Advertising Medan: Jasa Pemasangan Billboard dan Baliho

lokasi billboard medan

Advertising medan – Pamor outdoor advertising atau iklan luar ruangan rupanya belum redup di tengah pesatnya digital advertising. Sesuai namanya, iklan outdoor merupakan jenis iklan yang dipasang di ruang terbuka. Jalan raya, jembatan penyeberangan, hingga akses ke tol adalah hotspot yang paling sering diincar pengiklan maupun klien yang memakai jasa tersebut.

Menyoal jenis, jasa pemasangan billboard dan baliho medan adalah salah dua tipe iklan luar ruangan yang paling difavoritkan sebagian besar klien. Walau sekilas tampak serupa, ada perbedaan di antara billboard medan dan baliho yang perlu Anda ketahui supaya tidak salah memilih.

Pemasangan Billboard dan Baliho di Medan

Prima Kencana Advertising adalah penyedia ruang media iklan yang hadir sebagai solusi display dan visual advertising di Medan. Didirikan sejak tahun 2011, Prima Kencana telah berpengalaman dalam menganalisa pasar serta memiliki lokasi-lokasi strategis dan berpotensi tinggi yang tersebar diseluruh Kota Medan.

Prima Kencana Advertising Medan

Alamat: Jln. Bilal Ujung No. 244, Medan, Sumatera Utara, Indonesia

Email: marketin[email protected]

Telp 1: +62-61-6632-220

Telp 2: +62-821-6060-3396

Website: https://primakencanaadv.com

Secara garis besar, bilboard atau papan reklame adalah iklan berbentuk poster besar. Ukuran tersebut memungkinkan jasa pemasangan billboard cepat dilihat audiensi yang dituju di tempat-tempat strategis. Iklan luar ruangan ini pun termasuk konten promosi yang mengalami perkembangan pesat dan fleksibel terhadap teknologi teranyar. Hal tersebut dibuktikan dengan digital billboard, yakni papan reklame yang memakan sentuhan digital untuk menciptakan efek canggih. Ada pula mobile billboard bagi klien yang membutuhkan iklan berjalan dalam ukuran besar. Biasanya jenis iklan ini dibawa memakai kendaraan seperti mobil.

Lihat juga: Jasa pemasangan iklan di Google

Jika lokasi billboard dipasang untuk promosi jangka panjang, maka baliho dikhususkan untuk Anda yang mau beriklan dalam periode yang lebih pendek. Inilah satu hal yang paling membedakan di antara lokasi billboard dengan baliho. Pemasangannya pun tidak dilakukan di konstruksi tetap seperti bangunan, melainkan di lokasi yang bersifat sementara atau temporer. Meski demikian, material yang dipakai untuk membuat baliho tak berbeda jauh dengan billboard. Beberapa di antaranya adalah kayu, kain, kaca, plastik, hingga fiberglass.

Sebenarnya, masih ada satu opsi iklan luar ruangan yang dapat Anda gunakan, yakni bando. Mengikuti namanya, bando punya struktur mirip pita yang membuatnya mudah dipasang pada space iklan di jalan raya. Jika papan reklame biasanya memakai satu tuang saja sebagai penyangga, maka bando akan menggunakan minimal dua tiang atau kelompok tiang sesuai profil baja yang dipilih. Dari segi tarif, bando memang lebih terjangkau dibandingkan lokasi billboard dan dapat dipasang di lokasi strategis seperti jalan raya.

Alasan-alasan yang membuat iklan outdoor masih disukai

Anda mungkin dapat menyimpulkan sendiri manfaat dan keunggulan dari pemakaian iklan outdoor berdasarkan definisi setiap tipenya. Namun, agar lebih jelas dan tidak menimbulkan kesalahpahaman, berikut pemaparan lengkap benefit dan kelebihan pemasangan outdoor advirtising dengan billboard, baliho, maupun bando.

1. Media beriklan yang bersifat universal

Dari segi produksi, tak dapat dipungkiri bila iklan virtual lebih praktis karena sudah menggunakan konten digital. Akan tetapi, exposure yang dihasilkan rupanya belum menandingi iklan luar ruangan. Mengapa demikian? Pasalnya, outdoor advertising mampu menjangkau lapisan masyarakat yang tidak familier dengan dunia maya atau belum memakai internet. Bukan cuma itu, target audiensi tidak perlu membayar setiap kali mereka melihat billboard atau baliho medan yang dijumpai di ruang publik.

2. Tarif outdoor advertising masih bersahabat

Siapa bilang memasang papan reklame dan baliho medan memakan biaya besar? Penelitian lembaga Nielsen membuktikan bahwa nilai CPM atau cost per thousand yang dihasilkan billboard termasuk yang rendah dibandingkan jenis iklan lainnya. Iklan yang dipasang di media cetak seperti majalah memerlukan CPM sebesar USD21, sedangkan iklan luar ruangan hanya mematok USD10. Bandingkan dengan online advertising yang membutuhkan USD17,5 untuk 1.000 impresi.

Gunakan: Jasa pemasaran online untuk meningkatkan omset bisnis.

3. Tingkat return of investment yang tinggi

ROI atau return of investment merupakan salah satu pertimbangan sejumlah pebisnis saat hendak beriklan. Sebagai bahan perbandingan, berdasarkan data BrandScience, outdoor advertising butuh bujet rata-rata sebesar USD1 yang nantinya menghasilkan penjualan mencapai USD2,8. Nominal tersebut faktanya lebih tinggi kalau disandingkan dengan iklan majalah atau teve yang angka tertingginya masih ada di kisaran maksimal USD2,43.

4. Mampu menjangkau masyarakat lebih luas

Seperti yang telah disinggung, jangkauan yang dihasilkan billboard, baliho medan, maupun bando tv medan jauh lebih luas dibandingkan jenis iklan lainnya. Klien yang mengoptimalkan pemasangan iklan teve dengan iklan luar ruangan akan mendapatkan peningkatan exposure mencapai 18%. Persentase akan meroket tajam bila Anda memanfaatkan mobile advertising, yakni hingga 316%. Dengan kata lain, produk atau bisnis yang dipromosikan akan cepat dikenali masyarakat dari berbagai kalangan.

5. Menciptakan interaksi dan target berkualitas

Menyambung dari poin sebelumnya, ada dua faktor yang mendongkrak jangkauan iklan, yaitu interaksi dan target pasar berkualitas. Sekitar 41% audiensi yang melihat billboard medan atau baliho medan akan menelusuri informasi iklan, sementara 35% di antaranya akan langsung melakukan transaksi. Kemudian, penilaian performa outdoor advertising dengan TAB OOH Rating juga berperan penting dalam menjaring data seputar demografi audiensi, frekuensi, jangkauan, target rating point, sampai gross rating point.

6. Iklan luar ruangan tidak bisa ‘dimatikan’

Selanjutnya, berbeda dengan iklan televisi yang hanya dapat ditayangkan pada slot waktu tertentu, outdoor advertising mempunyai jatah lebih panjang: 24/7. Artinya, konten iklan akan selalu terlihat oleh audiensi yang melintasinya di pagi, siang, maupun malam hari. Hal ini disebabkan iklan luar ruangan punya sistem pemasangan berbeda dan lebih panjang. Secara tak langsung, iklan yang dikampanyekan pun memiliki umur yang lebih lama.

7. Lebih cepat mengundang atensi distributor

Keberadaan outdoor advertising tak hanya mengundang konsumen yang jadi target pasar, tetapi juga pihak lain seperti distributor. Anda yang menggeluti dunia bisnis pastinya tahu peran penting yang dimiliki distributor, terutama untuk produk yang membutuhkan penyebaran lebih luas. Jika semua konten yang ditampilkan dalam iklan luar ruagan sukses menarik minat distributor, niscaya Anda akan lebih mudah memasarkan produk ke wilayah-wilayah yang membutuhkan.

8. Fleksibel dipadukan dengan media lain

Ingin membuat billboard medan atau baliho Anda lebih kekinian? Sejumlah vendor telah menyediakan layanan teknologi sebagai konten tambahan bagi klien yang membutuhkan. Feedback yang akan Anda peroleh dari perpaduan media dalam outdoor advertising pun jauh lebih banyak. Betapa tidak? Iklan yang Anda pasang tak hanya menarik perhatian masyarakat yang tak terlalu paham teknologi, tetapi juga kaum muda yang menggemari konten-konten kekinian.

9. Menjadi topik perbincangan di media lain

Tidak sedikit outdoor advertising yang menjadi perbincangan hangat di media-media lain karena konsep unik dan konten yang menyegarkan. Hal ini tentunya akan semakin membantu Anda dan produk yang dipromosikan dikenal masyarakat lebih luas. Untuk memperoleh dampak positif tersebut, Anda dan pihak penyedia jasa iklan luar ruangan harus melakukan perencanaan matang, karena tak sedikit pula baliho maupun billboard medan yang dapat kecaman gara-gara kontennya yang terlalu kontroversial.

Dalam hal ini, Prima Kencana Advertising hadir sebagai partner terbaik beriklan bagi Anda yang menetap di Medan. Berbagai jenis outdoor advertising seperti billboard, baliho, dan bando ditangani optimal untuk memberikan hasil memuaskan serta keuntungan untuk berbagai pihak.