Algoritma Instagram: Ketahui Cara Kerja dan Perkembangannya

Mengenal Alogaritma Instagram

Bagaimana cara kerja, perubahan dan perkembangan algoritma instagram terbaru? Yuk, kita simak ulasan berikut ini. Bisnis online kian diminati oleh banyak orang karena kemudahan yang diberikan, baik dalam melakukan transaksi ataupun pembayarannya. Salah satu media yang seringkali digunakan untuk bisnis online adalah instagram. Sebelum Anda menggunakan platform ini sebagai media berdagang, penting bagi Anda untuk mengenal alogaritma instagram terlebih dahulu.

Instagram tergolong dalam media sosial yang memiliki banyak pengguna. Berbagai fitur menarik bisa Anda jumpai di platform ini. Tidak heran jika banyak pelaku bisnis yang memilih instagram untuk mempromosikan produk atau jasanya melalui konten visual yang dapat menarik banyak pembeli.

Memahami tentang alogaritma instagram menjadi upaya yang harus kita lakukan untuk bisa memaksimalkan kinerja instagram sebagai media promosi. Konten atau postingan yang berada di urutan teratas halaman home menjadi keuntungan tersendiri untuk mengenalkan produk atau jasa yang kita tawarkan. Untuk itu, banyak orang yang melakukan berbagai cara untuk menempatkan foto produk atau jasa di urutan teratas.

Perkembangan Alogaritma Instagram

Beberapa tahun terakhir, Instagram menjadi tempat yang strategis untuk berbisnis karena kita akan dipermudah dalam mendapatkan pengikut atau follower yang menjadi calon pelanggan yang berpotensi. Sebagai pengguna, konten atau postingan yang pertama kali kita lihat pastilah konten yang berada di urutan teratas atau terbaru.

Awalnya, banyak orang yang mengeluhkan cara kerja alogaritma instargram yang dianggap kurang memuaskan. Untuk itu, perbaikan terus dilakukan oleh instagram untuk memuaskan para penggunanya. Bagi mereka yang terhubung dengan sebuah komunitas, maka akan lebih efektif dalam mendapatkan beberapa informasi berkaitan dengan kegiatan komunitas tersebut.

Melalui alogaritma terbaru dari instagram membuat peningkatan jumlah pengguna, hampir 50% dalam 10 bulan. Hal ini menunjukkan bahwa alogaristme instagram terbaru mampu memberikan kemudahan dan sesuai dengan harapan banyak pengguna sehingga mereka lebih nyaman saat menggunakan platform yang satu ini.

Cara Kerja Alogaritma Instagram

Instagram telah yakin meninggalkan urutan kronologis pada feednya dan lebih memilih untuk menggunakan alogaritma sejak tahun 2006. Keputusan ini sempat menimbulkan kontroversi, tapi dengan alogaritma ini pengguna justru bisa melihat 90% postingan temannya dimana jumlah ini bertambah 50% sebelum menggunakan alogaritma ini. Tidak heran jika banyak pengguna yang menghabiskan waktunya menggunakan instagram.

Cara Kerja Alogaritma Instagram

Sayangnya, instagram tidak pernah mengungkapkan bagaimana cara kerja alogaritma yang digunakannya dalam menyusun feed penggunanya. Baru-baru inilah instagram menjelaskan cara kerja alogaritma pada publik sehingga kita bisa lebih mengenal alogaritma instagram.

Berdasarkan penjelasan instagram mengenai cara kerja alogaritma miliknya, terdapat beberapa faktor yang memengaruhi apa yang pengguna lihat pada feed instagramnya, yaitu:

  1. Interest

Instagram mampu memperkirakan seberapa pedulinya Anda sebagai pengguna terhadap sebuah post. Penilaian ini didapatkan dari respons pengguna terhadap konten yang serupa sebelumnya.

  1. Recency

Instagram mengetahui postingan mana yang baru-baru ini kita bagikan atau postingan yang diprioritaskan baru-baru ini.

  1. Relationship

Instagram memperkirakan seberapa dekat pengguna dengan akun yang memposting konten tersebut dengan akun yang sering melakukan interaksi dengan pengguna. Rangking yang paling tinggi maka akan semakin sering muncul pada urutan pertama.

  1. Frequency

Seberapa sering kita membuka instagram juga berpengaruh karena kita bisa melihat postingan terbaik yang akan diperlihatkan.

  1. Following

Semakin banyak akun yang Anda ikuti, maka semakin kecil kesempatan Anda melihat postingan secara detail pada masing-masing akun sehingga Anda perlu mengunjungi akun tersebut untuk melihat semua postingannya.

  1. Usage

Semakin banyak waktu yang Anda gunakan untuk membuka instagram, maka postingan yang Anda lihat akan makin banyak dan waktu ditunjukkan postingan juga lebih lama.

Anda mungkin tertarik untuk membaca cara verifikasi google bisnis

Bukan hanya faktor yang memengaruhi, instagram juga menunjukkan beberapa mitos dan pertanyaan. Saat ini, instagram tidak mempertimbangkan opsi untuk pengguna memilih urutan kronologis. Hal ini dikarenakan instagram merasa jika adanya opsi justru akan membingungkan pengguna dalam mengatur feed.

Tips Memaksimalkan Alogaritma Instagram

Instagram seringkali digunakan sebagai media untuk mempromosikan produk atau suatu jasa. Meskipun penggunaan instagram terlihat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja, tapi kita harus tahu mengenal alogaritma instagram melalui cara memaksimalkan kinerja alogaritma instagram agar postingan kita bisa berada di urutan pertama sehingga banyak orang yang bisa melihatnya.

Tips Memaksimalkan Alogaritma Instagram

1. Gunakan videografer atau fotografer

Postingan haruslah memiliki kualitas terbaik agar orang yang melihatnya merasa tertarik dan produk atau jasa yang ditawarkan terlihat lebih meyakinkan. Penggunaan jasa fotografer atau videografer profesional akan membantu kita mendapatkan konten berkualitas untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Dengan demikian, kesempatan mendapatkan pelanggan baru akan lebih besar.

2. Rajin upload post di Instagram Story

Sering menggunakan instagram story menjadi cara untuk memperluas jangkauan post. Terdapat beberapa fitur menarik dari insta story yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan engagement melimpah, seperti bentuk polling. Penggunaan polling ini memberikan kesempatan bagi Anda untuk mendapatkan balasan atau kiriman post dari pengguna lain. Peluang post untuk masuk feed sangat besar dengan cara ini.

3. Gunakan Video Live

Fitur Video Live mengajak Anda untuk melakukan engagement atau interaksi dengan followers dengan mudah. Video ini dapat masuk ke insta feed yang bisa dilihat ataupun di explore oleh viewers dan followers di instagram. Bukan itu saja, Video live juga mampu mengisi halaman feed Anda.

4. Adakan kontes menarik

Cara selanjutnya adalah dengan mengadakan kontes sehingga Anda bisa menghasilkan engagement yang melimpah. Terlebih jika kontes bisa diikuti secara gratis dimana akan ada banyak pengguna instagram yang menyukainya. Pemberian hadiah secara gratis ini akan menarik perhatian para pengguna instagram yang lain.

5. Berikan caption yang unik

Berdasarkan beberapa pemilik bisnis atau motivator mengatakan jika terdapat 2 macam caption yang paripurna, yaitu caption dengan model bertanya atau adanya CTA sehingga membuat kita serasa berbicara atau berinteraksi secara langsung dengan para followers. Pastikan dengan caption tersebut Anda mendapatkan komentar atau action dari para pembacanya.

6. Tawarkan informasi dan saran secara gratis

Informasi dan saran yang bermanfaat adalah tiang kuat yang harus Anda jaga ketika berbagi postingan agar followers Anda juga merasa senang. Berbisnis boleh, tapi kiga juga harus peduli terhadap masyarakat karena inilah yang akan membuat bisnis semakin maju. Sajikan informasi yang bermanfaat dan sekiranya dibutuhkan oleh banyak followers Anda.

7. Gunakan bahan yang sedang happening

Sesuatu yang sedang happening atau trend pasti mampu menyita perhatian banyak pengguna instagram. Misalnya saja, ketika K-Pop sedang melanda Indonesia, Anda bisa menjual beberapa marchandise atau barang-barang yang berbau korea, dengan demikian banyak followers yang akan tertarik dengan bisnis Anda.

8. Posting tepat waktu

Penting untuk mengetahui waktu yang tepat melakukan posting. Anda perlu melakukan riset kecil-kecilan untuk mengetahui, pada jam berapa sekiranya para followers Anda sedang aktif, apakah pagi, siang, sore ataupun malam. Apabila followers Anda lebih banyak aktif pada malam hari, maka waktu yang tepat untuk posting adalah malam hari agar banyak dari mereka yang melihat postingan Anda.

9. Terapkan Influencer Marketing

Bagi beberapa orang mungkin masih asing dengan istilah ini. Influencer marketing adalah orang yang bekerja di dunia bisnis dan menjadi perantara antara audience dan brand bisnis. Mungkin Anda lebih mengenalnya sebagai sales representative yang bertugas untuk meningkatkan jumlah konversi brand tertentu.

10. Tampilkan Personal Anda

Konten behind the scene cukup membuat para pengguna instagram tertarik. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengambil behind the scene ketika pembuatan konten. Caption yang baik juga harus disertakan, termasuk interaksi antara Anda dengan followers melalui pemilihan kata yang tepat.

11. Kembangkan brand karakter dengan kuat

Style foto yang unik sangat dibutuhkan oleh suatu brand untuk mengelabuhi alogaritma instagram. Oleh karena itu, Anda bisa melakukan editing foto untuk mengembangkan visual brand sehingga siapa saja yang melihatnya sudah bisa mengenal brand tersebut.

12. Kembangkan halaman profil

Jika Anda sudah menghabiskan banyak waktu di Instagram untuk mengembangkan halaman profil instagram, maka Anda akan mendapatkan apresiasi dari pengguna lain. Tampilan yang unik dan menarik pastinya akan memberikan banyak manfaat bagi Anda.

Selain instagram Anda dapat memanfaatkan media sosial lainnya yang memiliki peluang pasar yang sama besar misalnya Facebook. Sebagai referensi, anda bisa mengunjungi artikel media sosial populer di Indonesia.

Berdasarkan penjelasan di atas, menghias dan mengembangkan konten instagram merupakan salah satu cara untuk mengoptimalkan alogaritma instagram. Dengan demikian, kita akan lebih mengenal alogaritma instagram, baik cara kerja dan cara mengoptimalkannya untuk bisnis yang lebih maju.