Langkah Mendaftar Google Bisnis

Cara Daftar Google Bisnisku dan Memverifikasinya

Ada banyak cara agar website bisnis Anda menarik perhatian pengguna mesin pencari Google. Salah satunya adalah dengan Google Bisnisku atau Google My Business (GMB). GMB membantu suatu bisnis menjadi menarik pada halaman mesin pencari. Nantinya, jika orang mengetikkan nama bisnis atau produk Anda, maka akan muncul informasi lengkap berupa tulisan dan gambar pada bagian kanan layar Anda.

Informasi yang muncul pada bagian samping kanan mesin pencari tersebut, merupakan informasi yang dioptimasi melalui Google Bisnisku. Nah, contoh hasilnya pada gambar di bawah ini. Ketika kami mengetikkan “Microsoft”, maka akan tampil informasi di bagian samping kanan layar. Sangat menarik bukan?

Apa Itu Google Bisnisku, Manfaat dan Fungsinya?

Google Bisnisku merupakan sebuah fitur bagi pemilik bisnis. Fungsinya mempermudah calon customer untuk mengetahui informasi yang lengkap tentang perusahaan maupun produk. Mulai dari nomor telepon perusahaan, alamat email, website perusahaan, alamat perusahaan, review pelanggan, jam operasional, hingga foto kantor.

Google Bisnisku memiliki manfaat yang sangat penting bagi perusahaan. Jika Anda belum memilikinya, kami sarankan untuk segera mengoptimasinya. Agar, website Anda tampak menarik pada hasil pencarian Google. Berikut akan kami ulas fungsi dan manfaat lain dari Google Bisnisku:

Baca juga, Cara Memaksimalkan Penjualan Online dari Instagram

1. Memberikan Informasi Aktual dan Terlengkap

Di dalam GMB, Anda harus melengkapi informasi sedetail mungkin tentang perusahaan Anda. Sehingga, orang yang mengetikan nama perusahaan atau produk Anda di Google, akan mendapatkan informasi lengkap, cepat, dan instan. Masukkan informasi yang menurut Anda penting diketahui oleh para calon konsumen. Mulai dari deskripsi, review pelanggan dan lainnya.

2. Informasi Terpercaya dan Valid

Di era yang serba digital ini, masyarakat cenderung melakukan riset online terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi. Di Indonesia sendiri terhitung sekitar 95% konsumen melakukan riset online dengan menggunakan smartphone sebelum membeli produk, atau menggunakan layanan tertentu.

Artinya, dapat dipastikan jika konsumen datang ke suatu toko atau restoran, sebelumnya mereka telah mencarinya terlebih dahulu di Google. Banyaknya masyarakat yang melakukan riset online, menuntut pelaku usaha untuk memberikan pelayanan online yang terbaik.

Google bisnisku

Dengan mendaftar di Google Bisnisku, kini calon pelanggan akan mudah mendapatkan informasi tentang perusahaan Anda.

3. Bisnis Milik Anda akan Muncul di Google Maps

Jika Anda sudah mendaftarkan bisnis di GMB, baik itu toko, restoran, kantor, atau lainnya, secara otomatis akan muncul juga di Google Maps. Dengan begitu, calon pelanggan yang ingin datang ke tempat bisnis Anda akan mudah menemukan lokasinya dengan bantuan Google Maps.

4. Mendapatkan Review Cuma-Cuma dari Pelanggan

Review merupakan fitur yang disediakan dalam Google Bisnisku. Fitur ini tentu sangat penting untuk bisnis Anda. Review pelanggan akan memberikan nilai tambahan bagi bisnis Anda di mata calon pelanggan. Terlebih, jika review yang didapat merupakan pendapat dan keterangan yang positif.

Maka dari itu, jika ingin mendapatkan review positif, berilah pelayanan yang memuaskan. Karena, review positif akan meningkatkan kepercayaan calon konsumen 12 kali lebih banyak dibandingkan keterangan dari perusahaan, maupun produk itu sendiri.

5. Menganalisa Pelanggan

Pada GMB, Anda pun dapat menganalisa pelanggan dengan fitur analyctics. Melalui analisis sederhana GMB, Anda dapat melihat performa bisnis yang tengah Anda bangun dibandingkan bisnis yang lain, interaksi pelanggan dengan bisnis yang Anda bangun, dan mengetahui jumlah pelanggan yang menemukan bisnis Anda.

6. Menyediakan Media Komunikasi Pelanggan

Pelanggan akan lebih nyaman dengan hadirnya fitur tanya jawab. Di sini, pelanggan bisa mengajukan pertanyaan terkait bisnis Anda. Nantinya, pertanyaan bisa dijawab sendiri oleh Anda, atau pelanggan yang lain.

7. Konsumen Dapat dengan Mudah Menemukan Bisnis Anda

Keunggulan yang paling utama dari Google Bisnisku adalah memudahkan pelanggan untuk menemukan bisnis Anda. Ketika ada calon customer mencari bisnis Anda di Google, maka akan langsung tampil informasi perusahaan yang terletak di samping kanan layar.

Cara Daftar di Google My Business

Tahapan ini merupakan bagian terpenting. Bagi yang sudah tertarik untuk mendaftar Google Bisnisku, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini, tapi jangan lupa pastikan terlebih dahulu bahwa Anda sudah memiliki akun Gmail. Jika belum memiliki akun Gmail, buatlah terlebih dahulu.

1. Masuk Pada Halaman Website Google My Business

 

Pertama-tama, masuklah pada halaman website Google My Business. Lalu, klik tombol mulai sekarang seperti yang tertera pada gambar.

2. Isi Formulir Pendaftaran dan Cari Bisnis Anda

Jika Anda tidak menemukan form yang cocok untuk bisnis Anda, maka gunakanlah form yang terlihat pada gambar di atas. Isi formulir di atas secara detail, mulai dari nama bisnis, negara, alamat, kota, dan sebagainya.

3. Lakukan Verifikasi

Google memerlukan verifikasi ekstensi serta kesesuaian bisnis yang Anda bangun. Caranya ialah dengan mengirim PIN verifikasi melalui surat pos ke alamat bisnis Anda yang sudah didaftarkan pada langkah nomor 2 tadi.

Proses ini memerlukan waktu kurang lebih 2 minggu hingga 1 bulan. Selama itu Anda harus menunggu hingga pos yang berisi PIN dari Google tiba di rumah Anda. Jika beruntung, Anda bisa mendapatkan PIN verifikasi dari telepon atau SMS.

4. Buat Google+ dan Konfirmasi Bisnis Anda

Langkah selanjutnya, Anda akan memiliki Google+ untuk bisnis. Google+ dapat digunakan untuk mengubah informasi terkait bisnis. Akan tetapi, sebelum informasi terkait bisnis Anda dipublikasikan, lakukan verifikasi terlebih dahulu lewat PIN yang sudah Anda terima dari Google.

Pin yang sudah diterima bisa langsung Anda verifikasi melalui opsi “Verify Now” seperti pada gambar di bawah ini:

Setelah Anda melakukan verifikasi, selanjutnya Anda hanya perlu mengubah atau melengkapi informasi bisnis Anda agar lebih lengkap dan akurat.

Baca juga, Trend SEO 2019 Wajib Anda Pahami Untuk Mendominasi Mesin Pencari

Melengkapi dan Mengoptimalkan Profil Google Bisnisku

Setelah proses verifikasi selesai, selanjutnya Anda bisa melengkapi informasi bisnis Anda. Lalu, apa sajakah yang harus dilengkapi? Simak penjelasannya di bawah ini:

1. Melengkapi Deskripsi Bisnis

Buatlah tulisan yang menarik, padat, singkat dalam 750 karakter. Manfaatkan fitur deskripsi ini untuk menjelaskan bisnis yang Anda miliki pada calon konsumen.

2. Lengkapi Foto

Foto adalah fitur yang bersifat opsional. Namun, merupakan komponen yang penting untuk Google Bisnisku. Foto yang Anda pasang akan lebih meyakinkan pelanggan agar mau membeli produk atau menggunakan layanan Anda.

3. Fasilitas Bisnis

Berikan informasi lengkap seputar fitur apa saja yang ada pada bisnis Anda. Misalnya, fitur seperti tempat penitipan anak, apakah tempat bisnis Anda ramah untuk orang-orang disibilitas, memiliki lounge khusus, dan lainnya.

4. Jam Operasional Bisnis

Tambahkan jam operasional bisnis pada informasi. Hal ini untuk memudahkan pelanggan untuk menentukan kapan mereka harus datang ke tempat Anda. Informasi ini sangat penting, khususnya untuk bisnis seperti rumah makan atau restoran.

5. Tampilkan Fitur Menu Produk

Dalam Google Bisnisku, tersedia fitur informasi menu produk. Fitur menu ini untuk memudahkan pelanggan agar dapat mengetahui apa saja yang ditawarkan oleh Anda.

Baca juga, Metode Dasar Meningkatkan Kekuatan Pada Website

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, kini Anda akan menyadari bahwa penting untuk terus mengikuti perkembangan perilaku konsumen di era digital. Salah satunya, kebiasaan masyarakat di era digital yang sering melakukan riset online sebelum membeli produk atau menggunakan layanan tertentu.

Kebiasaan pelanggan tersebut bisa dijadikan sebagai kesempatan emas. Melalui Google Bisnisku, Anda bisa membantu calon konsumen untuk mendapatkan informasi secara akurat dan lengkap. Dengan begitu, bisnis Anda akan lebih optimal di era digital saat ini.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 1 =