Cara Daftar Google Bisnisku dan Memverifikasinya

Langkah Mendaftar Google Bisnis

Siapa yang tidak ingin mendapatkan bisnisnya menjadi sukses dan maju? Berbagai usaha pasti dilakukan oleh para pelaku bisnis untuk terus mengembangkan bisnisnya agar bisa mendapatkan keuntungan yang diharapkan. Salah satu usaha yang sering dilakukan oleh pelaku bisnis online adalah dengan melakukan cara mendaftar google bisnis untuk lokal SEO.

Google Bisnisku menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang menargetkan pasar lokal dan lebih memilih untuk fokus pada optimasi daftar lokal di Google. Sudah banyak pengguna Google Bisnisku yang membuktikan sendiri bagaimana praktisnya alat ini karena bisa dikelola melalui ponsel, bahkan bisa digunakan secara gratis. Lantas, apa yang perlu dipersiapkan untuk mengoptimalkan usaha melalui google bisnis ini?

Google Bisnisku

Setelah pembaharuan algoritme penelusuran, Google kembali mengembangkan metode penelusuran untuk memahami maksud dan konten yang diharapkan oleh penggunanya. Saat in, situs web yang mampu memberikan solusi terbaik bagi pelanggan akan mendapatkan peringkat lebih tinggal dalam mesin pencari Google. Dengan demikian, Google lebih mengeksplorasi maksud dari pengguna dalam penelusurannya.

Apabila pengguna mencari bisnis lokal ataupun layanannya, Google akan memanfaatkan lokasi geografis mereka untuk direkomendasikan sebagai bisnis terdekat. Metode ini dirasa lebih efektif karena banyak pengguna yang kemudian mengetik kata “terdekat” atau kata lain yang serupa untuk mendapatkan rekomendasi saat mencari layanan atau bisnis di wilayah lokal dimana mereka berada.

Baca juga, Cara Memaksimalkan Penjualan Online dari Instagram

Apabila bisnis Anda dioptimalkan untuk SEO lokal maka bisnis Anda akan lebih mudah ditemukan oleh pengguna Google yang mencari bisnis di area geografis mereka. Untuk bisa melakukan optimasi dengan tepat, Google Bisnisku bisa menjadi pilihan yang tepat guna membantu Anda agar terdaftar dalam penelusuran Google berdasarkan geografis yang memiliki prospek.

Tidak sampai situ saja, Anda bisa menghasilkan traffic organik menuju situs web dan memudahkan pengguna untuk bisa menemukan lokasi bisnis Anda melalui Google Maps. Alat ini juga cukup praktis untuk digunakan karena bisa dioperasikan melalui ponsel dan Anda bisa menindak lanjuti komentar maupun pos dari pelanggan. Hal ini membuat Anda bisa mengelola semua aktivitas Google bisnis hanya dalam satu tempat saja.

Google bisnisku

Alat ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis dengan melibatkan pelanggan, dimana saja dan kapan saja. Banyak kelebihan yang dimiliki alat ini, seperti mudah dioperasikan, mudah diakses dan gratis. Itulah mengapa, Anda harus tahu bagaimana cara mendaftar Google Bisnis agar bisa segera merasakan manfaatnya.

Tutorial Mudah Google Bisnisku

Sebelum memulai tutorial Google Bisnisku, Anda harus memastikan bahwa kita telah berada dalam halaman yang sama. Untuk SEO lokal, aspek utama yang harus diperhatikan adalah profil Google Bisnisku atau yang disingkat dengan GMB. Optimasi profil ini haruslah berkualitas tinggi agar bisa memberikan manfaatnya pada bisnis Anda. GMB termasuk dalam layanan Google yang diberikan secara gratis untuk membuat profil bisnis Anda, termasuk nama, alamat dan informasi kontak yang nantinya bisa diakses secara online dan melalui Google Maps.

Penggunaan GMB ini membantu bisnis Anda untuk lebih mudah ditemukan di Google sebagai hasil penelusuran lokal. Hasil lokal yang ditampilkan pada setiap pengguna mungkin akan berbeda, tergantung dengan perangkat yang digunakan dalam mengakses informasi tersebut.

Hasil pencarian lokal merupakan salah satu jenis pencarian di Google yang mempunyai komponen geografis. Jika bisnis Anda menggunakan Google Bisnisku, maka bisnis Anda akan muncul di sini dengan kata kunci berupa komponen geografis.

Baca juga, Trend SEO 2019 Wajib Anda Pahami Untuk Mendominasi Mesin Pencari

Cara Mendaftar Google Bisnis

Langkah-langkah Mendaftar Google Bisnisku

Setelah mengetahui manfaat Google Bisnisku untuk lokal SEO, pastinya Anda ingin segera mengetahui bagaimana cara mendaftar Google Bisnis. Berikut caranya:

  1. Buka situs web Google Bisnisku dan pilih “mulai sekarang”.
  2. Tuliskan nama bisnis Anda, lalu pilih “Next”.
  3. Tambahkan alamat dari bisnis Anda, lalu pilih “Next”. Apabila Anda mengirimkan jasa atau produk ke pelanggan, maka Anda bisa mencetak kotak yang terhubung.
  4. Jika Anda sudah menambahkan data lokasi bisnis, Google akan merekomendasikan beberapa nama bisnis untuk Anda. Jika Anda menemukan nama yang sesuai, maka Anda bisa klik pilihan tersebut. Namun, jika Anda tidak menemukannya, pilih “tidak satupun dari mereka”, kemudian pilih “Next”.
  5. Anda bisa menentukan lokasi bisnis di peta dengan menarik penanda dan posisikan penanda pada lokasi, kemudian pilih “Berikutnya”.
  6. Pilih kategori bisnis, lalu pilih “Next”.
  7. Tambahkan halaman situs web dan nomor telepon bisnis Anda, lalu pilih “Berikutnya”.
  8. Pilih “Lanjutkan” untuk ke bagian selanjutnya.
  9. Untuk mengoperasikan akun GMB, Anda harus memverifikasinya terlebih dulu. Anda bisa memilih 1 option untuk memverifikasi akun melalui surat. Anda juga harus menambahkan kontak orang yang bisa dihubungi. Anda bisa melewati tahap ini dan berlanjut pada tahap berikutnya.
  10. Jika Anda tertarik dengan tata letak situs web yang sederhana dari GMB, maka Anda bisa memilih “Situs Pratinjau”, akan tetapi jika tidak, maka pilihlah “Tidak, terima kasih”.
  11. Pada halaman Home, Anda akan melihat ikhtisar mengenai akun dan aktivitas alat ini, sekaligus tautan untuk mendapatkan aplikasi smartphone.
  12. Anda dapat mengedit informasi bisnis, seperti alamat, jam kerja, nomor telepon atau informasi lainnya pada menu Info.
  13. Jika Anda ingin menambahkan foto berkaitan dengan bisnis Anda, maka bukalah menu Foto. Opsi video juga bisa Anda temukan pada bagian yang sama. Satu hal yang harus diperhatikan adalah foto-foto harus diberi geotag. Tambahkan juga kata kunci pada foto Anda. Setelah itu, Anda bisa melompat pada bagian berikutnya.
  14. Jika Anda sudah memverifikasi akun GMB, Anda bisa mengatur jam buka untuk bisnis Anda, pastikan jika keterangan sudah sesuai secara detail, baik libur dan jam buka.
  15. Anda juga bisa menambahkan manajer lain pada menu Pengguna, lalu klik Undang Pengguna Baru yang berada di sudut kanan atas.
  16. Jika semua itu sudah dilakukan, Anda bisa menambahkan email pengguna pada jendela baru yang akan muncul. Bahkan, Anda bisa menentukan peran yang diinginkan, apakah sebagai admin atau pengelola untuk akun GMB Anda, kemudian pilih “Undang”.

Mengoptimalkan Google Bisnisku

Sebelum melangkah pada cara mendaftar Google Bisnis untuk Lokal SEO, Anda harus mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu, seperti:

  • Akun google
  • 5-10 keyword guna optimasi bisnis
  • Deskripsi sekilas mengenai bisnis
  • Detail kontak
  • Foto yang berkaitan dengan bisnis
  • Informasi lebih detail mengenai bisnis
  • URL ke profil situs web atau media sosial yang relevan
  • Optional: akun email yang berbeda dengan yang digunakan pada situs kutipan.

Beberapa hal di atas harus dipersiapkan terlebih dahulu dengan matang dan penuh pertimbangan agar optimasi bisnis bisa berjalan dengan lancar.

Baca juga, Metode Dasar Meningkatkan Kekuatan Pada Website

Google Bisnisku untuk lokal SEO bisa menjadi pilihan bagi Anda yang sedang mengembangkan bisnis Anda. Segera aplikasikan cara mendaftar Google Bisnis ini agar bisnis Anda bisa segera berkembang dan lebih maju lagi.