Cara Membuat Customer Memilih Anda

Cara Membuat Customer Lebih Memilih Anda

Dalam dunia pemasaran digital modern, strategi dalam menjaring customer telah mengalami perubahan. Saat ini, hanya customer potensial yang tertarik dan akhirnya memilih Andalah yang menjadi target utama strategi marketing modern. Nah, di sinilah letak tugas Anda untuk mencari tahu cara menarik pelanggan agar tertarik.

Jika kita diposisikan sebagai konsumen, tentu kita akan memilih produk atau jasa yang telah kita yakini bukan? Karena, kita telah yakin terhadap kualitas maupun kelebihannya. Untuk itu, diperlukan strategi agar pelanggan bisa yakin terhadap produk maupun layanan Anda. Sehingga, mereka memercayai lalu akhirnya memilih brand milik Anda.

Keyakinan konsumen terhadap suatu brand, secara tidak langsung akan mengerahkannya untuk menjadi seorang yang konsumtif (membeli produk maupun jasa yang ditawarkan pada mereka) tanpa harus kita bersusah payah meyakinkan kembali. Nah, hal semacam inilah yang akan memberi dampak positif terhadap revenue bisnis Anda.

Cara Meyakinkan Customer Agar Percaya Pada Anda

Agar customer mejatuhkan pilihannya pada brand Anda, maka langkah yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:

Cara Meyakinkan Calon Konsumen

Membangun Image Produk

Image produk memiliki pengaruh besar pada bisnis Anda. Dalam membangun image yang berkualitas di mata calon konsumen, Anda harus memberi informasi seputar kelebihan produk yang Anda tawarkan. Semakin banyak konsumen yang mengetahui kualitas produk Anda, maka peluang mendapatkan kepercayaan konsumen pun semakin besar.

Memberi Bukti Kepada Konsumen

Agar konsumen lebih percaya, berilah mereka fakta dan bukti mengenai kualitas dan keunggulan produk Anda. Bukti yang Anda berikan bisa berupa testimoni dari customer lain yang telah menggunakan produk maupun layanan Anda.

Selain itu, bisa juga dengan mengadakan demo secara langsung yang melibatkan calon konsumen. Cara ini juga merupakan sebagai strategi promosi yang jitu agar calon customer bisa melihat secara langsung kualitas maupun kelebihan produk Anda.

Menanamkan Image Brand Kepada Konsumen

Jika brand Anda sudah dikenal luas, maka konsumen pun akan yakin pada kualitas produk maupun layanan Anda. Hal ini dapat meningkatkan loyalitas konsumen terhadap produk maupun layanan yang ditawarkan kepada mereka.

Membangun Profil Digital yang Kuat dan Kokoh

Profil digital saat ini menjadi senjata yang ampuh untuk membangun brand. Dengan begitu, peluang  konsumen untuk menemukan bisnis Anda, dan datang kepada Anda pun semakin besar. Membangun profil digital bisa dilakukan melalui sebuah website, media sosial, dan lainnya. Dengan demikian, konsumen dapat dengan mudah menemukan perusahaan Anda melalui internet.

Baca juga:Cara Efektif Membangun Kepercayaan Konsumen Melalui Website

Memiliki Komunikasi yang Baik

Sebagai penjual yang selalu berhubungan dengan customer, Anda dituntut untuk bisa berkomunikasi dengan baik. Komunikasi adalah hal penting, agar customer dapat memahami penjelasan produk Anda. Komunikasi yang baik juga dapat membuat konsumen menjadi tidak ragu lagi untuk membeli/menggunakan produk maupun jasa Anda.

Tips Membuat Pelanggan Menjadi Loyal Terhadap Bisnis Anda

Cara Membuat Customer Loyal

‘Memilih’ saja tidaklah cukup, Anda pun harus tahu bagaimana cara membuat customer loyal terhadap bisnis Anda. Karena, pelanggan adalah aset terbesar di dalam sebuah bisnis. Pelanggan yang loyal, tentu mereka akan kembali datang untuk membeli/menggunakan produk maupun jasa Anda.

Untuk membuat customer menjadi loyal, akan lebih sulit dibandingkan mencari konsumen yang membeli produk Anda pertama kali. Customer yang loyal tidak hanya sebagai penghasilan tetap jangka panjang saja, mereka pun dapat menekan biaya promosi maupun marketing Anda.

Agar bisa mempertahankan pelanggan dan membuatnya loyal terhadap bisnis Anda, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Yaitu, membuat produk berkualitas dan terus melakukan inovasi untuk mengembangkan produk yang Anda miliki. Ketahuilah kebutuhan mereka, agar Anda bisa membuat inovasi baru.

Berikut ini akan kami paparkan beberapa tips yang bisa Anda implementasikan agar membuat pelanggan tetap loyal dan kembali membeli atau menggunakan produk Anda.

Mencari Tahu Apa yang Dibutuhkan Pelanggan

Untuk mempertahankan loyalitas pelanggan dalam waktu yang panjang, Anda harus mengetahui apa yang mereka inginkan. Apakah itu kualitas yang perlu ditingkatkan, ketersediaan jenis maupun warna, pelayanan yang lebih baik, dan lain sebagainya. Untuk mengetahuinya, Anda bisa langsung bertanya kepada mereka dengan suasana santai.

Jadilah pendengar yang baik bagi mereka. Dengarkan apa yang mereka sampaikan mengenai produk Anda, beserta apa yang mereka inginkan dari bisnis Anda.

Jika berbicara langsung dirasa tidak memungkinkan, lakukanlah melalui chatting, email, telepon, dan berbagai media lainnya. Dengarkan pelanggan secara cermat, dan jangan pernah sekalipun Anda memotong pembicaraan mereka.

Memberi Jaminan Garansi

Garansi adalah jaminan yang selalu dibutuhkan oleh konsumen. Terutama jika konsumen membeli produk dengan harga yang tinggi. Dengan memberi mereka garansi, maka kepercayaan mereka terhadap bisnis Anda akan meningkat. Contohnya, jika yang Anda jual adalah barang elektronik, beri mereka garansi selama 1 tahun. Atau bisa juga dengan memberi jaminan lain, seperti misalnya jika Anda menjual barang secara online, maka berilah jaminan pengembalian jika barang yang dikirim tidak original.

Selalu Memerhatikan Detail yang Kecil

Setiap orang sangat suka jika diberi perhatian. Terutama jika perhatian tesebut bersifat pribadi dan berarti bagi mereka. Salah satu contohnya adalah dengan memerhatikan tanggal ulang tahun customer. Lalu, ketika hari ulang tahunnya tiba, ucapkanlah melalui sebuah kartu ucapan, email, dan lainnya.

Selain itu, perhatikan juga tingkat kenyamanan customer pada saat mengunjungi toko Anda, baik toko konvensional maupun online.

Jangan Pelit Memberi Bonus Kepada Customer

Setiap orang pasti sangat senang jika diberi bonus. Terlebih, pelanggan di Indonesia begitu tertarik dengan yang namanya bonus. Berilah customer bonus dengan beberapa syarat, misalnya membeli 10 produk gratis 1.

Selain itu, Anda pun bisa memberi mereka bonus menarik berupa barang-barang. Misalnya, jika pelanggan Anda adalah ibu-ibu maka berilah mereka piring cantik, sedangkan jika customer adalah anak-anak berilah mereka mainan, dan seterusnya. Dengan memberi mereka bonus, tentu akan lebih mudah bagi Anda untuk membuat mereka loyal.

Buatlah Pembulatan Harga yang Condong ke Bawah

Kebanyakan perusahaan biasanya melakukan pembulatan harga ke atas. Yaitu berupa penambahan harga yang harus dibayar oleh customer. Misalnya, pelanggan harus membayar sebesar Rp.250.100, maka lakukanlah pembulatan ke bawah menjadi sebesar Rp.250.000. Pastikan juga pelanggan tahu bahwa Anda melakukan pembulatan harga ke bawah. Meski tidak seberapa, hal ini terbukti dapat memengaruhi psikologi customer, mereka akan merasa telah melakukan transaksi menguntungkan, sehingga mereka akan terus mengingatnya.

Menjalin Komunikasi Dengan Pelanggan

Menjalin Komunikasi dengan Bahasa yang Baik dan mudah Dimengerti

Jika berharap pelanggan Anda loyal kepada bisnis Anda, maka jalinlah komunikasi yang baik dengan pelanggan. Anda bisa secara berkala mengirimi mereka pesan melalui email, SMS dan lainnya untuk menanyakan kabar mereka. Anda pun bisa secara rutin mengirimkan artikel kepada mereka, hingga penawaran promo spesial yang sangat diinginkannya.

Baca juga: Etika & Cara Membangun Relasi Melalui Media Sosial

Demikian penjelasan tentang cara membuat customer agar lebih memilih Anda.  Melalui cara-cara yang telah dirangkum di atas, kami harap bisnis Anda dapat dengan mudah menjaring konsumen yang selalu loyal.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 2 =