus pada pembuatan halaman, jadi silahkan klik langsung pada menu akun => halaman.

Menu Halaman pada Akun Bisnis

3. Menu Halaman Facebook Bisnis Manager

Setelah tampil menu halaman, lanjutkan dengan klik tombol tambahkan lalu buat halaman baru untuk menyelsaikan proses pembuatan halaman bisnis pertama Anda.

Pilih Jenis halaman baru

Jika langkah ini sudah benar, maka akan muncul sebuah dialog untuk memilih jenis kategori sesuai dengan kategori fanspage bisnis yang ingin Anda buat. Sebagai contoh mudah, silahkan pilih pada kategori tempat atau bisnis lokal.

Memilih Kategori halaman

Sampai tahap ini pembuatan fanspage facebook belum selesai. Langkah selanjutnya adalah mengisi data lengkap terkait usaha Anda berupa nama halaman, kategori, alamat , kota dan kode pos kemudian pilih buat halaman untuk menyelsaikan proses sampai selesai atau klik batalkan untuk kembali.

Mengisi form data lengkap usaha

4. Mengelola Pengguna Dan Hak Akses Akun Bisnis Manager

Saat fanspage sudah selesai di buat, Anda dapat mulai mengganti photo profil, mengganti cover dan mengisi konten seperti photo, status text dan video. Akun bisnis manager juga telah menyiapkan menu untuk menambah pengguna facebook lain, jika Anda berkeja sebagai sebuah tim.

Silahkan atur hak akses masing-masing pengguna agar jika berkeja dalam sebuah tim. Selain itu juga terdapat menu untuk tambah mitra. Biasanya menu ini akan sangat berguna bagi Anda yang bekerja sebagai jasa pengiklan untuk usaha orang lain.

menu tambah pengguna pada akun facebook manager

Anda juga dapat menghapus halaman yang baru selesai dibuat dengan cara klik pada halaman yang ingin dihapus,kemudian cari tombol hapus yang terletak sebelah kiri dari tombol tampilkan halaman.

5. Mengganti Photo dan Cover Fanspage Facebook

Mengganti photo profile fanspage caranya sama dengan saat mengganti photo profile akun personal. Mengganti cover fanspage dapat dilakukan dengan cara klik pada icon camera lalu pilih unggah photo / video dan temukan lokasi gambar yang ingin di upload lalu klik open.

Sedangkan untuk mengganti photo profil fanspage, klik tulisan update pada photo profil pilih lokasi gambar dan pilih open sampai proses selesai. Photo profil dan cover menjadi hal yang perlu perhatian lebih terutama masalah ketajaman photo, kercerahan dan resolusi yang bagus agar tampilan fanspage yang Anda terlihat profesional.

Mengganti Photo Profile dan Cover

Photo cover fanspage ini bisa berisi dengan photo produk, alamat dan kontak wa agar orang yang tertarik saat berkunjung ke halaman bisnis Anda dapat dengan mudah menghubungi Anda sewaktu-waktu.

6. Menambah Tombol Hubungi Kami

Facebook fanspage sendiri menyediakan beberapa pilihan tombol button yang bisa Anda gunakan sesuai dengan jenis bisnis Anda. Beberapa tombol tersebut seperti memesan layanan, belanja, install aplikasi playstore, selengkapnya dan terakhir menu menghubungi Anda.

Pada contoh kali ini kita akan membuat aksi saat ada yang melakukan klik pada tombol hubungi kami maka akan di arahkan menuju website atau toko online yang Anda kelola. Caranya cukup mudah, silahkan klik pada logo pencil di bagian button yang berwarna biru.

Menambah Tombol Hubungi Kami

Kemudian, pada menu menghubunggi Anda pilih hubungi kami dan masukan alamat situs yang mengarah ke toko online Anda lalu simpan dan klik selesai.

7. Menambah photo produk dan deskripsi text

Fitur fanspage sendiri sangat lengkap, mulai dari posting gambar, posting text dan video serta bisa menambahkan beberapa emotion untuk membuat kesan lebih ramai dan hidup. Berikut langkah-langkah untuk update status dengan menggunakan text. Klik pada tulis postingan kemudian masukan “Selamat Datang J “ dan klik bagikan sekarang untuk melakukan publish status tersebut.

Update status text

Update status berupa gambar dan video juga sangat mudah dilakukan, silahkan klik pada menu tulis postingan kemudian pilih photo/video dan temukan lokasi photo atau video yang ingin Anda bagikan. Jika sudah menemukan photo tersebut pilih dengan cara klik open dan tunggu sampai proses upload selesai. Langkah terakhir silahkan klik pada tombol bagikan sekarang.

Update status gambar

Gunakan juga menu siaran langsung agar kegiatan usaha Anda dapat dilihat oleh orang yang sedang online menggunakan Facebook. Cara ini banyak di pakai untuk meningkatkan kepercayaan calon costumer agar tidak ragu saat berbelanja. Informasikan juga kegiatan Anda dengan menu peristiwa semisal ada event seminar dan launching buku.

Manfaatkan facebook fanspage untuk menambah penghasilan, baca: cara jualan di facebook

Terakhir gunakan menu promosi untuk menarik perhatian para pembeli jika bidang usaha Anda bergerak dalam bidang jual beli produk fashion dak kebutuhan bulanan rumah tangga.

Demikian tutorial kali ini. Kita telah mengetahu manfaat memiliki akun fanspage bisnis dan banyak belajar cara membuat halaman Facebook menambah tombol dan terakhir menambah konten untuk keperluan promosi.

Baca juga: cara membuat iklan di facebook

Jika Anda menemukan banyak manfaat, silahkan share postingan ini ke sosial media Anda agar dapat membantu banyak orang. Sesekali gunakan juga iklan berbayar untuk mengundang banyak orang yang memliki ketertarikan pada produk Anda yang telah tersedia pada fanspage yang Anda miliki.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 + 9 =