Perbandingan Ahrefs vs SEMrush

Ahrefs vs Semrush, Mana Tools SEO Terbaik Pilihan Anda?

SEO tools merupakan peralatan tempur bagi para internet marketer. Ada banyak tools yang saat ini biasa digunakan, salah satu di antaranya adalah tools untuk melakukan riset keyword, atau backlink dari kompetitor. Ada dua tools yang biasa digunakan untuk memata-matai performa SEO milik keompetitor, yakni Ahrefs dan Semrush. Pada artikel kali ini akan kami akan mengulas tentang performa Ahrefs vs SEMrush yang merupakan tools premium berkualitas jempolan.

Ahref dan SEMrush adalah adalah tools yang banyak digunakan oleh para pakar SEO. Keduanya merupakan tools yang powerful. Selain memantau optimasi SEO kompetitor Anda, kedua tools tersebut bisa digunakan juga untuk melakukan pengecekan optimasi SEO pada website Anda, sehingga jika terjadi kendala atau kesalahan pada saat melakukan optimasi SEO, Anda bisa langsung memperbaikinya.

Keduanya merupakan tools premium dengan harga yang terbilang tinggi. Jadi, sebelum memutuskan memilih yang mana, pastikan Anda mengetahui fitur-fitur, dan kelebihan keduanya.

Fitur dan Keunggulan Ahrefs

Fitur SEO Unggulan Ahrefs

Ahrefs adalah tool yang berfungsi sebagai backlink checker. Tool ini banyak digunakan oleh para pakar SEO. Selain itu, ada banyak fungsi lain dari tool yang satu ini, dan tentunya terbukti sangat powerful. Berikut daftar fitur lain yang tidak kalah penting dari Ahrefs:

1. Fitur Content Explorer

Fitur ini disediakan untuk mempermudah Anda dalam mencari ide konten untuk website. Selain itu, fitur ini pun cocok sekali untuk mencari konten yang potensial untuk menjadi viral. Fungsinya adalah mencari konten pada suatu website, lalu mengurutkannya berdasarkan tingkat share yang tinggi di media sosial. Semakin tinggi tingkat konten tersebut di-share, maka akan semaki tinggi pula potensi viralnya. Nah, dari sinilah Anda bisa mendapatkan ide untuk membuatnya.

2. Fitur Crawl Reports

Crawl Reports adalah fitur yang membantu para pakar SEO untuk menangani beberapa permasalahan. Seperti,masalah link yang mati, optimasi on page yang kurang maksimal, dan masih banyak lainnya. Melalui fitur tersebut, Anda bisa melihat struktur SEO dan performa pada website dengan baik. Jika website Anda bermasalah dalam optimasi SEO, maka akan segera diketahui, dan bisa langsung diperbaiki.

3. Fitur Batch Analysis

Fitur Batch Analysis berfungsi untuk membandingkan kondisi backlink. Sistem perbandingannya pun hingga mencapai 200 url. Dalam waktu yang singkat, kita bisa membandingkan kondisi backlink atau optimasi offpage tersebut. Jika Anda sudah terbiasa dengan Ahrefs, membaca fitur yang satu ini tidak akan memakan waktu yang lama.

4. Fitur Domain Comparasion Tool

Sama dengan fitur Batch Analysis, Domain Comparasion Tool merupakan fitur untuk membandingkan kondisi backlink. Namun, fitur ini versi sederhananya, karena hanya dapat membandingkan 5 domain saja. Jadi, Anda bisa mendapatkan data persaingan yang cepat untuk niche yang sedang Anda bidik.

5. Fitur Site Explorer

Site Explorer adalah fitur unggulan dari Ahrefs. Para paker SEO yang sudah lama menggunakan Ahrefs, tentu sudah tidak asing lagi dengan fitur ini. Fungsi dari fitur ini adalah untuk melakukan pengecekan backlink pada website kompetitor. Caranya sangatlah mudah, Anda tinggal mengakses URL https://ahrefs.com/site-explorer, lalu masukkan link website yang akan Anda cek, kemudian akhiri dengan mengklik tombol search.

Baca juga: Trend SEO 2019 Wajib Anda Pahami Untuk Mendominasi Mesin Pencari

Selanjutnya, Anda akan melihat tampilan dashboard  yang memperlihatkan informasi secara umum. Informasi yang akan Anda dapatkan terbilang lengkap, sehingga Anda bisa melihat sebuah gambaran yang sangat jelas tentang domain yang tadi Anda masukkan.

6. Fitur Position Tracker

Position Tracker adalah fitur yang menjadikan Ahref sebagai tool SEO revolusioner. Fungsinya yaitu untuk melakukan pengecekan ranking. Dengan fitur ini, para pakar SEO sudah tidak perlu lagi mengeluarkan anggaran untuk membeli tools rank tracker hanya untuk mengecek ranking.

Cukup dengan Ahref, Anda bisa memonitor posisi ranking website Anda ataupun kompetitor. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Pertama, akseslah URL https://ahrefs.com/dashboard/add, lalu masukkan URL dan kata kungi yang akan dicek. Anda cukup melakukannya sekali saja. Jika ada perubahan ranking, maka posisi pada fitur tersebut juga akan ikut berubah. Kelebihannya inilah yang menjadikan fitur tersebut berbeda dari tools position tracker yang lain.

7. Fitur Link Intersection

Link Intersection adalah fitur yang belum dimiliki oleh tools backlink checker yang lain. Fungsinya yaitu untuk mencari backlink mana saja yang mengarah pada website kompetitor Anda, tapi belum diarahkan ke website Anda. Fungsinya juga sangat bagus untuk mencari backlink yang se-niche.

8. Fitur New and Lost Backlinks

New and Lost Backlinks adalah fitur yang masih satu bagian dengan Site Explorer. Meski begitu, fitur ini termasuk ke dalam poin yang penting juga untuk dibahas. Fungsinya yaitu untuk melihat backlink yang hilang secara harian maupun backlink baru. Jadi, selain kita bisa melihat backlink yang sudah kita buat, kita pun dapat melihat backlink yang sudah hilang karena alasan tertentu. Sehingga, Anda bisa menganalisa performa website agar terpantau secara detail.

Fitur dan Keunggulan SEMrush

Fitur dan Keunggulan SEMrush

Sama-sama tools SEO yang powerful, tapi memiliki fitur yang berbeda. SEMrush atau SEM Rush adalah tool yang biasa digunakan untuk riset keyword kompetitor. Tool ini penting agar Anda tidak kalah bersaing dengan website kompetitor, karena SEMrush termasuk ke dalam tool riset keyword yang komprehensif.

Untuk lebih jelasnya, berikut akan kami paparkan apa saja keunggulannya:

1. Untuk Menganalisa Kompetitor

Salah satu alasan kenapa para pakar SEO menggunakan tool SEMrush ialah untuk meneliti kompetitor. Para pesaing Anda, mungkin saat ini sudah jauh memata-matai kata kunci web Anda. Kini, sudah saatnya Anda balik memata-matai mereka dengan menggunakan tool tersebut.

Dengan tool ini, Anda bisa menemukan kata kunci terbaik yang mampu mendorong sebagian besar traffic web kompetitor. Dengan menggunakan SEMrush Analisis, Anda bisa memantau website kompetitor. Dengan demikian, Anda akan mengetahui kekuatan mereka yang potensial sekaligus kelemahannya. Sehingga Anda dapat memahami cara bersaing dengan pesaing secara strategis.

2. Fitur untuk Mengecek Backlink

Sama halnya seperti Ahref, SEMrush pun memiliki fitur untuk mengecek backlink. Backlink sendiri merupakan tulang punggung pada suatu website. Optimasi tersebut dapat memberi peluang besar untuk mendapatkan traffic secara organik pada website Anda.

3. Keyword Tracking

Para pakar SEO menggunakan fitur ini untuk meningkatkan SERP (search engine result page). Dengan demikian,  pelacakan peringkat pencarian Anda tidak akan sulit dilakukan, karena memiliki akses ke alat yang tepat.

Dengan SEMrush, Kini Anda bisa melacak setiap keyword yang mampu mendongkrak traffic pada laman website Anda, termasuk traffic dan juga posisi peringkat.

4. Membandingkan Domain

Fitur ini berfungsi untuk membandingkan berbagai domain pada waktu tertentu dengan menunjukkan peningkatan link yang menuju ke domain. Fitur ini berfungsi agar Anda bisa menemukan ide yang lebih baik untuk mendapatkan hasil memuaskan pada mesin pencari, seperti Google. Untuk pemeriksaan kualitas, Anda bisa membandingkan 4 atau lebih domain kompetitor secara langsung.

5. Fitur untuk Menganalisa Iklan

SEMrush adalah tool yang dapat melakukan pemeriksaan terhadap posisi iklan kompetitor Anda. Dengan sistem penganalisaan ini, maka Anda dapat mengetahui strategi iklan berbayar mereka. Iklan Google Adwords pesaing Anda, kini bisa Anda analisa agar bisa bersaing secara strategis dalam SEM (search engine marketing).

Baca juga: Pentingnya Search Engine Marketing (SEM) Bagi Bisnis Online

6. Mencari Pesaing Dengan Traffic Kata Kunci yang Tinggi

SEMrush memiliki fitur yang dapat menemukan kata kunci potensial pada website kompetitor. Dengan demikian, Anda akan mengetahui kata kunci yang dapat membawa traffic besar pada website Anda. Dengan fitur ini, Anda pun bisa mencatat keyword ke dalam Excel, dan menggunakannya di masa yang akan datang.

7. Fitur Audit SEO

Fitur ini memungkinkan Anda untuk dapat melakukan audit SEO secara menyeluruh pada situs Anda. Anda dapat mengetahui berbagai kekurangan dan melakukan perbaikan dengan segera.  Sehingga, traffic pada website akan semakin meningkat.

Demikianlah perbandingan Ahref vs SEMrush yang merupakan tools SEO paling powerful. Kedua tools tersebut, banyak dipilih oleh para pakar SEO hingga saat ini. Dari informasi di atas, sudahkah Anda menentukan akan memilih tools yang mana?

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + 4 =