Membangun Kepercayaan dengan Website

Cara Efektif Membangun Kepercayaan Konsumen Melalui Website

Ada 5 strategi dan cara yang efektif dalam membangun kepercayaan konsumen melalui website, hal ini merupakan bagian penting untuk kesuksesan bisnis yang sedang Anda jalani. Dengan mendapatkan kepercayaan konsumen, peluang untuk mendapatkan banyak orderan akan semakin besar. Namun, bukan perkara mudah untuk bisa mendapatkan kepercayaan konsumen. Bahkan, membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk akhirnya meraih kepercayaan tersebut.

Dalam membangun sebuah bisnis, pastilah kita pernah mengalami kegagalan atau masalah. Ketika masalah tersebut berkaitan dengan konsumen, maka kepercayaannya terhadap bisnis kita yang akan menjadi pertaruhannya.

Itulah mengapa tidak mudah untuk bisa mendapatkan dan menjaga kepercayaan konsumen. Sebenarnya, apa pentingnya kepercayaan konsumen untuk bisnis yang kita jalankan? Lantas, bagaimana cara membangun kepercayaan konsumen secara efektif?

Pentingnya Kepercayaan Konsumen untuk Bisnis

Kepercayaan konsumen memiliki peranan penting dalam perkembangan bisnis kita, terutama bisnis online. Seperti yang kita tahu bahwa, banyak aksi penipuan yang merajalelah di dunia bisnis online. Hal ini dikarenakan bisnis online memberikan kesempatan bagi kita untuk melakukan transaksi tanpa harus bertemu sehingga rawan terhadap penipuan.

Itulah mengapa banyak konsumen yang merasa khawatir ketika melakukan transaksi secara online. Untuk mengatasi hal ini, kita harus mendapatkan kepercayaan konsumen terlebih dahulu. Jika konsumen sudah percaya pada bisnis kita, mereka akan percaya dan yakin membeli produk kita meskipun secara online. Misalnya saja, bisnis jual beli sepatu, maka dengan kepercayaan konsumen, mereka tidak akan ragu atau khawatir untuk membeli sepatu tersebut secara online.

Mendapatkan kepercayaan konsumen mungkin lebih mudah dibandingkan menjaga kepercayaannya. Untuk bisa menjaga kepercayaan konsumen, maka kita harus menjaga pula kualitas produk atau bahkan meningkatkannya agar tidak menimbulkan kekecewaan. Apabila kita bisa menjaga kepercayaan konsumen, maka mereka bisa saja membeli lagi atau menjadi pelanggan yang akan mempercayakan produk tersebut pada bisnis kita.

Jadi, kepercayaan konsumen penting untuk didapatkan karena dengan loyalitasnya mereka, pelanggan setia bisnis kita akan terus bertambah sehingga keuntungan finansial pun akan meningkat. Lantas, bagaimana cara mendapatkan kepercayaan pelanggan dalam bisnis online? Salah satu cara untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan dalam berbisnis online adalah website.

Baca juga, Metode Dasar Meningkatkan Kekuatan SEO Pada Website

Mendapatkan Kepercayaan Konsumen dari Pengelolaan Website

Sekarang ini, website bukan hanya bermanfaat sebagai media informasi, tapi juga digunakan oleh banyak perusahaan dalam memajukan bisnis mereka. Website ini sering disebut sebagai website perusahaan, company profile atau corporate website. Dalam website ini, perusahaan akan menyajikan informasi tentang profil perusahaan, seperti alamat, produk yang dijual, sejarah perusahaan, visi dan misi, serta masih banyak lagi.

Mendapatkan Kepercayaan Konsumen

Akhir-akhir ini, banyak orang yang mencari produk secara online karena dirasa lebih hemat tenaga dan waktu. Itulah mengapa akhirnya banyak perusahaan yang menggunakan website sebagai salah satu media untuk menawarkan produk yang dijual. Melalui website ini, perusahaan bisa menjangkau konsumen yang lebih luas.

Jangkauan bisnis yang lebih luas rasanya percuma jika kita tidak bisa mendapatkan kepercayaan dari konsumen. Untuk bisa mendapatkan kepercayaan konsumen, website haruslah memiliki kredibilitas yang tinggi. Bukan saja pada tampilannya, website juga harus berisikan informasi yang lengkap dan jelas agar konsumen percaya dengan produk dan layanan yang diberikan.

Website seringkali digunakan perusahaan yang belum memiliki toko offline karena dengan website ini mereka bisa menjual produk secara online, tanpa membutuhkan toko. Beberapa perusahaan bahkan memilih untuk menggunakan jasa pembuat website profesional untuk membuat website terlihat lebih kredibel dan meyakinkan. Website yang user friendly juga bisa meningkatkan kepercayaan konsumen pada website kita. Lantas, bagaimana cara menggunakan website untuk membangun kepercayaan konsumen secara efektif?

5 Strategi Membangun Kepercayaan Konsumen Melalui Website

Kepercayaan konsumen merupakan salah satu kunci kesuksesan dalam berbisnis. Tanpa adanya kepercayaan, bisnis kita akan sulit untuk mendapatkan konsumen sehingga bisa menghambat perkembangan bisnis. Terlebih dengan zaman yang semakin modern dengan teknologi yang canggih, membuat kita harus bisa melalui berbagai tantangan untuk mendapatkan kepercayaan konsumen.

Website Membangun Kepercayaan Konsumen

Website menjadi salah satu platform yang sering digunakan untuk membangun kepercayaan konsumen. Berikut ini adalah 5 cara untuk membangun kepercayaan konsumen melalui website:

1. Menggunakan nama domain profesional

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah nama domain website. Melalui domain inilah konsumen bisa menemukan website bisnis kita sehingga diperlukan nama domain yang unik dan mudah diingat. Kesan pertama konsumen terhadap bisnis bisa didapatkan melalui nama domain ini. Oleh karena itu, pastikan jika nama domain yang Anda pilih memperlihatkan profesionalitas dalam berbisnis.

Lantas, nama domain seperti apa yang profesional? Berikut tips yang bisa Anda lakukan:

  • Nama domain singkat, tapi dapat menggambarkan bisnis

Nama domain yang singkat memudahkan konsumen untuk mengingatnya. Hal ini memudahkan mereka untuk menuliskan nama domain pada mesin pencari. Namun, nama domain tersebut juga harus menggambarkan bisnis Anda. Misalnya, www.butikbatik.com yang sudah menjelaskan bahwa Anda menawarkan produk berupa batik.

  • Hindari penggunaan angka dan tanda hubung

Penggunaan angka dan tanda hubung membuat konsumen merasa kesulitan untuk mengingat ataupun menuliskan nama domain ketika ingin mengunjungi website Anda. Jadi, sebisa mungkin hindari penggunaannya.

  • Hindari ejaan tidak wajar

Ejaan yang tidak wajar atau asing juga menjadi penyebab konsumen sulit dalam mengingat nama domain.

  • Pemilihan ekstensi yang tepat

Pemilihan nama domain mungkin memberikan tantangan bagi Anda, terutama jika nama domain yang dipersiapkan, sudah dipakai oleh orang lain dan biasanya ini terjadi pada ekstensi .com atau .co.id. Jadi, Anda bisa memilih ekstensi lain selain keduanya, mungkin Anda masih bisa menggunakan nama domain tersebut.

Baca juga, Strategi Meningkatkan Organic Traffic Website

2. Membuat desain website yang menarik

Untuk bisnis penjualan produk, website memiliki fungsi layaknya toko fisik untuk memperlihatkan produk yang dijual pada konsumen sehingga mereka bisa memilih dan melakukan pembelian. Tampilan website yang berantakan dan kurang lengkap dapat menjatuhkan kepercayaan konsumen.

Oleh karena itu, Anda harus mendesain website dengan teratur, rapi dan mudah sehingga konsumen merasa yakin untuk berbelanja di website Anda. Tidak perlu membuat website yang heboh, tapi Anda bisa membuatnya seminimalis mungkin, asalkan website memberikan rasa nyaman untuk konsumen.

3. Memberikan pelayanan terbaik

Jika kita memiliki toko fisik, maka kita bisa bertemu secara langsung dengan konsumen sehingga kita bisa berinteraksi kepada mereka. Pelayanan penjaga toko dan kasir menjadi poin penting untuk memberikan service terbaik bagi para konsumen. Begitu juga jika kita menggunakan website, maka kita harus memberikan pelayanan terbaik secara online melalui customer service.

Anda bisa menyediakan customer service untuk memberikan pelayanan kepada konsumen. Banyak bentuk yang bisa Anda pilih, mulai dari telepon, email, live chat hingga media komunikasi online. Melalui customer service inilah konsumen bisa bertanya mengenai produk, memberikan saran, kritik dan lain sebagainya. Dengan demikian, konsumen akan semakin percaya dengan bisnis Anda.

4. Menampilan testimoni

Jika kita belum melihat testimoni dari konsumen lain, rasanya sulit untuk melakukan pembelian di toko online tersebut. Inilah peran penting testimoni untuk membangun kepercayaan konsumen. Testimoni dan rating dari konsumen yang positif justru bisa meningkatkan jumlah konsumen dan pelanggan setia yang tentunya menguntungkan.

Penilaian dari konsumen ini biasanya sesuai dengan kesan pembelian atau penggunaan produk dari suatu bisnis. Berbeda dengan pemilik bisnis yang pastinya hanya akan menunjukkan hal-hal baik dari produk dan pelayanan agar bisa menggait banyak konsumen baru.

Anda bisa meminta konsumen untuk memberikan testimoni dan rating melalui website. Sayangnya, banyak konsumen yang enggan memberikan testimoninya. Oleh karena itu, Anda bisa memberikan bonus, diskon atau insentif lainnya bagi mereka yang memberikan testimoni.

5. Membuat konten berkualitas dan bermanfaat

Selain untuk mempromosikan produk, website juga berguna untuk berbagi informasi. Justru dari konten yang bermanfaat inilah banyak pengguna internet yang akan berkunjung ke website Anda. Selain itu, dengan memberikan konten bermanfaat akan menunjukkan profesionalitas Anda di bidang tersebut.

Misalnya, Anda memiliki toko online yang menjual berbagai macam hijab, maka Anda bisa memberikan konten seperti bahan-bahan yang sering digunakan untuk pembuatan hijab, tutorial hijab, jenis-jenis hijab, mix and match hijab dan lain sebagainya. Dengan konten semacam ini, menunjukkan bahwa kita serius untuk menjalankan bisnis, tapi tidak hanya ingin mendapatkan keuntungan finansial, tapi juga memberikan manfaat bagi konsumen melalui informasi bermanfaat.

Baca juga, Cara Mempercepat Loading Website Blog WordPress

Pembuatan website untuk bisnis tidak boleh dilakukan dengan sembarangan karena kita juga harus memperhatikan minat konsumen terhadap website kita. Strategi diperlukan dalam pembuatan website agar konsumen semakin yakin dan tertarik untuk membeli produk melalui website kita. Bukan hanya tampilan, kita juga harus memperhatikan konten website untuk membangun dan menjaga kepercayaan dari konsumen.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − ten =