Cara Membuat Email Terbaru

Cara Membuat Email Gmail Baru di HP

Memiliki akun email merupakan sebuah kewajiban saat ini. Bagaimana tidak, untuk bisa menggunakan sosial media seperti Facebook, Instagram dan Twitter pasti memerlukan email pada saat mendaftar pada situs sosial media tersebut.

Cara kerja email itu sendiri cukup sederhana. Kita dapat bertukar konten dengan orang lain seperti mengirim gambar, text dan video hanya menggunakan alamat email yang telah kita buat atau miliki saat ini.

Kami akan memberikan langkah-langkah dan panduan praktis membuat akun email yang dapat Anda coba sendiri dari rumah atau kantor tempat kerja saat ini. Pastikan Anda mengikuti panduan ini dengan benar dan teliti, agar tujuan utama membuat email pertama Anda sukses tanpa mengalami banyak kegagalan.

Tutorial Membuat Email di Gmail

Sebelum melangkah lebih jauh ke bagian teknis atau cara membuat email, maka terlebih dahulu Anda harus kenal atau familiar dengan namanya Gmail.

Gmail itu sendiri merupakan sebuat platform miliki Google yang dapat Anda gunakan secara gratis tanpa perlu membayar biaya bulanan ataupun biaya tahunan. Selain Gmail, ada juga platform lain seperti Yahoo dan Bing, namun yang paling populer adalah Gmail.

Faktor yang membuat Gmail sangat populer, karena tampilanya yang sangat nyaman dimata dan menu-menu untuk mengelola email sangat mudah dipahami bahkan jika Anda seorang pemula.

1. Membuka Halaman Utama Situs Gmail

Halaman Gmail dapat Anda akses dengan dua cara yang berbeda. Pertama dengan mengetikan lewat pencarian Google dengan kata kunci “gmail “ dan cara Kedua dengan mengetikan www.gmail.com pada bagian url browser baik dengan menggunakan browser Firefox ataupun menggunakan browser Google Chrome.

Silahkan pilih cara paling mudah menurut Anda, karena hasil dari kedua cara ini akan sama menampilkan halaman seperti pada gambar di bawah ini.

Baca juga, Panduan Lengkap Cara Beriklan di Facebook

Halaman Awal Create Gmail

Setelah halaman tampil persis seperti gambar, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya dengan cara klik pada tulisan Create an account atau buat akun jika anda menggunakan bahasa Indonesia.

Anda dapat merubah atau mengganti bahasa dengan memilih bahasa yang Anda sukai, pada halaman Gmail dengan melakukan scroll menuju halaman paling bawah dan ubah bahasanya paga bagian pemilihan bahasa.

Halaman Footer Gmail

2. Memulai Mendaftar Email Pertama Anda

Apakah Anda saat ini sudah sampai pada menu seperti yang ada pada gambar di bawah ini? Jika ya, maka kami ucapkan selamat karena Anda sudah berhasil mengikuti panduan ini dengan benar.

Halaman ini merupakan halaman yang penting bagi yang ingin memiliki akun Gmail baru. Beberapa data yang Anda butukan saat mendaftar email seperti nama depan, nama belakang, nama pengguna yang akan menjadi alamat email utama Anda nantinya. Pada bagian akhir jangan lupa mempersiapkan kata sandi untuk akun email Anda.

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam mengisi form pendaftaran email ini agar berjalan lancar.

  • Nama depan dan nama belakang ini bisa diisi menggunakan nama asli Anda yang tediri dari 2 suku kata. Jika kurang dari itu maka bisa menambahkan gelar atau nama tempat untuk mengiringi nama belakang.
  • Nama pengguna ini akan menjadi alamat email Anda nantinya. Pastikan saat Anda mengisi alamat email tidak terdapat peringatan berwana merah. Jika masih tetap muncul peringatan tersebut, gunakan kombinasi hufuf besar dan kecil atau bisa menambahkan angka agar alamat email menjadi unik.
  • Paga bagian kata sandi ini sangat penting untuk memilih kata yang mudah Anda ingat tapi sulit ditebak oleh orang lain. Jika ingin lebih Aman, jangan gunakan kata sandi yang sama dengan kata sandi yang telah Anda gunakan pada akun selain email ini.

Form Pengisian Data User

Agar lebih memudahkan memahami poin-poin di atas, berikut contoh mendaftar email yang benar. Pastikan semua inputan sudah siap lalu klik tombol berikutnya untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

Input Data Pembuat Akun

3. Mengisi Kontak dan Data Pribadi

Di menu ini, Anda harus memasukan nomer telepon, akun email pemulihan, data kelahiran dan jenis kelamin. Hal yang perlu menjadi perhatian adalah pada bagian alamat email pemulihan.

Meskipun hal ini termasuk sepele, namun sangat berguna pada saat Anda lupa dengan kata sandi akun email Anda. Pada saat melakuakn reset kata sandi baru akan dikirimkan menuju email alternatif yang telah dimasukan. Jadi pastikan Anda memasukan email yang masih aktif, boleh menggunakan email dari teman atau dari email lainnnya.

Input Nomor Telepon User

4. Verifikasi Nomer Telepon Aktif Pada Gmail

Ini adalah lanjutan dari menu yang sebelumnya. Jika sebelumnya Anda memasukan nomer handphone itu bukan berarti Gmail tidak memiliki maksud tertentu. Gmail memerlukan verifikasi nomer handphone (Hp), guna memastikan bahwa nomer tersebut benar-benar aktif.

Gmail sendiri menyediakan fitur kunci email yang dapat Anda aktifkan sewaktu-waktu saat memerlukanya. Fitur kunci atau pengamanan ini berguna meningkatkan privasi dan keamanan akun email Anda, agar tidak mudah diambil alih oleh orang yang tidak berkepentingan atau tidak bertanggung jawab.

Namun jika fitur tersebut diaktifkan maka Anda akan di minta untuk memasukan kode OTP (One Time Password) di mana kode tesebut hanya di kirim ke nomer handphone yang telah terdaftar saja. Tentu saja ini membuat orang lain tidak bisa secara sembarangan mengakses akun email Anda.

Verifikasi Nomor Telpon User

5. Privasi dan Persyaratan Pada Gmail

Gmail sendiri memberlakukan beberapa syarat kepada penggunaanya. Anda dapat membaca syarat dan ketentuan tersebut sebelum melanjutkan menuju halaman utama akun Gmail yang telah Anda buat.

Kebanyakan para pembuat email baru atau pemula sering mengabaikan bagian ini, padahal data tersebut berisi hal-hal penting terkait informasi hak dan kawajiban yang harus dipenuhi oleh pengunna Gmail.

Langsung saja klik Saya setuju jika Anda sudah mengerti dengan isi dari penjelasan yang telah dijabarkan oleh Gmail itu sendiri.

Ketentuan Layanan Pembuatan Email

6. Menu Utama Gmail untuk Kirim dan Terima Email

Setelah melewati beberapa langkah sebelumnya, Anda akan dibawa menuju halaman utama akun Gmail yang ditandai dengan tulisan selamat datang pada akun Gmail yang masih baru.

Klik pada tombol berikutnya hingga selesai untuk menyelsaikan menu tour atau panduan singkat terkait penggunaan menu pada Gmail. Beberapa menu utama pada Gmail yang harus Anda pahami, seperti kontak masuk berisi pesan yang datang dari pengguna lain, menu terkirim untuk melihat email yang telah Anda kirim sebelumnya dan menu draf untuk melihat pesan email yang masih berada dalam konsep.

Halaman Utama Akun Gmail

Terdapat juga menu bintang untuk menandai email penting atau email favorite. Terakhir terdapat menu ditunda untuk melihat daftar pesan yang akan dikirim secara terjadwal.

Jangan lupa sebelum menutup tab browser Gmail, pastikan Anda telah keluar dari akun Gmail dengan benar terlebih dahulu untuk menjaga keamanan dari penyalahgunaan dan caranya cukup mudah dan simple. Cukup arahkan kursor komputer menuju bagian pojok kanan atas dan klik pada bagian icon bulat yang berisi nama email Anda. Terakhir klik logout untuk mengakhiri sesion dari akun Gmail Anda.

Baca juga, Waktu Paling Efektif Posting Gambar di Instagram

Selamat menggunakan email baru Anda, semoga Anda terbantu dan menikmati proses belajar yang sangat menyenangkan pada hari ini.

Email Sudah Selesai Dibuat

Silahkan lakukan explore lebih jauh lagi, terkait menu yang tersedia pada Gmail secara mandiri atau dapat mengikuti panduan yang ada di internet, guna menambah kecakapan dan kemahiran Anda dalam menggunakan Gmail sebagai alat pengirim email sehari-hari.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty + twelve =