Cara Jualan Online di Marketplace Tokopedia dan Bukalapak

Marketplace merupakan situs yang menjadi jembatan antara pembeli dan penjual Online dalam melakukan transkasi jual beli secara aman, cepat dan mudah. Hadirnya marketplace dapat mengurangi kasus penipuan jual beli lewat internet, sehingga hal ini di anggap angin segar bagi para pembeli untuk dapat membeli barang kesukaan mereka tanpa takut kehilangan uang.

Selain memberikan solusi bagi pembeli, hadirnya marketplace menguntungkan bagi orang-orang yang suka berjualan. Pasalnya kebanyakan toko online mati karena tidak bisa mencari sumber traffic pembeli untuk toko online yang mereka punya. Jadi marketplace membantu penjual untuk mendatangkan pembeli dan membantu mengamankan pembeli dari kasus penipuan lewat internet.

Keuntungan Adanya Marketplace Sebagai Media Promosi

Selain manfaat yang telah disebutkan pada tulisan diatas, kita akan melihat manfaat yang lebih luas dari adanya marketplace di Indonesia. Dengan mengetahui manfaat ini mungkin dapat merubah pandangan beberapa orang yang masih belum memulai berjualan lewat marketplace.

1. Mengumpulkan Pembeli

Marketplace sangat gencar melakukan promosi baik menggunakan media Televisi, Radio, Sosial Media maupun iklan berbayar seperti Facebook dan Google Adwords. Sehingga membuat banyak orang mendaftarkan diri sebagai bagian dari member pada marketplace tesebut. Member-member yang terdaftar ini sangat berpotensi sebagai pembeli untuk semua produk yang di pajang oleh para penjual.

2. Mencari Sumber Produk

Bagi anda yang kesulitan mencari stok jualan maka marketplace merupakan solusi terbaik. Bagaimana tidak, semua penjual baik yang besar maupun kecil berkumpul dan memasarkan produk mereka di sini. Sehingga menghasilkan produk yang unik dan bervariasi. Tidak hanya barang lokal, bahkan barang impor juga banyak disediakan di marketplace ini.

3. Rekening Bersama untuk Keamanan

Fasilitas ini merupakan unggulan dari berbagi marketplace untuk melindungi dana dari pembeli. Cara kerjanya saat pembeli melakukan pembelian dan mengirim uang sebagai pembayaran  uang dari pembeli  tidak langsung berpindah ke pedagang, tetapi uang tersebut ditahan oleh pihak marketplace dan akan dikirim ke pemilik barang atau penjual saat pembeli sudah menerima barang yang mereka pesan sebelumnya.

4. Promosi Dapat dilakukan Secara Gratis

Mendaftar pada marketplace ini tidak memerlukan biaya alias gratis. Dan setiap pengguna berhak membuat toko mereka sendiri tanpa takut membayar biaya sewa bulanan atau biaya tahunan. Tentu saja hal tesebut sangat dirasakan manfaatnya oleh para penjual yang tidak bisa membuat website atau bagi mereka yang tidak memiliki dana untuk menyewa domain dan hosting.

5. Banyak Fasilitas Tambahan

Salah satu yang menarik pembeli terus berdatangan adalah dengan banyaknya inovasi yang dilakukan oleh marketplace secara terus menerus. Faslitas ini seperti:

  • pengecekan ongkir seluruh kota di Indonesia
  • adanya potongan harga, bayar di tempat
  • menyediakan banyak pilihan pembayaran

Dan masih banyak lagi fasilitas yang bisa di manfaatkan baik oleh pembeli maupun penjual.

Lihat juga: Jualan online paling laku tanpa modal

Apalagi marketplace sering mengadakan kuis, undian , promo flash sale dan gratis ongkir ke seluruh indonesia jika melakukan belanja pada nominal tertentu sesuai dengan persyaratan yang telah mereka tetapkan.

Daftar Marketplace Populer di Indonesia

Di Indonesia sendiri sudah mulai berjamuran marketplace  dengan berbagai kelebihan masing-masing sebagai cara bertahan agar terus bisa mengikuti kebiasaan pembeli dalam berbelanja. Beberapa marketplace yang ada di indonesia seperti:

  • Tokopedia
  • Bukalapak
  • Blibli
  • JD.ID
  • Shoppe Indonesia
  • Elevenia

Meski marketplace banyak macamnya namun yang paling orang kenal adalah bukalapak dan tokopedia, sehingga pada artikel kali ini kita akan fokus bagaimana cara berjualan pada kedua marketplace tersebut dimulai dengan membuat toko dan melakukan upload produk.

Cara Jualan di Marketplace Tokopedia

Selaris apapun usaha di Tokopedia semua memiliki dasar utama dimulai dari upload produk menuju etalase. Pada artikel ini akan membantu Anda untuk melakukan upload produk dengan cara yang sangat mudah dan langsung bisa Anda praktikan di rumah. Berikut cara upload produk  pada Tokopedia:

  1. Login akun Tokopedia > klik Nama Toko Anda > pilih produk
  2. Siapkan gambar dengan ukuran minimal 300×300 dan upload pada bagian yang telah disediakan. Gambar produk harus berjumlah 6 dan usahakan beda-beda untuk setiap bagianya.upload gambar produk
  1. Berikut contoh upload gambar produk propolis .contoh produk
  1. Isikan Nama dan Kategori Produk Anda harus sesuai agar mudah ditemukan. Buat Etalase produk untuk memudahkan pengelompokan produk Anda.

mengisi judul dan kategori produk

  1. Kemudian pilih Kondisi barang dan isikan deskiripsi barang maksimal 2000 kata. Tambahkan juga link url Youtube tentang penjelasan produk.mengisi kondisi dan deskripsi produk
  2. Jangan cantumkan nomer telepon pada deskripisi produk agar mudah di setujui.
  3. Kemudian isikan berat barang dengan angka sesuai dengan satuan kg atau dalam gram yang digunakan. Biarkan default pada ansuransi barang dan menu pre order.menambah berat dan ansuransi produk

 

  1. Pada bagian pengelolaan produk isi stok barang dan nomer sku jika ada.isi stok dan nomer sku bagi supplier
  2. Masukan minimum pemesanan dan harga per produk. Tambahkan varian dan harga grosir jika Anda seorang supplier.

isi harga produk dan minimum pemesanan

  1. Jika semua langkah sudah dilakukan maka pada daftar produk akan seperti gambar di bawah ini.

daftar produk yang telah diupload

  1. Jika Deskripsi produk lebih dari 2000 maka akanmendapat peringatn seperti gambar dibawah ini.

peringatan error saat deskripsi lebih dari 2000 kata

  1. Selesaikan dengan klik tombol simpan.

Sampai pada tahap ini, anda juga berhasil menampilkan produk anda di Tokopedia, selanjutnya anda dapat menunggu pembeli,

Cara Jualan di Marketplace Bukalapak

Selanjutnya kita akan membahas cara jualan menggunakan Bukalapak. Masuk akun Bukalapak Anda, kemudian klik pada icon rumah > Jual Barang.

mulai jualan

Isikan nama barang dan pilih kategori sesuai barang yang Anda miliki. Pada contoh ini nama barang propolis kesehatan dengan kategori kesehatan / produk kesehatan.

mengisi nama barang dan kategori

Pada bagian deskripsi barang, berikan penjelasan barang Anda sedetail mungkin dan rapi agar menarik perhatian pembeli.

mengisi deskripisi barang

Masukan video youtube yang berkaitan dengan produk Anda sebagai salah satu cara mempermudah calon pembeli mengenal produk Anda. Jangan lupa juga untuk memilih merek dari produk yang Anda jual.

mengisi link video youtube sebagai pendukung

Tambahkan etalase produk agar mudah mengelompokan produk. Buat telebih dahulu jika Anda belum memilikinya dengan cara tambah etalase > isi nama etalase > simpan. Pada bagian tag isikan dengan tag yang sesuai dengan produk Anda. Isi juga pada bagian SKU jika Anda seorang distributor atau agen yang memiliki stok.

tambah etalase dan sku produk

Atur waktu proses pengiriman barang saat ada yang melakukan order pada toko milik Anda. Waktu pengiriman ini terkait waktu pengimputan nomer resi pada situs Bukalapak saat Anda memiliki order dari pembeli. Gunakan instan jika waktu pengimputan pada hari yang sama.

ubah pengiriman untuk pengimputan nomer resi

Anda juga dapat mengatur jasa pengiriman khusus untuk produk tertentu dan memberikan gratis ongkir bagi daerah tertentu dengan mengaturnya pada menu Gratis Ongkir Kirim.  Pihak Bukalapak juga menyediakan menu Promosikan Barang berupa Push dan Promoted Push.

menu iklan barang

Dengan kedua menu ini membuat barang Anda lebih cepat tampil pada halaman Bukalapak namun memerlukan biaya. Abaikan ini jika Anda masih baru dalam berjualan dan klik tombol Jual untuk menyelesaikan semua proses. Saat semua proses sudah benar Anda lakukan, maka Anda dapat melihat daftar produk yang telah Anda tambahkan pada menu Barang Dijual.

daftar produk yang di jual

Lakukan cara yang sama untuk produk yang Anda miliki lainnya.

Cara Optimasi Jualan Agar Laris di Tokopedia dan Bukalapak

Optimasi jualan sangatlah penting untuk mempercepat terjadinya penjualan. Optimasi ini bisa dilakukan dari berbagi sisi seperti dari toko, desain foto produk, deskripsi produk, kata kunci produk dan untuk bersaing dengan kompetitor. Semakin bagus proses optimasi membuat penjualan miningkat dan ini sangat berpengaruh terhadap reputasi toko yang Anda kelola.

Lihat artikel: SEO Marketplace

6 Cara Supaya Produk Teratas di Pencarian

1. Menu Promosi

Gunakan menu promosi atau iklan yang telah disediakan oleh pihak marketplace seperti Bukalapak dan Tokopedia. Jika pada marketplace Tokopedia ada sebuah menu yang bernama promo TopAds dan pada marketplace Bukalapah gunakan tombol Push. Tambahkan juga menu gold merchart jika Anda menggunakan Tokopedia, agar membuat orang menjadi lebih yakin meski toko Anda masih baru.

Namun untuk menggunakan metode promosi ini memerlukan biaya tambahan, tapi itu  sebanding dengan hasil yang akan didapatkan. Jadi siapkan anggaran yang cukup untuk bisnis yang Anda jalankan sebagai sebagai sebuah resiko dari bisnis yang ingin cepat dalam bertumbuh.

2. Membuat Harga Termurah

Bagi toko yang masih baru cara untuk mendapatkan penjualan adalah dengan menjual harga murah agar mendapatkan rating bintang dari para pembeli. Namun jika menjual di bawah harga modal, tentu ini menjadi hal yang kurang mengutungkan alias jual rugi. Sedangkan kita mengejar penjualan agar untung besar dan tidak rugi.

Namun bagaimana cara menghadapi kebiasan sebagian pembeli yang mengurutkan produk berdasarkan harga termudah dan membeli produk yang paling murah.  Ada sebuah cara yang bisa Anda terapkan dan ini masih terbukti efektif. Yaitu, Anda tetap menjual barang murah tapi dengan selisih tidak jauh dari pesaing.

Pelajari: Cara meningkatkan jualan online

Misalkan harga rata-rata pesaing 60.000 rupiah, Anda cukup menurunkan harga barang 59900 maka produk Anda sudah menjadi yang termurah dan tampil pada menu filter Tokopedia. Jadi ini tidak rugi karena Anda hanya mengurangi 100-1000 rupiah untuk setiap produk yang Anda jual.

3. Kata Kunci Judul dan Deskripisi

Salah satu hal yang tidak boleh di remehkan adalah pemberian nama produk dan deskripisi menggunakan kata kunci yang sering diketikan oleh pembeli. Silahkan Anda masuk pencarian Bukalapak dan ketikan sebuah kata kunci yang diawali oleh kata “Jual”, maka secara otomatis Bukalapak akan memberikan saran kata kunci berdasarkan kata kunci yang sering diketikan oleh pembeli atau pengguna lain dari Bukalapak.

Anda dapat mengambil kata kunci yang muncul dan meletakan pada bagian nama produk dan deskiripsi produk yang Anda jual. Lakukan hal ini setiap satu sampai dua minggu sekali dan lakukan beberapa percobaan sampai Anda menemukan pola peletakan kata kunci yang benar dan tertarget.

4. Status Produk  Terbaru

Beberapa produk memiliki “kondisi kadaluarsa”, misalnya gadget, produk suplemen yang memiliki masa expired atau dianggap postingan lama. Anda dapat mengedit dan mengganti beberapa bagian seperti judul, harga dan kategori produk agar membuat sistem marketplace menampilkan produk Anda sebagai salah satu produk terbaru. Cara ini sangat efektik bagi beberapa pembeli yang mencari barang terbaru dan terupdate.

5. Foto Produk

Foto produk ini merupakan hal yang wajib di optimasi. Pasalnya meski semua barang sama tapi ada beberapa gambar yang terlihat lebih cerah dan enak dipandang mata membuat pembeli tidak segan-segan untuk melakukan klik pada produk tersebut. Apalagi di embel-embeli dengan beberapa bingkai dan tulisan promo atau diskon.

6. Produk Paling Sesuai/Relevan

Secara deefault hasil pencarian produk pada marketplace bukan acak tapi berdasarkan produk yang paling relevan. Misalkan Anda menulis judul baterai sedangkan pembeli mengetikan baterai atau bateri maka hal ini perlu Anda pertimbangkan. Buatlah sinonim untuk kata kunci yang sering dicari oleh para pembeli, karena tidak semua pembeli mengerti tulisan baku dari sebuah produk yang mereka butuhkan.

Jangan lewatkan artikel: Cara jualan online di facebook

Kita telah banyak membahas terkait marketplace yang ada di Indonesia. Dan juga kita telah membahas cara upload produk atau mulai jualan menggunakan marketplace Tokopedia dan Bukalapak yang ternyata sangat mudah jika di praktikan. Selanjutnya ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mengoptimasi agar produk yang Anda jual cepat mendapatkan pembeli.

Selain belajar terkait teknis upload produk pada sebuah marketplace, menjadi hal wajib juga bagi yang ingin mendapatkan banyak orderan untuk melakukan optimasi terhadap produk yang mereka jual. Optomasi ini bukan termasuk pelanggaran tetapi hanya untuk memudahkan mesih pencari atau algoritma pada sebuah marketplace mengenali produk Anda sebagai sebuah produk solusi.

Pelajari: Cara jualan di Instagram

Produk solusi di sini maksudnya produk yang dari judul dan fungsi sesuai dengan apa yang sedang diperlukan oleh pembeli. Apalagi harga yang Anda tawarkan tidak mengambil banyak margin, tentu saja hal ini akan sangat membantu para pembeli yang baru mencoba melakukan pembelian pada marketplace. Biasanya pembeli pertama Anda jika mereka merasa puas dengan pelayanan baik dari sisi respons dan cara menjawab chat atau komentar berkesan ini sangat potensial membuat mereka untuk melakukan pembelian kembali (repeate order).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 + 6 =