Cara Buat Iklan di Facebook Ads (Panduan Lengkap dan Gratis)

Cara Buat Iklan Facebook

Facebook adalah salah satu jejaring sosial terbesar di dunia saat ini. Ada banyak sekali orang yang menggunakannya. Tak heran jika kemudian facebook bisa menjadi solusi terbaik bagi anda yang sedang memasarkan produk.

Facebook sendiri memberikan fitur khusus bagi anda yang sedang membutuhkan space iklan di dalamnya yakni FB Ads atau Facebook Ads. Dampak dari Facebook Ads ini memang sudah terbukti ampuh. Ada banyak publisher yang sukses meraup keuntungan besar dari media periklanan satu ini.

Bagi anda yang berencana untuk memasarkan produknya dengan facebook ads, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan panduan beriklan di facebook dengan lengkap dari awal hingga akhir. Tapi tentunya ada beberapa aspek yang harus anda pahami terlebih dahulu agar proses registrasi ads ini berlangsung lancar.

Hal-hal Yang Harus Disiapkan Sebelum Beriklan di Facebook

Agar bisa beriklan di Facebook, ada beberapa syarat yang harus anda penuhi terlebih dahulu. Tentunya akan lebih baik jika anda mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik terlebih dahulu agar tidak terjadi kendala pada saat progres berlangsung.

Baca juga, Cara Jualan Online di Facebook Agar Cepat Laku

Inilah beberapa hal yang harus disiapkan saat anda hendak beriklan di facebook :

  1. Akun Facebook yang masih aktif. Kalau anda belum punya, anda wajib membuatnya terlebih dahulu.
  2. Fan Page, anda akan bisa membuat fan page jika sudah memiliki akun facebook.
  3. Gambar atau video (bahan iklan) yang sudah diuji dengan alat uji khusus di situs facebook.
  4. Materi iklan yang akan dibuat.
  5. Kartu kredit atau kartu debit untuk pembayaran.

Kalau hal-hal tersebut di atas sudah anda siapkan, anda bisa langsung lanjut ke tahap selanjutnya.

Siklus Pembuatan Iklan di Facebook Secara Umum

Sebelum kita langsung melakukan pembuatan iklan di Facebook, ada baiknya jika anda memahami siklus pembuatan iklan ini secara umum terlebih dahulu agar anda memahami konsepnya dengan baik.

Secara umum, siklus pembuatan iklan di facebook ini terbagi menjadi 3 bagian saja. Pertama, anda akan diminta untuk menentukan objective iklan di champaign di awal pembuatan iklan. Setelahnya anda akan diminta menentukan Ad set.

Di dalamnya anda bisa menentukan target audiens yang menjadi target dari iklan yang anda buat. Anda juga bisa menetukan budget yang anda miliki untuk beriklan dan posisi penempatan iklan nantinya.

Setelah proses di atas selesai, langkah selanjutnya anda akan diminta untuk memasuki fase Ad. Di fase satu ini anda bisa membuat lebih dari satu iklan untuk produk yang hendak anda pasarkan. Itulah gambaran pembuatan facebook secara umum. Untuk detailnya, marilah kita bahas pada poin pembahasan selanjutnya.

Langkah-langkah Membuat Iklan di Facebook

Membuat iklan di facebook tidak akan sulit jika anda memahami caranya dengan baik. Ikuli langkah langkah di bawah ini untuk lebih jelasnya.

1. Buka halaman Ads Manager – Creation

Untuk membuat iklan di facebook, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan membuka halaman Ads Manager – Creation yang bisa anda akses di link https://www.facebook.com/adsmanager/creation. Kemudian akan muncul halaman berikut.

Halaman Ads Manager

Setelah anda menemukan tampilan tersebut, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah menetukan objective dari iklan yang akan anda buat. Seperti anda lihat, ada beberapa menu objective yang bisa anda pilih dari mulai :

  • Kesadaran

Sub menu : Kesadaran merek, Jangkauan

  • Pertimbangan

Sub menu : Lalu Lintas Kunjungan, Interaksi, Pemasangan aplikasi, Penayangan video, Pembuatan prospek, Pesan

  • Konversi

Sub menu : Menu Konversi, Penjualan katalog, Kunjungan toko

Setiap menu dan sub menu di atas tentunya menggambarkan kepentingan anda masing masing. Anda hanya perlu memilih kira kira sub menu apa yang akan sangat cocok dengan iklan anda dan tujuan anda beriklan. Setelah anda memilih salah satu sub menu di atas, scroll ke bawah hingga terlihat tampilan di bawah ini.

Halaman Ads Manager Kedua

Anda harus mengisi beberapa kolom dialog di atas. Berikut ini panduannya :

  • Pada kolom “Nama Kampanye” : Anda bisa mengisinya dengan nama anda atau kode yang anda sukai. Jika tidak mau, anda bisa membiarkannya tetap default seperti itu.
  • Pada Kolom “Buat Uji Split” : Anda bisa menggunakannya atau tidak, gunakan menu ini jika anda ingin memakai menu split testing.
  • Pada kolom “Pengoptimalan Anggaran Kampanye” : Anda bisa melakukan optimalisasi budget dengan menu ini pada setiap Ad Set yang anda buat.

Setelah semuanya terisi anda hanya perlu mengklik menu “siapkan akun iklan” dan proses pemilihan objective ini selesai anda lakukan. Setelahnya akan muncul tampilan sebagai berikut.

Pengoptimalan Anggaran Kampanye

Halaman ini bisa pop up karena anda belum memiliki ad account. Anda hanya perlu mengklik menu “continue” dan secara otomatis anda tidak akan melihat halaman ini lagi. Tapi sebelumnya anda hanya perlu memastikan settingannya seperti ini :

  1. Negara Akun: diisi dengan nama Indonesia
  2. Mata Uang: diisi dengan Rupiah
  3. Zona Waktu: diisi dengan Asia/Jakarta dengan waktu sesuai.

Setelahnya anda hanya perlu mengklik “Lanjutkan” yang ada di pojok kanan bawah halaman tersebut. Anda akan dibawa pada menu selanjutnya oleh sistem.

Menentukan Audience, Penempatan, Anggaran dan Penjadwalan Iklan

Halaman selanjutnya adalah halaman untuk menentukan audiens dan beberapa aspek penting lainnya. Tampilannya adalah seperti di bawah ini.

Anggaran dan Penjadwalan Iklan

Bisa anda lihat, pada bilah menu sebelah kiri, kini anda sedang berada pada fase Ad Set. Ini artinya anda sudah bisa menentukan siapa yang akan menjadi target audiens iklan yang anda buat, posisi penempatan iklan, dan dana yang akan anda anggarkan sebagai biaya iklan.

1. Audience

Pada bagian audiens, facebook akan meminta anda untuk mengisikan informasi mengenasi siapa saja yang akan menjadi target anda dalam pemasaran iklan yang anda buat. Ada parameter khusus yang bisa anda isi untuk melakukan filter target audiens. Hal ini bertujuan agar iklan menjadi lebih tepat sasaran. Parameter tersebut diantaranya adalah ;

  • Custom Audiences
  • Locations
  • Age
  • Gender
  • Language
  • Detailed Targeting Connection

Parameter tersebut tentunya bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan anda. Pastikan anda memilih parameter ini secara teliti agar iklan yang anda buat nantinya menjadi tepat sasaran. Jangan asal dalam menentukannya karena akan sangat mempengaruhi keberhasilan proses pemasaran yang anda lakukan via facebook ads ini.

Jika anda salah dalam menentukan parameter dari target audiens ini, sudah tentu iklan yang anda buat nantinya malah dilihat oleh orang-orang yang tidak memiliki minat terhadap iklan tersebut. Lakukan riset terlebih dahulu saat anda mencapai fase ini agar tidak terjadi kesalahan.

Sebagai contoh, misalnya kami saat ini menargetkan orang orang yang memiliki minat terhadap kuliner mie, memiliki domisili di pulau Jawa, dan berada pada rentang usia 18 hingga 44 tahun. Maka setingan parameter yang mungkin kami buat adalah seperti di bawah ini:

  • Custom Audiences : (kosongkan saja atau isi dengan – )
  • Lokasi : Jakarta, Banten, West Java, East java, Central Java, Yogyakarta (statusnya State)
  • Usia : 18-44
  • Jenis Kelamin : All
  • Bahasa : (kosongkan saja atau isi dengan – )
  • Detailed targeting (Demografi, Interest/ Minat), Behavior/ Perilaku) : Bakmi, Indomie, Bakso, Mi Rebus, Mie goreng , Mie ayam.
  • Connection : (kosongkan saja atau isi dengan – )

Anda bisa melihat settingan parameter di atas dengan melihat pada gambar di bawah ini.

Custom Audiences Facebook

Audiences

Pada saat anda melihat gambar tersebut, jangan lupa juga untuk memperhatikan gambar speedometer yang ada di bagian kanan. Pasalnya speedometer ini memperlihatkan seberapa jauh dan seberapa besar jangkauan orang yang memiliki minat terhadap iklan yang hendak anda pasarkan.

Jadi anda bisa melihat seberapa besar estimasi orang yang akan melihat iklan anda dalam waktu dekat setelah iklan tersebut anda postingkan.

Baca juga, Konsultan Facebook Marketing Produk Online

2. Placements

Setelah anda menyelesaikan prameter audiens di atas, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah melakukan pengisian placements. Ada dua opsi yang bisa anda pilih saat anda melakukan pengisian terhadap sub fase satu ini.

Setelah Anda selesai menentukan siapa target Anda di bagian audience, selanjutnya adalah menentukan dimana Anda akan menampilkan iklan Anda. Pada bagian ini Facebook menawarkan kepada Anda 2 buah opsi yang diantaranya :

  • Automatic Placements (Recomended)
  • Edit Placements

Automatic Placements

Seperti gambar di atas, jika anda memilih menu automatic placement, iklan yang anda buat akan ditempatkan secara otomatis oleh facebook. Tapi jika anda lebih memilih untuk menempatkan iklan sesuai selera anda, anda bisa melakukan edit placement seperti pada gambar di bawah ini.

Custom edit placement

Jika anda merasa bingung, tentunya kami lebih merekomendasikan anda untuk memilih opsi “Automatic Placement” atau “Penempatan Otomatis” karena disini anda tidak perlu melakukan setting manual terhadap posisi iklan yang anda buat. Terlebih lagi, ini juga akan memudahkan para audiens untuk menemukan iklan anda kedepannya.

Poses pengisian data placement ini selesai. Selanjutnya anda hanya tinggal mengisikan data anggaran dan penjadwalan iklan.

3. Anggaran dan Penjadwalan Iklan

Fase selanjutnya yang harus anda lakukan adalah pengisian data Anggaran dan Penjadwalan iklan. Pertama tentunya akan kita bahas mengenai Anggaran terlebih dahulu. Pada menu anggaran ini anda bisa memilih dua opsi yakni :

  • Daily Budget : Budget harian
  • Lifetime Budget : Budget untuk selamanya

Anggaran dan Penjadwalan Iklan

Jika anda memilih budget harian, maka anda bisa melakukan pembatasan terhadap biaya iklan yang akan dikeluarkan setiap harinya. Tapi jika anda memilih lifetime budget atau budget selamanya, anda harus mempersiapkan dana kurang lebih 1 juta rupiah dan ini mungkin akan habis dalam waktu 2 minggu saja.

Jika anda masih awam dalam hal ini, kami sangat merekomendasikan anda untuk memilih daily budget saja. Anggaran perhari minimum yang bisa anda pilih adalah 10 ribu rupiah saja.

Setelah anda menyelesaikan pengisian Anggaran atau budget di atas, selanjutnya anda bisa melakukan pengisian Penjadwalan atau Schedule. Pada bagian schedule ini ada dua opsi juga. Anda bisa melihatnya seperti di gambar di bawah ini.

pengisian Penjadwalan atau Schedule

Anda bisa memilih opsi “Mulai saat ini dan Anda bisa stop kapan saja” atau cara manual dengan memilih menu lainnya. Dengan memilih menu lainnya ini anda bisa menentukan kapan iklan akan mulai ditayangkan dan kapan iklan akan berakhir.

Setelah anda menyelesaikan ketiga form di atas, anda hanya tinggal mengklik menu “Lanjutkan” dan secara otomatis anda akan dibawa menuju ke fase Ad yang merupakan fase terakhir di dalam proses pembuatan iklan Facebook ini.

Membuat Iklan di Facebook

Fase selanjutnya yang harus anda lakukan adalah fase membuat iklan di Facebook. Pada Fase Ad ini ada 3 sub form yang harus anda isi yakni Identifikasi, Format, Media dan Text. Tentunya kita akan membahas sub form ini satu persatu agar anda bisa memahaminya secara detail.

Membuat Iklan di Facebook

1. Identifikasi

Pada bagian identifikasi, anda bisa memilih opsi penggunaan Facebook atau Instagram. Seperti sudah anda ketahui, Instagram ini memang sudah diakuisisi oleh Facebook sehingga memungkinkan bagi anda untuk memasang ads di Instagram ini via facebook. Karena di awal kita sudah menyiapkan Page Facebook, anda pilih saja menu tersebut.

2. Format

Selesai mengisi menu identifikasi, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah melakukan pengisian Format. Ada beberapa jenis format iklan yang bisa anda pilih dari mulai Carousel, Single image, Video, Slide show. Tentunya anda bisa menyesuaikan format ini dengan kebutuhan anda. Tapi karena di awal kita sudah mempersiapkan Page, anda bisa memilih Single Image saja.

3. Text

Di fase ini, anda bisa mengisikan teks deskripsi yang menjelaska iklan yang anda buat. Anda juga bisa mengisinya dengan link menuju web anda, atau headline dan call to action yang bisa memancing para viewer untuk mengunjungi situs yang anda miliki. Untuk selengkapnya bisa anda lihat pada gambar di bawah ini.

call to action

Setelah anda mengisikan form pembuatan model iklan di atas, semua proses dalam Facebook Ads ini sudah sepenuhnya anda selesaikan. Langkah selanjutnya anda hanya perlu melakukan pembayaran.

Melakukan Pembayaran

Langkah pembayaran di facebook inibegitu mudah dan tersedia dalam berbagai platform. Ada 3 cara utama yang bisa anda pilih yakni :

  • Menggunakan kartu kredit atau kartu debit Visa
  • Menggunakan metode transfer bank
  • menggunakan kode kupon

Tapi pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan metode pembayaran yang menggunakan ATM atau transfer bank saja. Metode ini disinyalir metode paling mudah dan paling banyak digunakan di Indonesia saat ini.

Baca juga, Waktu Paling Efektif Posting Gambar di Instagram

Selengkapnya bisa anda lihat pada gambar di bawah ini.

Pembayaran iklan

Silakan anda pilih metode yang hendak anda gunakan lalu klik continue

Metode Pembayaran di Facebook

Setelah muncul pop up tersebut, klik continue

Cara Pembayaran iklan

Akan muncul tampilan di atas, jika sudah sesuai silakan anda klik menu Review Payment dan akan muncul tampilan di bawah ini.

Review Payment Facebook

Klik tombol make payment sebagai bentuk persetujuan anda, lalu anda akan dibawa ke halaman berikut.

Transfer Pembayaran Facebook Lokal

Silakan anda klik continue setelah anda melihat halaman di atas. Lalu anda akan diarahkan menuju ke rekening facebook seperti tampilan di bawah ini.

Pembayaran Melalui Bank Lokal

Setelah anda melakukan pembayaran terhadap rekening facebook di atas, secara otomatis iklan anda akan muncul pada seluruh tampilan Facebook yang sesuai dengan target audience yang sudah anda pilih sebelumnya.

Mungkin itu saja yang bisa kami jelaskan pada kesempatan kali ini, semoga penjelasan mengenai panduan lengkap beriklan di Facebook ini bisa bermanfaat untuk anda.