Riwayat Pergantian Algoritma Google Terbaru

Histori Alogaritma Google

Algoritma Google Terbaru – Google menjadi sebuah mesin pencarian yang berpengaruh dalam kehidupan masyarakat pengguna internet. Tak hanya memobilisasi internet, penggunanya selalu bergantung pada mesin pencarian Google dalam hal mencari apapun. Mesin pencarian Google menjadi andalan pengetahuan dan pedoman hampir di semua aspek kehidupan para penggunanya. Berdasarkan historinya, algoritma Google pun terus dibenahi demi memberikan layanan terbaik bagi para penggunanya.

Histori algoritma Google Update terus berkembang dari tahun ke tahun. mengembangkan mesin pencarinya supaya dapat memberikan hasil pencarian terbaik bagi penggunanya. Hal tersebut juga menjadi upaya untuk membenahi situs web yang berusaha mencurangi algoritma Google seperti yang menggunakan negative SEO atau black hat SEO.

Algoritma Google

Google memperbarui algoritma pencariannya secara intens tiap tahun. Beberapa algoritma Google yang legendaris seperti Florida, Panda, Penguin, RankBrain, hampir memiliki pengaruh besar terhadap sejarah SEO dan pemeringkatan situs web tiap tahunnya.

Namun banyak juga algoritma Google yang hanya memberikan dampak yang lebih kecil, memberikan pembaruan SEO website hampir tidak berpengaruh sama sekali.

Baca juga, Cara Membuat Judul yang Disukai Pembaca

Terlepas dari hal itu, Google selalu melakukan update tiap tahunnya untuk terus membenahi mesin pencarinya supaya berkembang lebih baik dalam  hal memberikan layanan informasi terbaik dan memproses indeks pemeringkatan website lebih baik pula. Selain itu, algoritma Google yang terbaharui setiap saat bertujuan mencegah pihak – pihak yang berusaha curang, seperti penggunaan black hat SEO, negative SEO ataupun situs web yang melakukan spamming.

5 Tool Untuk Mengetahui Perubahan Algoritma Google:

  1. Mozcast
  2. SERPs.com
  3. SERPmetrics
  4. Algoroo
  5. Advanced Web Ranking

Algoritma Google akan berusaha menyingkirkan dan membersihkan situs web ‘negatif’ tersebut dari indeks Google. Namun pada praktiknya, algoritma Google juga butuh kerja keras dan waktu yang tidak sedikit untuk melakukan upaya ‘pembersihan’ tersebut. Upaya tersebut semata – mata agar Google dapat bekerja memperbaiki indeks pemeringkatan website lebih baik lagi.

Sejarah dan Riwayat Alogaritma Google

Sejarah perkembangan algoritma Google terjadi secara siginifikan dari tahun ke tahun. Perubahan algoritma oleh Google tersebut ada yang terkonfirmasi maupun tidak. Berikut ini adalah perjalanan update algoritma Google yang memberikan dampak pada SEO website dimulai pada tahun 2003, dimana di tahun tersebut adalah titik awal Google mulai serius dengan mengembangkan algoritma Google kedepannya hingga kini.

Algoritma Google 2003

Florida

Google melakukan update Algoritma Florida yang merupakan titik awal era baru SEO. Situs web yang mengandalkan afiliasi untuk mendapatkan traffic melalui cara spamming seperti memiliki tautan tersembunyi, isian kata kunci, menggunakan beberapa situs di bawah merk yang sama, atau teks tak terlihat akan digarap Florida pada era ini. Florida bekerja memorosotkan peringkat website yang memiliki kecurangan tersebut, bahkan memusnahkannya dari indeks pencarian Google.

ALgoritma Google 2015

Jagger

Jagger memiliki pembaruan dalam tiga fase yaitu Jagger 1, Jagger 2, dan Jagger 3. Sejumlah pembaruan tersebut berfokus pada backlink untuk menindak situs website yang memiliki backlink tidak wajar, seperti tautan berbayar, atau melakukan spam backlink. Sampai fase 3 nya menginvasi secara besar – besaran situs web yang dianggap melakukan spam backlink.

Big Daddy

Big Daddy adalah algoritma Google yang pembaruannya dilakukan secara bertahap dari Desember sampai Maret 2006. Pembaruan ini menangani masalah teknis kanokisasi URL dan pengalihan yang dilakukan situs web tertentu. Situs web yang melakukan penautan tidak wajar seperti pentautan timbal balik yang berlebihan, tautan spam, dan tautan berbayar ini tidak akan masuk pada pusat data indeks algoritma Google.

Algoritma Google 2009

Vince

Pembaruan Vince ini membuat riset kata kunci menjadi sulit dan kompetitif bagi website untuk mendapatkan ranking pada halaman pertama. Situs yang kurang otoritatif akan tersingkir, sementara situs yang murni melakukan SEO memenangkan visibilitasnya di halaman Google.

Caffeine

Pada pembaruan ini, sistem pengindeksan Google diperbaharui yang memungkinkan sistem merayapi dan menyimpan data secara efisien dan 50% lebih fresh.

Algoritma Google 2010

MayDay

Pembaruan MayDay bekerja untuk menilai situs mana yang paling cocok untuk terus berada di halaman indeks Google. Penilaian berdasarkan indeks pengalaman penggunanya.

Algoritma Google 2011

Panda
perubahan update ini mempunyai dampak yang cukup besar pada industri SEO dan situs web karena algoritma ini bekerja lebih dalam untuk melakukan indeks pemeringkatan website secara kompetitif. Panda juga bekerja memberikan hasil pencarian pada Google lebih fresh seperti acara terkini, topik hangat, dan acara terupdate lainnya. Panda memberikan hasil terbaik dan relevan bagi kata kunci yang dicari penggunanya secara efektif. Pembaruan ini mempunyai dampak 35 persen pada teknik pencarian baru.

Baca juga, Strategi Meningkatkan Organic Traffic Website

Algoritma Google 2012

Mengubah tata letak halaman

Pembaruan algoritma Google ini mentargetkan peringatan pada situs web yang mempunyai terlalu banyak iklan pada halamannya. Namun pembaruan ini disinyalir hanya memberikan efek 1 % pada situs web.

Venice

Pembaruan Venice berfunngsi mengupgrade hasil pencarian dengan memasukkan lokasi nyata atau alamat IP pencari. Google juga melakukan deteksi apakah kueri halaman web memiliki relevansi lokal pada hasil pencarian.

Penguin

Penguin menjadi salah satu algoritma yang bekerja secara besar – besaran dan memberikan dampak besar pada situs web. Situs web yang mempunyai optimaisasi berlebihan akan mendapatkan penlty. Penguin bekerja menurunkan ranking situs web yang melakukan webspam secara agresif, sebagai contoh melakukan tautan tidak wajar yang melanggar pedoman webmaster Google. Pembaruan ini mempengaruhi sebesar 3,1 persen pencarian dalam Bahasa Inggris. Pada tahun ini Penguin terus memiliki update yang intens untuk bekerja lebih baik lagi. Dan hal yang sama di tahun tersebut juga, situs web yang diturunkan algoritma Penguin ini memulihkan diri dan membersihkan spam mereka untuk mulai merangkak lagi.

EMD

EMd (Exact Match Domain) ini bekerja untuk menghapus domain pencarian yang bersifat spam dan berkualitas rendah pada SERP.

Algoritma Google 2013

Pay day loan

Pada bulan Juni, algoritma Google Pay Day Loan diluncurkan untuk menelurusi situs web yang tidak sehat seperti situs porno, situs pinjaman dengan bunga yang tinggi, perjudian dan obat-obatan.

Hummingbird

Pembaruan Hummingbird memiliki perubahan besar pada teknologi pencarian inti Google. Mode pencarian kata kunci melalui pencarian suara ini mulai dikembangkan Google sebagai upaya meningkatkan hasil pencarian terbaik dan relevan dari pemahaman kata kunci yang kompleks yang diketikkan penggunanya.

Algoritma Google 2014

Pigeon

Pada pembaruan ini, Google menggunakan sinyal peringkat situs web untuk mempengaruhi hasil pencarian lokal. Tujuannya untuk mengetahui dan meningkatkan peringkat parameter jarak lokasi pencarian dengan lokasi Google.

Algoritma Google 2015

Mobile Friendly Update

Pembaruan Mobile Friendly ini ditujukan untuk memberikan peringkat lebih baik pada situ web yang menggunakan mobile friendly pada situsnya. Penghargaan diberikan pada situs yang memiliki peringkat pencarian lebih baik dengan melihat pengalaman penggunanya yang mempunyai kepuasan terhadap pencarian melalui mobile friendly tersebut.

Quality Update

Pembaruan kualitas atau Pembaruan Phantom adalah perubahan yang memiliki dampak cukup besar pada situs web yang memiliki masalah kualitas konten. Pasalnya, Google menggunakan algoritmanya untuk menilai kualitas konten yang dimiliki website untuk dapat diperhitungkan pada posisi halaman Google. Situs yang memiliki kualitas konten yang buruk, terlalu banyak iklan akan tersingkir dari peringkatnya sebelumnya.

RankBrain

Google secara resmi memperkenalkan RankBrain di tahun ini yang bekerja untuk memfilter hasil pencarian untuk memberikan hasil jawaban terbaik pada penggunanya. RankBrain dipercaya menjadi salah satu faktor pemeringkatan situs web yang berpengaruh setelah Panda dan Penguin. .

Algoritma Google 2016

Panda menjadi algoritma inti Google

Google mengumumkan bahwa Panda akhirnya termasuk ke dalam algoritma inti Google. Panda tidak lagi bekerja sebagai filter namun justru menjadi salah satu sinyal peringkat filter intinya.

Algoritma Google 2017

Fred

Pembaruan algoritma yang dinamai Fred ini mentargetkan filter pemeringkatan pada konten bernilai rendah yang dimiliki sebuah website. .

Fall Flux

Pembaruan algoritma ini mendeteksi perubahan penting Google dalam mempengarhui traffic dan visibilitas pencarian pada sebuah halaman website.

Maccabees

Melalui algoritma ini, sejumlah situs web disinyalir mengalami pembaruan yang mempengaruhi visibilitasnya pada halaman Google. Namun Google mengkonfirmasi  pembaruhan tersebut hanyalah perubahan kecil yang tidak mengubah algoritma inti Google.

Algoritma Google 2018

Broad Core Algorithm

Pada 12 Maret, Google mengonfirmasi pembaruan Broad Core Algorithm yang dimaksudkan untuk memperbaiki posisi pemeringkatan halaman website yang sebelumnya ‘kurang dihargai.’ pada pembaruan ini, Google menyarankan untuk terus membangun konten yang berkualitas yang menjadi penilaian penting pada algoritma Google. Update Broad Core ini terus dikembangkan pada tahun 2018 tersebut, dan mengalami perubahan yang bersifat kecil maupun berpengaruh terhadap evaluasi penilaian traffic pada situs web.

Algoritma Google 2019

Florida 2

Google telah mengupdate algoritma Florida 2 pada bulan Maret ini. Sebagaimana konfirmasi dari Danny Sullivan dari Google, ia menyebutkan update Florida 2 ini bersifat penting dan merupakan salah satu pembaruan terbesar di tahun ini. Update algoritma Google ini dilaporkan memberikan dampak positif dan kenaikan peringkat pada sejumlah besar situs di dunia. Pada tahun 2019 ini, Google juga menyarankan pada situs web untuk mengikuti panduan pembaruan algoritma sebelumnya supaya dapat mengikuti pembaruan Google yang baru, yang kabarnya akan memberikan dampak besar pada pemeringkatan situs web di tahun ini.

Baca juga, Backlink, Apakah Masih Menjadi Faktor Rangking SEO?

Histori-Alogaritma-Google-Indonesia

Siapa Yang Paling Diuntungkan? User Atau Partner?

Sejumlah pembaruan algoritma Google yang terjadi berskala kecil maupun massive tersebut tentu memberikan dampak bagi kedua belah pihak antara user dan partner (situs web). Namun dengan pembaruan algoritma Google tersebut siapa yang paling diuntungkan, mari kita lihat penjelasannya:

Bagi Pihak Pengguna

Tentu dengan perubahan algoritma Google yang terus berkembang ini memberikan keuntungan bagi penggunanya untuk lebih mendapatkan hasil yang terbaik ketika mencari informasi di mesin pencarian Google. Dengan sistem pencarian dan hasil pencarian yang terbaik, akan memberikan kepuasan pengalaman penggunanya.

Bagi Pihak Partner (Situs Web)

Perubahan algoritma Google ini bisa membantu situs web atau bahkan merugikan situs web Anda sendiri, karena pembaruan ini mempengaruhi:

  1. Tingkat ranking pencarian dan visibilitas pada halaman Google
  2. Traffic pencarian organik
  3. Mempengaruhi konversi
  4. Mempengaruhi investasi atau ROI
  5. Mempengaruhi pendapatan website

Pertanyaannya, apakah hal tersebut menguntungkan website Anda? Jika ya, maka dampak pembaruan algoritma Google tersebut berdampak positif bagi situs web Anda.

Namun, jika tidak, maka Anda perlu usaha lebih keras lagi untuk beradaptasi dengan pembaruan Google yang akan terus terjadi.

Jika Anda sedang memiliki profesi mengoptimalkan SEO pada situs web dan konten untuk mesin pencari, maka Anda perlu terus update untuk melacak perubahan besar yang terjadi, yang bisa saja mempengaruhi strategi SEO Anda.

Atasi Perubahan Algoritma Google Dengan Jasa SEO

Ada banyak upaya untuk mengatasi penyesuaian situs web dengan algoritma Google yang terus berkembang tersebut. Salah satunya dengan pemanfaatan jasa SEO.

Pemanfaatan jasa SEO ini bertujuan untuk memfasilitasi dan mempermudah Anda untuk mempertahankan posisi atau ranking website tetap stabil atau bahkan meningkat.

Jasa SEO seperti Masterseo mampu beradaptasi dengan algoritma Google yang terus berubah untuk tetap memberikan layanan optimasi SEO website sesuai dengan tujuannya; memberikan posisi terbaik di halaman teratas Google. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan perubahan dan perkembangan algoritma Google yang terus berubah yang mungkin dapat merugikan situs web Anda.

Dengan jasa SEO Masterseo, page rank website Anda akan diperbaiki untuk bisa terus berada di halaman teratas pencarian Google.

Kesimpulan

Kebanyakan situs web cenderung menganggap algoritma Google yang terus berkembang ini sebagai cara Google menghukum situs web, padahal sesungguhnya algoritma Google yang terus berkembang ini adalah salah satu upaya Google untuk menghargai situs web yang memberikan pengalaman terbaik bagi penggunanya. Dinilai dari konten dan kata kunci yang relevan.

Algoritma Google ini menentukan (situs web) siapa pemenang dan siapa yang kalah. Oleh karena itu, untuk mengatasinya, sebuah situs web juga harus berkembang dan update terus – menerus supaya bisa mengimbangi algoritma Google tersebut.